Aug 222014
 
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro berencana Membentuk Batalyon Kostrad di Nunukan, Kalimantan Utara

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro berencana Membentuk Batalyon Kostrad di Nunukan, Kalimantan Utara

Bulungan – Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro, berjanji akan membentuk Batalyon Infantri Kostrad, di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sebagai induk pasukan, maka batalion infantri itu akan tergabung dalam Brigade Infantri, yang setara dengan tiga batalyon infantri dan diperkuat unit-unit pendukung lain.

“Kita akan menambah personil TNI di wilayah perbatasan Provinsi Kalimantan Utara dengan membangun satu batalion Kostrad di Kabupaten Nunukan,” sebut Yusgiantoro saat berkunjung di Markas Komando Brigade Ingantri Bulungan Cakti, di Bulungan, dua hari yang lalu.

Satuan pasukan infantri di Provinsi Kalimantan Utara saat ini baru dua yakni batalyon infantri 613/Raja Ampat di Kota Tarakan dan Markas Komando Brigade Infantri Bulungan Cakti, di Kabupaten Bulungan dan dalam waktu dekat ini akan dibentuk satu batalyon lagi di Kabupaten Nunukan. (Antara).

  50 Responses to “Batalyon Kostrad di Nunukan”

  1. mulai serius nih diperbatasan..lanjut..!

  2. Lanjutkan….!!!

  3. Absen

  4. Sippp

  5. Ehemm…

    • Wah ini pasti ada apa apa nya bung wehr….he…he.

      • Tinggal sarana air mobile nya bung mirza…kalo yonmek gak efektif buat interdiction karena medan yg berat…

        Sekat dgn kavaleri udara sambil menunggu PPRC yg diterjunkan dari herky…kalo nunggu kiriman leopret dr jawa kelamaan…hajar pake nlawa atau javelin aja…

  6. Usul untuk pembentukan batalyon infantry mekanis menggunakan anoa kanon,marder dan komodo paling tidak 3 yon infantry mekanis di malinau, singkawang dan palangkaraya,dijamin malingsia keder

  7. asyik…………
    apalagi selanjutnya?…..

  8. wawwwwww

  9. infantri bakalan masuk..
    selajutnya bakal apa nih yang dihadirkan diperbatasan sana yah.?
    leo atau scorpion yang bakal nyusul..

  10. Affirmative 😈

  11. Sudah seharusnya TNI dan alutsistanya diperkuat disetiap perbatasan..

  12. piro yoo?

  13. Mangstap..

    Mdh2n kogabwilhan cpet terbentuk…

  14. klo liat pasukan tni yg patroli ko gk pake rompi anti peluru sma helm tp liat tentara luar tuh gk lepas dri APD pa tni brani_brani ya

  15. lanjut…

  16. malay, makin gelisah dan basah,,,

  17. Jangan lupa bawa Javelin atau NLAW yang banyak….and thank you for your service to our country.

  18. Titik merah sdh mulai menyala,sekalian batalyon mekanis pak.

  19. Saatnya AD mulai digeser dari Jawa ke perbatasan Kalimantan, Timor Timur dan Papua. Di Jawa Timur saja hampir tiap kabupaten ada batalion TNI AD, jaman orba memang menjadikan rakyatnya sebagai musuh dng istilah pemberontak/bayah laten, sekarang kan sdh berubah, keamanan ditangani POLRI, TNI murni utk pertahanan saja, harusnya AD mulai di geser ke wilayah2 perbatasan dan sekitarnya. Utk di Jawa, mungkin cukup satu karesidenan satu batalion saja ( wah bisa2 pasukan/batalion tempur di Jatim tinggal separo). Maaf pendapat oot dari pedagang ayam.

    • Trz “saudara-saudara saya” mau di kemanain bung tp siap ndan, laksanakan….?klo kebanyakan yang di geser apa polri sdh sanggup mengamankan jawa? Masih banyak lho obyek vital kenegaraan yang harus masih di jaga TNI, klo TNI hanya berfungsi untuk pertahanan saja berarti klo ada apa-apa yang berhubungan dengan keamanan jangan minta BKO sama TNI ya? Berani?

      • sudah waktunya kekuatan tni AD di jawa di geser ke kalimantan n papua jangan transmigran penduduk aja. di jawa lebih di utamakan kekuatan kostrad n pasus yg siap bko ke daerah lain.

    • Saya rasa penambahan, karena Jawa-Bali-NTB-NTY adalah benteng terhadap ancaman dari Selatan.

  20. ia bung Andri .sy aja di pabrik harus safty .ko tni kita gak zero aziden .pa gak kebeli helm sama rompi anti peluru

  21. Setuju Pak Poer…di bentuk baru saja trz dibekali sama mainan yang bagus-bagus dan baru, trz jangan lupa dan yang paling penting kesejahteraan baik fisik dan mental juga harus diperhatikan.

