JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 182015
 
Presiden Brasil Dilma Rousseff

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengajukan grasi ke presiden Jokowi tetapi ditolak

Brasil menilai eksekusi hukuman mati terhadap salah satu warga negaranya di Indonesia karena kasus narkoba merupakan bentuk ‘kekejaman’.

Marco Archer Cardoso Moreira, 53 tahun, ditangkap pada 2003 lalu setelah polisi di bandara Cengkareng menenemukan 13,4 kg kokain yang disembunyikan di dalam peralatan olahraga.Β Brasil mengatakan Moreira merupakan warga Brasil pertama yang dieksekusi di luar negeri dan memperingatkan hukuman itu akan ‘merusak’ hubungan dengan Indonesia.

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia merasa kaget dan menilai hukuman itu kejam.

“Hubungan antara kedua negara akan terpengaruh,” kata presiden Rousseff.

“Duta besar Brasil di Jakarta telah ditarik untuk melakukan konsultasi,” kata dia.

image

Marco Archer Cardoso Moreira mengatakan menyesal dan tiap orang harus dapat kesempatan kedua. (Foto: Reuters).

Selain Brasil, Belanda juga menarik kembali duta besarnya, setelah Menteri Luar Negeri Bert Koenders menilai eksekusi terhadap warga negara Belanda Ang Kiem Soe, 52 tahun, “merupakan pengingkaran terhadap martabat dan integritas kemanusiaan”.

Empat warga negara asing yaitu Brasil, Belanda Malawi, Nigeria dan satu Indonesia telah dieksekusi pada Minggu (18/01) dini hari di LP NUsa Kambangan. Sementara eksekusi terhadap warga Vietnam Boyolali Jawa Tengah pada waktu yang sama.
Permohonan grasi

Rousseff mengatakan dia telah mengajukan permohonan pengampunan (grasi) pada Jumat, tetapi ditolak oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengajukan grasi ke presiden Jokowi tetapi ditolak. Dia mengatakan kepada Joko Widodo bahwa dia menghormati kedaulatan dan sistem hukum di Indonesia, tetapi sebagai seorang ibu dan kepala negara dia mengajukan permohonan itu dengan alasan kemanusiaan.

Brasil mengatakan Joko Widodo mengatakan dia memahami kepedulian presiden Brasil tetapi dia tidak dapat mengubah hukuman karena seluruh proses hukum telah dijalani.

Dalam sebuah video yang direkam seorang rekannya, Moreira menyatakan penyesalannya yang berupaya menyeludupkan narkoba ke Indonesia.

“Saya tahu akan menghadapi hukuman yang serius, tetapi saya yakin saya berhak mendapatkan kesempatan. Semua orang melakukan kesalahan.”

Warga Brasil lain Rodrigo Muxfeldt Gularte juga menghadapi hukuman mati di Indonesia, karena kasus perdagangan narkoba.
Kritik terhadap eksekusi hukuman mati juga disampaikan sejumlah organisasi Amnesty International dan pegiat HAM di Indonesia. Brasil menghapus hukuman mati ketika perdamaian dan menjadi sebuah negara republik pada 1889. (BBC.co.uk/indonesia).

Berbagi

  122 Responses to “Belanda dan Brasil Tarik Duta Besar dari Indonesia”

  1.  

    siang warjager… πŸ™‚

  2.  

    Itu urusan mereka ,indonesia py aturan sendiri.

    •  

      berlanjutlah seterusnya, ke bidang2 yg lainnya jg, soalnya kalau qta tdk membersihkan negeri ini, maka alam yg akan membersihkan dirinya sendiri, spt bencana alam, gempa, gn meletus, dll (alias qta kena azab)

    •  

      Seperti kata Mantan Ketua MK Mahfud MD, Hukuman Mati itu Konstitusional.
      Belanda tidak memiliki Mahkamah Konstitusi dan malah belajar dr kt.

      Demokrasi tanpa Konstitusi..??!!

  3.  

    Pertamax

    •  

      ah!. itu ke 3
      bung

    •  

      Saya salah satu yang mendukung hukuman mati kepada para bandar narkoba, karena penegakan hukuman mati bagi penyelundup dan bandar narkoba untuk menjaga marwah atau nama baik negara. Dengan adanya hukuman mati, masyarakat awam diharapkan dapat hidup dengan tenang dan tanpa dibayangi ketakutan keluarganya terkena narkoba. Jangan sampai Indonesia seperti Amerika Latin, Kolombia maupun Brasil. Bandar narkoba menjadi kartel yang sangat kuat, sehingga negara menjadi takut mengahadapi. Cuma yang harus menjadi pemikiran kita semua jangan hanya bertumpu pada penindakan saja, bagaimana supaya pencegahan seiring dengan penindakan.

