JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 082018
 

Semarang, Jakartagreater.com – Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Semarang, Lantamal V, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo S. E. menghadiri peresmian Bandar Udara (Bandara) Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 7/6/2018. Peresmian Bandara Internasional Ahmad Yani ini, dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo.

Tampak hadir dalam acara Peresmian Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang tersebut:

  1. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
  2. Menteri BUMN Rini Soemarno.
  3. Pangdam IV/Dip Mayor Jenderal TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si.
  4. Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi.
  5. Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum.
  6. Plt Gubernur Jateng Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si.

Bandara baru tersebut adalah merupakan pengganti dari Bandara lama yang di nilai sudah kurang memenuhi Syarat sebagai Bandara Internasional. Luas Bandara Baru ini diketahui 9 kali lipat lebih besar dibandingkan Bandara lama, yakni seluas 58.652 meter persegi.

Peresmian Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ini diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo.

Kapasitas Bandara Internasional Ahmad Yani mencapai 20.000 orang per hari atau 6,5 juta penumpang per tahun dan Bandara baru ini memiliki 12 slot parkir seluas 7,2 hektar. Bandara tidak hanya mengakomodasi pesawat kecil, namun juga pesawat jenis Airbus.

Bandara baru Ahmad Yani ini memiliki keunikan, yakni dibangun di atas tanah berjenis rawa. Oleh sebab itu, konsep yang diusung adalah eco green. Menurut Presiden RI, 4 tahun yang lalu terakhir Ia mendarat di Bandara yang lama dan Ia sedih melihat kondisi Bandara International yang kumuh dan sempit.

“Bagaimanapun Jawa Tengah adalah asal saya dan baru 2 tahun yang lalu Bandara ini baru dibangun dan seharusnya baru bulan Desember 208 nanti baru bisa digunakan tetapi saat ini sebelum Desember 2018 sudah bisa digunakan dan Arsitekturnya bagus, lingkungannya yang cantik dan satu yang masih kurang yaitu Rundownnya yang kurang panjang,” jelas Presiden Joko Widodo.

Dijelaskan pula bahwa Beberapa tahun terkahir Pemerintah pusat bergerak untuk membangun Infrakstruktur dan hasilnya sudah terlihat satu demi satu. “saya baru juga dari Jawa Barat dan apabila saya bandingkan dengan yang ini, ya sama-sama bagusnya tetapi lingkungannya bagus disini,” jelas Presiden Joko Widodo.

Presiden berarap dengan diresmikannya Bandara Baru ini akan memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang dan Masyarakat Kota Semarang Khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Mengakhiri sambutannya Presiden RI menitipkan Bandara Baru ini kepada khususnya masyarakat Jawa Tengah agar Bandara ini dijaga dan di rawat bersama agar tetap tampak Bagus, bersih dan Indah.

Selanjutnya dilaksanakan penekanan Tombol Sirine dan Penandatanganan Prasasti sebagai tanda Peresmian pemakaian Terminal Baru dan Menara Pengawas Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Selanjutnya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan melaksanakan Peninjauan Beberapa tempat diantaranya terminal keberangkatan dan kedatangan serta meninjau Menara AirNav Indonesia.

Selesai meresmikan Bandara Ahmad Yani pada Pukul 17.30 Wib Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan milik TNI AU. (Dispen Lantamal V).

Bagikan :

  20 Responses to “Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Diresmikan”

  1.  

    Selamat buat masyarakat Jateng atas bandara baru nya. Semoga bermanfaat dan menjadi ikon baru Jateng.

  2.  

    Ini Bru kerja nyata bukan pidato

  3.  

    Kok semua dijadikan bandara International.? Pengawasan terhadap pendatang luar negeri akan semakin berat. Terutama yg menyangkut narkoba dan terorisme.
    Rute luar negeri mana yg akan dilayani.? Bukannya nanti malah menggemukan maskapai luar negeri yg berbayar murah.?

