Apr 012017
 

Beredar-foto-foto di internet yang sangat mungkin adalah pesawat tempur MiG-35 pertama milik Angkatan Udara Mesir. Angkatan Udara Mesir bisa dikatakan adalah negara pertama di dunia yang mengoperasikan pesawat tempur multirole MiG-35, sebelumnya pada bulan April 2015, Mesir menandatangani kesepakatan pembelian 50 unit MiG -35 senilai lebih dari US$ 2 miliar.

MiG-35 atau NATO memberi kode nama sebagai ‘Fulcrum Foxtrot’ adalah pesawat tempur dari generasi 4 ++ buatan Aircraft Corporation MiG Rusia, dan diklaim memiliki kemampuan sebanding dengan Sukhoi Su-35 Rusia dan F-15 AS.

Dengan peningkatan signifikan pada efektivitas tempur, fleksibilitas dan kinerja. MiG-35 memiliki kecepatan maksimum Mach 2,25 (2.400 km / jam) dan radius tempur hingga 1.000 km. Dilengkapi persenjataan meriam internal GSH-30-1 kaliber 30 mm dan rudal udara-ke-udara, rudal udara-ke-permukaan presisi atau bom pintar pada sembilan cantelan dibawah sayap dan badan dengan kapasitas angkut 7 ton.

Peningkatan yang paling signifikan pada MiG-35 adalah penggunaan mesin Klimov RD-33OVT dengan bi-directional nozzle vectoring control yang lebih canggih bila dibandingkan mesin pada Su-35 atau F-22 yang menggunakan singel-axis nozzle vectoring control.

Peningkatan lain yang membuatnya mampu menandingi kecanggihan pesawat tempur F-15 Strike Eagle milik AS adalah penggunaan perangkat targeting pod canggih, PPK targeting pod buatan Precision Instrument Systems. PPK thermal imager / TV dan laser rangefinder memungkinkan MiG-35 mampu secara mandiri memandu rudal udara-ke-darat dan bom berpandu ke target didarat secara presisi.

Dengan sudah mulai operasionalnya pesawat tempur terbaru MiG-35, maka semakin banyak pilihan pesawat tempur canggih dari generasi 4.5 di dunia, setelah sebelumnya didominasi oleh pesawat tempur Rafale, Typhoon, F-15, Su-35 dan F-16V. Apalagi dengan harga yang lebih terjangkau (US$ 40-45 juta), menjadikan MiG-35 adalah pilihan yang lebih menarik untuk di akusisi.

Author : Muhidin

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  76 Responses to “Benarkah ini MiG-35 Pertama Mesir?”

  1. pesawat perawan

    • perawan 80an?

    • foto ini di luaran dibilang april mop

    • nah ini salah atu pesawat alternatif utama selaen su35,mestinya indonesia gak usah terlalu nafsu utk su-35 kl mmg anggaran terbatas, aesa radar di mig35 itu suatu kelebihan dan biayanya itu jg gak terlalumahal dibanding su-35, soal jarak jangkauan dan mesin bagi gw gak kalah2 amat sm produk amerika.

      • pilihan yg masuk akal; kalo Su-35 indonesia akan memilih produk terakhir yg paling canggih didunia maya.

      • Ah gk mau ah, saya ragu Mig35 mampu mengimbangi Rafale, apalagi Mig35 gk bawa pod jamming macam KNIRTI, jd menurut saya Su35 tetap yg terbaik dan jgn digantikan oleh kandidat lain, kalau untuk workhorse boleh lah Mig35.

    • Kita masih ” AKAN ” Melihat dulu….dan masih belum ” AKAN ” Tertarik.

      • su35 dibahas , dirumuskan , TNI melirik , KEMHAN tertarik , kunjungan luar negeri jalan jalan , negosiasi , prosentase TOT , mencari kredit ekspor , masih nego , harus pesawat gen 4++ , muter lagi belum FIX pesawat yg dipilih , tni memberi spesifikasi kemhan yg menentukan , kita maunya pesawat lengkap demgam senjata , beli 8 dulu tekhnologi pesawat cepat usang akan ada yg lebih canggih … Zonk

  2. SU-35S Indonesia dalam antrian yang terakhir, …………. itu pun kalo jadi

  3. Tes

  4. saya pikir tetap SU 35 terkait jangkauan tempur nya yg lebih jauh.. mampu mencapai daratan Australia.. sehingga mampu melakukan serangan balik jika di serang,,

    klo mig 35 khusus utk defence, dan akan di isi KFX / IFX pengganti F16 block C/D..