      Mengacu pada teory ekonomi, bahwa harga narkoba akan naik sejalan dengan ditingkatkannya ancaman hukuman sehingga kartel internasional makin tertuju pada Indonesia menjadikan kita merasa perlu meningkatkan pencegahan disamping penindakan. Aparat pemerintah diharapkan menjadi garda terdepan selain masyarakat dalam pencegahan bukan malah menjadi backing para pengedar/lemahnya pengawasan, disisi lain dengan menjamurnya tempat hiburan malam di berbagai kota besar merupakan dilema tersendiri. Satu sisi merupakan sumber pemasukan daerah/negara dan sisi lain tempat peredaran narkoba, ada istilah nyeleneh bila pergi ke disko atau bar tanpa narkoba ibarat sayur tanpa garam dan istilah ini sangat salah. Masalah-masalah seperti ini yang harus mendapat perhatian dari pemerintah untuk di cari solusinya agar dikemudian hari tidak ada yang menyalahkan tindak tanduk pemerintah dalam penindakan dalam kasus narkoba. Imho

      •  

        Kira kira keuntungan secara politik bagi presiden Brasil bila sukses menekan/menggagalkan warganya yg terancam hukuman mati dikita.dan juga dampaknya di dlm negerinya dia?.
        trus bagamana dikita ?.
        (+ -)
        salam

        •  

          Apakah setelah kejadian hukuman mati pada warganya dgn ancaman penarikan dubesnya,bisa mempengaruhi semua tatanan/kebijakan kerjasama yg selama ini terjalin akan buyar(dibekukan)
          salam bung Rafly.

        •  

          Kemungkinan tidak berdampak banyak terhadap hubungan bilateral kita dgn Brasil dan Belanda bung erie, asalkan punggawa-punggawa kita di Pejambon 6 menjelaskan kepada mereka bahwa narkoba masuk dalam extraordinary crime dan memerlukan ketegasan negara dalam menindak. Didalam hukum positif kita masih mengenal adanya hukuman mati sebagaimana yg ada di dalam KUHP, maka sebagai negara yg berdaulat langkah yg diambil Jokowi sudah benar dengan tidak berkompromi dengan terpidana narkoba.

          Bila satu negara memanggil duta besarnya kembali ke negara asal tidak perlu disikapi secara berlebihan, suatu kewajaran bila negara tersebut meminta keterangan dari duta besar mereka dengan apa yg terjadi di sini. hal ini merupakan suatu urutan dalam hal hubungan diplomatik, dan bukan merupakan pemutusan hubungan diplomatik. Indonesia pun pernah memanggil dubes kita di Australia kemarin untuk dimintai keterangan tetapi tidak dalam konteks pemutusan hubungan diplomatik.

          Yang menarik 6 terhukum ini baru diawal bung, masih ada sekitar 20 terhukum lagi yg akan merasakan berhadapan dgn regu tembak. Mampukah Jokowi tetap konsisten terhadap semua napi walau ditekan sana sini, sebagaimana diketahui diantara napi hukuman mati tsb ada yg berasal dari Australia dgn kasus bali nine, karena Abbot sudah mewanti2 agar tidak mengeksekusi WN nya… Salam kembali bung erie.

      •  

        Trimakasih bung Rafly.

        •  

          Maaf sedikit merepotkan lagi,mudah2an bung Rafly tak keberatan. Skrng di pikiran ada sedikit uneg2 setelah membaca coment teman2 warjag. Sbtlnya apa kita skrng sdng dlm perang jilid dua(2) ya bung?. Kalo yg jilid (1) perang ama nelayan maling ikan (mulai surut/tak begitu heboh lagi). Kira2 beratan mana akibatnya antara pertama ama kedua?. Trus sudah efektif kah menlu kita di gelombang kedua ini.karna sedikit bnyk mengenai hidup matinya seseorang (HAM) itu aja bung Rafly. maaf ya membuat bung menjadi repot karnanya. trims sebelunya
          salam bung.

          •  

            Kalau pandangan saya, ini merupakan penjabaran dari program prioritas Presiden Jokowi bung erie dalam nawa cita. Jadi bukan jilid per jilid tetapi suatu kesinambungan dalam mewujudkan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan seperti yg disampaikan beberapa saat lalu.

            Ibu Retno sudah bertindak baik dalam hal ini, beliau pro aktif dalam menjelaskan duduk permasalahan ini kepada negara sahabat yg mempertanyakan kebijakan RI dalam kasus nelayan maupun hukuman mati. Indonesia adalah negara yg menjungjung tinggi HAM kita akui itu, tetapi Indonesia juga mempunyai aturan main yg berlaku sebagaimana diatur dalam hukum negara kita yg berdaulat (hukum positif).

