Sep 112019
 

K-329 Belgorod. (@ youtube – Pravda.ru)

Severdodvinsk, Jakartagreater.com –  Kapal selam nuklir tujuan khusus Rusia, Belgorod, yang akan menjadi kapal induk pertama dari pesawat bawah air berkemampuan nuklir Poseidon. Kapal selam khusus ini akan memasuki uji coba laut pada Juni 2020 dan akan ditugaskan pada bulan September 2020, kata Direktur galangan kapal Sevmash, Jenderal Mikhail Budnichenko kepada wartawan, pada Senin 9-9-2019, dirilis TASS.

“Kapal sudah memulai uji coba,” katanya. “Selain itu, kami memiliki jadwal yang disetujui oleh Departemen Pertahanan, dan pekerjaan sedang dilakukan sesuai dengan jadwal ini.” Dirjen Sevmash mengatakan Belgorod akan dibawa ke laut pada 15 Juni 2020. “Sejalan dengan jadwal, tindakan penerimaan akan ditandatangani pada bulan September 2019 tahun yang sama,” Budnichenko menambahkan.

Pada bulan Desember 2012, galangan kapal Sevmash memulai pembangunan kapal selam tujuan khusus, yang ditunjuk sebagai Proyek 09852. Kapal ini didasarkan pada kapal selam Project 949A (kelas Oscar II) yang  incomplete. Tidak ada data tentang karakteristik teknis kapal selam saat ini hingga hari ini.

Drone bawah laut Poseidon Rusia. (@ Russian MoD)

Dalam pidato kenegaraannya di kedua majelis parlemen Rusia pada 1 Maret tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan untuk pertama kalinya upaya negara untuk mengembangkan kendaraan bawah laut tak berawak bertenaga nuklir yang dapat mengangkut baik konvensional maupun nuklir, hulu ledak dan mampu menghancurkan fasilitas infrastruktur musuh, kelompok kapal induk dan target lainnya.

Poseidon drone bersama dengan operator mereka – kapal selam bertenaga nuklir – menjadi bagian dari apa yang disebut sistem multiguna samudera. Drone mendapatkan namanya mengikuti hasil pemungutan suara terbuka di situs Kementerian Pertahanan Rusia.

Sebuah sumber di industri pertahanan sebelumnya mengatakan kepada TASS bahwa drone Poseidon akan mampu membawa hulu ledak nuklir dengan hasil hingga 2 megaton untuk menghancurkan pangkalan-pangkalan angkatan laut musuh.

Menurut data yang dilaporkan, Poseidon akan menampilkan kemampuan jangkauan antarbenua dan kedalaman operasional lebih dari 1 km.

  22 Responses to “Belgorod, Kapal Selam Pertama Rusia Bawa Drone Nuklir”

  1.  

    Ini salah satu kasel terbaik di dunia

  2.  

    Mereka itu seharusnya memperbaiki dulu protokol keaman nuklirnya apalagi kalo menyangkut masalah kapal selam nuklir dan tipe drone pula yang ngak punya siapa2 untuk memperbaiki jika ada kerusakan dengan drone sub tersebut.

    •  

      Maksud ente ini bijikmane.? Protokol keamanan nuklir yg bijik mane yg ente maksudkan.?

      Itu kasel pembawa drone nuklir, kalo dronenya macet tinggal dijemput dilikasi. Jng berpikir yg ribet2 amat ngapa.

      •  

        Protokol keamanan nuklir yg ane maksud itu meperbaiki prosedur2 keamanan peralatan nuklirnya apalagi dalam 2 bulan terakhir udah 2 kali rusia teledor ama nuklirnya. Nah itu aja yg di pantau 24 jam aja bisa rusak apalagi yg type drone

      •  

        Apalagi protokol keamanan nuklir yg dipake rusia itu ngak lengkap dan udah jadul karena adalah hasil curian dari proyek manhattan

        •  

          Ente nih gak mau dibilang bahlul tp komen ente yg menandakan ente bahlul luar biasa. Coba sebutkan apasih protokol keamanan nuklir yg bener menurut ente.?
          Kalo kecelakaan nuklir di Barat gak terekspose karena mereka.menutup rapat informasi. Ente pernah dengar kecelakaan reaktor Three Mile Island, Amerika Serikat.?

          https://www.republika.co.id/berita/internasional/selarung-waktu/19/03/28/pp2pih382-sejarah-hari-ini-kebocoran-terburuk-reaktor-nuklir-as

          Kalo ente gak tau, itulah kehebatan mereka menyimpan rapat berita yg menggemparkan.
          Jd jng asal mangap aja tentang protokol keamanan nuklir klo ente aja bkom nguasai.
          Kecelakaan itu bisa disebabkan human error atau material. Cacat material ini yg tidak bisa terduga. Secara fisik material baik tp faktor kelelahan di tiap produksi material bisa berbeda.

          Jd ente gak usah ngepot2 ngomongin protokol keamanan nuklir rusia yg jadul segala.
          Kalo mau komen itu yg fair. Klo ente gak bisa fair berarti benar2 bhahlul bin bhego ente.

