Nov 152016
 

f-15

Pesawat tempur superioritas udara F-15 Eagle telah lama menjadi raja pertempuran udara dengan kemampuan multi-peran yang luar biasa. Sedangkan Su-27 yang dirancang untuk menandinginya mencoba untuk mengesernya dengan beragam upgrade pada kemampuannya hingga menjelma menjadi Su-27 SM3 dan Su-35.

Lalu diantara keduanya, manakah yang berhak menyandang nama sebagai pesawat tempur paling mematikan di dunia.

Untuk memutuskannya, kita mungkin harus melihat sistem avionik, persenjataan serta spesifikasi teknis kemampuan keduanya atau mungkin catatan pertempuran yang pernah dilewati keduanya untuk menentukan siapa yang terbaik.

Kita lupakan dahulu spesifikasi dan grafik yang sering kita lihat di internet, kali ini kita lihat dulu rekor pertempuran udara keduanya.

F-15 telah terlibat dalam banyak pertarungan udara alias ‘super battle-proven’. F-15 tercatat telah merontokkan 100 buah pesawat tempur tanpa kehilangan satu pesawatpun, alias 100 berbanding nol! Sebuah prestasi yang luar biasa bagi pesawat yang sudah bertugas dan terlibat perang hampir sepanjang 40 tahun.

su1-copy

Sedangkan Su-27 jauh lebih sedikit prestasinya dalam peperangan. Tercatat Su-27 Angkatan Udara Ethiopia yang terlibat perang pada 1998-2000 dengan Eritrea mencetak setidaknya dua – 10 kill dalam duel udara-ke-udara. Flanker Su-27 juga telah terlibat dalam berbagai peperangan di Suriah, Chechnya, Georgia, dan mencetak satu kill terkonfirmasi di Chechnya pada tahun 1994.

Untuk lebih adil lagi, coba kita tengok spesifikasi teknis avionic kedua pesawat tempur.
Di era pertempuran udara modern masa kini, sistem elektronik pesawat tempur sangatlah penting. Radar berfungsi sebagai mata dan telinga pesawat, sedangkan sistem electronic counter measure (ECM) berfungsi untuk membuat pesawat musuh menjadi buta dan tuli.

F-15 menggunakan radar AN/APG-63 (V)3, active electronically scanned array atau radar AESA, sistem yang sangat canggih ini memberikan Eagle sepasang mata sangat tajam yang mencari target hingga 160 km jauhnya dan mengarahkan rudal dengan sistem pembimbing radar AIM-120 Advanced Medium Range Air-to-Air Missiles. F-15 juga memiliki sistem ECM AN/ALQ-135 yang sangat berguna melawan radar pesawat ataupun radar pada rudal lawan.

Pada Flanker Su-27 dilengkapi radar N001 Mech yang mampu melacak target seukuran bomber pada jarak 138 km. Untuk target seukuran F-15 jangkauannya berkisar hanya 100 km, berbeda hampir 60 km jauhnya dibandingkan F-15. Flanker Su-27 tidak memiliki jammers internal, namun bisa menggunakan dua buah pod jammer Sorbtsiya.

Sekarang kita lihat persenjataan yang digotong kedua pesawat tempur.
F-15 dapat membawa hingga 8 rudal udara-ke-udara yang bisa terdiri dari 4 rudal AIM-120 AMRAAM dan empat rudal AIM-9X Sidewinder. F-15 juga dilengkapi meriam Gatling gun M61 kaliber 20mm dengan 900 butir amunisi. Rudal terbaru AIM-120D dengan kemampuan ‘fire and forget’ memiliki jangkauan 160 km, sedangkan AIM-9X dapat menjangkau 35 km.

Su-27 mampu membawa rudal medium R-27 (AA-10 “Alamo”) yang memiliki jangkauan hingga 129 km. rudal menggunakan sistem bimbingan semi-aktif yang berarti Flanker harus terus menjejak targetnya untuk dapat memandu rudal. Itu berarti Flanker harus terbang lurus dan dengan ketinggian yang hampir tetap – bukan sebuah ide yang terbaik dalam pertempuran udara.

