Bayangi Charles De Gaulle, Kapal Selam Rusia Bikin Sibuk NATO dan AS

NATO dan AS kini sedang sibuk mencari kapal selam Rusia yang diduga berada disekitar kapal induk Charles De Gaulle milik Perancis. Charles De Gaulle sedang dalam misi pelayaran disekitar laut Mediternia timur.

Untuk memburunya, AS mengerahkan pesawat pengintai P-8 Poseidon yang beroperasi dari pangkalan di Sigonella, Sisilia. Diduga kapal selam Rusia yang menyusup dibawah kapal induk Perancis adalah dari tipe Oscar II, sebuah kapal selam nuklir yang dilengkapi rudal SS-N-19 ‘Shipwreck’ yang mampu ‘memotong-motong’ kapal induk menjadi beberapa bagian.

Oscar II class adalah kapal selam serang terbesar yang pernah dirancang dan dibangun era Uni Soviet sebagai kapal selam ‘carrier killer’.

Meskipun kapal induk Charles de Gaulle memiliki banyak pesawat dan kapal perang yang mengawalnya, namun tetap rentan apabila menghadapi serangan dari kapal selam.

Bukan hanya kali ini saja NATO dibuat kelabakan oleh ulah kapal selam Rusia. Tahun 2014 bahkan sebuah kapal selam misterius menyusup ke perairan Inggris yang membuat beberapa anggota NATO bergegas mengirimkan pesawat pemburu kapal selam untuk membantu Inggris memburu kapal selam misterius.

Tinggalkan komentar