Nov 092014
 
 Kapal Republik Indonesia (KRI) kelas Multi Role Light Fregate (MRLF) KRI Usman Harun (USH)-359 melintas diperairan Karimunjawa, Jawa Tengah, Minggu (28/9). [Antara/M Risyal Hidayat] -


Kapal Republik Indonesia (KRI) kelas Multi Role Light Fregate (MRLF) KRI Usman Harun (USH)-359 melintas diperairan Karimunjawa, Jawa Tengah, Minggu (28/9). [Antara/M Risyal Hidayat] –

Dalam mempertahankan maritim Indonesia, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan memperkuat penjagaan perbatasan dengan pesawat tanpa awak (drone).

“Kita juga akan memperkuat penjagaan dengan kapal-kapal patroli,” ujar Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu usai acara malam akrab Cadaka Dharma Puncak Tidar angkatan 1973 di Balai Kartini, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat malam (7/11/2014).

Ryamizard juga membenarkan bantuan kapal patroli dari Amerika Serikat. Namun, ia belum mengecek berapa jumlah kapal patroli tersebut. Selain itu, dipastikan pihaknya telah memiliki puluhan kapal patroli buatan sendiri. “Kita sudah membuat puluhan kapal patroli. Ada sebagian yang sudah dipesan negara lain,” katanya.

Dalam waktu dekat, Ryamizard akan mengikuti pertemuan dengan Menteri Pertahanan se-ASEAN dalam rangka memantapkan perkara pertahanan. ” Bukan hanya soal pertahanan laut, juga seputar ISIS dan virus Ebola,” pungkasnya. (pelitaonline.com).

Bagikan :

  96 Responses to “AS Bantu Indonesia dengan Kapal Patroli”

  1.  

    met pagi…

  2.  

    patroli?

  3.  

    Tuh kan kapal patroli….bkn kapal perang karena korvet dan fregat gak di buat di dalam negeri… :mrgreen:

    Visi kemaritiman yang canggih sekali sy rasa 😆

  4.  

    Hehehe sabar mas….ojo misuann marai rezeki serett 😛 😀

  5.  

    Judulnya aneh, kan gak hanya penawaran kapal patroli oleh AS, mungkin akan lebih baik judulnya ‘Indonesia akan tambah kapal patroli’

  6.  

    amrik pasti punya maksut tersembunyi dibalik celananya hati hati

  7.  

    …Ryamizard juga membenarkan bantuan kapal patroli dari Amerika Serikat. Namun, ia belum mengecek berapa jumlah kapal patroli tersebut…

    > Namun, ia belum mengecek berapa jumlah kapal patroli tersebut

    ayo koor kwek kwek, ambil suara, protes lagi, menhan udah dibantu kok cuek banget, gak langsung dihitung jumlahnya, hargai dong bantuan orang …dst…dst…dst…

  8.  

    Yg pasti gk jauh dari barang hibah,,ujung2nya di suruh upgrade?

  9.  

    Jangan2 kapal patroli yg dimaksud dubes beda dgn yg kita bayangkan, sama spt kapal perusak versi eropa yg beda dgn versi amerika. Kapal perusak amerika sangat besar.

  10.  

    Adakah mkn siang yg ‘GRATIS’ buat ASU hari gini..??

  11.  

    Kalau ternyata sama saja dgn kapal patroli yg dimiliki TNI AL, seharusnya jawaban kita tegas: Kami sudah punya KLEWANG class.

  12.  

    Kapal patroli utk jaga kilang minyak asu..

  13.  