  22. Harus pak ditambah kalo bisa kekuatan 3 matra harus ada disana krn kaltara adalah salah satu pintu pertama diperbatasaan sebelah utara NKRI

  23. Mantab , tapi mainannya yg sere m serem biar sonora kencing di celana !

  24. setuju,,,

  25. Yang kogabwilhan utama (jawa) agar ditambah juga terutama detasemen2 khusus mengingat ancaman makin kentara dan pastinya bunker2 diisi mainan yg gahar2 dong. Tp tetep rhs aja deh…. biar adem suhu kawasan… maaf oot. πŸ˜€

  26. Di kaltara, kalau boleh jangan hanya ada 3 batalion infanteri, kalau boleh dan jika saran saya diterima, di malinau yg daerahnya terluas di kaltara ditempatkan 2 batalion infanteri, di kota tanjung selor ditempatkan 1 brigade infanteri utk msg2 matra, di kabupaten tidung pale dan tarakan ditempatkan msg2 batalion marinir, di kaltara selain ditempatkan batalion dan brigade infanteri juga di tanjung selor, tarakan, tidung pale, malinau, nunukan, ditempatkan batalion mekanis dan batalion kavaleri, di pulau sadau, di pulau nyamuk, ditempatkan arhanud,

  27. Di pulau sebatik juga perlu untuk ditempatkan batalion infanteri, tentang di pulau jawa dalam hal ini jawa timur, biarkan tetap di msg kabupaten ada batalion, utk antisipasi lawan menyerang dr selatan dan timur pulau jawa. Di NTT perlu ditempatkan 1 divisi utk msng2 matra, dng pnempatan 1 divisi marinir di pulau timor, divisi angkatan udara di flores, divisi angkatan darat di kalabahi, penempatan 1 brigade infanteri di pulau roti..utk NTB perlu utk ditempatkan 2 brigade infanteri, utk bali ditempatkan 2 brigade infanteri, di pulau aru ditempatkan batalion marinir, di papua ditempatkan msg2 1 divisi utk msg2 matra dng penempatan 1 divisi TNI A.U di biak, 1 divisi marinir di sorong, 1 divisi infanteri TNI A.D di jayapura, 1 brigade Infanteri di enarotali-kab. Paniai, 2 batalion marinir di timika, 2 batalion infanteri di pulau kaimana yg berbatas langsung dengan australia, 2 batalion TNI A.U di pulau serui yg berbatas dng laut pasifik, kepulauan raja empat ditempatkan 2 batalion infanteri.

  28. Di pulau sebatik juga perlu untuk ditempatkan batalion infanteri, tentang di pulau jawa dalam hal ini jawa timur, biarkan tetap di msg kabupaten ada batalion, utk antisipasi lawan menyerang dr selatan dan timur pulau jawa. Di NTT perlu ditempatkan 1 divisi utk msng2 matra, dng pnempatan 1 divisi marinir di pulau timor, divisi angkatan udara di flores, divisi angkatan darat di kalabahi, penempatan 1 brigade infanteri di pulau roti..utk NTB perlu utk ditempatkan 2 brigade infanteri, utk bali ditempatkan 2 brigade infanteri, di pulau aru ditempatkan batalion marinir, di papua ditempatkan msg2 1 divisi utk msg2 matra dng penempatan 1 divisi TNI A.U di biak, 1 divisi marinir di sorong, 1 divisi infanteri TNI A.D di jayapura, 1 brigade Infanteri di enarotali-kab. Paniai, 2 batalion marinir di timika, 2 batalion infanteri di pulau kaimana yg berbatas langsung dengan australia, 2 batalion TNI A.U di pulau serui yg berbatas dng laut pasifik, kepulauan raja empat ditempatkan 2 batalion infanteri.di aceh dan sumatera harus ada 2 divisi dr masng2 matra, dan 9 brigade infanteri dengan kekuatan yg tersebar dr palembang, pulau nias, pulau sabang, pulau weh, pulau tawon, pulau batam, kepulauan babel, jambi, padang, lampung, serta medan, di kalbar dipersiapkan ada 1 divisi utk msng2 matra di ibu kota prop. Kalbar, dan 4 brigade di kab/kota yg berbatas darat dan laut serta udara dng negara tetangga. Di kalteng ada 2 brigade dr msng2 matra, dikalsel ada 2 brigade dr msg matra, di prop. Banten di adakan pembangunan kekuatan utk 1 divisi dan 4 brigade dikab/kota yg berbatas dng jakarta yg dekat jangkauannya dng christmas island dan pulau cocos utk msng2 matra utk memback up jakarta jika situasi darurat. Dijakarta prlu ada 2 divisi dr msng2 matra dng tempat tinggal gedung bertingkat dlm kompleks markas divisi, kemudian di dekat pelabuhan rakyat dan pelabuhan kapal niaga/kapal pelni, bandara, pln, kilang minyak serta waduk atau bendungan dibangun markas brigade.

  29. Di sulawesi dan gorontalo perlu ada 1.atau 2 divisi utk msng2 matra dan 8 brigade infanteri.

 Leave a Reply