Jul 072018
 

Dalam sambutannya Vetty mengatakan Kantor Zona Timur Ambon, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut dan dermaga di wilayah kamla ZMT siap melaksanakan percepatan Reformasi Birokrasi sejalan dengan kebijakan kantor pusat di Jakarta.

Jakarta, Jakartagreater.com – Bakamla menggelar Sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Grand Design Bakamla di tiga wilayah kamla Zona Maritim, yaitu :

  1. Tengah di Manado.
  2. Barat di Batam.
  3. Tmur di Ambon.

Pelaksanaan di Zona Maritim Timur dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur (ZMT) Vetty Viona Salakay, S.H., M.Si., di Kantor ZMT, Ambon, beberapa hari lalu.

Dalam sambutan pembukaannya, Vetty mengatakan Kantor Zona Timur Ambon, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan dermaga di wilayah kamla ZMT siap melaksanakan percepatan Reformasi Birokrasi sejalan dengan kebijakan kantor pusat di Jakarta.

Kegiatan digelar oleh tim RB bekerjasama dengan Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) pada Biro Perencanaan dan Organisasi. Sosialisasi RB di wilayah ZMT ini dilaksanakan pada Selasa 3 Juli 2018 oleh Kasubbag Monev Bobby Maria S., S.E., dan Kasubbag Manajemen Kinerja Nursakti Asia, S.Sos., M.A.P.

Sementara itu, kegiatan yang sama juga dilakukan di Kantor Kamla ZMB di Batam, kemarin, Kamis 5 Juli 2018, dipimpin oleh Plt. Kabag Organisasi dan Tata Laksana Kolonel Laut (S) Andhik Indaryono, S.E.

Dikatakannya, RB merupakan upaya pemerintah untuk mencapai Good Governance dengan melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut beragam aspek kelembagaan, ketatalaksanaan dan SDM Aparatur.

Dijelaskannya pula tentang 8 area perubahan RB yang harus dipahami oleh aparatur negara, termasuk yang berada di kantor Bakamla di daerah, yaitu :

  1. Pertama, organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran.
  2. Kedua, sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas dan terukur sesuai prinsip Good Governance.
  3. Ketiga, regulasi yang lebih tertib dan kondusif.
  4. Keempat, SDM aparatur yang berintgritas, netral, kompeten, capable, profesional, berkinerja tinggi dan sejahtera.
  5. Kelima, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN.
  6. Keenam, meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.
  7. Ketujuh, pelayanan prima.
  8. Kedelapan yaitu birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi.

Tak ketinggalan pula, sosialisasi RB juga dilaksanakan di Kantor Kamla ZMT di Manado pada Kamis 28 Juni 2018 dipandu oleh Kasubbag Pelaporan Yelvi Azwita, S.E., M.M., Kasubbag Tata Laksana Haerunufus, S.Kom., dan Kasubbag Peraturan Internal Ichlasul Amal, S.T., M.M.

Yelvi selaku Sekretaris Tim RB menyampaikan bahwa pimpinan tertinggi Bakamla beserta seluruh jajarannya berkomitmen untuk mewujudkan good governance, birokrasi yang efektif dan efisien serta bersih dari KKN, akuntabel, dan pelayanan berkualitas kepada masyarakat/stakeholder melalui 8 area perubahan dalam program percepatan reformasi birokrasi.

Disampaikan juga progress dari reformasi birokrasi yang sudah dilaksanakan di Bakamla dari tahun 2014 s.d. 2018, dan pada bulan Juli – Agustus 2018 akan dilakukan evaluasi oleh Kemenpan RB terkait penilaian mandiri pada Tahun Anggaran 2017.

Melalui sosialisasi ini diharapkan seluruh personel terutama yang berada dalam kewenangan Kantor Kamla ZMT mendapatkan pemahaman terkait reformasi birokrasi sehingga kedepannya dapat memberikan masukan, kontribusi dan percepatan RB di Bakamla, dengan itu diharapkan adanya peningkatan kinerja yang akan mendorong pula terwujudnya peningkatan kesejahteraan aparatur.

(Humas Bakamla)

Bagikan:

  One Response to “Bakamla Sosialisasikan Reformasi Birokrasi di Tiga Wilayah Kamla”

  1.  

    Sepi!

 Leave a Reply