Mar 302016
 

Jakarta – Kelompok Abu Sayyaf memberikan ultimatum pembayaran tebusan bagi 10 WNI yang disandera, mesti dibayarkan paling lambat 8 April 2016.

Menurut media Filipina, inquirer, Rabu (29/3/2016), sebuah video di facebook lewat akun yang memiliki koneksi dengan militan, disebutkan jika pembayaran tidak dilakukan sandera akan dibunuh. Para penyandera meminta tebusan 50 juta peso, atau sekitar Rp 15 miliar.

Pemerintah Filipina telah menegaskan tidak membolehkan pemberian pembayaran tebusan.

Kini pemerintah Indonesia sedang mengupayakan penyelamatan 10 WNI ini. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan prioritas yang utama adalah keselamatan WNI.

10 WNI ini merupakan awak kapal tug boat Brahma yang menarik kapal tongkang Anand 12 yang berisi batubara. Tug boat dilepaskan oleh kelompok Abu Sayyaf, tapi 10 WNI dan awak Brahma disandera.

TNI Siap Bantu Militer Filipina

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terus memantau perkembangan kasus 10 WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina. TNI tidak bisa melakukan tindakan sepihak karena kasus tersebut melibatkan dua negara.

“Kami terus lakukan koordinasi, apa pun yang Filipina perlukan kami siap!” tegas Jenderal Gatot di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Panglima TNI menegaskan, prioritas pemerintah RI saat ini adalah menyelamatkan 10 WNI yang disandera. Dia juga dapat informasi dari militer Filipina bahwa pihak militer sudah mengetahui lokasi yang diduga jadi tempat penyanderaan.

Berdasarkan monitor koordinasi militer Filipina, lokasi ada di negara Filipina, mereka sudah tahu tempat. Setiap saat kordinasi saya menyampaikan apa pun yang diperlukan kami siap, siap bagaimana pun ini urusan saya,” ujar Panglima TNI.

Jenderal Gatot mengatakan TNI memiliki hubungan baik dengan militer Filipina. Dengan begitu, kedua negara akan melakukan koordinasi secara tepat untuk menyelamatkan 10 WNI.

“Kita kerja sama baik, terbuka, selama ini kita baik,” ujar Panglima TNI.

10 WNI yang disandera adalah:

1. Peter Tonsen Barahama. Alamat Batu Aji, Batam.
2. Julian Philip. Alamat Tondang Utara, Minahasa.
3. Alvian Elvis Peti. Alamat Priok Jakarta Utara.
4. Mahmud. Alamat Banjarmasin Kalimantan Selatan.
5. Surian Syah. Alamat Kendari Sulawesi Tenggara.
6. Surianto. Alamat Gilireng Wajo Sulawesi Selatan.
7. Wawan Saputra. Alamat Malili Palopo.
8. Bayu Oktavianto. Alamat Delanggu Klaten.
9. Rinaldi. Alamat Makassar.
10. Wendi Raknadian. Alamat Padang Sumatera Barat.

Sumber : Detik.com

Bagikan:

  105 Responses to “Batas Waktu Tebusan 10 WNI Dibayarkan 8 April 2016”

  1.  

    Sangaar abis fotonya

  2.  

    HANCURKANNNNN……………

  3.  

    semoga

  4.  

    semoga berhasil untuk TNI

  5.  

    Ini saatnya kopassus,denjaka,kopaska membutikan kemampuannya.
    tumpas habis semua pembrontak abu sayaf.

  6.  

    jgn ol mulu hehehe
    waktunya sholat isya Indonesia bagian Timur

  7.  

    suara telaga di senja kala hitam berganti merah. Kiranya Indonesia damai senantiasa

  8.  

