Pesawat Tempur Siluman Iran Siap Terbang?

Setelah di bully dan sering di ejek sebagai berita HOAX, Menteri Pertahanan Iran menyatakan, pesawat tempur siluman Qaher F313 siap menjalani uji terbang.

Menteri Pertahanan Iran mengklaim penggarapan pesawat tempur buatan dalam negeri Iran sudah selesai dan sekarang siap untuk melakukan pengujian, rilis kantor berita Iran Fars, Minggu.

Jenderal Hossein Dehqan mengatakan tahap akhir produksi dari pesawat siluman Iran Qaher F-313 sudah lengkap, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Qaher adalah salah satu dari beberapa desain pesawat militer buatan Iran yang diluncurkan sejak tahun 2007. Teheran berulang kali mengklaim telah mengembangkan teknologi militer canggih dalam beberapa tahun terakhir, tetapi klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen karena tidak pernah menyertakan rincian teknis dari persenjataannya.

Empat tahun yang lalu, Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa membangun pesawat tempur Qaher F-313 atau “Dominant” F-313 menunjukkan kemampuan Iran untuk “menaklukkan puncak ilmiah”, namun sejak saat itu tidak ada rincian dan informasi lebih lanjut tentang pesawat F-313.

Pesawat siluman F-313 ditampilkan di media Iran pada waktu itu, tapi para analis melihatnya tidak lebih seperti fiberglass atau model kertas karton.

Pakar aeronautika asal Israel Tal Inbar mengatakan, “Ini bukan pesawat, karena itu tidak terlihat sebagai pesawat nyata dan Iran tidak memiliki kemampuan untuk membangun pesawat tempur. (itu terlalu) polos dan sederhana. ”

Beberapa menilai segi aerodinamis pesawat siluman Iran F-313 tidak masuk akal dan terlalu kecil sebagai sebuah jet tempur. Kokpit juga terlalu biasa untuk pesawat tempur canggih dan lebih mirip seperti pesawat pribadi kecil.


Timesofisrael.com
Editor : Muhidin

Tinggalkan komentar