Nov 152016
 

ming-class-diesel-electric-attack-submarine

Pada 14 November 2016, di galangan kapal Dalian Liaonan Shipyard di Lushun, Pemerintah China secara resmi menyerahkan dua kapal selam diesel elektrik Project 035G (NATO menamakannya Ming class) kepada Angkatan Laut Bangladesh.

Kedua kapal selam yang diberi nama Nabojatra dan Joyjatra (“Jalan Baru” dan “Jalan Kemenangan”) adalah kapal selam pertama yang dimiliki Angkatan Laut Bangladesh dan harus sudah beroperasi secara penuh pada awal tahun 2017.

Perjanjian pembelian dua kapal selam dari Project 035G ditandatangani oleh Pemerintah Bangladesh dan China pada bulan Desember tahun 2013 dengan nilai kontrak sekitar US$ 203.500.000. Awalnya kedua kapal selam akan diserahkan pada tahun 2018-2019 tapi kemudian program penyerahannya bisa lebih dipercepat.

Para awak dan perwira kapal selam dari Bangladesh juga telah lulus dari kursus pelatihan yang dilakukan di pulau Kutabdiya, sebelah selatan kota Chittagong dengan bantuan dari Cina.

3714451_original
Sebelum menetapkan pilihannya pada dua kapal selam Ming class, Bangladesh sebenarnya sudah mendapat tawaran dari Rusia untuk mengakuisisi dua kapal selam diesel elektrik Project 636 Varshavyanka, atau pembelian kapal selam bekas Kilo class Project 877 milik Angkatan Laut Rusia. Sedangkan China awalnya juga menawarkan kapal selam bekas Project 636 buatan Rusia yang dimiliki Angkatan Laut China, namun kemudian Bangladesh lebih memilih kapal selam bekas Project 035G yang murni buatan China.

Kapal selam Project 035G (Ming) adalah kapal selam pertama buatan Cina dan konstruksinya merupakan pengembangan lebih lanjut dari kapal selam Project 633 era Soviet (China menamakannya Project 033).

Pada periode tahun 1971-2003 China membangun total 21 unit kapal selam Project 035. Dari jumlah tersebut 12 diantaranya adalah kapal selam Type 035G yang empat diantaranya di-upgrade menjadi kapal selam Project 035V. Dua kapal selam 035G bekas inilah yang sekarang ditransfer ke Angkatan Laut Bangladesh, kedua kapal selam secara resmi dihapus dari PLA Navy pada musim semi tahun 2014.

Bagikan:

  26 Responses to “Bangladesh Akuisisi Kapal Selam Ming Class dari China”

  1.  

    Lumayan

    •  

      dalian liaonan shipyard ini kalau gak salah yg dulu pernah sukses meretrofit kapal induk liaoning. kayaknya fasilitas ini mirip dgn pt pal yg banyak mengerjakan proyek rahasia, walaupun pengerjaan kapal sebesar kapal induk secara outdoor saja masih bisa dirahasiakan. anehnya disitu….

  2.  

    Lanjutkan

  3.  

    Belajar menguasai teknik operasional kapal selam dulu sampe benar2 mampu dan berpengalaman. Krn serba bergantung dng kemampuan hardware utk mengoperasionalkannya di laut dalam agar tdk karam krn menabrak karang atau benar2 dpt merasakan kehadiran KS maupun kapal permukaan asing.
    Jika sdh benar2 handal br beralih ke KS yg lebih canggih.
    Jng spt negara yg super jaguh, bertahun2 punya KS Scorpene yg katanya canggih sejagat, tp gak punya pengalaman mengoperasionalkan KS. Akibatnya nabrak karang mulu. Jngkan deteksi musuh,,mencoba utk operasional dilaut dalam aja blom ada keberanian. Msh hrs dibantu plampung….ada..ada saja sang negara super jaguh ini.

  4.  

    bangladesh tambah kapal selam lagi.

  5.  

    Pilihan tepat !!

  6.  

    Indonesia dikepung chino

  7.  

    Bank Ruskye sdh benar” betuuul…

    Kali ini kita sepakat Bank Ruskye…

    Ng’gak slh juga beli kpl selama China…
    Soale sdh terbukti kabel China juga diam” bisa muncul di’hidung kapal Induk Amrik…

  8.  

    NKRI DARURAT RUDAL BALISTIK

  9.  

    Rongsokan selam berumur 45 tahun.

  10.  

    masih strong kita…nambag kapal ”akan”….dan kapal ”gambar”

  11.  

    Wahai saudaraku.klo boleh tau nich yach.sejak kapan kita beli Arisgator??? Kok beritanya rame banget.apa ane yg nggak mudenk.???

  12.  

    Ko mau ya? Beli baru aja was-was dipakenya apalgi beli bekas.

  13.  

    klo buat menghalau indihay, gratis jg dikasih sama sipanda

  14.  

    Langkah awal untuk penguasaan teknologi kapal selam bagi AL Bangladesh sekalipun kapal selam uzur.

  15.  

    Tessssstt

 Leave a Reply