    Sayang sekali…dan sangat2 disayangkan sekali…ada beberapa media lokal membeberkan jumlah pasukan, nama komandan, rencana dan stratergi pembebasan sandera dgn info grafik dan disebarkan…#WTF

    •  

      Waktu kasus penyanderaan WNI di PNG, beberapa bulan silam, Tim Kopassus sudah stand by di perbatasan RI-PNG. persenjataan yang dibawa hampir setengah pesawat Hercules. Posisi sandera sudah diketahui oleh tim pendahulu, hanya 5 km dari perbatasan. Kopassus tinggal tunggu izin dari PNG untuk masuk. Namun militer PNG akhirnya memutuskan, untuk bergerak membebaskan sandera dan berhasil. Semoga kasus serupa, terjadi di Filipina.

      Kopassus sudah kenal baik dengan militer Filipina. Pendapat saya, yang dipublikaiskan itu, bukanlah, tim pembebasan sandera. Formatnya gak akan begitu. Mereka bergerak senyap. Mohon dibedakan antara tim negosiator, tim intelijen dan tim pemukul. imho

      •  

        Betul bung @Diego. Semua mekanisme kita percayakan pada pemerintah RI dan TNI mereka lebih mengerti semua itu. Jika berkaca pada pembebasan MT .sinar kudus pun dilakukan dengan operasi senyap tidak satu pun media yang tau. Waktu itu media hanya menduga2 dan memojokkan pemerintah dengan mengatakan pemerintah kurang tegas dan terlambat mengambil tindakan. Namun kemudian semua mata terbelalak mengetahui jika operasi militer sudah selesai dilaksanakan dengan selamatnya semua personil dan sandera. Salam bung Admin.

        •  

          Siap

        •  

          -masih ingat Juga TNI juga membebaskan sandera di Papua , kala itu kopassus pimpinan probowo subiyakto tahun 1997 kalau tak salah

          -dan Di papua Nuw guinea , RI hanya untuk membuktikan bahwa keterlibatan asing dalam mendanai OPM lewat senjata senjata selundupan dari Aussie berhasil ,
          berhasil membawa bukti dan Juga berhasil masuk 50 KM di wilayah PNG ,
          juga tokoh Aussienya dibawa ke Jakarta untuk ditunjukkan di Dubes Ausie

          ini membuktikan TNI / ABRI bukan ayam kampung yang jaguh di kandang( kaya tetangga sebelah kalau berkokok bunyi kah kah kah ) , mampu melakukan operasi offensive lintas batas di Negara lain ,

          silakan di reply / koreksi bila salah
          Bully salah satu tokoh is not entertaint ,
          no time for capres / pilpres

      •  

        alhamdulillah kalo bung diego bilang kek gitu.

        saya percaya semua akan di tangani secara super profesional oleh pihak terkait.
        =================================
        jalmo moro jalmo mati.

        rame eng gawe sepi eng pamrih.

        harumkan wibawa TNI di mata internasional.

      •  

        Hehehehe…udah lama juga nih baru liat bung Diego reply komentar… Sekali komentar langsung kena di jantung/tepat sasaran.
        Saya pribadi juga selalu berdoa semoga apapun opsi yg di ambil pemerintah bs berjalan aman dan lancar,sehingga ke 10 WNI kita yg di tahan dan kembali ke tanah air dengan selamat dan berkumpul dengan keluarga tercinta.
        Salam bung @Diego dan para warga semuanya.
        BRAVO TNI

  9.  

    Sangarrrrrr…rrrrrrrr…

  10.  

    philipine ok, langsung sikat ajah…

    •  

      istilah kata, mau nonton di gbk harus pake karcis, klo tidak punya karcis dilarang masuk, tapi ada aparat yg mengerti saweran, masuk dah tuh gerombolan si berat mo nonton bola……..kopassus “i’m here”

  11.  

    Itulah bung@jobel, saya pribadi juga menyangangkan hal itu. Seharusnya wartawan bisa memilah apa yang pantas menjadi berita dan yang sehrusnya tdk blh. Muda-mudahan apa yang terhidang di Publik ini bukanlah yang sebenarnya. Kebebasan pers harusnya tetap mengedepankan kepentingan dan kemasyalatan umum/Negara, bukannya hanya kejar rating atau jam tayang.

  12.  

    Hancurkan aj …

  13.  