Flanker juga dapat membawa hingga 4 rudal jarak pendek R-73 rudal (AA-11 “Archer”) yang memiliki jangkauan hingga 30 km, Su-27 juga dilengkapi meriam GSH-30 kaliber 30mm.

F-15 memiliki kecepatan tertinggi Mach 2,5, dengan radius tempur hingga 2000 km dan bisa bermanuver ekstrim hingga 9 G dalam pertempuran udara.

Dengan tambahan tiga tangki bahan bakar hingga 600 galon dan dua tangki bahan bakar konformal 750 galon hingga total jangkauan terbang F-15 bisa mencapai 5500 km, apalagi dengan kemampuan pengisian bahan bakar di udara, menjadikan F-15 adalah pesawat tempur dengan ‘kaki super panjang’.

Su-27 memiliki kecepatan tertinggi Mach 2,35 dengan jangkauan operasi hingga 3500 km dan mampu melakukan berbagai manuver aerobatic menakjubkan, seperti Pugachev Cobra. Sama seperti F-15, Flanker juga mampu melakukan manuver hinga 9 G.

Meskipun desain F-15 Eagle lebih tua, tapi jelas memiliki berbagai kelebihan dibandingkan Su-27, khususnya pada sistem avioniknya yang menjadikan Su-27 menderita kerugian besar. Rusia memang memiliki pesawat tempur Flanker family lain yang lebih canggih seperti Su-35 dan Su-27 SM3, tetapi keduanya masih diproduksi dalam jumlah kecil.

Andai terjadi duel udara antara 4 pesawat tempur F-15 dari AS melawan 4 Su-27 Rusia, siapa yang akan menang?

Pertama, F-15 mungkin akan mendeteksi lebih dahulu Su-27. Setelah dalam jangkauan rudal AMRAAM, pilot F-15 akan melepaskan rudal terlebih dahulu, kemungkinan besar F-15 akan melepaskan dua rudal untuk merontokkan satu Su-27. Skenario pertama, kemungkinan Su-27 tertembak jatuh jauh lebih besar.

Dalam duel jarak dekat, hasil pertempuran mungkin lebih berimbang. Keduanya memiliki rudal AA-11 dan AIM-9 yang relatif seimbang, apalagi dengan kemampuan manuver melawan gravitasi hingga 9 G.

Keterampilan dan pelatihan pilot akan menentukan hasil dalam dog-fight keduanya. Dalam hal ini, kita asumsikan semua pilot yang terlibat pertarungan cukup terlatih dan beberapa terpilih dengan semangat bela negara masing-masing.

Hasil akhir kemungkinan F-15 sedikit lebih unggul, F-15 akan menembak jatuh dua Su-27 dengan kehilangan satu F-15. Atau dari pertarungan empat F-15 melawan empat Su-27, F-15 akan tersisa 2 pesawat dengan seluruh Su-27 berhasil dijatuhkan.

Hasil mungkin akan berbeda apabila F-15 bertemu dengan Su-35, tapi dalam dogfight kali ini Su-35 kita asumsikan akan bertemu lawan yang lebih seimbang seperti F-22 Raptor atau siluman F-35.

JakartaGreater

Bagikan:

  88 Responses to “Benarkah F-15 Eagle Adalah Raja Pertempuran Udara Sejati ?”

  1.  

    gurih

    •  

      Secara kualitas memang pesawat buatan USA bagus. Beberapa peperangan telah membuktikannya. Dan banyaknya pengalaman tempur pesawat USA dikarenakan negara itu memang hobi menebar perang di banyak kawasan.

      •  

        @rusia oke

        Korban paling banyak adl pespur suriah saat pertempuran dilembah beka

      •  

        jangan lupa jet-jet yg ditembak jatuh f15 itu adalah jet lawas
        yg memang bukanlah tandingannya

      •  

        betul itu, makanya data statistik F15 lebih tinggi dibanding Su-27, paling tidak naluri tempur pilot USAF lebih terasah dibanding pilot2 Rusia, berarti kalau kita ingin pilot2 AURI terampil sebaiknya kita jangan jadi anak manis terus, sekali-kali nakal dikitlah terbangkan pesawat masuki wilayah udara negara lain, itung-itung melatih insting dan adrenalin dog fight yang sesungguhnya, kalau latih tanding seperti biasanya mah lain efek psikologisnya…..mungkin ya

