Aug 292017
 

Sukhoi Su-35 (@hperron73)

Jakarta – Setelah disepakatinya barter pesawat tempur Sukhoi Su-35 dengan berbagai komoditas lokal, pemerintah Indonesia mulai mempertimbangkan produk apa saja yang dapat ditawarkan kepada Rusia demi melancarkan perdagangan. Salah satunya adalah kerupuk.

Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita memasukkan kerupuk dalam daftar bahan pangan yang akan dibarter dengan 11 pesawat tempur Su-35 Rusia. Kerupuk diusulkan sebagai produk barter bersamaan dengan bahan seperti : karet, kelapa sawit dan juga barang furnitur.

“Saya serius (soal barter kerupuk), karena ada nilai tambahnya,” ujar Enggartiasto di kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Senin (28/8/2017), seperti yang diberitakan Katadata.

Enggartiasto mengatakan banyak produk makanan asal Indonesia yang diminati di luar negeri. Selain bahan makanan, Indonesia juga dapat menawarkan produk lain seperti alat pertahanan yang diproduksi BUMN PT. Pindad sebagai alat barter. “Kami buat daftarnya, setelah itu negosiasi,” ujarnya.

Sebelumnya, kedua negara telah sepakat melakukan imbal beli pengadaan sebelas unit Su-35 senilai 1,14 miliar dolar AS (15,2 triliun rupiah) dengan berbagai komoditas lokal Indonesia. Indonesia.RBTH.

  155 Responses to “Barter Su-35, Indonesia Tawarkan Kerupuk ke Rusia”

  1. kerupuk – kerupuk….xixiixixixi

  2. Wah kerupuk bisa mahal ni

  3. Nggk pa2 yg pntng saling sepakat dlm perjanjian..

  4. Beli kerupuk 10 miliar dapat segimana tuh

  5. Pesawat tukar kerupuk.. hehe

  6. Rengginang lebih gurih cuy

  7. Jengkol tuker tuh sama 1 skuadron su35..
    Kasih nama skuadron jengkol

  8. Keripik singkong lebih gurih dan nikmat…

  9. Ya.. kerupuk lebih canggih dari pesawat tempur sukhoi Su-35, karena orang Rusia belum tentu punya teknologinya utk bikin kerupuk.. gitu lho bro.. hee..hehe..

  10. Apa krupuk udang atau krupuk ikan min.

  11. temanya camilan ini..wkwkk
    enak juga kopi sm krupuk

  12. di sana makan krupuk pake nasi nggak ya..

  13. Onde onde saja.hehe.

  14. Duh ari kurupuk kurupuk teuing mah atuh euy

  15. Yang mentah apa yg dah mateng? Wkwk

  16. Pete aja biar tau gimana rasanya peta dan manfaat nya gubrakkkkk

  17. Krupuk kulit, Krupuk Melarat. xixixi

  18. Sudah bosen dengan berita su 35, wacana nya hanya sampai dibibir saja..

  19. Bangga rasanya jadi rakyat kecil makannan yg sehari2 aku makan bisa buat barter pesawat..

  20. Krupuk Udang… Krupuk Terrung … Krupuk Pully .. Krupuk Tempe .. Krupuk Sadaria … krupuk Kupang … waaah Iki Dapat SU 35 +++ Sak Rudal nya pisan … Kapal Selam Kilo … Lariiiiiiiissss Maniiiiisssss..

  21. Petis, jengkol, pete, pempek, papeda, rujak cingur, tempe penyet, jenang grandul, dodol, lempok durian, bagea, coto makassar, nasi liwetj, soto ayam, konro, bebek goreng, mendoan, mie gimin, bubur ayam hostes, lontong balap, nasi lawar, ayam betutu…banyak yg bisa ditawarkan ke russia untuk ditukar SU35, tank armata, destroyer bystri, kilo class, Ka 52, S400, pantsyr….

  22. opak, tahu bulat, tahu semedang, dodol garut dimasukin aja sekalian.

  23. Duhhhh legenddddd bgtt kerupuk..bnyk mcm kerupuk di indonesia

  24. Barter sama lisensi pembuatan tempe pasti bagus,prototype nya boleh dibikin di rusia hihihi

  25. barter sama thiwull saja

  26. Kerupuk = pesawat sukhoi luar biasa INDONESIA CERDAS

  27. kalo ditawari SAMBAL PECEL mau tidak ya?

  28. Bikin malu aja…mending batalin belinya…apa ga sekalian tukar sm jangkrik??? org rusia mana doyan kerupuk, badan org rusia itu tinggi2 , besar2 dan pintar2…dikasi makan kerupuk ya masuk angin ton, ya ga kenyang toh, ya dilepeh toh, ya ga laku toh….mikirrrr !!!