    Ayo indo bebaskan rakyat mu. Cem mane rakyat mu menderita di sane. Saye berdoa semoga sukses tok tentare indo.

  14.  

    semoga para sandra kembali ke tanah air dngn sehat dan selamat.

  15.  

    sepertinya sebuah kilo sudah merapat ke pulau tertuduh….hehehehe

  16.  

    malaysia j*nc*k banyak cakap

  17.  

    Kahkahkahkahkahkahkahkahkahkahkahkahkah
    Terserah anda, saya tak peduli!!

  18.  

    Kayaknya bakalan jauh panggang dari api menunggu aksi pasus trimatra TNI, rilis resmi Panglima Militer Pinoy, melanggar institusi mereka katanya :-p —> http://www.gmanetwork.com/news/story/560888/news/nation/letting-indonesian-soldiers-join-hunt-for-abu-kidnappers-violates-constitution-afp

  19.  

    foto anggota Kopassus sangar sangar euy

  20.  

    lupakanlah pengganas santoso mesti nak fokus perkara ni.kasian mereka mencari makan untuk kanak2 mereka..pasukan elit indon tak boleh kasih tewas kru2 kapal tu..kasih show up tentera awak no.3 dunia saya nak mahu tau pasukan ni..!!

    •  

      Masalahnya kelompok Abu Sayyaf ada di negara Filipina. Kalau diijinkan, pasukan Indonesia, dipastikan, akan masuk.

      •  

        Ya militer mereka juga kan punya pride/harga diri. Militer mereka tentu berhitung. Kalau tidak sanggup/butuh bantuan, ya Indonesia akan masuk.

        Saat masuk, tentara Indonesia juga butuh bantuan data intelijen dari militer Filipina. Kita lihatlah, sikap Filipina, beberapa hari ke depan

    •  

      Kasus pembebasan sandera WNI di Somalia berbeda, karena pemerintahnya pun, sudah angkat tangan dan mempersilakan TNI masuk. Sebelum penyergapan, tim advance TNI sudah terbang ke negara Arab, dengan paspor sipil (profesi .bal..bla..bla) Beli senjata di sana. Pasukan TNI berhasil masuk ke dalam kapal, menyamar sebagai juru masak (maaf tidak saya detilkan caranya). Setelah masuk kapal, barulah dipetakan posisi para pembajak. Informasi itu dikirim ke tim pemukul. tinggal menunggu perintah dari Komandan untuk eksekusi. Sempat terjadi kontak tembak. beberapa pembajak tewas. Semua diperhitungkan dengan matang. Semua WNI pulang dengan selamat. Nah di Filipina, situasinya berbeda, sehingga penanganannya pun berbeda. imho.

    •  

      @Tmb. pasukan TNI itu banyak berlipat ganda dari ATM malaysia. Ditubuh TNI pon banyak pasukan Elite. Jika TNI malakukan operasi pembebasan sandera tak pon mengganggu operasi penangkapan santoso. Dugaan saya bisa jadi santoso telah menjalin hubungan dengan abu sayap. Saat santoso telah terdesak oleh TNI pihak abu sayap berusaha memecah fokus TNI dengan penyenderaan terhadap WNI. dugaan ini tidaklah berlebihan jika dantoso saja bisa menjalin hubungan dengan ISIS disuriah yang nun jauh disana. Maka menjalih hubungan dengan abu sayap bukanlah mustahil mengingat anggota santoso sendiri terdiri atas WNA uigur bisa jadi orang uigur ini sebelum gabung dengan kelompok santoso di Indonesia mereka telah lebih ?ulu melakukan pelatihan pada kelompok abu sayap di filiphina. Kesimpulannya perburuan kelompok santoso terus dilanjutkan. Pembebasan sandera tetap dilakukan.

  21.  