            Maaf bung erie apabila opini saya salah, karena saya hanya sekedar buruh πŸ™‚

  4.  

    Waduhh..,

  5.  

    Bisa ga indonesia melakukan hal serupa jika warganya d eksekusi d luar negeri.

    •  

      Mohon maaf atas komentar saya.

      Ada baik nya mentri hukum dan ham kita agar menjelaskan semendetilnya sebab dan akibat narkoba itu sendiri supaya mereka mengerti. Kenapa sampai kita hukum mati sesuai dengan undang undang di negara kita nkri.

      Bukan dalam arti kata kita takut atau bela diri tapi ini lah kita inilah indonesia inilah mau nya rakyat indonesia.

      Perdayakan ahli propesor. Doktor dan lain untuk mengonsep kalimatnya agar mata dunia tidak menyalakan indonesia. Karena bangsa kita ini bangsa di ibarat kan kerikir dalam pandangan negera tertentu maksudnya negara alam ghoib. Apa lah artinya indonesia di ibarat kan sosok gadis perawan cantik nan molek oleh para sesepu di JKR ini.

      Pada saat seperti ini lah tunjukan kuwalutas nya di mata masyarakat kita bahkan dunia kinerja mentri hukum dan ham kita. setiap persoalaan jangan di pandang seperti air berlalu ingat lah bernegara itu jika menteri nya berkuwalitas maka kemajuan sedikit demi sedikit akan nampak.

      Tidak semua persolaan pak presiden semua yang tanggani buat apa presiden kita hebat jika mentri mentri kita adem ayem saja

  6.  

    Kalo nggak mau masalah jangan dagang narkoba ke NKRI, beres. Pemerintah harus membereskan Komnas HAM antek2 ASU

  7.  

    Lanjut kan pak jangan hanya karna mereka menarik duta besarnya hukum ini aka berubah ingat barat itu ingin bangsa ini hancur secara perlahan dan menyeluruh terhadap generasi muda bangsa indonesia bangsa yg akan menjadi besar dan maju

  8.  

    Kita sdh merdeka dan kita punya aturan sendiri..good job pak president…teruskan demi martabat bangsa yg disegani…
    Dsn jgn biarkan negara ini diobok2 elien asing ….

  9.  

    Nyimak aja …
    Narkoba dan korupsi merupakan kejahatan yang bersifat ‘extraordinary’ karena bahaya laten nya merusak sendi sendi kehidupan bangsa dan negara, maka harus ditindak dengan cara ‘extraordinary’ juga … IMHO

  10.  

    Aghh..dubesnya takut dihukum mati jg kali..

  11.  

    Lanjutkan hukuman mati ..narkoba sangat merusak generasi bangsa

  12.  

    selamat pagi ..
    semoga pak presiden kita tetap konsisten pada pendirian.
    malaysia pun kayak gitu gakada komentar, oleh negara lain ,kok indonesia banyak yang ngotot,,

  13.  

    Teriak2 HAM mulu,, INDONESIA BERDAULAT punya aturan sendiri.

  14.  

    Narkoba atau sejenis nya bersama sama semua lapisan masyarakat bersatu untk membasmi dari nkri. Narkoba alat utama untuk merusak generasi muda sekarang dan yang akan datang.

    Bentuk senjata paling ampuh di dunia berupa heroin.kokain.ganja serta pecahan nya dan lain-lain sejenis narkoba itu sendiri

    Jangan sampai kedepan nya NKRI khusunya masyarakat pemuda anank2 kita nanti menjadi mayat berjalan

    Berbuat kebenaran pasti di menempuh jalan terjal dengan sendirinya akan berlalu salam persatuan.

  15.  

    sippp pak jokowi lanjutkan………..

  16.  

    Tidak perlu ditanggapi secara emosional. Brazil dan Belanda melakukan itu utk menyenangkan publik. Indonesia melakukan eksekusi sesuai dengan hukum yg berlaku di Indonesia. Tiap negara hanya melakukan apa yg harus dilakukan.

  17.  

    Ini ujian bagi JOKOWI,apakah beliau akan menuruti mereka atau tidak??Sekali beliau tunduk pada tekanan asing dipastikan akan banyak negara akan mengikuti langkah kedua negara tsb.Percayalah pemanggilan pulang dubes hanya gertakan.Jangan sampai kita tunduk.Kalau presiden tunduk maka habislah wibawa Jokowi baik dari dalam negri maupun dari luar negri.

