Dec 292014
 

BASARNAS

PONTIANAK–Pangkalan Udara (Lanud) Supadio membangun posko untuk membantu pencarian pesawat AirAsia QZ8501 tujuan Surabaya-Singapura yang hilang kontak (lost contact) pada Minggu (28/12) sekitar pukul 06.17 WIB .

Komandan Pangkalan Udara Kolonel (P) Tedi Rizalihadi mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Basarnas Pontianak, Kodam XII/TPR dan Polda Kalbar serta Kantor Cabang Angkasa Pura II Bandara Supadio untuk membantu melakukan pencarian hilangnya pesawat AirAsia yang berdasarkan pantauan radar berada di antara perairan Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.

“Kami sudah berkoordinasi untuk membangun posko di sini,” katanya kepada sejumlah wartawan, Minggu (28/12) sore.

Dikatakan Tedi, pihaknya juga telah mengerahkan pesawat Puma 3310 untuk melakukan pencarian ke titik atau lokasi dimana pesawat yang mengangkut sebanyak 155 penumpang dari Surabaya tujuan Singapura itu hilang.

Namun demikian pesawat Puma 3310 yang terdiri dari kru Puma 3310, Paskhas 465 dan Basarnas Pontianak harus kembali karena kendala cuaca buruk.

“Kami sudah kerahkan pesawat Puma 3310 untuk membantu melakukan pencarian, namun harus kembali karena terkendala cuaca. Cuaca saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian, karena awan tebal. Heli yang terbang rendah saja tidak mampu menembus dan terpaksa harus kembali setelah terbang 50 NM dari Pontianak,” katanya.

Menurut Tedi, selain mengerahkan pesawat Puma 3310, TNI AU juga mengerahkan pesawat Boing 737 pengintai dari Makasar dan Hercules dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Jadi total pesawat yang dikerahkan untuk melakukan pencarian ada tiga pesawat. Belum lagi dibantu kapal dari Basarnas dan Polair Polda Kalbar,” terangnya.

Dijelaskan Tedi, pesawat Boing 737 pengintai yang diterbangkan dari Bandara Sultan Hasannudin Makasar melakukan pencarian di daerah sekitar 209 NM dari Pontianak.

Sedangkan untuk Basarnas Pontianak menangkap beacons signal yang dipancarkan pesawat berada pada titik 03.22.15S-109.41.28E atau sekitar 75 mil dari Kendawangan, Kabupaten Ketapang. “Hingga saat ini kami masih menunggu informasi dari tim. Jika nanti ada perkembangan, maka akan segera kami sampaikan,” jelasnya.

Menurutnya, pencarian pesawat ini akan terus dilakukan hingga ada tanda-tanda atau ditemukan lokasi keberadaan pesawat tersebut. “Kami siap membantu melakukan pencarian. Operasi ini tidak terbatas,” katanya.

Slamet Riyadi, Kepala Basarnas Pontianak mengaku telah mengerahkan kapal RB 215 dan RIB yang dibackup oleh Dit Polair Polda Kalbar. Untuk memudahkan mensinergikan informasi atau perkembangan di lapangan, pihaknya telah membangun posko pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

“Untuk sementara focus pencarian kita lakukan di sekitar perairan Kendawangan Kabupaten Ketapang. Kami berharap tidak terjadi apa-apa terhadap pesawat itu,” katanya singkat.

Sementara itu, PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio telah menyiagakan tempat mana kala pesawat Air Bus AirAsia QZ8501 melakukan pendaratan darurat di Bandara Supadio Pontianak.

“Kami sudah standby, mana kala Bandara Supadio digunakan untuk pendaratan darurat,” kata Chandra Dista Wiradi, GM PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, saat dihubungi Pontianak Post (Grup JPNN), kemarin. (JPNN).

  53 Responses to “Basarnas Pontianak Tangkap Sinyal Pesawat”

  1.  

    titik terang….

  2.  

    Pertamax

  3.  