    Khawatirnya, peluru Kopassus tidak mengenal itu anggota sayyaf atau warga sipil. Tanpa feed intel mumpuni dari pihak pinoy Kopassus bakal kesulitan mengenali pasukan abu sayyaf/lokasinya. Sisi lain, pihak filipin juga mempertimbangkan segi ego ‘pinoy pride’ mereka, mungkin juga mrk ‘akan sedikit mensabotase’ pasus kita karena warga yg disandera bkn warga mereka nantinya, ibaratnya lu kalah gua gak malu, lue menang gua malu. Sandera terkorban? bukan warga gue inih… Ada warga pinoy jadi korban salah tembak? nah baru deh ada masalah baru….

    •  

      Boement @
      Jangan kuatir dengan apa yang anda pikirkan itu kawan , kita ( Indonesia ) punya kartu AS untuk menekan Phinoy ” Ente menghambat TNI untuk membebaskan WNI yang disandera di negara anda , maka MARIE jeans kami eksekusi secepatnya ” . Mau ngomong apa si phinoy itu ????

      •  

        @Noer : kalo cmn diplomasi childish kyk gitu sih kayaknya bukan Indonesia banget. Curiganya sih pinoy minta macam2 saat nego sama panglima TNI, secara pinoy punya sejarah suka ‘mepetke urusan’ utk kepentingan mereka, bisa saja mrk minta syarat aneh2. Jgn heran kalo TNI diijinin gelar opsmil beberapa bln kedepan tiba2 ada berita pinoy (seolah2) membeli alutsista buatan Pindad, PT PAL yg gak pake tender melalui DnD.

  22.  

    Hayo gimana tuh ?
    gerak cepat lah.

  23.  

    Semoga bisa di bebaskan

  24.  

    Tidak membayar tebusan ke kelompok Abu Sayyaf dan menyerang kelompok ini adalah Tindakan yg benar.., mereka akan semakin kurang ajar dan semakin minta tebusan yg ga masuk akal

  25.  

    Dugaan Saya Filipina tdk akan mengijinkan TNI masuk walaupun militer kita sama militer Filipina sangat dekat. Filipina hampir seperti RI, disana harga diri bangsa adalah segalanya jd kecil kemungkinan TNI boleh masuk.

  26.  

    Nah begini donk, adminnya rajin komen biar interaksi pembaca dan admim jalan.
    btw, gmn bung diego,,,udah ngerasain gmn gemesnya kan liat orang2 malay dan yg ngaku org malaysia komen asal jeplak. Begitulah yg kamo rasakan selama ini tanpa anda perdulilan/tindak.

    Salam NKRI!

  27.  

    Takutnya kalau diberi 15 miliar makin kurang ajar si abu sayyaf ni. Makin kuatlah mereka.

  28.  

    Sepertinya Kejadian akhir akhir ini ada hubungan nya sama usa
    1 bom disarinah yg katanya intelijen amrik tahu lebih duluan ,apakah .Mungkin ini sabotase
    2lcs yg panas (mungkin )cerita nya cina vs amrik
    pertaanyaanya Mungkin Kah ini kebetulan gk mungkin karena akan rugi kedua nya

    ketahuilah amrika mungkin ingin mejual alutsista diteengah persaingan dgn rusky yg dominan beberapa tahun belakang

    3di pilpina skrng juga .Gk jauh dari amrik karena ada tentara as d pinoy

    mungkin kah kejadian terakhir ini sabotase dari ngra adidaya

  29.  

    seperti yang pernah saya katakan
    cara gerak TNI amat berbeza dengan ABRI dahulu..ABRI penuh senyap vs TNI cuma berkoar2 mahu cari popular sampai si abu sayyaf panas & naikkan harga setiap kepala setiap tebusan

  30.  

    Setiap kontak tembak sudah pasti ada resikonya. Tapi peluru itu ada bunyinya dan bisa diukur untuk memetakan lawan. TNI kalau pun masuk, tidak akan menggunakan logika/anti-logika yang dibangun Abu Sayyaf. -imho.

  31.  

    #adajuragangmustingumpetdulu

  32.  

    Pasukan khusus kita akan diuji kemampuannya disini, yaitu sebagai pasukan khusus terbaik di dunia.

