Mar 242017
 

Sebuah jet tempur multiperan Su-30SM produksi Irkut Corporation

Jet tempur Su-30SM Rusia yang dibuat oleh Irkut Corporation berada di radar pengadaan Bangladesh yang telah menempatkan permintaan untuk informasi (RFI) untuk membeli 8 unit pesawat tempur multiperan dengan opsi 4 unit pesawat tambahan untuk Angkatan Udara Bangladesh.

“Kami sedang mencari informasi tentang Su-30 dan pesawat lainnya”, kata Md Humayun Kabir, Penasehat Pertahanan di Komisi Tinggi Bangladesh, kepada Defense World setelah melakukan pertemuan dengan eksekutif Irkut Corp di pameran LIMA 2017 kemarin.

“Karena India adalah operator besar jet tempur Su-30, kita mungkin membutuhkan bantuan India pada servis dan pemeliharaan pesawat tempur Rusia yang terpilih untuk Angkatan Udara Bangladesh”, menurut Hymayun Kabir dan menambahkan bahwa proses pengadaan baru saja dimulai dan dia tidak ingin menyebutkan produsen pesawat lainnya yang telah mendekati atau memasok pesawat kepada Angkatan Udara Bangadesh.

Dia juga mengatakan bahwa dalam pertemuannya dengan para eksekutif Irkut ia bertanya apakah akan ada sinergi antara jet tempur jet Su-30SM dengan pesawat tempur latih YAK-130 yang telah dibeli oleh Angkatan Udara Bangladesh di masa lalu.

Para eksekutif Irkut menjelaskan kepadanya bahwa pesawat tempur latih YAK-130 bisa melatih pilot untuk menerbangkan jet tempur multiperan Su-30SM karena memang Yak-130 tersebut dirancang untuk melatih para pilot untuk bisa menerbangkan jet tempur canggih Su-30.

Jakarta Greater dalam artikel terdahulu menyebutkan bahwa Direktorat Jenderal Pembelian Pertahanan (DGDP) Bangladesh merilis RFI awal Maret lalu dan merinci jenis pesawat yang dibutuhkan. Menurut laporan tersebut, jet tempur haruslah bermesin ganda, dengan masing-masing powerplant yang mampu memberikan daya dorongantara 5.500-8.000 kg. Juga harus memiliki minimal 8 cantelan serta muatan minimal 5.000 kg.

Pesawat tempur harus dilengkapi dengan radar AESA dengan jangkauan udara-ke-udara 150 kilometer dan jangkauan udara-ke-permukaan 50 kilometer. Dilengkapi dengan kemampuan pernika (peperangan elektronika) dan penanggulangan elektronika (ECCM).

Dilengkapi sistem pencari dan pelacak inframerah (IRST) dengan kemampuan melacak berbagai macam target pada jarak minimal 50 kilometer, helm dilengkapi sistem tampilan dan penglihatan (HMD/S), kokpit dengan kaca modern dan head-up display (HUD).

Angkatan Udara Bangladesh mencari paket lengkap yang terdiri dari pesawat, pemeliharaan dan paket pelatihan, serta lengkap dengan persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Pesawat tempur tersebut yang akan disampaikan dalam 2 (dua) batch, dengan masing-masing terdiri dari 4 (empat) pesawat. Sementara batch kedua harus disampaikan 18-24 bulan setelah batch pertama diterima.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  55 Responses to “Bangladesh Inginkan Su-30SM Yang Diproduksi Irkut”

  1. PERTAMAX RACING

    • Satu aja saya kagum sama Bangladesh beli 8 su-30sm tak minta tot.

      Indonesia beli 8 su-35 mahu tot dan mahunya murah ‘rusia pusing kepala melayan kerenah Indonesia ini

      Kalau beli pesawat bawah 50 jangan harap ada tot kalau ada kena beli

      • Hihihi rupanya si malay belum tau klau Indonesia beli Su-35 lebih dari 8 Unit… padahal belinya 10-14 Unit … Masih ngeyel sama Sales…

    • Negara seluas bangladesh aja niat beli su30sm tanpa ada TOT yg penting negara kuat…. Catet….. Jgn melongo aja…..