  29. sinyal dari RUSIA , utk bersekutu.

  30. masih ada sistem barter ya

  31. Wuihhh cerdassss…memajukan ekonomi pengusaha krupuk..membuka lapangan kerja….klw emang bener…salutttt…

  32. Joss pak…
    Sesuatu yg sangat tidak kiya sangka.. Yg kita abaikan … Tapi dangat menguntungkan…

    MERDEKA……..Pak JOKOWI

  33. dari dulu nego blum deal2 jg …apa masih kepikiran amerika 🙁

  34. Ide yg baik barter dgn krupuk bvt jg ubi rebus peyek emping jg rendang padang arsik medan.

  35. itu duit koruptor2 ambil aja pasti nutup 15.2 T , dari tahun kapan pengadaan ini pesawat di goreng mulu, bosen juga lama2 haha

  36. Moga aja g kerupuk balado y

  37. Spek pesawatnya pake kelas kerupuk juga..

  38. Bangun tidur baru setengah sadar buka fb, langsung baca judul ini, langsung ngakak

  39. pasti gara-gara youtuber “Korean react Indonesian cracker”…

  40. Ya masih oke jika kerupuk dibeli hanya utk dikonsumsi, dan rasanya emang enak, lain hal nya dgn beli jet tempur dituker sm kerupuk, kan bikin malu aja, apa kata dunia??. mana indonesia yg ktnya kaya raya hanya dimulut sj, buktikkan dong jika indonesia itu kaya beneran…jgn trlalu mengada2 lah…yg normal2 ajam jgn bikin malu negara kita trcinta…

  41. Org rusia suka belacan… belacan nga ditawari tukar sama S400..
    Mngkn rusia jg mau

  42. Cocok dah.

    Pak Enggar pasti dapat ide sesudah baca komentar-komentar saya.

    Xixixixixi

    Indonesia punya kerupuk tapi nggak punya kalengnya.

    Rusia punya kalengnya tapi nggak punya kerupuk.

    Kaleng kerupuk ditukar sama kerupuk.

    Hahahahahahaha…

    Nanginunginanginung si Jimmy bujang lapuk

    Nanginunginanginung si Jimmy gajinya kerupuk.

    Hahahahahaha

    Si Jimmy pasti ngumpet di bilik termenung

    Tenang Jimmy tenanglah kau pasti jadi juragan kerupuk yang sukses.

    Xixixixixi

    Bung Diego bikin senang saya saja.

    Xixixixixi

    Pejabat negeri ini juga bikin senang saya saja.

    Xixixixixi

    Para produsen kerupuk dan karyawannya pasti sangat senang.

    Mari sukseskan kerupuk sebagai makanan khas Indonesia yang mendunia.

    • Anda girang bgt bung tn? sdh bs melampiaskan kekesalan sm bung itu..??. rasanya plong ya bung tna. xixixi sy ikut girang deh…peace yg lain jgn marah ya…

  43. Jangan lupa batu akik juga ditawarkan ke Rusia.

  44. Maksudnya itu kerupuk bisa buat camilan pilot pespur Rusia…hehehe

  45. Dibarter sama krupuk. Kasihan SUSANA enggak bisa makan krupuk lagi soalnya di export ke Rusia.
    ‘Bang, kerupuknya berapa? Ta borong semuanya’ hihihihihihihihi (tawa kuntilanak)

  46. Haha barter sama pisang…..

  47. Entar bisa bisa yang dateng pesawat kelas kaleng krupuk juga…

    • Biasanya sh.. Kalo dagang tuh ada harga ada kualitas Om..

    • Kalau nilai kerupuk sama dgn harga pesawat gimana bung?masa iya kelas kaleng krupuk…jg d lihat kerupuknya tapi nilai hrga total dr krupuknya bung…

    • Betul bos kan saya bilang ada harga ada kualitas.. Dg harga 1 Su 35.. Berapa kerupuk yg harus d kirim? Mampukah rusia menyerapnya, sudahkah orang rusia bisa makan kerupuk?.. Ya smoga saja dg krupuk bisa dpt SU 35 S bukan spec yg d downgrade..