    Kapal bekas yah…….. Lagi lagi jadi tempat sampah. Kalo kapal patroli cukup buat KCR 40 yang banyak aja sudah cukup. Kalo mau Bantu bener ya hibahin aegis arleigh Burke kita trima dengan Tangan terbuka

    •  

      mungkin buat icg bung kan bakamla cikal bakal icg

      •  

        Kalau gitu jokowi jangan sebut sebut angkatan laut dong….laksamana malahayati dan laksamana nala bisa bangkit dr kuburnya kalo disebut ALRI akan menerima banyak kapal patroli…

        Ingat,TNI bukan komoditas politik…TNI adalah penjaga demokrasi dan satu satunya milik republik indonesia yg tdk akan berubah apapun kondisinya kata pak dirman…urus saja masalah sipil,siapkan dana buat TNI dan biarkan ahlinya yg mengurus semuanya…kalau tidak tahu silent is golden…

        •  

          Hitler saja yg mantan militer tidak ikut campur saat pembangunan wehrmacht…wehrmacht dikembaghkan perwiranya hingga batas maksimal…itu karena tradisi militer prusia dimana pimpinan politik hanya memberi garis besar kebijakan dan para perwira jerman menerjemahkannya sendiri di lapangan tanpa campur tangan pimoinan politik…begitu hitler ikut campur tahun 1942 dengan mengambil alih pimpinan wehrmacht dr tangan marsekal franz hardel yg mengundurkan diri karena tragedi stalingrad,wehrmacht langsung kacau balau…di beri tank besar (tiger dan koenig tiger) yg tdk cocok untuk blitzkrieg,nekad memproduksi pembom dlm jumlah besar dimana justru jerman lebih membutuhkan pemburu untuk menahan serangan balik sekutu dan yg lebih konyol lg menghentikan pembuatan kapal induk dan menggantinya dgn kapal torpedo schneel boot yg tdk sanggup membendung invasi DDAY…

        •  

          jadi @bung wehrmacht..
          kira kira apa maksud US memberi bantuan kapal patroli untuk indonesia?apakah salah satunya untuk membendung kemajuan teknologi anak bangsa..atau membendung cita cita kemandirian maritim indonesia..?
          atau US takut NKRI menjadi negara maritim kuat?
          terimakasih pencerahan nya
          nuhun

          •  

            ASU cm melihat peluang berbiaya murah dari penyataan jokowi yg ingin menambah kapal patroli…selama mereka masih banyak sampah yg bisa di hibahkan untuk mendapatkan hasil maksimal kenapa tidak…coba kalau jokowi bilang kita akan menambah KS untuk memperkuat pertahanan laut kita pasti rusia yg maju…

          •  

            Karena cm rusia yg punya banyak “rongsokanh” KS :mrgreen:

          •  

            kalo AS berniat gak mau RI jadi kekuatan maritim gak mungkin mereka mau bantu beri kapal ke Tni AL.. Tugas menjaga kedaulatan tetap AL mrka memang yg berwenang , serahkan kpd ahlinya

  14.  

    Kalo bekas berkwalitas ya nga masalah tp kalo bekas masih harus di up gread y pecuma,sama aja buang buang duit

  15.  

    syaratnya harus dipake di natuna utk menghadapi PLAN,

  16.  

    Mentri susi berkata bahwa buat apa penambahan kapal patroli..
    Kita ada 300 kapal patroli tapi yg oprasi cuma 10
    Dalam sebulan cuma 10 kali oprasi….mana yg betul???

    •  

      Apa iya dari 300 cm operasiional 10. Menterinya jangan bicara kalau tidak punya data yang akurat. Itu yang dimaksud kapal TNI AL apa punya Departemen Kelautan & Perikanan?

  17.  

    cobalah utk tdk berburuk sangka…mungkin ini bentuk dukungan amerika terhadap indonesia dlm menjaga kedaulatan wilayah lautnya.

  18.  

    sudahlah mas brw jgn pusing karna asuh krn bkn dari asuh sj alutsista kita sy cmn kasih bayangan kita ini negara non blok pasti bkn dari asu aj uncle rusky aj ada kok tp ya gitu deh silent…beserta tot pokokx tni jaya slalu nkri harga mati….

