Feb 072016
 

Belanda dan Jerman Lakukan Kerjasama Militer
Jerman akan menjadi pengguna bersama kapal terbesar dan terbaru milik Angkatan Laut Kerajaan Belanda, kapal pendukung logistik HNLMS Karel Doorman. Beberapa hari lalu, Menteri Pertahanan Belanda, Jeanine Hennis-Plasschaert telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Jerman, Ursula von der Leyen, untuk menandatangani perjanjian kerjasama demi langkah-langkah baru yang lebih jauh.

Penandatanganan tersebut berlangsung di atas kapal Karel Doorman, yang sedang ditambatkan di pelabuhan Amsterdam. Kapal dukungan logistik bersama ini tidak hanya dapat digunakan sebagai kapal pasokan, tetapi juga untuk mengangkut senjata berat dan untuk dukungan berbasis-laut dari operasi pendaratan kompleks dengan helikopter. Pada tahun 2013, Belanda memutuskan menggunakan kapal secara eksklusif dengan mengurangi jumlah awak kapal. Hal tersebut dilakukan karena alasan keuangan.

Kementerian Pertahanan kemudian mendekati mitra internasional tentang kemungkinan penggunaan bersama, yang akan memungkinkan kapal untuk digunakan untuk tujuan lain. Kemungkinan ini sekarang sedang dibahas dengan Jerman. Menteri Pertahanan Belanda, Hennis mengatakan, “Saya mengharapkan kita untuk berkolaborasi di masa depan dengan mitra lain di daerah ini.”

Aspek lain dari kerjasama maritim adalah integrasi dari German Naval Force Protection Battalion (Seebataillon) ke dalam Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Batalion Jerman terdiri dari beberapa ratus tentara dengan kapasitas khusus, termasuk penyelam, pengintaian amfibi dan ahli pertambangan. Unit Jerman ini akan berada di bawah komando Belanda, seperti unit Belanda di masa lalu telah ditempatkan di bawah komando Jerman.

Wired-gov

 Posted by on Februari 7, 2016