  18.  

    Mantap pak Presiden … tetep laksanakan hukum berat utk narkotik.
    Kalo sampai Brazil & si Londo nahan pesenan sista kita … putus kontraknya ! trus balikin barangnya tapi duitnya jg musti dibalikin

  19.  

    NARKOBA DAN KORUPSI adalah kejahatan luar biasa menghancurkan generasi bangsa….

  20.  

    Pemanggilan dubes kedua negara merupakan reaksi shock psikologis bagi mereka, keadaan ini dinilai wajar/normal saja dan akan kembali normal seperti semula. Di dunia ini tidak ada negara yang mampu berdiri sendiri, tetap membutuhkan negara lain. Sudah seharusnya tiap-tiap negara menghormati undang-undang, hukum dan prinsip negara lain. Hukuman mati ini merupakan peringatan keras untuk para bandar, boss, cukong narkoba internasional jangan masuk dan bermain-main di negara Indonesia ini.

  21.  

    Lanjutkan p.Presiden…jalankan sesuai UU. Semestinya negara asing menghormati hukum Indonesia, protes boleh tapi keputusan ada di Indonesia. Bravo Indonesia..

  22.  

    SEBAIKNYA KEMENTEIAN LUAR NEGRI CEPAT JELASKAN DENGAN SEJELAS JELASNYA KEPADA SELURUH NEGARA D DUNIA.
    *INDONESIA DALAM KEADAAN DARURAT KARKOBA,YG TELAH MERACUNI JUTAAN ANAK BANGSA
    *SUDAH SESUAI HUKUM UNDANG2 YG BERLAKU
    *SELURUH RAKYAT INDONESIA MENDUKUNG HUKUMAN MATI BAGI GEMBONG NARKOBA

  23.  

    Tetap konsisten dengan apa yg diyakini sebagai hal yg baik dan benar buat bangsa ini Pak Presiden. Dengarkan apa yg rakyatmu sampaikan dan pertegas kepada mereka2 yg mengecam bahwa Indonesia tdk akan pernah mentolerir kejahatan2 Extraordinary Crime seperti Narkoba termasuk Korupsi yg telah membuat kerusakan yg begitu massif terhadap bangsa ini.

  24.  

    Persoalan ini bukan ujian buat pak presiden kita ini lah tujuan masyarakat indonesia untuk menjadi negara yang maju bahkan negara besar nanti nya.

    Pak presiden kita mewakili 250 juta lebih masyarakat indonesia
    Presiden kita tidak akan gentar menghadapi sangkalan mereka mengatas nama kan ham.

  25.  

    itu cuma maenan politis mereka, ntar rakyatnya dah lupa juga lanjut lagi..

  26.  

    saya setuju hukuman mati untuk para dalang narkoba, karena saya peduli pada generasi muda indonesia,

  27.  

    Batalkan aja pembelian Tucano & Astros….. mending kerjasama dgn swedia yg gak suka narkoba

  28.  

    Pernah liat di natgeo channel tentang pengakuan cerita kurir narkoba yg tertangkap.
    Banyak dari mereka yg merupakan pemain baru atau baru pertama kali menjadi kurir, ditawari saat di bar dan tidak tahu siapa bosnya sebenarnya.
    Bahkan ada turis yg diancam oleh gangster narkoba untuk membawa narkoba ke negara tujuan.
    Untuk meyakinkannya, mereka diberi penjelasan bahwa petugas bandara sudah disuap atau mereka mempunyai orang dalam dibandara yg akan meloloskannya dsb, tapi semua itu bohongan belaka dan sang kurir tetap tertangkap dibandara.
    Kalo liat film dokumenter merasa terharu,
    Semoga saja pemerintah tidak salah dalam pemberian hukuman mati

    •  

      masalahnya susah dibuktikan apakah memang ditipu untuk jadi kurir, atau pura2 ditipu supaya lolos dari jeratan hukum.

      yg jelas bukan Indo aja kok yg menerapkan hukuman mati di kasus narkoba. singapork salah satu yg paling dekat.

      satu hal lagi yg sangat gamblang adalah ini proses kriminal. murni proses kriminal yg terjadi di wilayah indo dan harus dihukum sesuai hukum indo. itu aja.
      jangan mau ditarik2 ke wilayah politik.

      model2 schapelle corby atau siapa tuh bule sok kece dari ostrali kemaren yg akhirnya dilepas ama sby setelah dikasih remisi gara2 pemerintah ostrali protes — itu bikin nama indo diremehin ama bangsa lain!!

      bangsa yg berani melepeh hukumnya sendiri, menjilat ludah yg sudah diputuskan oleh pengadilannya sendiri cuma gara2 digertak sama negara tetangganya.

      apa kita mau jadi bangsa spt itu?
      kalau sby gak berani ga benyali buat ngejalanin eksekusi hukuman mati kemarin2 ya silakan aja. ga berarti pemerintah berikutnya jadi kena sangkut preseden yg sama.
      πŸ™‚

  29.  

