Jun 022016
 

Badan Keamanan Laut Indonesia (Bakamla RI) kembali menggelar patroli terkoordinasi bersama pemerintah Malaysia dengan sandi Patkor Optima Malindo (Patroli Terkoordinasi Operasi Tindak Maritim Malaysia-Indonesia). Kegiatan yang dimulai sejak minggu lalu, di Klang, Malaysia ini, hingga kini masih berlangsung.

Menurut Direktur Operasi Laut Bakamla RI Kolonel Laut (P) Rahmat Eko Raharjo, unsur yang terlibat dalam operasi itu antara lain: KN Belut Laut 4802, KRI Siwar 646, KRI Tenggiri 865, dan KP Macam 002 pada hari Minggu petang sandar di Jeti PHN TLDM Port Klang, Malaysia dan disambut oleh Perwira dan Staf Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM).

patroli bakamla dan malaysia 1

Delegasi RI yang hadir terdiri dari: Asops Guskamlabar Kolonel Laut (P) Jaya Darmawan selaku, Kasi Patroli Kapal Pengawas Wilayah Barat Kastaman, Kasubdit Patroli Kamla Zona Maritim Barat Mayor Laut (P) David Hastiadi, dan DJBC Kanwil Tanjung Balai Karimun Yan T. Sitorus.

Sedangkan, delegasi Malaysia diwakili Timbalan Pengarah Kastam Dato’ Mohamad Sapian bin Haji Sanusi, Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Malaysia Dato’ Nasir bin Adam dan jajarannya.

patroli bakamla dan malaysia 3

Sementara dari Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan sosisalisasi pengelolaan batas negara wilayah laut dan udara, Kamis (2/6/2016).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Hukum Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Yuli Dharmawanto dalam paparannya mengatakan, saat ini Indonesia belum mempunyai Sistem Keamanan Laut yang dapat mensinergikan seluruh komponen bangsa. Bakamla RI berusaha untuk membentuk sistem tersebut sehingga seluruh stakeholder dapat bersinergi untuk menjaga keamanan dan keselamatan di laut secara efektif dan efisien.

patroli bakamla dan malaysia 2

“Saat ini sedang dibentuk sistem keamanan dan keselamatan laut yang dapat digunakan oleh seluruh stakeholder, secara bersamaan dan real time, untuk memantau keadaan keamanan dan keselamatan laut. Diharapkan sistem ini dapat digunakan secara optimal oleh seluruh pemangku kepentingan di laut,” ujarnya.

Humas Bakamla RI

Berbagi

  17 Responses to “Bakamla RI Gelar Patroli dengan Malaysia”

  1.  

    Broklax

  2.  

    patroli terus

  3.  

    Karena Malaysia ngak berani patroli sendiri akhirnya mereka ngajak2. Hhi”

  4.  

    malaysia takut di jadikan bakmie oleh china…:))

  5.  

    sudah seharusnya….
    lupakan masa lalu…
    hidup berdampingan dan saling menjaga itu lebih baik..

    •  

      Percaya bung, gak ada untungnya kerjasama perbatasan dengan malon, mereka akan terus mencari kesempatan untuk menyerobot perbatsan kita ketika ada kerjasama yg beginian ini…

  6.  

    @DJ
    dgn malon, kalo gak hati hati dan waspada masa lalu akan terulang lagi bung …..
    jadi :
    waspadalah ….!!!
    waspadalah ….!!!

    •  

      Bekerja sama dg Malaysia seperti bekerjasama dg luwak. Ketika mereka msh membutuhkan kerjasama, luwak akan bersikap jinak nan manis, namun bila ada kesempatan dan sampeyan lengah, siap-siap bokong sampeyan dibrakot luwak. Sebagai contoh ketika dasawarsa 80 ada ahli Malaysia yg bekerjasama dg departemen peternakan untuk belajar mengembiak biakan sapi Bali, sapi asli dari Bali, Indonesia, namun ketika para ahli Malaysia sdh sukses mengembang biakan sapi Bali di Malaysia maka mereka segera mengakui bahwa sapi Bali adalah hewan asli Malaysia. Demikianlah, sekelumit perilaku Malaysia terhadap Indonesia, namun ane agak bertanya, warga Malaysia yg berperilaku tengil seperti itu apakah warga Malaysia keturunan melayu, india atau china?

  7.  

    Modus…..

  8.  

    malon ini pinter..tau dirinya penakut mereka sembunyi dibalik kerjasama dgn negara2 tetangganya

  9.  

    Mending bakamla balik aja ke perbatasan indonesia, giliran susah ajak2in kita, giliran dapet wilayah baru nantang kape dukungan british..

    Negara persis kek induk semang nya. agresor..

  10.  

    malon ini beraninya cuma nangkap warga asing yg mau kerja..yg paling menggelikan saat 100 kapal china masuk ke perairan mrk..keberaniannya hanya sampai di ”mengawasi”
    yg herannya..di fanpage2 militer mrk komen2nya kayak gak ada yg berani melawan malon ini..mrk merasa paling hebat..yg paling sering mrk hina dan remehkan adalah militer kita..mrk lupa atau memang tidak mengetahui fakta sebenar konflik ambalat kemaren?..ya maklum saja..waktu konflik ambalat dan waktu kejadian ditabraknya 3 kali kapal malon sama KRI..menteri pertahanan mrk waktu ini bikin sidang media bahwa ”kejadian itu hanya salah faham”..padahal kejadian sebenarnya pihak indonesia sengaja menabrak utk mencetuskan perang dan tentara malon yg terlibat di ambalat waktu itu tau dan menyadarinya bahwa indonesia ingin perang..tapi berhubung malon memang pengecut dari sononya..akhirnya mrk mundur dan bercerita ke rakyat malon bahwa terjadi ”salah faham”

  11.  

    dengan cina dan asu kita selalu waspada , dengan malon kita harus 2 kali lebih waspada . malon ini sudah sering menikam dari belakang dengan jargon serumpunnya sewaktu kita anggap sesama sahabat asean seperti yang sudah2

    •  

      Betul juga yah, kalo sama China, ribut main langsung tusuk gak basa-basi, nha kalo yang sonora ini lagi asyek2 ngupi bareng di kasi sianida 😆

  12.  

    hadeeeeeh beritanya tentang malontong terus jdi nek deh aq mw komen apa juga bosan

 Leave a Reply