Feb 042019
 

Dua pilot Angkatan Udara India (IAF) terbunuh setelah pesawat tempur latih Mirage 2000 terjatuh di bandara Hindustan Aeronautics Limited HAL di Bengaluru, Jumat.

Dari kegagalan mekanis, kesalahan pilot, serangan burung hingga ban yeng meletus – beberapa teori penyebab jatuhnya Mirage 2000 mulai ramai diperbincangkan.

Disaat perusahaan Hindustan Aeronautics Limited dan Angkatan Udara India sedang mencoba untuk menyelidiki penyebab kecelakaan Mirage 2000, beberapa teori penyebab jatuhnya Mirage 2000 berkembang dan menjadi perhatian para pengamat dirgantara di India.

Seorang mantan pilot uji membeberkan analisa yang mungkin menjadi penyebab tragedi itu. Menurutnya ada beberapa perkembangan yang terjadi ketika pesawat berada di landasan yang mungkin menyebabkan kecelakaan.

Menurut Komandan KP Sanjeev Kumar (pensiunan), kemungkinan Mirage 2000 sedang diuji coba dengan beban berat full dan segera setelah pesawat take off dari landasan pacu, Mirage 2000 terpaksa kembali turun ke landasan.

“Saat (pilot test) harus membuat keputusan sepersekian detik ….. main landing gear (MLG)- roda pendarat- dilaporkan hancur pada saat mendarat di landasan dan pesawat meluncur di landasan hingga menabrak pembatas di ujung landasan pacu, ” kata mantan pilot dalam analisanya yang dipublikasikan di blog di kaypius.com.

NewIndianexpress

 Posted by on Februari 4, 2019