    Lanjutkan bpk presiden! Rakyat indonesia mendukung hukuman mati untuk kejahatan luar biasa sprti pengedar narkoba karena sudah ribuan nyawa anak bangsa melayang karena narkoba, belanda bicara soal HAM ya jadi lucu,,,,, belanda adalah pelanggar ham berat di masa lalu terhadap rakyat indonesia knp gak ada hukumanya????? Aneh kalau hak asai penjahat di bela tapi hak asasi korban kejahatan narkoba gak pernah di bela oleh negara2 tsb. Pengedar narkoba=PELANGGAR HAM.

  30.  

    Dukung!!!

  31.  

    menurut bnn, pecandu narkoba di indonesia sdh mencapai sekitar 4,2 juta orang dgn kematian 40-50 orang per hari.. diantara yg di eksekusi td entah sdh berawa nyawa yg melayang akibat ulah mereka..belum lg generasi yg rusak

  32.  

    Jika perlu wancana kedepanya kita buat alutista berupa radar anti narkoba siapa siapa pemakai pengedar alat transfortasi nya serta tempat peracik narkoba tsb
    Dapat terdeteksi dari radius 400km. Radar tsb di dalam mobil bisa di bawak kemana saja wilaya nkri.
    …………… ide gila ……..

  33.  

    Sekarang pemerintah kita sedang di uji ketegasan hukumnya oleh pihak asing.(goyah /tetap konsisten)

  34.  

    Di negara upil tetangga kita, pelaku corat coret di tembok saja dihukum cambuk dan dipenjara. Yang seperti itu kenapa ngga diprotes oleh negara2 eropa dan amerika? Apa karena upil adalah sekutu? Ini yang jelas2 narkoba, mereka ribut teriak2.

  35.  

    Sy tdk setuju dgn hukuman mati, krn hidup itu hak setiap manusia..

    •  

      Kalo anak anda seumpama mati karena mati OVER DOSIS narkoba(shabu shabu) kamu mau nuntut siapa?….piss

      •  

        Kewajiban orang tua untk menjaga anaknya tdk trjerumus sampe jadi pengguna norkoba…

        •  

          Ya kalo si orang tuanya ada waktu/perhatian ama sianak.(bagus) nah kalo nyang jor joran gimana?….

        •  

          @bolderpatah , pengedar ya musti dihukum seberat-beratnya.
          kalau orang tua yang tidak mengawasi anaknya karena korban dari bandar2 narkoba apa orang tuanya yg musti dihukum juga? Enak bandarnya dong.

        •  

          Klo orang tua tdk ada wktu mnjaga anaknya sampe anak trjerumus jd pengguna narkoba jelas itu salah orang tua..lingkungan pergaulan anak jg pengaruhnya bsar, jgn sampe d rmahnya alim, nurut sama orang tua tp di luar rumah make krn pengaruh tman2nya.. Pengawasan orang tua, pendidikan budipekerti di rumah/disekolah, lingkungan pergaulan yg baik d masyrkat bisa mnjegah seorang trjerumus jd pengguna narkoba.
          Bangsa kita bangsa yg berprikemanusiaan, hukuman mati itu menurut sy bukan cerminan dr prikemanusiaan…

    •  

      Bebas dari narkoba juga hak asasi manusia

      •  

        gampang bung, jangan dibalik2.
        kalau nggak mau dihukum mati jangan jadi pengedar narkoba.
        jadilah pengedar sayur dan buah, atau susu sapi. maka pahalanya akan banyak karena menyehatkan.
        Komnas HAM harusnya kampanye “jadilah pengedar sayur, buah dan susu”
        gimana bung?

  36.  

    Reaksi 2 negara ini sah2 saja apalagi Belanda udah berapa kali protes klo udah isu HAM tpi kadang Belanda lupa akan kejahatan HAM trhadap kita selama 350th mSih gak ada kata maaf ke pihak kita
    Nah sekarang tinggal tunggu kerja Menteri Hukum dan HAM utk memberikan penjelasan di bantu oleh Kemlu (padahal bu menteri ru dpt penghargaan tertinggi dri belanda diambil lagi gak) agar protes ini gak terlalu lama krn di pihak Kemenhan sudah khawatir nih klo pesanan SIGMA class 105, Batch ke-2 Super Tucano serta Astros akan terganggu dng protes ini

  37.  