    •  

      Mumpung embargo di buka sebaiknya kita beli 1 skuad f-15 eagle full senjata alasannya di simpan dinatuna lawan china pasti dikasih duet dgn su-35, Seandainya dulu kita mengambil f-15 eagle di banding f-16 yg tdk begitu unggul duet udara hanya garang ngebom gerilyawan 😀

  2.  

    aku yaa pilih f15 . kita harus akui bahwa f15 singapura adalah raja pesawat tercanggih di ASEAN .

    mungkin lawan yg sepadan f15 singapura di ASEAN hanya f18 malaysia dan su30 indonesia.

    apess kalau punya tetangga yg sanggat akrap sama paman sam 🙁

    •  

      Wajib punya su 35 jika memang dana nggak punya,kita mau kok iuran 1$per orang x 250 jt penduduk RI sudah bisa kan beli 1 sekuadron,
      Lol pemikiran orang awam,
      Alasan pemerintah selalu nggak ada uang,
      Mari kampanyekan
      #1$untukpeawatSu35

  3.  

    Fans asu kelihatannya yg bikin artikel

  4.  

    xixixixiiik

  5.  

    Tergantung pilotnya juga….

  6.  

    F15 memang super…
    tapi Indonesia tak akan bisa memilikinya, makanya pilihan TNI AU jatuh pd sukhoi…

    IMHO…

    •  

      ya betul, kita harus akui jika dilihat dari history pertempuran dan teknologi yg digunakan teknologi F15&F16 sdh banyak makan asam garam,
      namun secara tidak langsung ada pespur dr timur saat ini yg dapat membendung kekuatan udara barat.

      itu semua yg diulas masih sebatas teori belum tentu teknis dipertempuran real hasilnya sama, mental, kualitas, pengalaman tempur, startegi adalah tolak ukur paling utama yg dapat mematahkan canggihnya teknologi tsb.

      Sebaiknya flashback dulu jauh kebelakang histori top gun terbentuk salah satunya adalah dominasi dirgantara timur saat itu lebih baik dari barat.

  7.  

    pesawat rongsokan, hebat di iklan doang sege gaban..

  8.  

    Yang paling jago itu super Tukiman..hanya NKRi lah pemilik satu2 diasia

  9.  

    Selalu saja semua pespur dibandingkan..

    Selalu sj ujung ujungnya skill pilot yg menentukan..

    Hakhaakhaaakk.. Salam bwt bung pw..

  10.  

    borong semuanya. duit masih banyak banget. enggak abis-abis. ulah kanjeng dimas

  11.  

    jadi ingat latihan perang pesawat tempur antara india dan USA ,, Su27/su30 menang telak 9:1 lawan F16/F15

  12.  

    Tipe F-15SG Singapura yg paling sereem. Overall harus diakui ini pesawat paling battle proven!

  13.  

    Untuk Head To head kayanya belum pernah antara SU-27/30 vs F15 A/B/C/D/E.

    jadi belum bisa dipastikan pemenang duel tsb. semoga saja ke depan ada pertempuran nyata antara ke duanya mungkindi suriah.

  14.  

    Ahh bpk mlh online mlulu..

  15.  

    Buahahaha.. fans boy alay rusunawa pada berasap ubun2nya.
    semua lini F15 adalah yg terbaik dan bukan tandingan pespur kacang sukro..

    bobok gih..

  16.  

    Man behind the gun

  17.  

    ini bukan pertandingan olah-raga…
    Jd mn bisa di’banding’kan….
    Kalo ter’jd pertemuan/dog fight….
    Harus lht lg dlm kondisi yg bagaimana…???

    Spt hal’x pswt Russia yg di’tembak pswt Turkey…
    Itu boleh di’bilang bukan dog fight….

    Russia mn bisa tahu kalo Turkey ternyata boleh di’bilang main curang….
    Dlm arti’an kita spt jln” di’t4 umum, tnp ada angin tnp ada hujan, tiba” ada org memukul….

    Kebtlan musuh F-15 juga bukan pswt tempur dr negara” yg se’imbang…
    Dlm hal ini amrik slalu dlm kondisi siap tempur…
    Jd pertemuan pswt F-15 dgn pswt tempur dr negara lain bukan dlm posisi peperangan….

