Bantuan Kemanusiaan PBB Kembali Siap Dikirimkan ke Suriah

8
8

Puluhan truk PBB yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Suriah telah menyeberangi pos pemeriksaan di Turki selatan dan bersiap melanjutkan perjalanan ke Idlib, Suriah.

Seperti dikutip dari laporan lembaga pers Turki Anadolu, sebanyak 26 truk PBB membawa bantuan kemanusiaan tiba di Idlib, Suriah dan melalui pos pemeriksaan Cilvegozu di Provinsi Hatay, Turki. Sementara 10 truk lainnya diharapkan bisa segera lolos pemeriksaan di pos Cilvegozu menuju Suriah. Sejumlah media juga menambahkan bahwa 20 truk masih berada di perbatasan Turki – Suriah.

Pada 13 September 2016 lalu, pasca gencatan senjata, 40 truk PBB yang membawa bantuan kemanusiaan tertahan di pos pemeriksaan Cilvegozu dan tidak bisa mengirimkan bantuan ke Suriah. Alhasil, bantuan pun menumpuk di perbatasan Turki – Suriah sehingga banyak bantuan berupa makanan yang hampir kedaluwarsa.

Belum lama ini, PBB memberhentikan sementara bantuan kemanusiaan ke Suriah pasca-insiden peledakkan truk bantuan PBB. Konvoi truk bantuan dari Bulan Sabit Merah Arab Suriah untuk Aleppo diserang sejumlah jet tempur, Senin (19/9/2016).

Serangan tersebut setidaknya menghancurkan 18 dari 31 konvoi truk bantuan kemanusiaan yang membawa bantuan makanan dari toko PBB ke kota URM al-Kubra, barat dari Aleppo, di daerah yang dikuasai kelompok pemberontak. Bukan hanya itu, sedikitnya 21 relawan juga dikabarkan tewas.

8 KOMENTAR

  1. indikasi inteligent suriah,, truk bantuan kemanusian banyak di salah gunakan dengan menyelundupkan senjata senjata untuk pemberontak suriah ,ISIS, dll, sehingga tak heran membuat rusia marah dan menghajar konvoi “bantuan ” senjata”kemanusian” untuk pemberontak suriah. karena truk truk tersebut banyak digunakan untuk mengirim roket anti tank dan mampads anti pesawat tempur