    Jgn2 dubes koar -koar krn mitra dagang …??????

  38.  

    Mereka kejam pada pelaku teroris padahal korbannya tidak sebanding dengan kematian akibat pengedar narkoba. Baru terduga teroris saja mati ditembak, lha ini jelas jelas terdakwa pengedar malah minta kesempatan kedua. Saya tidak setuju dengan terorisme, dan narkoba adalah terorisme sosial.

  39.  

    Radar maksud saya adalah setiap warga negara indonesia jangan apatis dan tidak peduli terhadap lingkungganya tempat tinggal kita masing masing minimal jarak 100 meter dari lingkungan kita harus mengetahui sesama warga kita. Jika kita berpikir seperti itu tidak berat juga kerja nya pemberantas narkoba.

    Kita benci narkoba tapi kita jarang bergaul dengan sesama warga nya lebih parahnya lagi tetangganya tdk kenal. Malah di lingkungan nya tempat produksi narkoba itu sendiri.

    Radar canggih tsb adalah diri kita sendiri keluarga sanak pamili handai tolan dan lingkungan masing masing. Minimal memperkecil gerak pemakai pecandu dan penjual serta rumah produksi narkoba tsb.

    •  

      Nah kalo nyang dimaksud seperti itu ane paham bung kolop.cuman nyang jdi pertanyaanya adalah . mengapa skrng di kehidupan masyarakat kita nih udeh mulai luntur,ape tuh arti silahturahmi. Contohnya di kota2 besar terutama JAKARTA .apa mngkin kena kesibukan kerja/tuntutan hidup yg makin meningkat/mendesak. Seakan mulai melupakan ciri khas budaya ketimuran/mulai luntur. Dan skrng di masyarakat mulai bnyk mengetrapkan gaya hidup ala barat (loe,loe/gue,gue=super cuek).
      jadi.???
      piss bung

  40.  

    DI MALAYSIA RAMAI WARGA ASING YANG MENGEDAR NAKOBA TELAH DI GANTUNG SAMPAI MATI.UDAH BERATUS WARGA ASING YANG MATI DI TALI GANTUNG.PENGEDAR NAKOBA HARUS DI HUKUM MATI.BULE ATAU TIDAK BULE ASALKAN TERLIBAT MENGEDAR ATAU MENYELUDUP NAKOBA DAN SEKIRA NYA DI TANGKAP DI MALAYSIA HUKUMAN NYA GANTUNG SAMPAI MATI.INDONESIA TELAH MELAKUKAN SESUATU YANG HARUS DI DUKUNG 1001%!!

  41.  

    Pindah aja, sampah kayak kmu. Kalo gk pindah nanti jg dipindahin, orang2 sperti kmu yg buat bangsa ini susah maju. Jgn sok2lah ngaku si engkong la si itulah,.

  42.  

    kalau bisa hukuman matinya jangan ditunda2. terbukti secara hukum.. langsung ekskusi.

  43.  

    ah lu penakut… keterlaluan

  44.  

    Pak Presiden…..
    Lanjutkan ketegasan anda dlm melindungi bangsa ini dr pembobrokan generasi penerus.

    Bila ada negara yg menarik DUBESnya krn pelaksanaan amanat UU direpublik ini, jgn pake lama, tarik juga DUBES kita dr negara tersebut krn secara tdk langsung mereka tdk menghormati negara ini dgn pemaksaan kehendak mereka.

    Saya berharap Presiden Indonesia tdk hanya tegas dlm hal narkoba saja, tp juga hal-hal lain, jgn pernah tunduk dari tekanan kepentingan asing yg merugikan Bangsa Indonedia.

  45.  

    Tuch masih ada satu lagi yg nunggu di matiin…nyang dr belande tuch..nyang bule bule gitu. Kagak usah nambah dan nunggu nunggu ampunan dah. Matiin aja pak president udah bner kok ini mah. Duta besar ditarik kagak apa apa…klo perlu qt tarik juga duta besar negara qt dr belanda ma brazil

  46.  

    Silahkan tarik Duta besarmu wahai belanda……Lanjutkan P. President…

  47.  

    siapa peduli sama kamu pindah saja, ……….. sekalian ke neraka jahanam !!!

  48.  

    Lanjut pak..350 tahun Belanda MENJAJAH INDONESIA apa mereka bicara HAM..? 13.5 kg Kokain asal BRASIL kalau sampai berhasil lolos dan dikomsumsi berapa ratus nyawa bisa hilang..apa mrk bicara HAM..? negara2 kita sendiri punya aturan sendiri ga usah intervensi aturan kami sendiri atas nama HAM..majuuuuu terus pak Jokowi..

