Oct 202018
 

Menurut Laksma TNI Edwin, S. H, Posko Peduli Bencana Lantamal V selain menggalang bantuan untuk korban bencana Palu, Sigi dan Donggala, juga telah berpartipasi menyalurkan sebagian bantuan kepada korban bencana gempa di Pulau Sapudi, Sumenep.

Surabaya, Jakartagreater.com   –   Usai menyalurkan bantuan tahap l bagi korban bencana gempa dan tsunami Palu, Sigi, dan Donggala pada awal Oktober 2018 silam, Posko Peduli Bencana Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) kembali menyalurkan bantuan Tahap II yang akan diberangkatkan menggunakan KRI Makassar -590.

Hal tersebut disampaikan Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H, berkaitan dengan embarkasi bahan kontak untuk bencana gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala dari Posko di Mako Lantamal V ke KRI Makassar-590 yang tengah sandar pada Jumat petang 19-10-2018 di Dermaga Madura Ujung, Surabaya.

Menurut Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H, sejak dibuka dari tanggal 1 hingga 16 Oktober 2018 lalu, respon positif diberikan oleh berbagai instansi pemerintah dan swasta, komunitas dan elemen masyarakat lainnya di Surabaya dan sekitarnya untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala.

Data yang terhimpun, dalam penyaluran bantuan tahap ll kali ini, Posko Bantuan Bencana Lantamal V menerima 14 ton beras, mie instan 2.888 dus, air mineral 4.025 dus, makanan bayi 362 dus, susu sebanyak 517 dus, 1269 boks, serta 430 kaleng.

Kemudian minyak goreng 70 dus dan 6 jirigen, gula 25 sak, pakaian layak pakai 585 karung dan 1.698 dus, peralatan ibadah 11 dus, obat-obatan 28 dus, selimut 219 dus, serta masih banyak bantuan lainnya.

“Posko dalam hal ini jajaran Staf Operasi dan Staf Potensi Maritim Lantamal V menerima begitu banyak bantuan berupa air mineral, makanan ringan, beras, selimut, pakaian, perlengkapan sholat, kelengkapan wanita, susu bayi dan lainnya.

Dan demi menghindari kerusakan, juga mempercepat bantuan sampai kepada para korban bencana, kami segera menyalurkan bantuan tahap ll ini dengan menggunakan KRI Makassar-590 yang disiapkan Koarmada ll,” jelas Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H.

Menurut Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H, Posko Peduli Bencana Lantamal V selain menggalang bantuan untuk korban bencana Palu, Sigi dan Donggala, juga telah berpartipasi menyalurkan sebagian bantuan kepada korban bencana gempa di Pulau Sapudi, Sumenep.

Sebanyak satu truk bahan batuan yang terdiri dari beras, gula, makanan ringan, susu, dan lainnya telah diberikan secara langsung oleh Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo, M.Tr.Hanla kepada warga yang terdampak gempa Situbondo pada tanggal 12 Oktober 2018 silam.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya , Lantamal V sudah mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan yang terdiri dari dokter, para medis juga marinir sebanyak 42 personel.

Dari 42 personel itu 6 diantaranya tenaga dokter, 6 para medis dibantu oleh 29 pasukan Marinir dari Yonmarhanlan V Lantamal V dan satu personel Dispen Lantamal V untuk membantu proses evakuasi korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala. (Dispen Lantamal V)

 Leave a Reply