Feb 182018
 

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Belgia. © Gerard van der Schaaf via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pemerintah Belgia pada hari Rabu, akan melihat mana “tawaran terakhir dan terbaik” dari para pemasok untuk F-35 Amerika atau Eurofighter Eropa seperti dilansir dari laman The Brussels Times. (14/2/2018)

Pemerintah harus memilih penerus jet tempur F-16 kuno Belgia. Panel seleksi tidak di wajibkan untuk memilih salah satu diantara kedua tawaran tersebut. Hal ini ditekankan oleh Richard Miller pada Bel RTL.

“Jika tak satupun dari kedua pesawat itu yang memenuhi kriteria untuk mendapat nilai dan harga terbaik, kita bisa mempertimbangkan penawaran lain seperti Rafale atau Gripen. Kita tidak semudah itu harus memilih antara F-35 AS dan Eurofighter Eropa”, tutur Miller.

Kini adalah batas akhir penyerahan “penawaran akhir dan terbaik” oleh pemasok untuk F-35 AS dan Eurofighter Eropa.

Beberapa waktu lalu diketahui bahwa Prancis telah mengkonfirmasi pihaknya tak akan menanggapi prosedur tender yang diluncurkan Maret 2017 oleh Menteri Pertahanan Belgia dengan menawarkan 34 jet tempur baru lewat kesepakatan antar pemerintah dengan perkiraan biaya awal sekitar 3,6 miliar.

Pemerintah Prancis menganggap bahwa tawaran tersebut lebih menguntungkan untuk Belgia daripada yang secara eksplisit dinyatakan dalam dokumen tender (terbatas), dan memajukan gagasan tentang “kemitraan yang erat dan terstruktur”, sekaligus sebagai bagian untuk merangsang program Pertahanan Eropa.

Para kandidat pesawat tempur, semuanya tentu menawarkan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi Belgia, jika pemerintah memilih model yang mereka tawarkan.

Berbagi

  26 Responses to “Belgia : Tidak Harus Pilih F-35 atau Eurofighter untuk Gantikan F-16”

  1.  

    F 16 kuno kok kita ditawarin amrik hihi

  2.  

    belum behasil

  3.  

    Masih ada mig 35 yg bisa dilirik belgia

    Hahhaahaaaa

  4.  

    Justru yang menarik adalah Prancis tidak tertarik dengan tender ini, karena dianggap lebih menguntungkan Belgia…

  5.  

    Eurofighter Typhoon in Action

    https://www.youtube.com/watch?v=SQsPTXsFJ3g&t=4s

 Leave a Reply