Apr 052016
 

India lebih memilih pesawat tempur Rafale bila dibandingkan dengan Su-35 atau Typhoon dan Gripen. Mengapa India tidak memilih Su-35 misalnya, padahal dari segi jalur produksi dan spare parts India lebih mudah menguasai karena India sudah mampu merakit pesawat tempur Sukhoi family, dan dari segi pengoperasian India juga lebih diuntungkan karena banyak para pilot India yang sudah terbiasa menerbangkan pesawat tempur Sukhoi.

Dari segi harga, Su-35 juga tidak terlalu menguras anggaran, bila India membeli 36 pesawat tempur Rafale yang kemungkinan berharga sekitar US$ 10 milyar (India masih menawar US$ 8 milyar, sementara Perancis menginginkan harga US$12 milyar), dengan harga sebesar itu India bisa mendapatkan sekitar 125-150 unit Su-35 atau bisa dijadikan 8 sampai 9 skuadron tempur.

Ada beberapa hal yang menjadikan India akhirnya berpaling pada pesawat tempur buatan Perancis, walau saat ini masih dalam tahap negosiasi harga yang sangat alot.

India menganggap Su-35 adalah pesawat tempur murni superioritas udara, walau memiliki kemampuan serang darat tapi India menganggap kemampuan tersebut terbatas. India menginginkan pesawat tempur dengan kemampuan multirole nyata, dan menurutnya Rafale memenuhi syarat sebagai pesawat tempur multifungsi.

Peran Superioritas Udara

Rafale seri terbaru dilengkapi dengan radar AESA, yang menurut India lebih maju bila dibandingkan dengan radar Irbis-E milik Su-35, bahkan kokpit rafale kemungkinan juga sudah dilengkapi dengan Direct Voice Input (DVI), atau pengendalian perintah pesawat hanya dengan suara pilot.

Rafale bersayap delta dan dilengkapi canard yang membuatnya mampu melakukan manuver maksimal hingga +9G dan -3G, dalam dogfight ketat Rafale bahkan dapat dipaksa melakukan manuver hingga +11G.

Peran Serangan ke Darat

Rafale memiliki sayap rendah yang membuatnya mampu melakukan penerbangan pada kecepatan sangat rendah hingga 185-150 km/jam. Canard di depan sayap juga sangat membantu Rafale melakukan manuver dan pengereman ekstrim di udara untuk melakukan tembakan ke darat. Rafale juga dilengkapi dengan Damocles Electro-optical Laser Designation Pod atau perangkat pembidik untuk senjata LGB (Laser Guided Bomb) yang membuatnya sempurna sebagai pesawat serang darat.

India juga menginginkan pesawat tempur yang kelak mampu melakukan penerbangan dan pendaratan diatas kapal induknya, dan hanya Rafale yang mampu melakukan peran sebagai kekuatan udara dikapal induk India bila dibandingkan dengan Su-35.

 Posted by on April 5, 2016

  80 Responses to “Bagi India, Su-35 “Ke laut Aja””

  1.  

    INDIA lho yang ngemeng…

  2.  

    Lebay…..

  3.  

    bagi RI – pun ,
    kelaut aja F-18 hornet, diajak duel hawk malah kaborr

    apalgi tukang claim , diajak duel lari nyungsep balik ke wilayahnya

  4.  

    bentar lagi sukhoi 35 jg aka akai RaDar AESA…TUNGGU SAAT NYA NANTI……..

  5.  

    udah punya MKI ngapain ambil Su 35 😛
    Russia udah ambil lisensi damocles btw

  6.  

    sukhoi oke….rafale oke….gripen oke….thyphoon oke……

    apa pun merknya yg penting bs beli bnyaaaaakk….

    drpd yg bny cuma pertimbangan dan pembahasan doank…..

    ckakakakaaaak…..#ngimpiiiiiiii…

  7.  

    Industri Pertahanan Indonesia: PT.PAL, PINDAD, PT.DI. 44 Tahun lagi buka pabrik di Mars.

  8.  

    masuk akal lah… sesuai kebutuhan India… klo kebutuhan Indonesia ya su 35… rafale ke laut lcs aja sonohhh

  9.  

    Kalo su35 ke laut ntar rebutan lahan sm si lontong kilo.. lontong kilo di suruh ke udara atau gmn..

