Benarkah Masuknya Su-27SM3 Membuat AS dan NATO Gugup?

50

Su-27SM3 (foto : Wikipedia)

Sebuah formasi udara campuran dari Angkatan Udara ke- 4 dan Air Defense Forces dari Southern Military District di wilayah Krasnodar telah menerima beberapa pesawat tempur Su-27SM3 yang ditingkatkan, rilis layanan pers Southern Military District.

Jumlah pasti dari Su-27SM3 baru yang ditempatkan di Southern Military District Rusia tidak diungkapkan, tetapi diketahui Su-27SM3 akan beroperasi dalam Unit Komposit Angkatan Udara ke-4 Rusia, yang bermarkas di Daerah Krasnodar.

Su-27SM3 sebelumnya telah melakukan penerbangan dari pabrik pesawat di Komsomolsk-on-Amur dengan rute sekitar 10.000 km. Selama penerbangan Su-27SM3 mengisi bahan bakarnya di bandara di daerah Novosibirsk dan Chelyabinsk, tulis airrecognition.

Su-27SM3 adalah jajaran jet tempur canggih yang sangat kuat, didukung oleh mesin jet AL-31F-M1 baru yang diproduksi oleh Salyut. Mesin jenis ini memiliki daya dorong, kehandalan tinggi, dan masa pakai yang lama.

Setelah upgrade pesawat tempur Su-27SM3 akan dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara jarak jauh seperti R-77 dan RVV-SD.

Selain dilengkapi rudal anti pesawat terbaru, Su-27SM3 juga dilengkapi radar RPLK-27P tipe-M, yang mampu mengendus keberadaan pesawat musuh didepan yang memiliki RCS 3m2 pada jarak 110 km, jarak 30–40 km disisi samping pesawat.

Su-27SM3 dapat melacak 10 target udara dan mengeksekusi 2 target udara dengan rudalnya secara bersamaan.

Untuk target darat, Su-27SM3 dapat mengidentifikasi target di darat pada jarak 100 km, untuk target kapal perang besar Su-27SM3 dapat memindainya pada jarak 350 km, sedangkan target kapal kecil pada jarak 120 km.

Pengamat militer Rusia menyatakan, pesawat tempur Su-27SM3 dinilai mendekati kemampuan dari Su-35, dan dengan Su-27SM3 yang terus masuk memperkuat Angkatan Udara Rusia, maka itu akan membuat Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya gugup

34 KOMENTAR

  1. Memang nya USA and sekutu nya itu Pernah….tidak Takut perang sungguhan Dan tidak takut mati??
    Biasa hidup enak Dan bebas …Maka nya kuatir hidup susah Dan Takut mati ..
    Bagaimana itu ..kalau mereka dihidupkan kembali…kemudian diadili Dan dicemplungkan ke neraka?
    Beli sukhoi Dan missile SAM saja sudah Takut …
    Negara sahabat nya dikasih senjata rombengan kemudian disuruh perang melawan China and komunis lain..
    Tidak tahu malu..

      • Perasaan dewasa loe broo, pakai ngomong negatif thingking, dasar bocah kebalik πŸ˜†

        Oh iya loe ngomong aming lee yg menyamar di jkgr aming yg msh merahasiakn pria trsebut, karna blm diakui, jika tdk demikian bisa rusak citaΒ² & tujuan aming, hanya krna mslh perbedaan & mslh lainnya, oleh karna itu msh dirahasiaknnya, sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg,
        begitu juga sipria yg msh merahasiakn aming lee dr keluarganya & istrinya

        Tapi peristiwa kemarin kasus angel lelga digrebek suaminya brsama warga, tapi entah lh mengenai aming lee jk blm trjadi penggrebekn oleh istri sipria, tapi yaa mudhΒ²an aming lee tdk adu speed ama istri sipria
        πŸ˜† πŸ˜†