Jul 082016
 

Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, telah memberikan penegasan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, terkait kasus Laut Cina Selatan. Dalam komunikasi via telepon, Yi menjelaskan bahwa Beijing akan menolak segala putusan pengadilan terkait kasus itu. Yi juga meminta agar Kerry segera mengakhiri lelucon tersebut dan menghormati komitmen mereka untuk tidak berpihak dalam sengketa di wilayah perairan tersebut.

Ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat semakin meningkat jelang putusan Pengadilan Internasional di Den Haag atas gugatan Filipina terhadap Tiongkok dalam kasus Laut Cina Selatan yang akan dibacakan pada 12 Juli mendatang.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Gabrielle Price, membenarkan adanya komunikasi antara Kerry dan Wang Yi. “Keduanya mendiskusikan isu-isu kepentingan bersama. Kami tidak bisa memberi tahu isi percakapan diplomatik ini secara pribadi,” ujar Price.

Selama ini, Beijing tidak terima dengan intervensi Washington di Laut Cina Selatan. Tiongkok kerap mengeluhkan patroli laut Amerika Serikat di wilayah itu. Negeri Paman Sam menjelaskan bahwa mereka melakukan aktivitas tersebut berdasarkan kebebasan navigasi dan penerbangan di Laut Cina Selatan.

Sumber: okezone.com

 Posted by on Juli 8, 2016