Jan 182016
 
Kapal Pesiar merapat ke Dili, Timor Leste

Kapal Pesiar merapat ke Dili, Timor Leste

Jakarta – Timor Leste diduga membuat bangunan permanen di wilayah perbatasan Noelbesi-Citrana, Desa Netamnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Padahal, wilayah ini ditetapkan kedua negara sebagai unresolved segments, yaitu batas negara yang belum disepakati atau diputuskan garis batasnya.

Juru bicara Kementrian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan sudah melayangkan protes kepada pemerintah Timor Leste untuk menghentikan pembangunan tersebut.

“Setidaknya, sampai proses perundingan atau delineasi selesai. Pembangunan sudah dihentikan,” ucap Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Senin (18/1).

Anak anak bermain di Dili, Timor Leste

Anak anak bermain di Dili, Timor Leste

Terkait proses perundingan batas darat antara Indonesia dan Timor Leste, saat ini tim gabungan kedua negara sedang melakukan survei.Tujuannya untuk memastikan dampak kesepakatan perbatasan terhadap masyarakat adat di sekitar wilayah itu.

“Perkembangannya sekarang sedang diadakan Joint Field Survey, untuk bertemu masyarakat adat yang tinggal dan memiliki hak ulayat atas wilayah unresolved segments,’ ujar Arrmanatha Nasir.

Awalnya perundingan Indonesia – Timor Leste ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2015. Duta Besar Indonesia di Timor Leste, Primanto Hendrasmoro bahkan mengklaim permasalahan perbatasan tersebut, hanya tinggal dua persen lagi. Namun, kenyataannya sampai awal 2016 masalah perbatasan masih berkutat di perundingan, utamanya yang berkaitan dengan masyarakat adat.

Beritasatu.com

 Posted by on January 18, 2016

  17 Responses to “Bangunan Permanen Timor Leste Langgar Batas Wilayah RI”

  1.  

    mulai bermain api nih Timor.!

    •  

      kalo berkaca peristiwa sipadan dan ligitan, ini nampak jelas wibawa pemerintah menurun, minimal diplomasi indonesia lemah.

      •  

        begitulah bung,bisa ditebak endingnya gmn,kambing hitam akan teriak2…salam

      •  

        @s sabahan. Asal kau tau Indonesia itu patuh dengan perjanjian apa kau tidak baca isi artikel diatas. Sama dengan kasus sipadan ligitan dimana kedua pulau ini sedang dalam status Quo Indonesia menghormati kesepakatan RI-Malaysia. Namun disaat RI sedang lemah karena keterpurukan ekonomi, malaysia secara sepihak mendirikan bangunan dipulau tersebut. Jadi siapa yang sebenarnya mengkhianati perjanjian?

      •  

        @s sabahan. Asal kau tau Indonesia itu patuh dengan perjanjian apa kau tidak baca isi artikel diatas. Sama dengan kasus sipadan ligitan dimana kedua pulau ini sedang dalam status Quo Indonesia menghormati kesepakatan RI-Malaysia. Namun disaat RI sedang lemah karena keterpurukan ekonomi, malaysia secara sepihak mendirikan bangunan dipulau tersebut. Jadi siapa yang sebenarnya mengkhianati perjanjian?

    •  

      Bongkar, jika tidak ingin ada operasi seroja lanjutan, negara kecil miskin masih ingin bertingkah lagi,,,

    •  

      Infonya militer cina udah ada di sana? Betul ngak bung admin

  2.  

    Udah sikat aja

  3.  

    Saudara lama mulai bermain api…

  4.  

    Saudara lama bermain api.. tpi apinya blum besar..

  5.  

    Berita nya provokativ banget nih….

    Ini mah yang buat org2 kita sendiri biar ada konflik trus ada anggaran…

    Capek deh…

  6.  

    Gak yakin saya Timor Leste berbuat demikian,emang yang jaga tu perbatasan gak liat apa,

    NI BERITA MASUK TONG SAMPAH

  7.  

    Infonya militer cina udah ada di sana? Betul ngak bung admin

  8.  

    cina tak pernah mengakui thaiwan sebagai sebuah NEGARA,melainkan sebagai PROVINSI nya yg membangkan.

    lalu bagaimana dgn INDONESIA…hehee bagaimana pun,NUGINI dan LESTE pernah menjadi bagian dari peta INDONESIA itu artinya …^_-

  9.  

    kok malon sekarang jarang muncul ya, gue kangen sama malon, kalau debat sama malon jadi inget masa-masa sekolah dulu xixixi saking kangennya gue pengen nabok xixixi

  10.  

    2? itu mksudnya baru terealisasi klo dilihat kasusnya sperti ini…

  11.  

    Itu sdh lama mmg sengaja dibiarin kok timles bangun sesustu disana…ntar kalo sdh permanen baru deh digusur satpol pp…ya benar cukup satpol pp yg bermain disini…anyway ini jg sdh sesuai dgn thema setiap latgab loh…” merebut kembali daerah yg sudah dikuasai musuh….”