    •  

      Kesombongan bisa membutakan akal pikiran…

      Tidak ada yg meragukan Pasukan Khusus kita, tapi kalau terbaik dunia saya rasa itu terlalu berlebihan…

      Sekarang mungkin 5-10 besar lah, murni skill tanpa alutsista…

  33.  

    Ya..ya.oprasi senyap selalu berhasil…santoso juga lagi..terkepung..kedudukan.y sudah di ketahui.sebentar lg juga..pd tertangkap atau mati..kata tito karnafian

  34.  

    gertakan mcm itu nggak ngaruh buat TNI,,,sudah biasa

  35.  

    Ini Artikel spesial. Bung Admin banyak muncul. Sehat selalu untuk bung Diego dan warjag semuanya…

  36.  

    menurut saya..abu sayaf tak kan semudah yg kite fikirkan untuk boleh menjejas pengganas lanun ataupun teroris ni..berbahaya sangat perbezaan antara santoso dn abu ni terlihat dari cara mereka melakukn eksen. tentera philipino pun tak boleh tahan nak tangkap mereka.Abu Sayyaf, yang termasuk dalam senarai organisasi pengganas Amerika Syarikat di Filipina terkenal dengan pengeboman, peras ugut dan penculikan untuk mendapatkan wang tebusan di wilayah selatan yang tidak menentu. Walaupun mengancam keselamatan, difahamkan kumpulan itu semakin lemah berikutan serangan pasukan Filipina yang disokong AS sejak beberapa tahun kebelakangan ini. mereka tentera philipina tak dpat mnghncurkn kem2 mereka sangat licin..so nak kita tunggu eksen dri pasukan tni yg boleh cakap no.3 dunia ni..saya nak tunggu update dari admin bang diego ni..!!

    •  

      Ok lon, lha waktu pembebasannya sampai kapan?

    •  

      @Tmb. Kalah atau menang dalam pertempuran perkara kemudian/urusan belakangan. Disini kita tidak meremehkan setiap musuh termasuk abu sayyap tapi kita tidak pertu takut berlebihan karena abu sayyap adalah manusia biasa yang banyak kelemahan juga. Yang penting kita perlihatkan jati diri bangsa INDONESIA bukan bangsa penakut. Kewajiban kita sebagai manusia harus berikhtiar/berusaha dan berdo’a semoga ALLAH memberi jalan termudah bagi TNI untuk membebaskan para sandera.

      •  

        Aamiiin, semoga Allah membebaskan para sandera, juga menyadarkan kelompok Abu Sayyaf akan kekhilafannya. Bagaimana Islam mau dipandang Rahmat bagi seluruh alam bila pengikutnya masih seperti ini?

  37.  

    Betul betul betul. Jadilah orang yang waras.

  38.  

    Munkin philipn ga tau ilmu anti gerilya..sampai ga bisa numpas abu gosok…anggota.y sampai 500..repot2..terlambat..

  39.  

    Memang harus hati2. Kelompok abu sayaf ini terkenal hebat. Sudah banyak militer filipina yang jadi korban. Mereka juga menguasai medan.

  40.  

    apapun itu yg akan dilakukan pemerintah dan tni untuk menyelamatkan warga negara indonesia semoga Alloh selalu melindungi para sanders dan memberikan yg terbaik untuk indonesia tercinta. percayalah tni tau apa yg harus dilakukan jika militer philipin membutuhkan bantuan tni.

  41.  

    Tentara philipina ga butuh bantuan Tni.Mereka siap menjalankan operasi pembebasan sandra dengan kekuatan mereka sendiri.

  42.  

    ‘He added that there is a “high-level consultation” between the Philippines and Indonesia but he is not at liberty to discuss it.’ http://www.manilatimes.net/indon-commandos-ready-to-rescue-citizens-from-asg/253106/#comment-263385

    BTW wartawan yg nulis songong juga, nulis Indon sebagai berita artikelnya, kalo keadaan ekonomi sm militer mrk lbh baik dr kita kayaknya bakalan super songong nih negara —-_—-‘

  43.  

