Nov 062018
 

dok Petinggi Militer AS dan Polandia di Β Zagan, Polandia. (Sgt. William A. Tanner – U.S. Army)

Minsk, Jakartagreater.com – Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan bahwa jika Polandia melanjutkan rencananya untuk meningkatkan kehadiran militer AS di wilayahnya, Belarus dan Rusia harus menanggapi pembangunan pangkalan tersebut, dirilis Sputniknews.com, pada Minggu 4-11-2018.

“Saya mengatakan kepada menteri luar negeri [Polandia] – dia berbicara di sini di Minsk: kami tidak akan bertarung dengan Anda. Oleh karena itu, tidak perlu mendirikan pangkalan yang tidak perlu. Jika tidak, kami bersama dengan Rusia harus menanggapi. Ini berarti bahwa kami harus mengerahkan sesuatu untuk melawan Anda, “kata Lukashenko, seperti dikutip oleh kantor berita Belta.

Presiden selanjutnya menggarisbawahi bahwa Belarus tidak mencari konflik militer dan memiliki kebijakan luar negeri yang cinta damai.

Kehadiran Militer AS di Polandia

Pernyataan itu dibuat setelah pada 26 Oktober 2018, Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz mengatakan kepada Sputnik bahwa Polandia akan memperkuat kerjasama militer dengan Amerika Serikat, menekankan bahwa Warsawa mencari kehadiran permanen prajurit AS di negara itu. Pada awal pekan ini, Czaputowicz mengambil bagian dalam pertemuan Konferensi Keamanan Munich di Minsk.

Sebelum itu, pada bulan September 2018, Presiden AS Donald Trump mengatakan setelah pembicaraan dengan mitranya dari Polandia, Andrzej Duda, bahwa Washington sedang mempertimbangkan permintaan Warsawa untuk kehadiran militer permanen di Polandia.

Mengomentari pengumuman ini, Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengatakan bahwa kelompok kerja Polandia-AS telah mulai mempelajari kemungkinan mendirikan pangkalan militer AS di Polandia.

  10 Responses to “Belarusia dan Rusia Siap Merespon Langkah Polandia”

  1.  

    enak teduh..enak sejuk kok seneng yang bikin mendidih….

  2.  

    cinak kok kgk disebut yak…..
    padahal cinak yg paling banyak pasok senjata ke belarusia

  3.  

    Phobia Polandia wajar jika dirunut dari sejarah negara tersebut

    pernah digangbang Nazi Jerman dan Uni Soviet sangat menyakitkan belum lagi tingkah Stalin dulu mengumumkan bantuan ke pasukan perlawanan Polandia utk bertempur terbuka melawan okupasi Nazi yg nyatanya tak kunjung dtang mlah menunggu pasukan perlawanan yg cenderung nasionalis kanan di bantai dulu sampai habis oleh Nazi baru deh operasi “pembebasan Eropa” dimulai

  4.  

    Mungkin kedepannya belarusia & russia akan merancanakan latihan zapad ke sekian kali yg berlokasi dibelarusia didekat perbatasan ukraina & polandia
    πŸ˜† πŸ˜†

  5.  

    kalau perang dan polandia kalah, rakyat polandia bakalan di deportasi ke arktik oleh putin

  6.  

    AS selalu jd biang kerok dikawasan dgn alasan perdamaian berlaku bak poldun tapi malah memperparah situasi dmn2.

 Leave a Reply