  49.  

    Pulang aja sono n ga usah balik lagi…..
    HAM HAM HAM kampret….

  50.  

    Setuju bung danu. Apa ini akan membuyarkan semua tatanan/jalinan kerja sama yg selama ini udah terbentuk. dan kira2 porsi pengaruhnya sampai seberapa jauh/besar ya bung.
    salam

  51.  

    dari artikel ini , saya berharap ada opini dari Mbah Bowo…..he he…

  52.  

    Bodo amat emang gue pikirin… Wong JANGAN AJARIN KAMI HAM, ingat palestina di serang israel kenapa kalian diam saja ? Kenapa barat ribut2 dan mengusik negara kami kayak kebakaran jenggot aja… Dukung mr.presiden jokowi berantas narkoba

  53.  

    …tanpa Belanda dan Brazil itu pun Indonesia tetap berdiri dan berdaulat…pergi kel laut aja tuch manuver kalian para dubes……Indonesia bisa hidup dan mandiri….

    …maju terusssss….tunjukkan pada putra putri bangsa Indonesia …bahwa negara dan pemerintah Indonesia itu melindungi warga negaranya dari kehancuran akibat narkoba dan psikotropika…..

    …gitu aja koq repot………………………

  54.  

    Dubes ditarik ? … Pergi dah sono jgn balik lagi …ga butuh !

  55.  

    Wajar pemerintahan brazil melindungi warganya, mungkin negara kita juga akan melakukan hal yg sama

  56.  

    apa karena kejadian ini brazil akan mengembargo super tukino dan astros kita

  57.  

    haduhh brasil indonesia tegang…

    embargo tucano sama astros nie..

  58.  

    saya berharap DPR yang terhormat membuat UU anti korupsi dlm hal ini korupsi

    memperkaya diri sendiri agar di hukuman mati (jika korusinya untk turunan klo ratusa juta penjara 20 thn plus penyitaan hasil korupsi.

  59.  

    udah…daripada ribut ribut…selsaikan saja secara goib…(penyelesaian ala warjagers)

  60.  

    jangan taku sama gertakan mereka, mereka gak tau orang-orang itu sudah merusak generasi dari pada bangsa ini ….”membatalkan hukuman mati 6 orang itu saja berarti pemerintah harus membayar rusaknya negara ini oleh narkoba yng mereka sebarkan , apa lagi sama belanda yang menarik duta besarnya kalo saya bodo amat gak peduli mereka gak sadar bahwa mereka saja sudah membununh jutaan warga indonesia saat menjajah ,,,,,,????? kesel rasanya mendengar berita ini ” i am feel free”

  61.  

    Marco Archer Cardoso Moreira mengatakan menyesal dan tiap orang harus dapat kesempatan kedua. kesempatan kedua unyuk menyelundupkan narkotika lagi kwkwkwkwkwkwkw.

  62.  

    hukuman mati adalah pantas bagi orang2 yang terbukti dengan sengaja mengedarkan narkoba ke negara kita. coba anda bayangkan ribuan bahkan mungkin jutaan generasi kita hancur karena narkoba. jika anda punya saudara sudah kecanduan berat mungkin anda akan mengerti. Dulu saat terpidana teroris di hukum mati kok tidak ada negara yang menarik duta besarnya dari negara kita bahkan terkesan biasa aja sekarang jika ada warganya yg jelas2 mau menghancurkan generasi muda kita di belain mati-matian.

  63.  

    dulu saat tersangka teroris bom bali di hukum mati kok tidak ada yang protes hingga menarik duta besarnya ya

  64.  

    Lain porsi bung tirap,

  65.  

    Kalo ente-ente tau bagaimana merusaknya narkoba, di salah satu penjara saya pernah tanya jumlah napinya ada sekitar 1700 orang. Dari sekian itu separuh lebih itu napi narkoba semua. Terepas dari bobroknya penjara-penjara di indonesia, mereka para tahanan narkoba ini akan sulit sembuh ketika sama-sama ngumpul di penjara. Karena selain bisnis khayalan, itu bisnis yg sangat merusak dan menggiuarkan dari segi keuntungan. Masalah lobi pihak Brasil dan Belanda, itu biasa, Indonesia pernah. Memang seperti itu jalurnya, tinggal dituruti apa enggak gitu saja.

  66.  

    Korut pakistan kok bisa ya om tokol masa indonesia melimpah sda nya pengecut. Maaf salam kenal om tokol

  67.  

    Tukino diembargo??

  68.  