    • Lagipula kerupuk itu salah satu komoditas yg jd alat tukar,selain karet dll…lgipula jgn salah kalau nilai kerupuk itu mahal kalau d luar negeri”pernah nda beli krupuk d singapura??anda bisa kaget dgn harga disana ktimbang d sini…selain itu membeli barang dgn sistem barter bisa mengurangi penggunaan mata uang dollar…kalau pake dollar yg untung america bung karena semakin sering d gunakan maka nilai dollar semakin menguat

    • Iya sistem barter akan sangat menguntungkan jita yg kaya akan sumber daya.. Cuman itu disisi kita bagaimana dg pihak rusia.. Apakah itu akan menguntungkan mereka.. Mungkin kalau komoditas yg memang sangat dibutuhkan oleh mereka dan tidak mereka miliki itu akan menjadi datya tawar yang sangat baik spt sawit dan karet.. Kalau untuk kerupuk apakah rusia memang membutuhkannya? Kalau iya akan sangat menguntungkan kita tapi kalau tidak maka nilainya akan jatuh takutnya demi kesepakatan barter krupuk tetap d terima dg catatan adanya penurunan spesifikasi pesawat..

    • Ini saya baca di RBTH
      Pembaca yang terhormat,
      Kami mendapat begitu banyak tanggapan soal berita yang menyebutkan bahwa Indonesia berencana memasukkan kerupuk sebagai salah satu komoditas yang akan dibarter dengan sebelas pesawat Sukhoi Su-35.
      Pertama, perlu diperhatikan bahwa isu tersebut datang dari pihak Indonesia. Lagipula, tentu Indonesia tidak mungkin hanya “membarter” kerupuk saja. Coba cari arsip berita kami yang lain seputar hal ini. Di situ dikatakan bahwa pada awalnya, karet yang akan dijadikan komoditas untuk dibarter dengan pesawat canggih itu. Namun kemudian, pihak Rusia meminta komoditas lain (ada juga arsipnya, silakan cari). Karena itu, Indonesia juga menawarkan kelapa sawit. Apalagi, minyak kelapa sawit Indonesia dilarang di Uni Eropa, jadi ini kesempatan bagus bagi Indonesia karena Rusia tertarik dengan kelapa sawit Indonesia. Sebetulnya, sebagian besar kebutuhan sawit Rusia memang diimpor dari Indonesia. Artinya, kebutuhan sawit di Rusia sangat tinggi, dan daripada membeli sawit (artinya membayar dengan dolar AS), kenapa tidak melakukan “barter” (dalam hal ini namanya proses imbal-beli)? Indonesia butuh pesawat, Rusia butuh komoditas. Tidak perlu transaksi dengan dolar AS.
      Kedua, untuk meningkatkan volume perdagangan, Indonesia pun menawarkan komoditas lain, seperti barang-barang furnitur (kami pernah bahasa juga di situs kami bahwa furnitur Indonesia banyak diminati di Rusia, silakan cari juga arsipnya).
      Apa lagi? Kerupuk. Hal ini dicetuskan oleh Menteri Perdagangan RI. Apakah ini main-main? Tentu tidak. Dubes RI di Rusia pernah bilang bahwa minat terhadap masakan Indonesia ternyata cukup tinggi, khususnya ini terlihat saat Festival Indonesia di Moskow. Ini pun termasuk: kerupuk. Siapa yang tidak suka kerupuk? Kerupuk memang teman makan yang enak, dan orang Rusia suka.
      Jadi, tidak perlu malu. Banggalah dengan Indonesia. Jangan memandang sebelah mata negara Anda sendiri. Percayalah, pemerintah Anda pasti melakukan yang terbaik untuk negara Anda.

    • Pemerintah Indonesia tentu tidak akan menjalankan negara dengan “main-main”. Semua ada perhitungannya.
      Jadi, semua ini sudah pasti? Soal pembelian Su-35, sudah pasti. Bacalah di situs kami, ada banyak arsipnya. Kedua pihak sudah sepakat dan yang terpenting bahwa transaksinya akan dilakukan secara imbal-beli yang merupakan salah satu jenis barter atau perdagangan internasional.
      Membeli alutsista memang bukan perkara mudah seperti beli bawang di pasar. Karena itu, negosiasinya lama. Ini wajar. Namun, semua tentu demi kesepakatan yang sama-sama menguntungkan bagi kedua pihak.
      Sekarang apa? Sekarang, kedua pihak sedang berusaha menyepakati komoditas apa yang bisa dibarter dengan Sukhoi. Karet sudah pasti, kemudian ada minyak kelapa sawit. Selebihnya? Inilah yang sedang dipertimbangkan pemerintah.
      Coba bayangkan, pembelian sebelas pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia senilai 1,14 miliar dolar AS memberikan Indonesia potensi ekspor ke Rusia sebesar 50 persen atau senilai 570 juta dolar AS.
      Jadi, mari kita tunggu kabar baik lainnya. Tidak perlu malu soal kerupuk karena kerupuk enak!