  19.  

    frans,ente berat sebelah, waktu kapal rusia datang ke kita ente bilang jangan2 ada niat ga baik, kalau asu sih dah jelas kelakuannya seperti apa, contoh invasi irak adalah salah satu contoh bualan besar asu terhadap dunia, lalu bagaimana dgn freeport yg udah ngacak bumi papua tapi bagi hasil yg merugikan. asu jelas negara keji karna gemar mengobarkan peperangan dan senjata nuklir hanya asu yg pernah gunakan, mereka tau senjata itu sangat mematikan tapi ko bisa sampai 2x bahkan ada rencana ke 3 thd cina

  20.  

    Sekalian saja memetakan laut indonesia dan tau pcc ranjau laut yng ditanam Al…..!!!! #peace

  21.  

    “TIDAK ADA MAKAN SIANG YANG GRATIS” , KaLau banyak Persyaratan dan EmbeLnya , Lebih baik ga’ usah ?! Dan dichek kapalnya di doking kaPaL patroLinya jangan sampai ada ALat premeter atau gps mata2nya , atau kapal bekas yg di upgrade mending ga’ usah!!! Kita sudah bisa bikin KCR yang gahar kok!!!

  22.  

    jokowi : kapal patroli kita kurang banyak…kita perlu tambah kapal patroli

    bu susi : TNI AL punya 70 kapal patroli,tapi yg bisa jalan hanya 10

    dan sekarang minta bantuan asu buat patroli,ahsan tuh 70 kapal patroli yg kecil2 ente jamin full solar terusss dan siap patroli 100% perharinya sambil ente kembangkan drone

    wesss mbuhhhh

    •  

      ya jaangan mbuhh bung A, kritisi itu klo penting sekali y diprotesss. negara mw kuat y ikuti cara nya bapak dari ibu pertiwi n skrg dah ad MEF terusin aj jangan mw di setir.

  23.  

    Sayan sayangkan kalo pemerintah sampai terjebak dengan cara2 amerika untuk menekan indonesia, wajib berhati hati

  24.  

    yo kan lumayan apapun hibahnya,coba aja kalau suruh upgrade kami akan upgrade sendiri,gt boleh gak.tp kalau cuma kapal lawas kan juga bisa buat latihan tembak yakhont atau c 802,tetap ada gunanya

  25.  

    “Saya memohon kepada parlemen kalau kayak begitu. Bapak dan ibu harusnya tidak setujui anggaran penambahan kapal,” lanjut Susi.
    —————————————————————————————————————————–
    bingung ane,udah kapal patrolinya kecil2 dan gak sebanding dengan luas laut indonesia ehhh malah dilarang tambah armada lagi,solarr bu solarrr itu doank solusinya

  26.  

    Tiru USA tiru US coast guard! Indonesia coast guard mecegah illegal fishing, mencegah imigrasi gelap, mencegah operasi narkoba Di laut kita, misi SAR, Homeland security, tugas beacukai…kalau negara dalam keadaan perang komando langsung di bawah TNI AL

    •  

      Oh ya USCG Di USA juga bisa melarang kapal sipil yg beroperasi di wilayah hukum ASU jika unsur keselamatan tidak terpenuhi contoh life boat life raft rusak/kurang, crew kapal tidak bisa melakukan prosedur evacuation, alat madam kebakaran tidak, api kebakaran momok yang ditakutin kapal. Ingat tampomas 2

  27.  

    Ada Artikel Menarik yang di Posting di warung sebelah sekitar bulan Oktober. Artikel ini sangat membanggakan dan membangun rasa kebanggan kita akan TNI, walaupun hanya singkat saja. Sebelumnya mohon maaf jika salah dan minta ijin copas en share-nya. Berikut petikannya,:

    Siapa Yang Sedang Bermain..?