    •  

      Bandara Ahmad Yani sudah sejak lama jadi bandara internasional, hanya saja dulu sumpek, pengap dan kumuh, sekarang dibangun baru di seberangnya, jadi bagus dan megah.

      Nanti kalo pulang ke Semarang pasti turun dan naik dari bandara baru ini.

      Tralala trilili

      kota kelahiranku

      Tralala trilili

      punya bandara baru

      Tralala trilili

    •  

      Bandara Ahmad Yani sudah sejak lama jadi bandara internasional, hanya saja dulu sumpek, pengap dan kumuh, sekarang dibangun baru di seberangnya, jadi bagus dan megah.

      Nanti kalo pulang ke Semarang pasti turun dan naik dari bandara baru ini.

      Tralala trilili

      kota kelahiranku

      Tralala trilili

      punya bandara baru

      Tralala trilili

      Yuhu

      Yihi

      Tralala trilili

  4.  

    Ya mgkn krn dr dulu bandara pswt komersil banyak yg jd satu dgn pangkalan pswt militer, contohnya bandara juanda lama yg dulu menumpang bandara TNI AL.

    Tp krn desakan dr pihak asing spy memisahkan bandara pswt komersil dgn pangkalan pswt militer, krn sewaktu mereka memata-matai pangkalan pswt militer indonesia melalui satelit mereka, mereka bingung kok pswt komersil jadi satu dgn pangkalan pswt militer, akhirnya bandara komersil pun dipisah.

    Padahal alasan dibaliknya krn mereka takut ketika menyerang pangkalan pswt militer indonesia bs terkena sanksi kejahatan perang krn melibatkan korban infrastruktur sipil maupun pswt komersil dr berbagai negara yg ada di bandara international tsb.
    Apalagi dulu waktu aussie msh pgn ngebom pangkalan militer indonesia jmn timor leste.

  5.  

    Bandara itu dikelola oleh PAP (Persero Angkasa Pura), wacana pemisahan bandara komersil dgn militer itu sdh dimulai dr thn 2001-2003 dan tentunya dr mulai pemilihan lokasi, anggaran, pembebasan lahan, lelang tender smp proses pembangunan itu butuh puluhan tahun krn dilakukan secara bergiliran di tiap kota besar yg mempunyai bandara international.

    Bkn bisa dibangun selama satu atau smp dua tahun, atau satu periode smp dua periode siapa yg menjabat wkwkwk kocak, kita harus realistis walaupun terkadang kekuasaan itu meminjam telunjuk media, lagian meresmikan bkn berarti yg membangun.

    Tp apapun hasil yg positif bagi negara ya hrs ttp kita dukung.

  6.  

    Mang diperbesar dan dibangun era Jokowi itu fakta mas

  7.  

    Banyak bangun bandara baru jadi tni au akan banyak punya bandara, bandara lana di hibahkan ke tni au, jg tinggal isi saja, medan, padang, palembang, bandung, semarang, jogjakarta, kalimantan mantap tanpa babibu jd punya banyak pangkalan au dg kedok bangun bandara baru mmg cerdas bangsa ini

  8.  

    Hebat akan banyak bandara yg akan dihibahkan ke tni au dg adanya bandara baru maka bandara lama akan jadi milik tni au, jd tni au tinggal isi matap, medan, padang, palembang, bandung, semarang, jogjakarta, kalimantan. Membangun bandara baru secara tdk langsung menambah home base tni au mmg cerdas bangsa ini mengklamufase pembangun infrastruktur sekaligus penguatan militer.

  9.  

    Bandara sudah, tgl selamatkan maskapai plat merah Garuda Indonesia Airway dgn manajemen terbaik!he3

    •  

      Wadduh …
      Mbok eee
      Ngga terima laporan dari manapun
      Kemarin Acara Inyong ke Sahabat Inyong ee deket Desa Dengkol
      Malah Di Masuk kan Ke Dalam Grub SMP dan SMU

      Tahu Sendiri khan Inyong Bagaimana Orang nya.
      Mohon Maaf dan Terima Kasih

 Leave a Reply