    Philippine pasti ijinkan kita masuk … bawa semua LPD plus Mi35, Cougar, 412 … buat mobud biar cepet tuntas

  44.  

    Semoga pihak filipina mampu menyelamatkan seluruh Sandera

  45.  

    begitulah malon bung….. dungunya tiada terkira…. ngahahaha….

  46.  

    Saran aj buat tim pemukul perlu beberapa regu buat bebasin sandera mereka ga akan kumpulin sandera jadi 1 dan pertahanan mereka berlapis dan beware banyak “jebakan betman”. Kl soal medan sudah ad “orang dalam”. Selamat bertugas.

  47.  

    Bayar tebusan atau operaasi senyap ? menurut saya untuk kali ini mungkin bayar tebusan , but kita lihat saja beberapa hari kedepan ya

  48.  

    Haha… Kelihatan mereka paling rendah meminta tebusan ke kita. Apa mereka sudah terdesak? Atau mereka takut dengan TNI? Atau Indonesia memang miskin?

    •  

      @Ogong. pertanyaan mu :

      Pertama. Kelihatan mereka paling rendah meminta tebusan ke kita ? Maksud nya nih mungkin Kenapa Warga RI yang jadi sasaran oleh Kl Abu sayur sebagai alternativ jika sandera dari negara Kanada, Norwegia, Filipina tidak ditebus maka Alternativnya warga RI dengan harapan dapat uang mudah dari hasil penyanderaan itu.

      Kedua. Apa mereka sudah terdesak? maksud kamu keadaan atau keamanan kl Abu Sayur yang sudah terdesak di filipioy atau pemerintah RI yg terdesak, atau waktu untuk pembebasan yg kian mepet?

      Ketiga. Atau mereka takut dengan TNI?
      Keempat. Atau Indonesia memang miskin?

      Semakin dibaca koment kamu semakin pusing mau di paham, huhehehee
      sebaiknya sebelum menulis difikir dulu ya,. SALAM

      •  

        Salam,
        Tak masalah, gini lho, permasalahannya.
        -Kenapa mereka meminta tebusan dari TNI lebih kecil dari negara lain, padahal, warga negara Jerman yang disandera hanya 2 orang, mereka meminta tebusan 68 miliar, untuk 2 warga Kanada, 1 warga Norwegia, dan 1 warga Filipina, mereka bahkan meminta Rp. 1,1 triliun, lebih mahal lagi.
        -Tapi, untuk 10 warga Indonesia, mereka hanya meminta 15 miliar, ada apa gerangan??

        Mungkin saja mereka tak berharap banyak pada Pemerintah kita, mereka tak berharap banyak bisa karena 3 alasan.
        1. Mereka sudah terdesak, sehingga sangat membutuhkan bantuan keuangan
        2. Mereka takut dengan TNI, sehingga mereka mencoba melakukan tawar menawar dengan Pemerintah Indonesia.
        3. Dalam pandangan mereka, Indonesia negara miskin, yang tak punya apa apa. Sehingga, mereka meminta tebusan tidak terlalu banyak.

        Begitulah analisa saya, mohon maaf bila ada kesalahan, terima kasih @ALONE
        Salam Hangat…

  49.  

    Pasukan ELIT TNI tidak akan melanggar kedaulatan Negara Lain
    begitu OK dari Pemerintahan Philippine, baru langsung beraksi, karena lokasi penyanderaan di wilayah hukum Philippine.

  50.  

    @Alone. Tp apakah TNI di ijinin masuk? Masalahnya Filipina punya “pride of nation” yg tinggi sama kayak kita, regulasinya jg sulit.
    Apa kita tukar sandera saja, 10 abk WNI diganti 20 anggota dewan. Gmana bro? Setuju ngak ente? Hhe”

  51.  

    Siyaaap bung@Diego…maaf saya salah mengira krn hanya melihat dr kacamat silinder saya…heheheh…makasih atas pencerahannya…salam sehat buat semua WarJaG

  52.  

    spertinya kuatir bung, soalnya bung diego lg patroli…hahaha…

 Leave a Reply