    Akhirnya palima armatim TLDM, Rear Admiral Datuk Seri Mohammad Rosland Omar, buka suara. Ada ketidakberesan sedang terjadi di perairan Sabah dan Serawak. Setelah hilangnya kapal CB209, beliau menerangkan berbagai masalah yang seringkali dihadapi oleh kapal-kapal milik TLDM. Radar angkatan laut Malaysia di wilayah Borneo, sedang mengalami penurunan daya jangkau yang sangat drastis, yakni hanya mampu membaca signal dalam radius 30km..!
    Belum diketahui motiv sesungguhnya yang sedang dihadapi, minggu depan akan dijadwalkan kunjungan resmi beliau dengan Panglima TLDM ke Jakarta. Di Jakarta, mereka akan bertemu Kasal Marsetio dan Panglima TNI. Diharapkan dari hasil kunjungan ini, akan mendapatkan masukan dan pelajaran berharga bagi angkatan laut Malaysia.

  28.  

    Dahulu Kau “pikat” aku dengan F 16 upgrade blok 52,kini kau “rayu” aku dengan kapal patroli.ingatlah bpak mentriku,mamarika tetapl

  29.  

    hahaha sok anti asu tapi masih butuh…rusia aja pening d embargo asu sama sekutunya lebih baik bermain cantik ajalah gak usah sok sok anti yang penting laut aman dari maling ikan mau dari asu, china, atau yang lain lain ora masalah sing penting bisa dipake patroli gitu aja kok repot…kalo russia mau ngasih pasti diterima tapi apa dikata russia mah pelit sangat…..

    •  

      Masalahnya bg,malingnya tuh ya dia.asu nggak maling ikan.Tpi tempat ikan yg diambil,diobok2.

    •  

      Sudah dibilang,, asu dan sekutunya ga akan mungkin biarkan TNI dan industri pertahanan kita jadi kuat,,,Selama pemerintah masih terus peduli dengan bantuan asu yg sebenarnya ga seberapa, maka selamanya pemerintah kita akan terus merasa berhutang budi dengan si asu ini, dan ini sudah tertanam begitu kuatnya dalam adat pemerintahan kita baik itu militer maupun sipil,, masihkah adat ini akan terus berlanjut? Dimana sebenarnya muka para pejabat tinggi RI?? Masih butakah dengan kerugian yg begitu besarnya karena ulah si asu????

  30.  

    OK tapi tanpa syarat2 dan ketentuan apapun, mau dipake apa pun bagaimana kita aje, ASu kagak usah ikut2an ngatur, ngarti loe ???

  31.  

    salam 10 november, merdeka!!! bung diego, ni bnyak artikel pembuatan senjata buatan rusia, ap ni clue yg akan siap d publis resmi oleh menhan??

  32.  

    Kalau yang di maksud kapal patroli kelas Oliver Hazzard Perry gimana? kan dengar dengar Amerika mau hibahkan tuh ada 10 kapal yang siap didecomisioned

  33.  

    Ada sebuah artikel, mudah2an ini bisa menyejukkan hati yang panas tak rela. Artikel ini dari seorang Putra Indonesia nun jauh di sana di negeri orang yang selalu hadir dan senantiasa membangun semangat nasionalisme dan kebangggaan akan Bangsa ini, Indonesia Tercinta. walaupun beliau mungkin melihat dan berbagi semangat ini melalui kacamata dan kesan yang ditangkap oleh negeri luar. Saluuut buat beliau.
    Dalam Artikel ini beliau menuturkan betapa membanggakannya langkah yang telah dan masih ditempuh oleh salah satu Putra terbaik Angkatan Laut kita. TNI-AL.
    Mohon ijin copas dan share-nya berikut penuturan beliau yg di share bulan Oktober 2014:

    Lobby Maut ala KSAL (Marsetio)..!