          •  

            Emangnya ente komen pernah fair bukannya ente selalu memegahkan bahkan sampai menjilat bokong rusia saat anda comment

  3.  

    Tdk perlu khawatir soal prtokol keamanan nuklir krn kasel belgorod merupakan kasel oscar class era soviet yg dimoderenisasi sementara drone bawah air tanpa awak bertenaga nuklir poseidon yg dipersenjatai dgn hulu ledak nuklir dirancang utk menyerang kapal induk dan jg bs dipakai utk memicu gelombang tsunami yg mengandung radioaktif yg bisa dipakai utk merusak wilayah pesisir amerika.

    •  

      Tapi kan harus hati2 juga siapa tau lagi berlabuh buat pemeriksaan rutin tiba2 meledak seperti kapal selam nuklir rusia yg baru2 ini meledak

    •  

      Apalagi dengan reputasi rusia sebagai pemegang rekor kecelakaan nuklir terbanyak contohnya: city 40 atau chelyabinks, chernobyl, kyshtim disaster, lake karachay dan banyak lagi kalo mw lebih tahu tentang kenapa rusia sangat sering kecelakaan nuklir nonton ini https://youtu.be/SQCfOjhguO0

      •  

        Kalau itu yg anda maksudkan reaktor nuklir….bukan persenjataan nuklir ataupun kasel nuklir. Soal persenjataan ataupun kasel nuklir, berbedalah dengan reaktor nuklir yang anda camsudkan. Jadi ente tak perlu kawatirlah….

        •  

          Itu penjelasan kenapa protokol keamanan nuklir rusia jelek. Lalu baggaimana dengan uji coba roket nuklir yg menewaskan 5 peneliti rusia baru2 ini?

          •  

            Pak belalang tempur kok mbulet koyok susur wae….ndak bakalan ada negara manapun mendikte soal nuklir kepada Rusia….wes ta….ora usah gumun….sruputen kopi….lak plong pikiranmu.

          •  

            Ngomong ape lhu? Kalo memang itu kebenarannya dulu itu rusia adalah salah satu negara yang walalupun persenjataan dan tingkat kehidupannya dibawah rata2 tapi mereka punya mata2 yg handal dan berpengalaman ngak kayak cia yang baru di bentuk dan rusia menyebar mata2nya itu keseluruh penjuru eropa dan amerika utara dan berhasil mencuri data2 pengembangan dari manhattan project setelah di ketahui CIA dan FBI jadi berhenti merekrut org2 yg memiliki asal usul yg berkaitan dengan rusia. Setelah rusia berhasil mencuri data tersebut mereka langsung membuat city 40

        •  

          Dan russia juga pemegang rekor kasel nuklir rusak terbanyak

          •  

            Ente dapat berita itu kan dr media barat kan.? Logika berpikir ente jalan ndak.? Bisakah media barat melapor tragedi kecelakaan serupa di tempatnya.? Gak bisa krn utk hal yg ini mereka keep banget nanti setelah 50 thn baru terbongkar spt kecelakan kapal selam nuklir AS thn 1968 di samudra atlantik. Dan tragedi nuklir Pulau Three Mile yg katanya aman tidak mencemari lingkungan. Padahal itu setingkat cernobyl. Tp ente lebih percayakan dng VOA dan CNN. Inilah bahlulnya ente….xicixicixicixici.
            Gak peenah bisa pinter dan berpikir logis…..xicixicixicixi

          •  

            Apa bedanya dengan rusia? Di video itu juga di jelaskan kalo rusia menyembunyikan tragedy bahkan dari badan pengamat kejadian nuklir PBB selama puluhan tahun dan lagipula kalo mau baca kejadian2 itu saya ngak percaya cnn ato pun VOA bahkan saya ngak pernah nonton kedua siaran itu saya bacanya di wikipedia

          •  

            Dan anda bilang three mile island itu setingkat dengan cernobil? Ngimpi ya? Pembersihanya selama 11 tahun dan anggaran $1millon sedangkan cernobil sampai sekarang belum bagus dan memakan korban jiwa 31org dan sebagai yg terburuk di dunia sedangkan three mile island itu terburuk dalam sejarah pltn perusahaan amerika

          •  

            Propaganda barat gak percaya

          •  

            Kalo gitu yg anda bilang jyga itu adalah propaganda rusia

  4.  

    Andai kapal ini gak amanpun biar meledaknya di pantainya us aja biar tambah rame kayak pasar malam

  5.  

    Tdk sedikit kasel rusia beroperasi dekat dgn wilayah AS contohnya Pd thn 2009 Kasel rusia jenis akula class sejumlah 2 unit pernah dikabarkan beroperasi diwilayah pesisir timur amerika lalu pd thn 2012 kasel rusia yg juga Akula class beroperasi tanpa terdeteksi selama 1bln diteluk meksiko.kasel akula class sendiri dipersenjatai dgn rudal jelajah kalibr yg bs dipasangi dng hulu ledak termonuklir.