      • Kuat darimana bangladesh itu kebanyakan Alutsistanya lebih Tua dari Indonesia…. dan bahkan mereka gk punya Pesawat Sekelas Heavy Fighter….

  2. nih pesawat harganya 30-40 juta USD apa bener nih Bangladesh mau beli… dan perawatannya mahal lho…. Mending Mig-35 aja dah kalau Untuk Bangladesh….

  3. Wuih negara sekelas Bangladesh aja beli SU-30SM gak takut ongkos operasional. Perawatan bs nimbrung ke India.

    • Siapa tau ekonomi bangladesh udah membaik bung, jgn berprasangka buruk dl…jika bangladehs ingin membeli jet tempur semahal itu, berarti dia sdh tau apa resiko dan perawatannya gmn….

      • Bukan meremehkan bung, maksudnya Bangladesh aja gak ribet untuk pertahanan negaranya apapun akan diusahakan, klu kita terlalu banyak pikir dan ribet. Syukur aja SU-35 akhirnya ada titik terang.

    • dulu mereka belum sanggup makanya beli Yak-130, klo sekarang mereka beli 8 Su-30SM dengan opsi nambah 4 berarti mereka udah mikir dan sanggup ngasi makan tuh burung besi bung πŸ˜€ hehehe

  4. Tuh Bangladesh aja bisa beli Sukhoi SU-30 delapan biji, catet Bangladesh

    • hehehe, udah dicatet mas? πŸ˜›

      • Hehe he ada beberapa catatan terkait isu ini :
        1. Beli alutsista mahal itu butuh kemauan politik yg kuat dari seluruh stake holder
        2. Alutsista yg memberi efek gentar diperlukan untuk melindungi dan mendukung seluruh kepentingan nasional suatu negara

  5. Mudahan2n harapan mereka cepat kesampaian.

  6. Wah negara sekelas Bangladesh aja beli 8 biji plus 4 tambahan Su 30 sm..Indonesia Sama juga seperti Bangladesh kemampuannya beli 8 sukro..hee

  7. Begini aja.. Bangladesh beli Su 30SM dan minta bisa perawatan di India.. kalo gitu gimana kalo kita Borong TEJAS juga biar bisa ikut nimbrung perawatan disana daripada jauh2 ke Rusia ? Setuju para Warjagers ???

  8. Apa bedanya Su 30 SM dan Su 30 MK 2 oom JimSull sales Rosoboron?

    • Bedanya Su-30SM buatan Irkut kalau Su-30MK2 buatan Knaapo… dan Su-30SM Bisa di gado2 Bagian pesawatnya Sedangkan Su-30MK2 bisa di gado2 tapi cuma beberapa….

    • Indonesia harus punya SU-30SM, minimal 1 skuadron + SU-34 fullback, …………. !!!

    • Su30MK2 varian lama, Sedangkan Su30SM Adalah varian terbaru dari Su30 series, Memiliki kemampuan yg sama dengan Su30MKI/MKM

      • MKM masih di bawah MKI Sama SM bung JFS…Mana mungkin Rusia mau memberikan Sebagian Teknologi Pespurnya Ke malay yg notabennya Anggota FPDA dan sekutu British yg notabennya Anggota NATO dan NATO adalah musuh Rusia…

        • Lha bukannya MKI sekarang mau di upgrade jadi super tejas?
          Eh maksud saya super sukhoi? Bakal lebih unggul dari Su-35 China dan Rusia?

    • Su-30 MK2 itu dipake buat jualannya mas jimmy.
      klo Su-30 SM mah udah jelas masih belum boleh dibawa keluar sama bosnya mas jimmy.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)