Apr 092019
 

Kapal induk Admiral Kuznetsov

JakartaGreater.com – Admiral Kuznetsov, satu-satunya kapal induk Rusia yang dibangun pada era Soviet, rusak parah Oktober lalu ketika dermaga kering besar PD-50 buatan Swedia di Galangan Perbaikan ke-82 di Roslyakovo tenggelam dengan kapal induk di atasnya. Saat itu kapal induk sedang menjalani perombakan besar-besaran.

Meskipun kapal induk sudah berhasil ditarik dari dok kering yang tenggelam, Kuznetsov tidak luput dari kerusakan. Derek berat jatuh tepat diatas kapal, menghamtam bagian lambung dan dek mengakibatkan kerusakan besar.

Menurut pengakuan Rusia sendiri, dok kering adalah satu-satunya tempat yang cocok untuk pemeliharaan di Kuznetsov, dan hilangnya fasilitas ini secara tiba-tiba mengakibatkan kesulitan yang sangat berat.

“Kami sebenarnya memiliki alternatif (perbaikan) untuk semua kapal kecuali untuk Admiral Kuznetsov,” kata Alexei Rakhmanov, kepala United Shipbuilding Corporation, kepada kantor berita TASS pada November.

Para pengamat militer mulai mempertanyakan dengan serius apakah layak mencoba menyelamatkan kapal induk yang memiliki kinerja buruk dan terus menderita kerusakan. Sebagai gambaran, Kuznetsov hampir selalu disertai oleh kapal tunda untuk mengantisipasi kerusakan yang bisa datang setiap waktu.

Kapal induk sudah mulai jarang terlihat di laut. Antara tahun 1991 dan 2015, Kuznetsov – kadang-kadang digambarkan sebagai salah satu kapal induk terburuk di dunia, berlayar enam kali berpatroli, dan pada misi 2016 di Suriah, kapal mengalami insiden kehilangan dua jet tempur hanya dalam waktu tiga minggu.

Sekarang media Rusia sedang mendiskusikan kemungkinan untuk menghapus Kuznetsov. Ada beberapa pihak yang berpendapat mungkin lebih baik Rusia mengeluarkan uang banyak untuk membangun kapal perang dan kapal selam nuklir daripada memperbaiki Admiral Kuznetsov.

Sumber lain mengungkapkan seandainya kapal induk itu kembali beroperasi, kapal hanya dapat berfungsi sebagai kapal latih daripada kapal perang.

Apakah bisa diperbaiki kembali ataukah tidak, Kuznetsov akan mengalami pemulihan yang hampir tidak dapat diatasi. Kuznetsov saat ini berada di sepanjang dinding Repair Plant ke-35 di Teluk Kola.

Daripada berupaya menyelamatkan kapal induk dengan kemampuan terbatas, Rusia bisa berinvestasi lebih banyak dengan membangun kapal-kapal perang yang lebih kecil dan lebih baik, yang mudah dirawat daripada kapal induk yang bermasalah sejak pertama kali ditugaskan pada tahun 1990.

Task and Purpose

 Posted by on April 9, 2019