    Boleh di’bilang spt polisi yg dlm posisi memburu boronan…
    Sdh polisi slalu dlm kondisi siap….

  18.  

    Alkisah ada dua orang petinju A dan B, si petinju A punya rekor tinju yg bagus, jangkauan tangan bagus dan punya postur lebih tinggi, petinju B rekor tinju kurang bagus, jangkauan tangan & postur yg pendek tapi punya pukulan, swing & stamina yg lebih bagus….

    Pendukung A dan B pun saling berdebat & saling serang, yakin jagoannya bakal menang, padahal pertandingan belum dimulai…

    Dan has?l akhir di ring tinju ternyata draw, dan para pendukung pun kecewa dan protes, nyalahin wasit & juri….

  19.  

    wao!.

  20.  

    Fakta nya dari semua perang udara yang terjadi mulai dari Perang Korea, Vietnam, Timur Tengah (Arab-Israel, dll) hasil akhir nya pesawat2 Rusia/Soviet belum pernah mengungguli pesawat2 AS.

  21.  

    harus diingat f15 yg battle propen itu versi asli bukan kw kwean, lalu skhoi itu yang agak battle propen versi kw nya alias versi bedhes model

  22.  

    Btw ini source/penulis artikelnya drmn bung diego?
    Jelas f15 lbh battle proven ketimbang flanker family sekalipun karena us sendiri paling banyak terlibat pertikaian di dunia.
    Sy setuju dg komen bung @smart soldier borneo, lbh adil komparitas melalui head 2 head f15 dengan su27, karena presentase 100% kill f15 blm tentu versus sukhoi family.
    Mungkin rekan warjag yg punya info f15 versus su27 (ada blm ya scr head 2 head..??..) bisa dibabar dimari…

    •  

      @noname

      Israel punya sukhoi-27/30….entah belinya darimana (mungkin dari salah satu negara diafrika utara…eritrea) yang digunakan sbg sarana latihan dogfight dg F-15/F-16. Nilai dari latihan ini sebanding dg dogfight dg pesawat lawan yang sebenarnya

      Artinya pilot2 dan insinyur israel benar2 bisa mengeksplorasi kelebihan/kekurangan pesawat sukhoi, dibanding pilot F-15 usa atau typhoon inggris yang belajar mengenal kemampuan sukhoi melalui latihan bersama

      Lebih hebatnya, sebuah perusahaan israel membuat perangkat ACMI yang bisa dipasang pd pesawat buatan blok barat dan timur, yang akan semakin menyempurnakan pelatihan

  23.  

    kayaknya artikel ini kurang fair karena F-15 yg digunakan udah dari generasi terbaru yg memakai radar AESA dilawankan dengan SU-27 generasi awal
    mungkin lbh fair jika F-15 AESA diduelkan dengan Su-27 dr series yg seumuran dgn F-15 dgn radar AESA

  24.  

    Mantab ulasannya bos,,,,

  25.  

    setuju harus adil head to headnyaa

  26.  

    setujuuu

  27.  

    mantabss

  28.  

    su 35.. harus ‘.. klu bisa imbangi f35 dan f22, knp tidak?!

  29.  

    Su 35 bisa merontokkan f15 sebelum f 15 mengetahuinya..belum kalo ketemu jarak dekat koit dogfight sama su 35..

  30.  

    Pastinya lagi biarpun f15 termasuk jet tempur canggih,indonesia ga pernah dan gak bakalan dikasih oleh asu,cukup yg kelas 2 nya F16 dan F18 yg boleh dibeli. Sejak jaman orba sampe sekarang asu gak kasih ijin bahkan nawarin sekalipun gak bakalan mau sampai sekarang. Utk versi indonesia biarpun dikasih label terbaru/tercanggih pastinya sdh dikebiri dulu dan antidot/kelemahanya sdh disebar luaskan ke sekutu2 nya di asia. Itu sudah pasti….

  31.  

    Masih teori??
    Fakta belum ada bangkai f15 n su 27.

    F15 dlm sjarah emg merontokan 100 pswt tempur. (Kebnyakn mig lawas n sukoi lawas)sory serina lupa.
    Amerika klo mau perang ngelihat au lawan dulu.sebelum dihajar..

