Dec 132018
 

India membeli fregat Proyek 11356 dari Rusia dan memperoleh rudal jelajah Kalibr © Defence Russia

JakartaGreater.com – Dalam tiga tahun ke depan, fregat-fregat pertama Proyek 11356 yang dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr akan dipergunakan oleh pasukan penjaga perbatasan India, seprti dilansir dari laman Russia Beyond.

Pada akhir November lalu, Rusia dan India menandatangani kontrak senilai $950 juta untuk pengadaan sejumlah fregat Proyek 11356. Dengan demikian, India akan segera menjadi negara pertama selain Rusia yang mendapatkan kapal bersenjatakan rudal jelajah Kalibr.

Proyek 11356

Fregat Admiral Grigorovich Proyek 11356 Rusia © Vitaly Nevar via TASS

Kapal-kapal generasi baru ini memiliki sistem pengintaian akustik dan tidak mudah dilacak radar musuh. Dengan bobot sekitar 4.000 ton, panjang 125 meter dan lebar 15,2 meter, “monster laut” tersebut mampu melaju dengan kecepatan hingga 30 knot (sekitar 50 km/jam).

Fregat Proyek 11356 dapat menempuh jarak hampir 5.000 mil laut tanpa perlu untuk berlabuh mengisi bahan bakar. Mereka semua dilengkapi dengan sistem radar terbaru Rusia, Fregat-M2EM.

Masing-masing fregat itu memiliki stasiun pengendali tembakan yang mengarahkan sistem senjata anti-pesawat dan artileri diatas kapal. Ini juga termasuk artileri A-190 dengan amunisi 100 mm yang dapat menembus lapisan baja kapal perang lawan dan sepasang sistem anti-pesawat AK-630 berkaliber 30 mm.

Sebagai bagian dari persenjataan anti-kapal selam mereka, kapal-kapal ini memiliki dua pasang torpedo 533 mm dan sebuah peluncur roket RBU-6000 yang tersembunyi di kompartemen mereka.

Di buritan kapal, terdapat dek pendaratan untuk helikopter angkut dan militer Ka-27 dan Ka-31. Namun, yang paling menarik perhatian adalah peluncur 3S14 baru yang memuat rudal jelajah Kalibr, yang telah teruji keandalannya di Suriah.

Rudal Kalibr

Peluncuran rudal jelajah jarak jauh, Kalibr © Kemenhan Rusia via TASS

Rudal jelajah jarak jauh ini adalah inti “perisai misil” Rusia. Kalibr kini dipasang di semua kapal permukaan dan kapal selam terbaru Rusia.

Jarak efektif rudal Kalibr ini juga bervariasi, dari 300 km hingga 2.600 km akan tetapi jangkauan maksimum rudal yang diekspor ke luar negeri hanyalah setengahnya dari jangkauan misil yang dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Rusia.

Setiap rudal jelajah jarak jauh Kalibr bergerak pada lintasan terrain-following radar, membuatnya mustahil terdeteksi dan dihancurkan oleh lawan.

Muatan misil ini pun tak kalah penting. Selama dekade berikutnya, perkembangan teknologi akan memungkinkan rudal Kalibr untuk dilengkapi dengan hulu ledak yang punya kemampuan mirip dengan senjata nuklir, tetapi tanpa efek radioaktif.

  3 Responses to “Beli Fregat Rusia, India Mendapat Rudal Jelajah Kalibr”

  1.  

    Indonesia sedang negosiasi

  2.  

    Mantap jg!

  3.  

    Boleh juga lah india beli fregat dari russia dpt rudal jelajah kalbr
    😆 😆