    Di laut kita jaya..!
    Mungkin kalimat itulah yang dibisikan oleh Kasal Marsetio saat melakukan perbincangan dengan rekan sejawatnya dari Taiwan, saat keduanya bertemu di US beberapa waktu yang lalu. Bisik-bisik itu semakin asyik, sehingga setelah acara di US itu selesai, acara bisik-bisik pun berlanjut hingga ke Taiwan..!
    Bukan Marsetio dong kalau gak jago ngolah tata bahasa. Lulusan Akabri terbaik dari matra laut ini, selain dikenal jago strategi saat menuntut ilmu di Amerika dan Inggris, penguasaan keilmuannya sudah banyak disebarkan ke berbagai negara. Sebagai seorang perwira yang cerdas, tidak heran jika akhirnya dunia turut memaksa beliau menjadi seorang dosen terbang di berbagai kelas perwira terkemuka dunia. Diam-diam, ternyata nama Marsetio telah lama menjadi dosen idola. Sultan Brunei, raja Monaco, pemimpin Taiwan, perwira negara-negara NATO, pernah merasakan tajamnya pemikiran dan strategi yang dimilikinya. Tidak heran, jika kemudian para analis dunia, lebih suka menyandingkan China dan Indonesia dalam konteks konflik Laut China Selatan. Tak terbantahkan, hanya dua negara inilah yang dianggap lebih bernyali, yang lainnya tak lebih dari sekedar backing vocal..!
    Adalah Marsetio, yang menjalin persahabatan begitu dekat dengan para pemimpin Taiwan. Kedekatannya sangat meresahkan China, tapi sekaligus juga sangat menyejukan China. Sepertinya Indonesia memiliki pengetahuan yang lebih dari cukup tentang kekuatan China yang sebenarnya. Tidak mengherankan pula jika dalam kunjungannya ke China beberapa waktu lalu, Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, berani berkoar pedas di kandang Singa..! Hal yang tidak pernah dilakukan oleh pemimpin militer lain manapun..! Marsetio adalah aktor laut yang sangat diperhitungkan di dunia internasional.
    Sebagian besar diantara kita, mungkin banyak yang tertanya-tanya atas penghargaan yang diterima Marsetio baru-baru ini. Bukan main-main, ini sebuah penghargaan atas jasa-jasa besar lho..! Pertanyaannya, jasa besar yang mana sih..? Rasanya bukankah Marsetio senantiasa ada di Indonesia..? Hehehe..! Cukup menggelitik bukan..?
    Marsetio telah bekerja melampaui batas-batas negara. Konflik LCS, telah dimanagenya dengan kemasan yang sangat elegan. Philippine bisa kembali berdampingan dengan USA, Vietnam bisa menurunkan tensinya dengan China, hubungan diplomasi Russia dan Jepang bisa berjalan lancar, China bisa lebih santun terhadap Taiwan, dan USA bisa menekan Australia untuk tidak menyepelekan kekuatan Indonesia..! Hasilnya..! Luar biasa..! Meski konflik itu ada, tapi nyatanya, perang masih selalu bisa dieliminir..! Marsetio berhasil memainkan perannya sebagai conductor perhelatan kekuatan di laut Pacific..!
    Di Taiwan, Marsetio terlibat dalam perencanaan modernisasi Angkatan Laut Taiwan. Ironisnya, dalam program ini, Taiwan hanya sedikit melibatkan peran serta USA. Akankah Indonesia turut terlibat di dalamnya..? Masih menjadi sebuah misteri. Tapi kedekatan ini, telah menambah satu lagi teka-teki kekuatan Indonesia di masa mendatang. Diterangkan, bahwa pihak Taiwan merasa puas dengan pencapaian kerjasama yang selama ini terjalin..! Jika ini faktanya, kita telah menemukan jawaban atas alasan Jepang yang dengan suka rela menghibahkan kapal patrolinya pada Indonesia..! Indonesia harus dibuat kuat, supaya tidak ada gap kekuatan yang mencolok di Asia Tenggara..! Dunia menyadari arti penting kehadiran Indonesia dalam peta perdamaian dunia.
    Bersama Marsetio, dikabarkan bahwa Taiwan berencana memodernisasi armada tempur lautnya, dengan membeli asset tempur baru berupa:
    – 4 destroyer 10000 tones.
    – 18 fregrate catamaran.
    – 11 LPD
    – 8 subs.
    Akankah kali ini Indonesia menolak tawaran hibah kapal-kapal eks Angkatan Laut Taiwan..? Hehehe..! Biarlah Dephan saja yang tahu..!

