Jun 222016
 

Jelang pelaksanaan mudik lebaran sekaligus mengamankan jalur lintas laut yang akan digunakan oleh pemudik dengan menggunakan kapal laut, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) akan mengerahkan kapal patroli cepatnya guna menjaga keamanan wilayah perairan selama masa angkut lebaran.

Melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/6/2016) malam, Bakamla akan mengerahkan KN Belut Laut-4806 untuk berpatroli di jalur lintas kapal laut penghubung Jawa dan Sumatera. Kapal patroli cepat ini nantinya akan bergerak di sekitar perairan Selat Sunda, selama masa angkut lebaran 1437 H / 2016 M.

“Kalau kita baca perkembangan situasi di lapangan, lebaran tahun ini lalu lintas (laut) Jawa-Sumatera bisa dibilang cukup padat,” kata Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla RI Kolonel Laut (P) Rahmat Eko Raharjo.

Eko berharap dengan dikerahkannya KN Belut Laut yang memiliki kemampuan menjelajah di laut lepas, mampu melakukan penanganan pencegahan terhadap kapal-kapal yang mencurigakan.

“KN Belut Laut-4806 memiliki kemampuan menjelajah di laut lepas. Sehingga jika mendapatkan informasi yang mencurigakan kapal tersebut akan bergerak cepat untuk melakukan penanganan,” sambungnya.

Kapal patroli KN Belut Laut-4806 ini, dilengkapi dengansoflen system yang canggih sehingga dapat mendeteksi faktorearly warning system (sistem peringatan dini), kapal ini juga dilengkapi dengan sonar bawah laut. Sonar (sound navigation and ranging) ini berfungsi untuk mendeteksi benda material di bawah laut dengan cara mengirim gelombang suara yang nantinya gelombang suara tersebut dipantulkan kembali oleh benda yang akan dideteksi.

Bagikan :

  3 Responses to “Bakamla amankan arus perairan menjelang masa mudik”

  1.  

    Mantaff…

  2.  

    Cuman sumatra – jawa.. yg lain ???

  3.  

    hadir buk…

 Leave a Reply