Bakamla RI Kunjungi China Coast Guard di Beijing

12
China Coast Guard
China Coast Guard

Beijing – Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., mengadakan pertemuan kerja dengan Kepala China Coast Guard Meng Hongwei di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk bertukar pandangan dalam hal kerja sama penegakan hukum di laut, beberapa hari lalu.

Dalam pertemuan tersebut kedua pimpinan di bidang penegakan hukum maritim tersebut menekankan pentingnya penguatan kerja sama dalam menghadapi permasalahan yang melibatkan kepentingan bersama di antara kedua negara, serta menggaris bawahi perlunya dilakukan pertemuan tingkat tinggi, pelatihan personel, kunjungan kapal dan pengembangan kapasitas kemampuan.

img-20161124-wa0014

Kesemlatan ini juga dimanfaatkan oleh kedua pihak untuk sepakat saling meningkatkan rasa percaya, keyakinan dan koordinasi sehingga dapat merespon secara tepat dan efektif kejahatan lintas wilayah dan perselisihan di laut guna memelihara keamanan dan kestabilan kawasan. Selain itu, meningkatkan kerjasama maritim melalui partisipasi dan keikutsertaan dalam mekanisme regional dan internasional yang relevan, juga merupakan hal yang tepat untuk dilakukan.

img-20161124-wa0015

Hal lain yang tak kalah penting dalam kesepakatan kedua negara sebagaimana tercatat dalam ringkasan pertemuan adalah perhatian pada aspek kerja sama pertukaran informasi dan latihan gabungan.

Humas Bakamla RI

32 KOMENTAR

  1. latihan bersama tanggulangi penangkapan ikan ilegal di wilayah Laut Natuna dari nelayan Cina, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina baguslah ajak bicara saja lagi baik2 ni tetangga jauh siapa tahu ada rasa hormati teritori kita, kalau di komik Api di Bukit Menoreh (Yan Mintarga) ini sebenarnya peringatan terakhir kepada musuh yg dilakukan dengan sopan dan halus artinya setelah ini bakal gak ada ampun