    • Maaf saudara ketut,,saya ikut kumpul,,krupuk hanya sbg komoditas penyerta saja selain komoditi utama,furnitur,kopi,rempah,,komoditas utama kan karet sama sawit,,? Jadi buka 1 SU35 VS krupuk se-abreg,

      • kerupuk itu diperlukan bagi petugas bea cukai russia untuk menghilangkan rasa jenuh dan lelah menghitung komoditas indonesia yang masuk pelabuhan sankt petersburg. maka ngemil sambil ngitung petikemas jadi tidak membosankan lagi…

    • Semua pasti sudah dipikirkan bung”kalau kita menawarkan krupuk pastinya sudah mempertimbngkan minat dr pihak rusia seprti apa…kalaupun nilai krupuk rendah kan bisa ditutup dgn nilai komoditas yg lain…spesifikasi pesawat pastinya sesuai kesepakatan masing2 tidak mungkin dirubah sepihak bung..rusia punya kepentingan besar d indonesia bung tidak mungkin mereka mengecewakan kita….bukan kebiasaan rusia mengecewakan kita bung..justru bangsa barat lah yg sering mempermainkan kita…tapi syngnya bnyk dr kita yg masih membanggakannya….miriss

    • Syukurlah kalo mau kerupuk… Bagus tuh.. Bisa bikin lapangan kerja baru.. Bilaperlu nanti S 400 sama Iskander bisa kita barter sama krupuk… Atau kalo rusia mau tambahin juga dg batu akik.. Disini Indonesia gudangnya Batu Akik….

      • waduh, di russia lebih rame lagi batu mulianya bung, baru semananjung kamchatka saja udah bejibun tuh, apalagi di bawah es dan gambut siberia, sayang gak ada tenaga kerja yang melimpah…

    • Kalo soal kualitas alutsista ya setiap perusahaan menjaga nama baiknya, kalo meremehkan beli pesawat dengan kerupuk nah dengan alasan nanti kualitasnya seperti kerupuk ya sudah pasti lucu bacanya, karena untuk menjaga nama juga lagian belum banyak negara yg mempunyai su-35 jadi kalo asal”an bikinnya ya bakal susah dipasarkan lagi

    • Dan spt palning diawal smoga dg barter ini datengnya SU 35 yang full Armament tanpa down grade… ngarep. Com

    • Nyata lah full armament..
      Lengkap dengan senjata josss

    • Kayaknya Gula Aren juga komoditi yang bagus yang bisa d Barter.. Rusia kan dingin jadi daripada pake Vodka ngilangin dingin mending Gula Aren dari Indonesia.. Karena disini siapapun yg pernah camping atau latihan digunung pasti tau manfaat baiknya dari gula aren…

    • Krupuknya 100kontener

  48. Sini krupuknya situ kalengnya.. hahaha KALENG+KRUPUK

  49. Ketoprak atau semur jengkol barter su 35

  50. Aya 2 wae..
    Satu shukoi di tuker berapa kontainer krupuk..???

    • Bagus juga. Indonesia ikutan seneng. Yang paling kegirangan tentu orang Jepang. Pemilik merk Yamaha.

      • Ya bang g pp yg penting ekspor dulu biar karyawan pabrik Yamaha di indo tetap kerja

        • Setuju bung mukhlanweb , makanya saya katakan “Indonesia ikutan seneng”, karena keuntungannya memang besar dan datangkan devisa negara.
          Indonesia juga ekspor Toyota Kijang Innova, antara lain ke India. Tapi di sana namanya Toyota Innova. Nggak menyandang nama Kijang lagi. Nggak masalah.

          • dan yang namanya cintai ploduk-ploduk itu bukan berarti harus 100% indonesia, semua investasi fisik disini harus didukung karena mereka menggaji pegawai dan buruh Indonesia, bayar pajak di indonesia, beli bahan baku dari supplyer indonesia serta menyediakan pekerjaan sampingan sekitar pabrik…

          • ?????

  51. jangan lupa JENGKOL … barter ma kasel

  52. sebegitu renyahnya nilai tawar kita?