    Allah menakdirkan bumi indonesia sebagai tempat matinya gembong narkoba.

    Allah menjadikan pengadilan indonesia sbg sarana jalanya kematian gembong2 narkoba yg sudah di eksekusi.

    Allah yang menggerakan tim regu tembak sebagai perantara,eksekutor.di situlah malaikat izrail mencabut nyawa Para gembong narkoba.

    ente mau apa? :mrgreen:

  69.  

    sya kok rada ragu kenapa bandar yang terkena hukuman berat. kalau melihat teori supply pasar bandar cuman distributor. shinnga pada akhirnya bandar hanya berperan penyalur kalau mau menghentikan peredaran ya seharusnya dipoong dari demand buakn penyuplly kalau gak ada demand ya gak ada yang supply selesai

  70.  

    Terkait dengan penarikan Dubes Brazil dan Belanda dari NKRI adalah sah saja sebagi bentuk kekecewaan terhadap NKRI karena Warga Negaranya bersalah dan akan dieksekusi mati … NKRI pun akan melakukan hal yang sama terhadap warga negaranya yg memiliki perkara hukum dgn negara lain ..

    PENEGAKAN HUKUM yg dilakukan oleh suatu negara adalah bagian dari kedaulatan negara itu sendiri, negara lain tdk berhak melakukan intervensi dan ikut campur dalam perkara tersebut hanyasanya negara lain dapat mengupayakan jalur diplomasi dalam rangka melindungi warga negaranya tentunya sesuai dengan prosedur hukum yg berlaku dimana warga negaranya berpekara .. Imho

  71.  

    Lalu zarima (si ratu exktasi) masuk dlm fase 1 ya?. Kok hukumanya kagak seumur hidup?.
    kalo dlm fase1( baru 1kali jadi kurir,tapi yg di bawa 10kg heroin jga sama?)….
    piss

    •  

      Ratu Extasi ( Zarima ) seharusnya memang termasuk kedalam fase 1 alias hukuman seumur hidup, namun karena ada kong kalikong alias permainan oknum, makanya hukumannya hanya itungan tahun + subsider + kelakuan baik, berkuranglah hukuman dari semana mestinya. walaupun itu kurir baru 1x bawa Narkoba 1 TON, asalkan penegak hukum bisa menemukan si pemilik atau si penerima, dia bisa di kategorikan fase 1 yaitu hukuman seumur hidup. jika si kurir tidak bisa bekerjasama dengan penegak hukum, dia bisa di kategorikan fase 2 yaitu hukuman mati. sekarang tergantung si kurir dan penegak hukumnya..sama2 mau kerjasama atau kaga.. πŸ˜€

  72.  

    seharusnya tiap kepala negara/presiden berkomitmen memberantas narkoba bukan melindungi pembuat, pengedar maupun bandarnya.

  73.  

    Brasil, Belanda ngambek nih? Hahaha!
    Emangnya kemanusiaan itu cm milik lo?
    Lagian kemanusiaan yg benar itu bkn sprt yg ada dlm pikiranmu, yg cm peduli pd wargamu sj. Tp kemanusiaan sprt yg tercantum dlm UUD kami, yaitu Kemanusiaan yg adil dan beradab.
    Krnnya, jadilah lo wrg dunia yg baik dan mendukung kebaikan! Mk itu lbh baik bagimu dan perasaanmu.
    Kamu cm kehilangan 1 org, itupun krn dia tlh melenyapkan banyak org, baik nyawa ataupun masa depannya.
    Indonesia, tegakkanlah sll hukummu!

  74.  

    yah bagus lah. semoga kita selalu di jalan yg benar..

  75.  

    Biarin Bapak, paling hanya unt memuaskan publik mereka (Belanda dan Brasil) sendiri.

  76.  

    lha…wong negara penjajah kok teriak masalah HAM???? saya usulkan Pak. Presiden tarik pulang dubes untuk belanda dan brasil…kagak ada (minim) manfaatnya…

  77.  

    saya setuju dg hukuman mati, tapi sangat disesalkan hukuman tersebut tajam kepada orang yang kantongnya pas-pasan, contoh dengan Rani yang dieksekusi mati kemarin, rani tertangkap bersama bandar dan pengedarnya, bandar dan satunya lagi dapat grasi pengurangan hukuman, sementara rani yang hanya kurir, dihukum mati, apakah itu keadilan? atau ini hanya cari sensasi, biar dilihat tegas, sangat disayangkan, ekeskusi pun berjalan lambat, tertangkap tahun 2000, baru sekarang dihukum…

  78.  

    Knapa ndak maling ayam sekalian…[email protected]

 Leave a Reply