Apr 082019
 

F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara Belanda saat melakukan misi Operation Inherent Resolve, di Irak, 20 April 2015 (Foto : Staf Sersan Perry Asto)

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat tempur F-16 Belanda terkena tembakan amunisinya sendiri saat melakukan latihan penembakan di udara.

Insiden itu terjadi beberapa bulan lalu disebuah latihan di pangkalan udara Leeuwarde. Saat itu dua jet tempur F-16 lepas landas dan melepaskan tembakan ke sasaran di lokasi uji.

Menurut Dutch Broadcast Foundation, insiden itu terjadi selama latihan bulan Januari di pangkalan udara Leeuwarden, tetapi informasi itu baru muncul pada 21 Januari lalu.

Pilot salah satu pesawat tempur F-16 telah terbang ke jalur tembakan meriamnya sendiri dan kemudian mengalami kerusakan yang cukup besar.

Setidaknya satu tembakan menyebabkan kerusakan pada bagian luar pesawat. Sebagian amunisi juga mengenai bagian mesin.

Tidak ada yang terluka selama insiden itu. Pilot mengikuti prosedur darurat dan dapat mendaratkan jet tempurnya dengan selamat di Pangkalan Udara Leeuwarden.

Inspeksi Keamanan militer Belanda sedang mencari tahu bagaimana salah satu pesawat tempur bisa menembak dirinya sendiri. Inspeksi juga ingin mengetahui apakah awak pesawat atau personel darat terancam bahaya selama latihan.

Kerusakan pada bagian luar F-16.(foto : INSPECTIE VEILIGHEID DEFENSIE)

Investigasi masih terus dilakukan dan sedang dilakukan pemeriksaan dan wawancara pada personel yang terlibat. “Ini insiden serius. Karena itu kami ingin menyelidiki sepenuhnya apa yang terjadi dan bagaimana kami dapat menghindari hal ini di masa depan, ”kata inspektur jenderal Bagerbos.

DefenceBlog

 Posted by on April 8, 2019