  10.  

    dalam pertmpuran dogfight saat ini memang belum ada karena setiap negara masih lebih mementingkan jalur diplomasi ketimbang perang terkecuali sengketa wilayah perbatasan yg saling tumpang tindih antara satu negara dengan negara tetangganya…kalau bagi saya dogfight antara rafale dengan f15 aja masih di atas kertas f15…coba di ajak duel f15 dengan sukhoi 35,nggak bakalan bisa menghindar dan pernah pilot f15 usa pernah ngomong masalah sukhoi 35 ini,superioritas udara kita sudah tidak seperti era perang dingin,apalgi rafale yangyang pernah duel latihan dengan f15 di usa,mereka kalah telak,karena nggak bisa terbang rendah seperti f15 usa ini…bagaimanapun juga honda lebih unggul..eh maaf,maksud saya bagaimanapun juga sukhoi 35 lebih unggul….

  11.  

    Masalahnya SU-35 bukan buatan Irkut spt SU-30 MKI. India inginnya pesawat gado gado yg dalemannya bisa dicekokin buatan barat. Sementara buatan KNAAPO gak bisa alias jeroannya murni buatan Rusia. Itu sebabnya SU-30 MKI banyak bermasalah. Disamping itu banyak sucad dari beberapa negara jg menjadi kendala. Jika memilih SU-35 maka tidak kompatible dng sukhoi mereka, ditambah lagi KNAAPO tdk bersedia lini produksi SU-35 sebagian diproduksi India.

    •  

      @bang ruskye

      Brarti rumor sukhoi-35 pesenan pak rr yang mo dicustom jeroannya cuma isepan jempol doooong…..

      •  

        @DONGKRAK ANTIK

        Ga juga , apa yang dikatakan pak RR dan direktur marketing knaapo ” Keterlabatan pengiriman su35 indonesia , selain karena lini produksi yang penuh juga karena indonesia memesan su35 yang berbeda dengan standart pabrik rusia ” = itu betul pesanan kita berbeda sudah disesuaikan dengan kebutuhan TNI tapi smua yg terpasang murni rusia , su35 yang bisa membawa yakhond versi udara ( sekelas Brahmos )..bukan su-35 yang bisa membawa rudal AAM 120C7 atau sidewinder , atau shukoi dengan radar VGA F16 elbot

  12.  

    mungkin tuan takur udah bosan dg teknologi dr uncle bear yg udah bertebaran di su 30 dan di pakfa,jd mau cari yg aca-aca….

  13.  

    Soalnya India sdh pny SU 30 MKI..kalau kita cukup upgrade 8 SU 30 & 8 SU 27 menjadi Sukhoi Mutan ditambah 1 skadron SU 35 BM dan 1 Skadron SU 34 dah cukup..ngeliat India mah pusiiing pala berbie..beli pespur ratusan..;)

  14.  

    Kenapa peringkat Indonesia di situs Globalpower fire jadi turun menjadi 14?

    •  

      @Nahafa tenang aja..ntar juga naik lagi posisinya klw pak RR dah ke rusia bawa pulang oleh oleh SU-35 mgkn di tmbh Kasel kilo..dan BMF..blm lagi Changbogo klw sampai di Indonesia..infrastruktur kasel di PT.PAL dah kelar.Trimaran PT.LUNDIN.PINDAD Badak proses sertifikasi..pngkln kasel di palu..byk yg jadi bahan pertimbangan penilaian GFP.yg penting masih no.1 di asean dan yg sebelumnya di apit posisis 11 negara yahudi israel 13 dah turun berapa peringkat jg ausi yg tdinya membayangi dah lbh jau lagi di belakang..itu jg krn KORUT Naik peringkat..dan egypt. kayaknya..serta pakistan yg belanja byk alutsista.terutama korut..dgn rudal balistiknya..cuma blm dapet beritanya lagi nih pak RR kapan ke Rusia dah berangkat blm ya..

    •  

      @harga produk

      Benarnya peringkat gini ngaruh nggak sih ato cuma statistik,,,toh leopardnya masih kosongan, F-16 hibah belum datang, T-50 belum ada radar, PKR & CBG belum kelar, bung tomo class rudalnya belum jelas, van speijk class tinggal brp yang aktif……?????

