Bangladesh Berencana Menambah 8 Pesawat Tempur Multi-Peran Baru

Jet Tempur MiG-29 Angkatan Udara Bangladesh

Bangladesh Berencana Menambah 8 Pesawat Tempur Multi-Peran Baru 1


Menteri Kehakiman Bangladesh Anisul Huq memberitahu Parlemen Bangladesh bahwa pemerintah akan menambah 8 unit pesawat tempur multi-peran untuk Angkatan Udara Bangladesh.

Sebagaimana diberitakan oleh situs berita lokal Daily News, Menteri Kehakiman Anisul Huq mencatat bahwa akuisisi tersebut – selain pengadaan 6 unit helikopter Mi-171Sh, 2 unit helikopter SAR, 1 set sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah, serta 1 unit pesawat UAV – akan dilakukan pada tahun fiskal 2016-2017.

Anisul Huq juga menyatakan bahwa pengadaan kontrak untuk 2 unit helikopter latih, sistem pertahanan udara jarak pendek, radar pengawasan udara jarak jauh, dan 11 unit PT-6 latih dasar telah ditandatangani pada tahun fiskal 2015-2016.

Untuk jangka panjang, Pemerintah Bangladesh akan mendapatkan tambahan pesawat tempur multi-peran, 1 unit helikopter angkut medium baru, dan sistem radar mobile.

Tampaknya Pemerintah Bangladesh telah mengalokasikan anggaran 2016-2017 untuk menyelesaikan program modernisasi yang banyak ditunggu-tunggu untuk angkatan bersenjata, terutama Angkatan Udara Bangladesh, yang membutuhkan pesawat tempur multi-peran serta perangkat tambahan untuk sistem pertahanan udara terpadu.

Pada akhir November 2016, Direktorat Jenderal Pembelian Pertahanan (DGDP) Bangladesh merilis tender resmi atas 2 unit helikopter anti-kapal selam untuk Bangladesh Navy.

Pada bulan Juni 2016, Pemerintah Bangladesh mengumumkan bahwa mereka telah meningkatkan anggaran pertahanan untuk 2016-2017 sebesar US $ 2,8 milyar – yaitu meningkat 7% dari tahun fiskal 2015-2016 (IHS Jane). Pada saat itu, Tribune Dhaka menambahkan bahwa pemerintah akan mencari pilihan pembiayaan dari China dan Rusia untuk bergerak maju dengan tiket besar akuisisi senjata.

Sumber: Quwa

Leave a Reply