    • Kalo utk radius tempur sukro emang juaranya bung.. Mig 35 bisa jd opsi seandainya IFX gagal..

      • opsi tsb klo gagal.. dan skrg ifx msh berlanjut,, tp saya kira klo gagal ada kemungkinan bukan di isi mig 35, tp lebih mengarah ke pesawat generasi 5 , entah J 20 atau PakFa.. atau dari F35,
        utk mengimbangi kekuatan tetangga..

        • ..”tp lebih mengarah ke pesawat generasi 5 , entah J 20 atau PakFa.. atau dari F35″…Khayalan anda terlalu tinggi…mbok ya ngaca biar nyadar gitu lho…beli SU 35 aja dari jaman asu ra enak dadi enak ngga pernah ada wujudnya..tabiat orang indonesia.

          • klo periode skrg memang bakal susah bung,, klo periode depan blm tentu.. knp karena bnyk infrastruktur yg sdh jadi, yg dpt mempercepat sarana perekonomian.. selain itu, dari segi ekonomi kelautan makin meningkat. soo utk mendapatkan anggaran besar di pertahanan saya rasa bisa di capai..

        • Mig 35 bisa jadi solusi utk proses transisi ke gen 5 dgn pengembangan bersama Mig kalo mau cepet.. Dibanding pesawat gen 5 yg anda sebutin bung.. Soalnya kemungkinan utk dpt itu pesawat dlm waktu dekat sulit..

          Kalo IFX berlanjut yg paling ideal tetep gripen NG..xixixixixixixi

          • Setujuuuuuh. Kalau IFX gagal, ane lebih pilih gripen NG daripada mig-35/F-16V, sekalian global eye nya. Apalagi SAAB yg sangat royal ke Indonesia.

  5. mesir strong…

    • BEGINI JIKA PRESIDENNYA MANTAN JENDRAL, MILITER MESIR TERKUAT DI BENUA HITAM. BAGAIMANA DENGAN PRESIDEN INDONESIA MANTAN PENGUSAHA KAYU DAN MANTAN PEJABAT?

  6. Luar biasaa utk mesir.. F16, Rafale, Mig 35 ngumpul jd satuu. Kira2 gmn kordinasi antar pesawat yaa share data link ap g menjadi masalah?? Spare part jugaa.. pasti logistic nightmare,.

    • @d’boys

      Kenapa harus dibikin pusing bung….emang pake uangnya sendiri?

      Kan tinggal minta sama Raja Salman, ato pake fasilitas FMS….silir-silir mesir

    • Konon katanya system avioniknya universal, dan buatan perusahaan italia. Jd konon jg katanya bisa menyesuaikan dng pespur barat.

      Tapi yg mengesankan pada mesinnya yg menggunakan bi-directional nozzle vectoring control yg konon katanya bisa bisa segala arah.

      Dan yg lebih heboh lg, konon katanya OLS nya bisa mendeteksi tanpa terdeteksi lawan yg konon katanya lg bisa mendeteksi pesawat siluman….nah lhoo…

      Tapi sayangnya pamor MIG terseok seok setelah pertempuran Arab – Israel, yg merontokkan puluhan MIG Syria dan Mesin, yg konon katanya karena Israel mampu menyadap semua komunikasi Syria. Kapan dan dimana pesawat Syria terbang sdh terdeteksi.