  53. Onde² getthuk koci² brubbi cekeremesh

  54. sama mie ayam dan baso juga boleh

  55. masukin juga terasi, ikan asin ,jengkol,petei

  56. bujug sukhoi seharga kerupuk

  57. Pecel. Saya bisa bantu menawarkan pecel untuk di TOT sama orang2 Rusia. saya bisa training mereka biar bisa jualan pecel yang yahuud, melebihi pecel bu yanti tetangga saya. #iniserius

  58. saya bisa bantu tawarkan sandal hihihihi

  59. Di Indonesia KERUPUK mungkin sangat2 mudah untuk d dapat… shg jenis makanan ini tdk terlalu istimewa… beda banget dg d luar negeri… prajurit yg bertugas d Afrika sering mengeluh krn sangat sulit mencari kerupuk… pdhal krupuk sdh menjadi makanan pendamping yg hrs ada bagi bbrp prajurit TNI yg sedang bertugas d luar… katanya kalo makan tanpa krupuk ibarat “makan jagung tanpa gigi aleas ompong”… jd jgn pernah menganggap rrendah Krupuk krn sangat murah & mudah d dapat d Indonesia… krn d luar negeri beum tentu sama keadaannya…

  60. SU 35 aja dibarter sama kerupuk, gak kebayang kalo gripen dibarter pake apa….barter kulit kacang kali ya ngahahaha

  61. Hebat. Semoga jadi barter krupuknya . Mungkin dengan keripiknya juga . Indoneaia berlimpah kruput dan keripik. Hehehe

  62. Indonesia

  63. Klo indonesia bisa membarter su 35 dg krupuk..standing uplus buat pemerintah indonesia…hebat..klo perlu dg trasi..udang rebon..jaket kulit dr garut dll. Npa tidak…artinya orang indonesia pebisnis yg baik

  64. Kerupuk dianggap sepele, padahal klu dieksport berton2 tetap aja nilainya tdk sedikit dan signifikan! Cintailah produk2 Indonesia. Cuma gak habis fikir kok ke Rusia aja RI beli aluitsista njelimet byk permintaan dan persyaratan untuk memenuhi UU. Nah ke Eropa dan AS kok gak begitu, beda perlakuan seharusnya RI ngotot jg beli dgn imbal dagang dan TOT jg!

  65. Bikin “Merinding” baca judul artikel ini ck..ck..ck

  66. Jgn lupa.terasi di msukin juga..ehhe

  67. Usul barter Tempe saja….Hehe

  68. Barter sama krupuk + TOT cara bikin nya di jamin mau.

  69. Di Japan Sweet Potato itu makanan mahal, dan dipamerkan loo… padahal disini… jangan menganggap remeh sebuah komoditi, mau dibarter dengan apapun nilainya tetap sama… di barter dengan kayu jati, maupun dengan karet atau apapun tetap saja memiliki nilai ekonomi… bahkan daun kelor saja juga sedang menjadi barang yang dicari… bayangkan kalau Russia lebih berminat pada daun kelor…

  70. Harga kerupuk di rusia mahal minn…

  71. Orang rusia bener2 pintar dia mau pesawatnya di tukar dgn kerupuk soalnya makan kerupuk banyak jg bisa terbang kaya pesawat…eta ternagkanlah

  72. Kerupuk pedas kali bung, kalo kerupuk kita selama ini kan kerupuk hambar

  73. Mantap…sttuju dibarter dengan kerupuk,bila perlu krupuk yg khas dr daerh kt tuh,misal sanjai dr sumbar,dll.tempe,tahu,yg tradisionil lah..biar bergeliat usaha tradisional kita..maju terus..usahakan yg terbaik dr yg baik,klu tdk jg bs,terbaik dr yg buruk jg gk kenapa..

  74. Waw keren, bsok barter kaos kaki

  75. tiwul,gatot,gaplek,karak.

  76. Bakso atau mie ayam pun boleh

  77. Towak Tuban / bir pletok betawi oke jg tuh

  78. wah Sukhoi rasa kerupuk dong.. hehehe…

  79. Kurang baik apa lagi rusia ini, uang kita takpunya, kopi, karet kelapa sawitpun boleh di tukar dengan pesawat tempur canggih mereka, bahkan rencananya kjerupuk juga akan jadi salah satunya.. Hebat..!

  80. 11 pesawat… nek d tukar krupuk kabeh pirang kalebg yo….

  81. Kalo dengan cabe cabean gimana?

  82. ada ada aja nihh negara dg kekayaan alam melimpah

  83. mantaffffff… kreatiffffff…

  84. Di Rusia cuacanya dingin, jadi enak makan kerupuk ditemani vodka..

  85. kl bisa komoditi pete jg blh.
    nanti jd skuadron pete.hhhhh

  86. Es cendol kemasan..
    saya rasa laku d rusia…

  87. Itu yg diekspor kerupuk mentah. Tujuannya biar bisa dibuat seblak disana. Lumayan kan jualan Seblak diEropa.

  88. Mayan ketimbang manyun. Ntar SU-35nya jadi renyah krispi garing kayak krupuk, Gurih-gurih nyooi… Keh keh keh

 Leave a Reply