      •  

        klw boleh kasih pandangan dikit @DA..itu sangat ngaruh bgt buat efek deteren..negara negara lain..karena penilaiannya berkesinambungan dipantau setiap saat.perkembangan militer suatu negara berdasarkan banyak faktor termasuk perkembangan ekonomi sda infrastruktur..aktif personil..perekrutan personil militer jumlah penduduk luas wilayah cadangan minyak dll.tdk harus dr alutsista canggih..bahkan senjata nuklir menjadi pengecualian penilaian.bahkan klw tdk salah.terutama penilain ada pada kemandirian pembuatan alutsista..makanya indonesia selalu ngotot minta tot klw belanja alutsista.bahkan asusmsinya GFP sebagai acuan militer untuk mengukur(compare) kekuatan militer negaranya dgn negara lain.sory ya panjang banget.bukan dikit.

  15.  

    Pilot macam apa yg bisa tahan 11g ? Pingsan dulu sebelum dipaksain sampe 11g

  16.  

    Inhan Rusia & Perancis sama2 Joss….
    Rudal, Kapal Induk, Pespur, MBT, Reaktor nuklir, Kasel, Mesin, PSU, Radar, Satelit semua bisa dibikin.
    Su-35 & Rafale sama2 oke, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

  17.  

    Kayaknya indihe ngincer ni
    Thales SPECTRA defensive suite

    •  

      @aasbun

      Semuanya BRUR….sampe kerudal aasm-hammernya juga.

      Yang pasti au india puas dg keandalan mirage-2000 yang terbukti efektif melakukan pengeboman di dataran tinggi khasmir,,,,merontokkan suplai amunisi dan perbekalan serta posisi meriam pakistan dipegunungan khyber Pass dan puncak munto dalo (pesawat mig-27, sukhoi-30 dan jaguar yang dikhususkan utk serangan darat tyt tidak optimal melakukan serangan diketinggian tsb)

  18.  

    Dari judulnya ketahuan bung @pecinta waria gak suka su 35

  19.  

    pesawat juang rafale ni peswat juang generation 4.5 product dassault aviation frances..mula eksen thun 1986 pernah unjuk kekuatan perang di iraq rezim khadafi..radar aesa yg kate tak dapat tengok dr radar susah nak detction..dn malaysiapun sy pernh dengar bolh ambil ni pesawat juang..persenjataan giat 719B cannon 125 bulatan.untuk jarak boleh 3.700 km.rafale ade rudal mica ataupn em.mbda meteor.rudal nuklir ASMP.A..SUKHOI 35 adlh penmbhn untuk su27M bermule pd awal thun 1980.jarak tempuh su 35 kira 3.600 km.senjate bom nak berpandu laser KAB.500.kab.1500..cannon GSH.30 dn mungkin msh bnyk lgi ni senjate su.35..tpi kerajaan bolh ambil rafale dri frances mungkin sahaja nak tengok kemmpunan yg mmng kerajaan suka dn bolh buat untuk kawasn ..

  20.  

    Rajendra Modi termehek-mehek lihat rafale sukses menembus pertahanan radar dan misile libya,,,,pesawat yang sama jg berhasil melakukan misi pengeboman jarak jauh perancis-libya PP dg dukungan air refueling.

    Rafale berhasil menembus hegemoni operasi pengeboman udara jarak jauh yang selama ini hanya bisa dilakukan oleh pespur amerika/israel : f-15e/raam dan f-16 c/d/sufa

  21.  

    Kasih judul jgn terlalu allay….
    Artikel itu yg berkualitas dgn disertai sumber yang jelas …. apalagi copy paste dan pake google translate

  22.  

    ternyata india lebih pakai logika dari pada indonesia

  23.  

    sekarang era nya nonblok boss!!! semua negara sekarang memilih penyeimbangan ketimbang hanya tergantung satu dua negara,pengalaman indonesia bukan hanya diangap penting juga berharga bagi negara lainya.bukan hanya mengubah peta politik tapi juga ekonomi,jadi dewasalah sedikit cara pikir maupun cara pandang,karna tak berguna pesimis dan berpikir pendek untuk membangun suatu bangsa.

  24.  

    dri pda ribut mending dua2ny diambil….
    kan mantap klu SU 35 duet am Rafale….

