Apr 272017
 

Kapal selam nuklir Belgorod sedang dalam pembangunan. © Russian Navy

Angkatan Laut Rusia mengupgrade salah satu kapal selam rudal jelajah kelas Oscar II, RFS Belgorod (K-139), menjadi salah satu kapal selam yang mungkin bisa meluncurkan salah satu senjata terbaru Rusia yaitu sebuah torpedo raksasa dengan hulu ledak nuklir, seperti dilansir dari China Topix.

Belgorod akan membawa enam pucuk torpedo nuklir ini, yang di identifikasi Rusia sebagai senjata strategis “Kanyon (Status-6)”. Hulu ledak nuklir yang dikerahkan oleh torpedo Kanyon dikatakan memiliki hulu ledak nuklir 100 megaton.

Kanyon dapat digunakan untuk menghancurkan pangkalan militer maupun pelabuhan kapal selam yang sering dikunjungi oleh kapal selam Angkatan Laut AS. Di antara target menarik adalah pangkalan kapal selam Kings Bay yang ada di Georgia, pelabuhan yang menjadi tuan rumah bagi kapal selam rudal balistik armada Atlantik AS yang dipersenjatai dengan rudal nuklir Trident.

Torpedo Kanyon ini sangat besar dan akan menjadi torpedo yang terbesar di dunia. Kanyon seperti diperkirakan oleh beberapa sumber memiliki panjang 24 m dan diameter 1,6 m.

Sebagai perbandingan, torpedo Mark 48 milik Angkatan Laut AS yang digunakan pada kapal selam kelas berat hanya sepanjang 5,8 m dan diameternya cuma 53 cm.

Penyesuaian kapal selam nuklir Belgorod tersebut akan diselesaikan pada tahun 2018, kata Angkatan Laut Rusia. Pengembangan torpedo Kanyon, mungkin belum selesai pada tahun 2018 dan senjata ini masih perlu beberapa tahun untuk pembuatan prototipe dan pengujian, kata seorang pejabat tinggi Angkatan Laut Rusia seperti dikutip oleh media Amerika.

Senjata ini mungkin saja masih berupa rancangan yang telah dibocorkan kepada media Barat sebagai bagian dari kampanye informasi tak benar dari pihak Rusia.

Namun yang pasti adalah bahwa Belgorod sedang dirombak untuk membawa kapal selam midget berawak, Proyek 18511 PALTUS atau mungkin Proyek 10831 LOSHARIK stasiun laut dalam otonom yang dirancang untuk operasi khusus.

Dengan mampu membawa kapal selam midget, ini berarti Belgorod juga dapat menyebarkan torpedo Kanyon, yaitu jika dan ketika senjata tersebut tersedia.

Perombakan Belgorod menjadi “kapal selam khusus penelitian dan penyelamatan” yang di tunjuk sebagai Proyek 09852 dimulai pada bulan Desember 2012. Belgorod adalah kapal selam Project 949A (kelas Oscar II) yang belum selesai.

Media pemerintah Rusia membuat banyak informasi tentang tujuan sipil dan ilmiah dari perombakan Belgorod tersebut.

Belgorod disebut akan menjadi kapal selam terbesar di dunia saat selesai. Kapal selam Belgorod memiliki panjang 184 m, lebih panjang 11 meter dari kapal selam nuklir terbesar Rusia yakni kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir Akula (atau kelas Typhoon), dimana saat ini hanya satu yang beroperasi aktif dengan Angkatan Laut Rusia.

Media Rusia mengklaim Belgorod dirancang untuk melaksanakan misi penelitian, yang akan membawa kendaraan laut dalam tak berawak serta peralatan penelitian ilmiah khusus.

Belgorod akan terlibat dalam mempelajari dasar lapisan samudera Arktik Rusia, akhirnya adalah untuk mencari mineral jauh di kedalaman samudera dan juga digunakan meletakkan peralatan komunikasi bawah laut.

  23 Responses to “Kapal Selam Belgorod, Torpedo Nuklir Terbesar di Dunia”

  1. Waduh Rusia. Sudah punya kapal selam terbesar di dunia. Dan sebentar lagi kapal induk terbesar pun menyusul

  2. gurih sekali

  3. Torpedo ko sepanjang lapangan bola basket, pake hulu ledak nuklir lagi….. sangat nggegirisi !!…

    Kota2 besar amirikiya yg berada dipinggir pantai harap waspada

  4. Kita pasti gak beli biar negara tetangga nggak takut

  5. Mantap, ini torpedo nuklir kalau diledakan di dekat rombongan kapal induk amerika, maka gelombang besar yang dihasilkannya akan mampu membalikkan dan menenggelamkan kapal induk dan kapal-kapal pengawalnya..

    Ini bisa jadi antidot terhadap ancaman kapal selam nuklir pengangkut SLBM. Begitu diketahui perkiraan lokasinya, ga perlu presisi, diluncurkan dari jauh dan BLARRRR…

    Muehehe…

  6. BORONG…!!!!!…..:D

  7. Kasel yg bs ngangkut kasel lg di dlm perutnya..

  8. god of submarine

  9. NAMANYA ANEH (belgorod)

  10. ks yg aduhai..bohay

  11. Belgorod nama yg serem, cocok utk kasel terbesar sejagad!,! Tp amerika ga mau kalah, bikin kasel terbesar juga namanya Belbecak…haaaaaakkkkkk!!,,,

  12. Kelebihan nol kali, mungkin 10 mega ton yg dimaksud bung jim…ente jd salesnya kok malah ga tau spek nya, ntar di bohongi oleh klien lho…xixixi

  13. Sarmat lbh kecil dari ss-18 satan 1 bung jim…wkt ss18 mau di uji coba oleh rusia batal, krn rusia ga mau efek dari ledakanya bs merusak atmosfer, jd dibuatkanlah si sarmat ini yg daya ledakannya turun beberapa tingkat dr kakaknya si satan 1…gitu bung jim!,,sdh ga ada rudal nuklir yg berkekuatan mpe 75 megaton krn efeknya sanagt mematikan,,, jika sarmat sebeesar 25 megaton msh masuk akal dan satan 1 serta tsar bomba berkekuatan 50-75 megaton….!!,,

 Leave a Reply