    Australia kirim Pesawat AP-3C Orion untuk mencari keberadaan Kapal Selam Rahasia TNI AL: http://www.intelijen.co.id/australia-kirim-pasukan-untuk-pencarian-airasia-yang-hilang/

    •  

      Inggris , Australia , Selandia baru, Malaysia dan Singapura adalah anggota Five Power Defence Arrangements (FPDA ) yg artinya: terikat Perjanjian Pertahanan 5 Negara, termasuk bahu-membahu saling bantu di bidang militer dan apa saja. Jadi mungkin aja Bung Reaper Hunter, mereka menghalalkan segala cara untuk mengetahui kekuatan lawan-lawannya termasuk “Terbang Sambil Menghirup Udara”

      •  

        Kalo cuma mau tau kasel “rahasia” kita, gw kira tinggal tanya ma AS yang sering mondar-mandir lewat Indonesia aja beres.
        Waktu Indonesia terjadi musibah negara lain membantu gw rasa boleh2 aja, entah itu tujuannya ada yg balas budi, pengen terkenal, etc. nyatanya kita tetap terbantu (ex: tsunami aceh)

    •  

      Bung Super Tukino, … dikala sodara2 kita tertimpa musibah, dikala kita tidak bisa bantu tenaga dan hanya bisa sumbangkan sebuah doa, …. saran saya berempatilah dengan cara paling mudah : BERPIKIR POSITIF.

      referensi link anda sangat dangkal dan tidak kredible, … mulailah berpikir dan berpandangan yg akan menunjukkan kualitas anda….

  4.  

    semoga dapat ditemukan dengan selamat..amin

  5.  

    Semoga cuaca bersahabat dan survivor bisa ditemukan secepatnya, Amin.

  6.  

    Semoga cepat di temukan dan para penumpang selamat. Amin.

  7.  

    Semoga cepat ditemukan dan biar pesawat pesawat asing itu bisa cepat pergi dari laut Indonesia, dan semoga penumpang air asia yg jatuh pada selamat semua kita harapkan, dan untuk ks kita kalau bisa masuk kandang nya dulu deh,soalnya banyak pesawat pesawat asing yg bakal menggunakan tehnologi intelejen bawah laut yg bisa m3ndeteksi keberadaan ke ke kita.tq

  8.  

    Mudah-mudah bukan setingan pihak asing.semoga masih ada korban yg selamat dan keluarga korban yg di tinggalkan di kasih ketabahan oleh ALLAH SWT.amin..

  9.  

    semoga lekas ditemukan dan harapanya selamat semua amin!!!

  10.  

    cepat temukan dan jangan perbolehkan negara-negara sekutu itu masuk NKRI

  11.  

    semoga lekas ditemukan.

  12.  

    paling2 kejadiannya kaya adamair waktu diperairan majene kalo tidak salah.sekenarionya pesawat tidak ditemukan setelah berminggu2 setelah itu pencarian dihentikan setelah itu sewa drone laut dari luar negeri untuk mencari kotak hitam setelah ditemukan kotak hitam dibawa ke airbus setelah itu dicari kambing hitam paling sering bilang humam eror ditimpain ke pilot.

  13.  

    Gw agak heran ya knp lambat bergerak.? Bukan kah daerah itu jalur sibuk… Jam 6 lbh ilang harusnya pihak trkait cepat koordinasi dan melakukan pencarian. Berita kmrn bru dicari jam 10 pagi, itu 4 jam stlh ilang sinyal.! Lama sekali… Padahal daerah itu jalur sibuk… Kemana armada TNI-AL.? Kemana penerbal.?

    •  

      jangan asal komentar Bung.. semua itu ada SOP-nya. kalau cuma komentar doang, emang beberapa orang merasa paling benar.TIM pencari sudah bergerak sesuai SOP dan akan di maksimalkan. ini baru hari ke 2 dan sampai dengan detik ini TIM masih terus mancari. Laut itu luas, tidak gampang mencarinya, jadi tidak usah bikin statement ” Kemana armada TNI-AL.? Kemana penerbal.?”. ANDA dimana saat TIM pencari sedang bekerja ??