  34.  

    asu strooonggg….. bung wehr…

    indonesia jd bantar gebang-nya amerika

  35.  

    ingat tdak ada sesuatu yg gratis!!!.tdk di minta bantuannya tp ingin membantu,bagus tp itu ada 2 kmungkinan dan perlu di analisa…kmungkinan prtma bnr2 iklas,dan kmungkinan kdua ada sesuatu…untuk kmungkinan prtama tdk prlu di bhas krma iklas,yg prlu di bhas kmungkinan kdua yaitu membntu krna ada sesuatu…kita tdk sdang kna musibah atau bncna mngpa mreka ingin membntu dgn mnempatkn kpl patroli dn kta tdk memintanya pula,bisa jd dgn bgitu mreka agr tau byk rahasia dn tmpt2 strategis ngara kita bisa jd nantinya akn minta izin mndirikn pngkalan militer sprti byk ngara yg sdh kita tau di jdikn pngklan militernya.kalau bisa tolak saja dengan cara yg sopan.kalau ia bnar2 ingin membantu itu bkn dgn cara mnemptkan alat militer tp mngajari bgaimna cara membuat apache,kpal selam,nuklir,dan peralatan militernya yg canggih2.itu mnurut analisa saya..terserah mau di bilang suuzon tp mnurut saya itu bkn suuzon krna saya sdah membrikan alasan logikanya krna saya sbg Rakyat yg cinta NKRI punya Rasa saya yakin Rasa itu gak pernah bohong…ISLAM NKRI Harga Mati

  36.  

    Jaman SBY, mungkin…mungkin ikan di laut kita masih kecolongan2 oleh nelayan asing…

    Tapi kalo sekarang….bisa2 bukan cuma ikan…tapi laut kita yang dikuasain asing…yaitu amerika…

    ya menhannya ya mentri ikannya bu susi…minta bantuan US yang jagain…

    wkwkwkwkw

  37.  

    Tetap non block tapi agak merapat dikit ke Barat.
    Kalau dari USA kan enginenya kalau gak Caterpillar ya Cummins atau Detroit.
    Semoga Caterpillar, banyak dealernya di Indonesia ada sekitar 65 cabang.
    Jadi perawatan mudah dan sparepart bayak.
    Van Speijk class juga ada yg sudah diganti dengan engine USA.

  38.  

    Yang di butuhkan sekarang para jendral & sipil penjaga alutsista dan NKRI yang memiliki nasionalisme tinggi, negotiation skill yg mumpuni sekaligus moderat. Mudah2an para pemimpin kita adalah orang2 yang visioner memiliki ambisi untuk mewujudkan indonesia yang kuat dan di hormati bukan yang mudah kena jebakan batman asing
    Sorry ngelantur ngantuk mode on he..he..
    Rindu tulisan bung yayan

  39.  

    Semua itu hanya akal bulus belaka,Agar supaya indonesia tidak berpaling ke negara lain.
    coba aja radar dr barat ,semua dari barat…..yang kebanyakan dari barat,
    supaya indonesia tidak beli radar dari negara lain,dan juga alutsista.
    negara lain sedang berusaha menggagalkan indonesia untuk membeli pesawat tempur sukhoi 35.
    kalau suma pesawat F16 itu pesawat sudah usang.ga ada efek bagi negara lain….
    Prihatin sekali dengan Bangsaku ini…..
    makanya jangan salah pilih presiden…..
    apa lagi presidennya yg ke Gera an begitu.
    sama pama putin aja bilang bukan saya lho yang mau ketemu,
    itu indikasi presiden kita sebenarnya ga mau ketemu paman putin.
    bagaimana kalau paman putin dengan semua ini…..??

  40.  

    AS sejatinya teman kita… Mereka yg mau membantu justru di kata2in , Rusia memang pelit , orang pelit kok teman..teman tai namanya

 Leave a Reply