  25.  

    coba rafaele di adu nya jgn ama libya..secara libya saat itu ga punya AIR DEFENCE yang bagus..pesawat aja sisa sisa mig warisan uni sovyet.. kalo mau uji tanding lawan nya suriah yg ada 3 saudara kembar , S200, S300,S400.. baru lawan tangguh… cari lawan banding yg imbang donk.. rafaele memang pesawat bagus.. kenapa india pilih ? karena secara garis produksi secara fisik tidak jauh beda dengan mirage dan tejas. lalu luas india yang tidak sebesar indonesia tidak memerlukan pesawat dengan kemampuan jarak jauh.. yg mereka butuhkan hanya untuk antipasi pakistan yang hanya byk mengunakan F16 series..dan kemungkinan jika pakistan jadi membeli SU-35 maka india berasumsi su-35 cocok di hadapi dengan rafaele..

    •  

      @test

      India bukan negara yang kecil brur, gak kalah luas dg Indonesia,,,dibarat panas dingin dg pakistan, diutara adem anget dg cina.

      Coba ente lihat aja jarak dipeta dari prancis ke libya PP,,,jauh brur dan sudah battle prupen.

      Jauhnya mungkin sebanding dg jarak israel ke irak, muterin arab saudi

      •  

        @bung dongkrak antik,, AU perancis serag libya pada saat itu tidak dari perancis.. tapi berpangkalan di aljazair ..cek di peta deh libya berbatasan langsung dengan aljazair..dan secara politik aljazair bekas jajahan perancis. menurut AU peancis. semua serangan rafaele dan mirage ke libya berpusat di aljazair sebagai base operasi NATO. sedangkan di laut dan darat di pegang oleh amerika dan inggris

  26.  

    @tedjo..irak sadam kah..cek..manusia boleh lupa..

  27.  

    doakan ifx segera mengudara

  28.  

    Kalau ingin multirole/superioritas permukaan..ambil aja su-34,atau kalau ingin bisa lepas landas dari kapal induk..ambil su-33..beres kan?

  29.  

    Bang abang semua ane mau tanyaa maaf klo sukhoi kita ada berapa bji? ? Trs di taro nya di mana saja.. ane di daerah depoknah tadi siang ane liat ada 8 sukhoi terbang muter muter di langit depok. Sekali lgi maaf cuman bertanya

  30.  

    @ silver ride, jangan kuatir bung, ada perbedaan antara pengelola dan pengendali, semua bandara boleh di bawah kelola lion air, namun semua tetap di bawah kendali TNI AU, semua penerbangan di Indonesia dibawah pengawasan TNI, black flight? pasti langsung disergap oleh Sukhoi dan kawan2!!!

  31.  

    India udah kerjasama dgn rusia untuk pakfa. Nggak perlu untuk su-35
    India juga membutuhkan tehnologi barat yg diwakili rafale
    India negara besar dan mempunyai nuklir harus bisa mandiri untuk memenuhi kebutuhzn militernya. Apalagi india berdekatan dgn china dan pakistan yg notabene musuh bagi india

  32.  

    Judulnya provokatif…….
    Bukankah banyak varian labih super
    Itu pertimbangannya yg logis dan strategis

  33.  

    Su35 aja…india tuh lebai…

  34.  

    Malingsia memang bener2 tukang maling….. Kenapa malon ga ngaku ?….

    Maling cuma ngaku kalo udah digebukin !!… kwaaakk..kwaaakk..kwaaakk..

  35.  

    Iban jiper… takut kena banned !!…. kwaaaakk…kwaaakk…kwaaakk…

  36.  

    Bilang aja india mo ngintegrasiin daleman rafale ke tejas …secara kedua pespur itu mirif .wkwkwkwk

  37.  

    Mungki bentuk sayap kek tejas, jadi beli rafale ke prancis biar gak dikira nyontek desain kek china.

    Emang juga tahu darimana radar AESA lebih hebat dari IRBIS – E.???

  38.  

    Mungkin ada sangkut pautnya sama pengembangan tejas mk2. India pnya banyak mki jd ngak seberapa butuh su-35, klo butuh ntar tinggal upgrade aja.

    Note: Hanya rafale M yg bisa lepas landas & mendarat dikapal induk, seri lainnya ngak bisa..

  39.  

    Gile jg ni india. Udah punya tejas,su 30 masih kurang aja ampe rela glontorin miliar n dolar buat beli rafael. Ga kasian sm rakyat nya yg hidup pas2 an.

  40.  

    Indie emang berselera tinggi soal alutsiste…nyang kek SU-35 ni pesawat sampah kagak masuk itungan dah….ibarat kate orang Betawi ni: KAGAK MONCER TU BARANG !!! Hahahaha….

  41.  

    India luar biasa negara yang termasuk miskin tpi militernya luar biasa kuatnya.