      •  

        Owh kudu pake SOP.? Seremonial.? Tanpa ada kasus itupun, harusnya ada kapal yg patroli, ada pesawat yg patroli. Wilayah itukan harusnya banyak kapal dan pesawat yg patroli. Jadi ketika trjadi ilang kontak, pesawat dan kapal yg patroli disekitarnya tinggal digeser ke daerah yg diduga. Anda gak perlu bela sesuatu yg gak benar toh…

        •  

          pasti. semua itu ada SOP-nya. pada menit keberapa ATC mengumumkan bahwa objek di radar hilang. pada menit keberapa Departemen yang berwenang mengeluarkan informasi bahwa objek tersebut mengalami masalah/kendala dan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. kalau ANDA hanya bisa ngomong “harusnya banyak kapal dan pesawat yg patroli. Jadi ketika trjadi ilang kontak, pesawat dan kapal yg patroli disekitarnya tinggal digeser ke daerah yg diduga” memang gampang. tapi apakah anda bisa tau bahwa akan ada suatu objek ( pesawat ) yang akan mengalami kecelakaan di laut ? bagaimana jika objek tersebut berada di darat ( Hutan ). saya tidak bela siapa-siapa, tapi anda menyebutkan 2 institusi negara TNI AL dan PENERBAL. kenapa anda hanya menyebutkan 2 institusi ini saja ??

          •  

            Gak usah lebay degh klo bela. Yg pasti ga ada kapal yg seharusnya patroli, gak ada pesawat patroli itu FAKTA.! Anda bisa lihat, gmana gagapnya skrg ini berbagai kapal dan pesawat dikirim dari pusat.! Seandainya ada patroli rutin, maka tempat nya bisa diketahui dengan cepat. Inget loh, ini kawasan armada barat…

          •  

            apa tau sampean klo Sehari sebelumnya udah ada patroli disitu cuman waktunya selisih sehari aja sama lokasi jatuhnya tuh pesawat. area patroli tuh luas be’ol…..

        •  

          @jejaja tingkir Gagap?? Lu kali yg lebay klo komen… asal njeplak!

    •  

      Dipastikan dulu kira2 tempat jatuhnya dimana, cari tanpa petunjuk sama aja sia2. Lagian namanya juga patroli, ya pindah2 gak netep disitu dan gak semua kapal punya radar canggih. Satrad juga gak langsung ngasih kabar ke AL. Nggak usah ngambing hitamin AL lakh.

      •  

        Ok, jelas sudah tidak ada patroli sama sekali. Nc-212, cn-235, c-295 dikandang aja. Gak usah lebay.

        •  

          Anda yang lebay, mengatakan armada TNI dikandang. Anda siapa? Tau amat gak ada patroli dan pesawat2 dikandangkan. Saya gak nuduh AL karena saya gak tau kejadiannya. Berapa sih jarak jangkau radar kapal TNI? berapa luas laut jawa? Apa patroli menetap disana? Berapa pesawat patroli penerbal? Kenapa gak nyalahin kemhub?

          •  

            sudahlah Bung RH, tidak usah di tanggapi. berbicara dengan orang yang cuma bermodalkan MULUT tanpa OTAK sama saja sia-sia. mendingan kita sama-sama menunggu informasi resmi dan mendoakan agar tim segera menemukan titik terang dari kejadian ini. saya percaya, TIM pencari akan maksimal bekerja.

  14.  

    munggu uang cair dari airasia baru jalan.kebetulan saya pernah liat kejadian perahu terbalik.sarnya sangat lambat,kordinasinya lambat jadi banyak korbannya tak terselamatkan malah waktu itu nelayan sekitar yg menyelamatkan korban.

  15.  

    liat berita marinir bantu pencarian airasia,kemaren kemana aja?kok baru keliatan.
    Apa memang gosipnya bener nih?

  16.  

    sebagai bahan kajian , sejauh mana kemampuan indonesia dlam menatasi hilang nya pesawat air asia qz8501.

  17.  

    Dah pernah di post dimari

  18.  

    Nickname macam apalagi ini!!! Capslocknya rusak kong? Pinjem pcnya mbah bowo ya?

  19.  

    udah kebiasaan yang ghoib-ghoib, pesawat komersilpun sampe ikut ghoib. dunia ini penuh dengan ghoib.

  20.  

    Kenapa nga nyari pake kapsel untuk lautan yg dalam ?