  7. Dibeli Su 35 dan mig 35, beli su 35 2ska bonus mig 35 1ska hehehhe

  8. Cuma Indonesia aja pespur baru kelas medium dan beratnya yg blm kelihatan wujudnya secara nyata!

  9. Mesir war basah….kayaknya punya gunung fulus….piss ahh…lanjutkan..

  10. .
    Mesir klo beli borong Coeng ,
    Helicopter 50 unit
    Mistral 2 unit
    Mig 50 unit
    Blon Yg lain Nya

    Sadis amat Mesir ,

    Indonesia ??
    Akan beli itu Pun Ngeteng + TOT

  11. Beli yg ini aja mig-35 tp jadi, drpd su-35 cuma mimpi, toh sama2 blkngnya ada embel2 35

  12. @Ulin putih
    Iyaa sih mas,. Memang sbgian bkn duit mesir, cumaa pertanyaanya, kenapa mesir yg d perkuat?? Secara geopolitik spertinya blm ada konflik terbuka dgn mesir? Israel jg ga protes, mengingat secara histori mrk pernah bermusuhan di Sinai.. mesir jauh kuat sekarang, bahkan AL mrk dpt kasel 209 baru, corvet gowind 2500, frigat FREEM.. signifikan sekalii

  13. Ayo silahkan Pilih SU-35 harga 60-70 Jt USD sedangkan Mig-35 harga 40-50 Jt USD… Cantelan SU-35 Ada 12 sedangkan Mig-35 ada 9… Perawatan dan Jam Terbang Lebih Murah Mig-35…
    Radar Mig-35 Sedikit Lebih unggul daripada SU-35 yg Pake radar PESA sedangkan Mig-35 AESA… Manuver SU-35 Unggul Jauh di bandingkan Mig-35…

    Saran SU-35 di beli Sebagai Heavy Fighter sedangkan Mig-35 Di beli sebagai Pengganti F-16 Fighting Elbot Yg udah mulai Tua sambil nunggu IF-X Terbang….

  14. Tuh.. Mending malaysia beli ini aja. USD 2 Milyar lebih dah dapet 50 Mig 35, bisa buat gantiin Mig 29nya. Daripada buat beli Rafale cuma dapet 6 kan.

    • Kayaknya nih… indonesia nunggu malon mo beli apa… klo sdh beli peasawt malonnya… baru indonesia teken kontranya…. #ngelindur.com

  15. Ane penasaran sama spek Su 35 ID nanti. Apa datalinknya bakal pake buatan Indonesia ya biar bisa ngobrol sama IFX sekaligus buat ujicoba. Radar mungkin bakal diganti AESA Zhuk E atau buatan SAAB ya.. Kalo bisa gendong Brahmos udah sangat keren. Su35 Chinok gak akan berani. Liaoning, Canberra sama Nimitz gak akan berani macem2 lawan Indonesia. Takut disalvo Brahmos. Jangkauan radar darat/laut Su35 bisa 300an km. Pas buat dipasang Brahmos.

  16. Beli ini itu dgn gampangnya..ini kyknya mesir abis gali piramida emas yg isinyapun emas semua..bahkan mungkin dlm piramidanya ada jg atm punya para piraon dulu yg krn udah tertimbun ribuan taon shg bunga tabungan di atm-nya jg dah jutaan kali lipat jumlah awalnya..

  17. pilihan yg bijak buat mesir….
    Indonesia kpn bisa kya gini???
    ekonomi mulai tumbuh,nunggu apalagi coba,harusnya pmrintah sllu di dukung oleh DPR,ini yg ada cuma pngen bagi2 kue legit.

  18. Kayaknya Uang nya hasil jual pulau ke arab saudi.. haahaa….

  19. Harusnya diborong Indonesia..Mesir dengan 2 milyar dolar dapat 50 biji..Indonesia kalau misalkan cuma menganggarkan 1milyar dollar sdh dapat 25 biji…Sesuai dengan kantong pas Pasan Tp sebanding dengan f 15sg,rafale,typhoon dan bahkan Sukhoi..

  20. mesir belanja alutsista bnyk bgt,, seakan2 punya musuh potensial yg lebih hebat,,

    padahal liat situasi wilayah nya paling potensial itu ISIS,,

    atau mungkin merasa terancam oleh israel??

    • Jelas Secara fakta, militer Israel menganggap Mesir adalah musuh. Begitu pun yg dilakukan Militer Mesir. . . Perkembangan militer Mesir selalu diawasi dan direspon oleh Israel.

