Agu 242017
 

KSAD Jenderal TNI Mulyono didampingi Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi meninjau pembangunan markas satuan elit Kostrad.

Lebak – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono didampingi Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi melaksanakan peninjauan pembangunan markas satuan elit Kostrad yang dinamakan Batalyon Cakra. Pembangunan markas ini berada di lahan seluas 700 hektar di daerah Ciuyah, Lebak, Banten.

Jenderal TNI Mulyono meninjau pembangunan markas Batalyon Cakra pada Rabu 23-8-2017. Batalyon Cakra yang berada di bawah Kostrad adalah komposisi satuan tempur Infanteri, satuan bantuan tempur Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan satuan Helikopter tempur Penerbad.

“Komandan Batalyon (Cakra) berpangkat Kolonel dan langsung bertanggung jawab kepada Pangkostrad,” ujar Jenderal TNI Mulyono sewaktu meninjau pembangunan markas Batalyon Cakra.

KSADTNI AD Jenderal TNI Mulyono didampingi Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi meninjau pembangunan markas satuan elit Kostrad

Selain itu, di markas Batalyon Cakra juga akan dibangun perumahan dinas personel dan keluarganya, perkantoran, Markas Komando Batalyon, gudang Alutsista serta lahan latihan tempur dan manuver. Semua berada dalam satu kompleks di Ciuyah, Lebak.

Rencananya, pembangunan markas Batalyon Cakra akan selesai pada tahun 2019 nanti. Sampai sekarang ini, pembangunan sudah mencapai 30% dan sudah ditempati sekitar 150 personel agar lokasi terpelihara.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Herindra, Danpuspenerbad, para Perwira Tinggi dan Parwira Menengah jajaran Mabesad.
Penkostrad, 24/8/2017.

  6 Responses to “Batalyon Cakra, Satuan Elit Pasukan Kostrad”

  1.  

    lagi

  2.  

    saya harap panglima TNI bangun divisi 4 kostrad di Papua.. Markas di wamena. Armada ditambah menjadi 4, armada timur di Merauke, armada utara di Manado, armada tengah di Surabaya, Armada barat di Medan. Pangkalan udara sumatera 3 skuadron, Jawa 3 skuadron , Kalimantan 3 skuadron, Sulawesi 3 skuadron, NTT 1 Skuadron, Papua 2 Skuadron, Kep Maluku 1 skuadron. Semoga ngk mimpi saya.. xixiixi..

  3.  

    Pengembangan KOPASSUS diprotes negara2 musang, akhirnya dikembangkan Raider KOSTRAD baru gak protes mereka karena takut dgn semakin kuatnya PatSus TNI sehingga dibuatlah isu2 HAMburger!

  4.  

    batalyon cakra itu kedudukan dan fungsinya seperti apa ya. Apa nanti lebih hebat dari PARA RAIDER. AD khususnya KOSTRAD membutuhkan pasukan khusus yang memiliki kemampuan tambahan dalam melakukan sabotase ke basis pertahanan musuh bahkan kalo perlu merebut ALUTSISTA musuh. Seperti KOPASKA yang bisa menghancurkan dan merebut ALUTSISTA musuh berupa kapal2 perang musuh.

    •  

      kostrad deh punya pasus utk mlakukan sabotase, infiltrasi & pngintaian,…yaitu tontaipur, dibentuk di jamannya jend RR. cakra ini sebenerny deh gak perlu, buat apaan,…TNI AD smkin bnyak pasukan khususnya, nanti pembinaannya susah,…kecuali kalo negara anggaranny bnyak sih gakpa2.

      raider aja jumlahnya deh sekitar 10.000,trsebar di mana2. yg susah itu mnjaga kualitas.