    •  

      Nah itu dia yang saya “gagal faham” atau memang sdh di cari tapi secara “rahasia dan ghaib” hhehehe.

      •  

        Owalah,
        coba jangan mengandalkan yg ghoib” dulu. . .
        Yg nyata itu indo punya 2 kapsel kan. . .
        Kenapa nga pake 2 itu aja. . .
        Percuma dong punya kapal selam kalo nga di pake. . .
        Apa mau di jadiin pajangan doang. . .

        Tapi yah semoga 2 kapsel itu udah bantu nyari. . .
        Tapi nga ada media yg tau. . .

  21.  

    singapore,malaysia,amerika,australia,korsel mo bantu msh aja ada yg curiga,ini contoh org indonesia yg bikin bangsa mundur kebelakang klo nggak boleh dikatakan dungu…idola rusia&china ya,klo mmg rusia/china menganggap indonesia sahabatnya,seharusnya kedua negara tsb lbh dulu memberi respons menawarkan bantuannya..lah kemana dua teman komunis tsb?
    adalg yg mencemooh maskapai malaysia dan mengatakan seolah2 maskapai indonesia lbh baik,liat dong rentetan kecelakaan pesawat di indonesia,banyak bangeets sampe ngga keitung..dr pswt sipil sampe militer bro,blm lg soal pelayanan dan fasilitas airport indonesia yg msh jauh dibawah malaysia dan singapore ..diluar sana org lbh mengenal dan memilih maskapai malaysia drpd indonesia(bkn merendahkan),krn mmg dunia lbh mengenal MAS,AIRASIA drpd Gia,lion dll..org indonesia saja klo mo kesingapore sm malaysia lbh byk menggunakan pswt malaysia/singapore,aneh bkn?
    insiden pesawat airasia saat ini dipiloti oleh org indonesia,awak kabin jg org indonesia,sepantasnya pilot indonesialah yg mendapat predikat terburuk..tingkat kepercayaan maskapai asing terhadap pilot indonesia semakin rendah..
    oh ya,bbrp jam stlh pswt dinyatakan hilang,obama langsung dibriefing soal insiden tsb…hebat bgt ya,bgtu besar pengaruh amerika di bumi ini,rusia sm china seperti nggak dianggap krn nggak ada ngaruhnya kali ya hehe

  22.  

    apa hubunganya malon sm air asia nyungsep.

  23.  

    Yang mamanfaatkan kecelakaan ini utk merendahkan bangsa sendiri, berpikir negatif terhadap bangsa lain, menyepelekan aparat yg saat ini berjuang di lapangan, yg komentar negatif seperti bung frans, semoga tidak terjadi apa apa terhadap kalian dan keluarga kalian.
    Jika mau berkontribusi disini , lebih baik ulaslah type kapal dan radar yg dipakai, pelototin blog blog para pengamat peberbangan n radar,

    Biarkan keluarga korban mendapat dukungan yg semestinya

  24.  

    Kira” kapal selam di gunakan ga ya? Semoga basarnas dan semua pihak yg membantu bertindak reaksi yg cepat dan terbaik. Kami semua mendoakan.

  25.  

    Ko ga pakai kapaselam ghoib kita ya yang canggih. Apa pada ga nongol nih buat bantuin nyari. Ayo dong kasel ghoib muncullah kalian yang katanya jumlahnya 2 digit, gunakan radar canggih kalian.

  26.  

    salam @bung frans tak tambahi ya satu lagi kebanyakan terminal airportnya jelek dan ruwet

  27.  

    Ini komen komen apaan sih gak berkualitas amat? Pernah kepikir gak kl diantara korban itu ada keluarga kalian? Tunjukkan sedikit empati pd sesama manusia dong…. jangan seenaknya aja kl komen…

    •  

      Pd pernah kepikir gak kl diantara korban jg jd pembaca di warjag ini? Lalu mereka baca comment coment anda sekalian yg isinya menjengkelkan instead of menunjukkan simpati pada mereka? Kl gak bisa bersimpati atleast comment yg menyejukkan saja sdh cukup.. maaf admin. Agak esmosi liat comment2 yg aneh.

  28.  

    Ckckck. . .
    Kenapa juga memaki malay. . .

 Leave a Reply