  21. buset fiturnya ngalahin SU35 dan F/22/35 dengan harga lebih murah, kenapa ngga sekalian ditambahin, anti SAM dan anti AAM, tahan banting dan bisa menghilang dari pandangan mata, tanggung amat.

  22. Advance frontlin fighter, masak mau dibandingkan dengan air superiority fighter. Beh

  23. Faktanya militer mesir makin kuat aja dan israel + saudi juga dïam saja

    Ane setuju dgn pendapat tersebut, kelihatannya sudah ada kesepakatan di kawasan

  24. Bagaimana pun bagiku FA50 yang paling murah operasionalnya.

    • Ia sih, tapi itu untuk lapis ketiga aja, untuk lapis keduax ya Gripen/F16SV/Mig35. Dan untuk yg lapis pertamax ya Su35

      • Tejas juga masuk ya oom…mesinnya kan sama kaya FA-50…

        • yup seandainya kita tak punya F16.. saya lebih memilih FA50 sebagai multirole workhorse…
          latih lanjut, bomber, patroli, intersept..
          akan sangat murah relatif dari jenis lain.. dengan kata lain,, jika F16 tulang punggung keamanan udara US, SU27 tulang punggung udara Rusia maka FA50 baik dan tepat sebenarnya untuk Indonesia,, karena fungsinya bukan untuk konflik perang besar dengan negara lain..

          tapi kita kadung sudah punya F16 makanya tinggal dilanjutkan saja pengadaannya.. perubahan ke MIG 35 akan “membuang” peralatan, skill, dan pengetahuan yg mahal dari F16 ini..
          F16 viper sudah dapat di instal banyak varian rudal udara, udara ke darat dan ke permukaan. selain itu,, untuk perang asimetris masih bisa digunakan sebagai second strike dan bomber,, setelah pespur air superiority kita (SU35 BM jika jadi) berhasil menghancurkan potensi udara lawan…

        • kok masuk sini wkwkwk
          maksudnya menanggapi bung TN

    • Oh Park Ji Yeon…

      😛

  25. pertanyaan saya,, apakah rudal untuk pesawat tempur shukoi bisa di pasang di MIG 35???

    yg kedua ,, lebih baik mana mig 35 dengan f16 viper?

    • Entahlah, tapi keknya Radar F16V lebih unggul 🙂 AN/APG80

      • kedua pesawat ini bagus menurut saya
        tapi logika pemikiran saya viper unggul karena pengembangannya maksimal
        jika mig 35 sudah dikembangkan lebih lanjut sepertinya akan lebih baik juga
        keduanya masuk syarat, yaitu diproduksi dari 1 negara yg bisa membuat part sepenuhnya.

      • Keknya iya Sih APG-80 lebih unggul di Range di Bandingkan Zhuk-Ae

  26. Gambar di atas, saya ngarepnya Mig35 tsb gotong L-175B atau SAP-14, supaya gk jd makanan empuk AIM120 punya israel. Apalagi F35 rencananya akan gotong MBDA Meteor, bisa gawat kalo F35 israel di instal Meteor, bisa klepek2 neh Mig35 mesir

    @Komen_ngaco 🙂

    • Bener gitu mig35 akan semaput lawan f35?
      Bukannya f35 hanya menang di stleath nya doang? Begitu ketauan stleath nya..kelar dah..apalagi tingkat manuverabelity nya si mig35 kebilang rese…
      Walau gosipnya f35 israel udah sukses uji stleaht di suriah…hehe

      • Hanya unggul pada kemampuan stealth, itulah intinya 🙂 didugung oleh radar AN/APG81 yg memiliki LPI yg luar biasa, memungkinkan F35 untuk mendeteksi dan membuntuti mig35 tanpa mampu disadari oleh pilot mig35.

        Karna itulah saya ngarepnya Mig35 juga gotong jamming pod macam SAP-14 atau L-175B kek Su34

  27. lantas apa hubungan antara Rusia-Indonesia dan partisi ke 3, hebat ya negara mesir ini ekonomi sedang morat marit tapi militer malah makin moncer aduhai :mrgreen: , kok ada perbedaan dengan Indonesia,,,, yg ekonomi lebih mampu haha,,, apa kabar off buget, apa kabar ATS ujung genteng semoga aman dari media ya….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)