Agu 282018
 

Purworejo, Jakartagreater.com – Batalyon Mekanis Raider 412 Kostrad, menggelar upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG, pada Jumat 25-8-2018 di Alun – Alun Purworejo, Jawa Tengah yang diikuti 450 personil.

Upacara pelepasan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan dipimpin langsung oleh Bupati Purworejo Agus Bastian sebagai Inspektur Upacara. Dalam sambutanya Bupati Agus Bastian berpesan prajurit yang bertugas di perbatasan selalu menjaga kesehatan dan stamina, karena bertugas di perbatasan wilayah kondisi medan sangat berat.

Yang tidak kalah penting kita selalu menjaga kerharmonisan dengan warga setempat. Jaga keselamatan personil baik individu dan satuan. Jaga soliditas dan jaga nama baik TNI di masyarakat di tempat bertugas. “Saya berharap semoga prajurit Batalyon MR 412 Kostrad dapat melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin dan bisa pulang kembali ke Batalyon dengan selamat,” harap Bupati dalam sambutanya.

Sementara itu Wadanyonif MR 412 Kostrad Mayor Inf Yudi Eka Pratama menjelaskan rancananya Batalyon MR 412 Kostrad mengirimkan 450 pasukan ke Pamtas RI – PNG yang akan diberangkatkan tanggal 2 September 2018. Pasukan Yonif MR 412 Kostrad rencananya akan di tempatkan di Kabupaten Boven Digoel tepatnya di Tanah Merah kurang lebih selama 10 bulan.

“Kita nantinya tidak hanya menjaga perbatasan tapi juga melaksanakan pemeriksaan dan sweeping bagi warga atau masyarakat yang masuk atau keluar melintas batas RI – PNG, selain itu juga melakukan tugas pembinaan teritorial terbatas kepada masyarakat dan membantu kegiatan masyarakat di sekitar pos,” jelas Mayor Inf Yudi Eka Pratama.

Lanjut Mayor Yudi Eka Pratama, selain itu sebelumnya prajurit juga sudah diberi penataran dan pelatihan untuk bekal dan pengetahuan, tentang keimigrasian, Bea & Cukai dan cara mengajar jadi guru atau Pendidik. “Karena diperbatasan kita juga membantu sekolah – sekolah yang kekurangan guru, dan akan mengajar terutama mengajar membaca, menulis dan berhitung, jelasnya.

Dalam upacara pelepasan tersebut, Bupati Agus Bastian, Kodim 0708 Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si, Kapolres Purworejo AKBP. Teguh Tri Prasetya dan para pejabat yang hadir memberikan ucapan selamat bertugas dan kepada pasukan Batalyon MR 412 Kostrad yang akan bertugas di perbatasan Republik Indonesia (RI) – Papua Nugini (PNG). (Penerangan Kostrad).

Bagikan:

 Leave a Reply