    Menurt sy su 27 n f15 imbang…sy yakin setiap negara pasti sm2 takut buat duelkan kedua pesawt jika konflik.kecuali tak ada pilihan…

    Amerika mengakui kehebatan su 27 hingga akhirnya bersusah payah menciptakan f22 raptor.

  32.  

    T 50,pakfa lawan tandingnya apa?

  33.  

    Bagiku indonesia lebih aman beli pesawat flanker family, tanpa kuatir embargo dan sulit diprediksi lawan.

  34.  

    Itu kan cuma sebatas artikel saja temen2 warjag.. Kalian para pecinta sukhoi juga bisa buat artikel tentang kelebihan sukhoi kok.. Tunjukkan fantasy kalian temen2.. Jujur kalo saya si lebih suka su 27/30 nya?soalnya udah klop sama tentara kita?

  35.  

    Borong yg banyak pak menhan su 35 nya agar dapat tot

  36.  

    Borong yg banyak pak menhan su 35 nya agar dapat tot.

  37.  

    Udah hebat nya pesawat tempur kayak apa gak ada guna …lihat isis di gempur gimana pun masih ada …indonesia sangat kuat dalam ankatan darat nya itu lah ibu dari peperangan….yg penting kita bersatu bro …dan ngak usah unjuk rasa …barulah kita jadi kuat……

  38.  

    MAN BEHIND THE GUN ini intinya

    pilot pilot F-15 selama pertempuran udara siapa yg memilotinya dari amerika sendiri kah? atau pilot israel, arab / jepang. tolong di rinci skor 100 itu siapa yg menorehkannya.

    gk sebanding dengan sukhoi karena peperangan di afrika dan di timteng rusia tidak terlibat langsung dlm arti hanya mensuport alutsista dan operator operator pengguna alutsista itu di awaki oleh negara konflik yg berperang melawan sekutu.

    ini cuplikan sejarah F-15
    Kecelakaan pada awalnya dipercaya karena kegagalan struktur pesawat sehingga pecah saat terbang. Pada 3 November 2007, semua F-15 dilarang terbang untuk semua misi yang tidak kritis (non-mission critical). Hari berikutnya larangan ini diperluas pada pesawat yang beroperasi (non-critical mission) di timur tengah. Pada 13 November 2007 lebih dari 1,100 pesawat dilarang terbang di seluruh dunia setelah Israel, Jepang dan Saudi Arabia juga melarang terbang pesawat F-15 mereka

  39.  

    f15 eagle mungkin saat ini merupakan pespur udara terbaik saat ini,tapi semakin banyak pespur gen5 pespur ini semakin ketinggalan jaman f15 eagle.

    100 vs0 itu tergantung f15 itu sendiri atau ada bantuin(pespur eletromagnetik seperti growler,awas,mrrt sangat2 membantu dalam perang modern),terakhir perang jarak dekat baru man behind gun(pilot)

    ada kasus perang balkan pespur mig29 serbia sudah dilacak baru mengudara seblum jarak berapa km sudah dilock on oleh pespur nato.(penguasaan supermasi udara sangat mendukung darat dan laut)

    opini pribadi saja salam damai selalu:)

  40.  

    Testt

  41.  

    Kalo SU-35 lawan F-35 jelas sy pilih SU-35 Rusia karena F-35 blm dipakai perang sj sdh byk masalah…sampai Kanada sj batal beli F-35 mending pilih F-18 hornet.

  42.  

    Peralatan tempur amerika mmg selalu teruji,krn pengujiannya melalui pertempuran sebenarnya…
    kwalitasnya jauh di atas amerika….
    produk teknologi apa sih made in rusia yg bs di bicaraka..
    Kaya nya ngga ada.,

  43.  

    Ulas juga dong kemenangan sukhoi india yang menyikat abis blok barat…jangan jangan media ini corong aumarika????

  44.  

    Wajib punya su 35 jika memang dana nggak kita mau kok iuran 1$per orang x 250 jt penduduk RI sudah bisa kan beli 1 sekuadron,
    Lol pemikiran orang awam,
    Alasan pemerintah selalu nggak ada uang,
    Mari kampanyekan
    #1$untukpeawatSu35

 Leave a Reply