Mar 062017
 

Setelah di bully dan sering di ejek sebagai berita HOAX, Menteri Pertahanan Iran menyatakan, pesawat tempur siluman Qaher F313 siap menjalani uji terbang.

Menteri Pertahanan Iran mengklaim penggarapan pesawat tempur buatan dalam negeri Iran sudah selesai dan sekarang siap untuk melakukan pengujian, rilis kantor berita Iran Fars, Minggu.

Jenderal Hossein Dehqan mengatakan tahap akhir produksi dari pesawat siluman Iran Qaher F-313 sudah lengkap, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Qaher adalah salah satu dari beberapa desain pesawat militer buatan Iran yang diluncurkan sejak tahun 2007. Teheran berulang kali mengklaim telah mengembangkan teknologi militer canggih dalam beberapa tahun terakhir, tetapi klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen karena tidak pernah menyertakan rincian teknis dari persenjataannya.

Empat tahun yang lalu, Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa membangun pesawat tempur Qaher F-313 atau “Dominant” F-313 menunjukkan kemampuan Iran untuk “menaklukkan puncak ilmiah”, namun sejak saat itu tidak ada rincian dan informasi lebih lanjut tentang pesawat F-313.

Pesawat siluman F-313 ditampilkan di media Iran pada waktu itu, tapi para analis melihatnya tidak lebih seperti fiberglass atau model kertas karton.

Pakar aeronautika asal Israel Tal Inbar mengatakan, “Ini bukan pesawat, karena itu tidak terlihat sebagai pesawat nyata dan Iran tidak memiliki kemampuan untuk membangun pesawat tempur. (itu terlalu) polos dan sederhana. ”

Beberapa menilai segi aerodinamis pesawat siluman Iran F-313 tidak masuk akal dan terlalu kecil sebagai sebuah jet tempur. Kokpit juga terlalu biasa untuk pesawat tempur canggih dan lebih mirip seperti pesawat pribadi kecil.


Timesofisrael.com
Editor : Muhidin

 Posted by on March 6, 2017

  84 Responses to “Pesawat Tempur Siluman Iran Siap Terbang?”

  1.  

    pertamax

  2.  

    Hanya orang dungu yg percaya

    •  

      bung marpuah lantas harus percaya sama siapa? apa sama pengamat israel ?apa jendral iran?apa sama yg buat ni artikel?

    •  

      Nih org komennya pedes bener…
      Santai aja bung…

      •  

        Yg benar harus percaya kepada Tuhan masing2 sehingga bisa membedakan antara yg hitam atau putih. Jika Israel benar harus dikatakan benar dan juga sebaliknya hal yg sama pada Iran.

        Negara ini sering berbohong secara formal sih makanya saya menulis dungu. Contoh Uji rudal satu kemudian diclone dengan Photoshop menjadi beberapa peluncur. Dikira sedunia ini yg bisa photoshop hanya orang2 di Iran saja dan yg lainnya hanya bisa berdecak kagum..

        •  

          sekali lagi..belum tentu juga bos….,dulu dunia juga bilang iran “hoax” saja bisa bikin nuklir..,tapi anehnya dunia sibuk berikan sangsi ke iran ,dan bahkan sekarang dicabut bahkan juga malahan di berikan compensasi…..?…aneh kan…?

    •  

      Setuju bung. Kurang gede bikin pesawat2an nya.

    •  

      @marpuah. Jangan begitu, nanti kalau ternyata benaran kan malu. Kelihatan sekali siapa yang dungu.

  3.  

    Berkilauuu…

    •  

      yups, usaha iran demi kemandirian toknologi patut kita acungi, dengan banyaknya prestasi karya dalam negri iran mampu menunjukan pada dunia bahwa iran bisa, meskipun masih banyak yg meragukan setidaknya bukan sekedar kata AKAN…

    •  

      bener bung @ nuncaku.. semoga indonesia terinpirasi iran, semangat berusaha untuk bisa demikemandirian bangsa dan segera menghapus kata “AKAN ” dari angan2.. hheeee

  4.  

    Pesawatnya kinclong

  5.  

    Pesawat dari Planet Namec untuk menghancurkan Megatron

  6.  

    Pertamax

  7.  

    Namanya jg sbg alat propaganda ditengah ancaman serangan Israel dan AS. Apapun akan dilakukan demi menakuti lawan, walaupun sebenarnya tidak sekuat yg dihembuskan. Nyatanya berhasil dan Israel pun berhitung ulang utk menyerang Iran. Bahkan Israel terkesan gertakannya doank yg digembor2kan.

  8.  

    Bukan mengecilkan raihan teknologi Iran…tp melihat apa yg dicapai pt.di untuk sebuah mahakarya n219 saja…pembuatan nya sangat kompleks…apalagi membangun sebuah jet tempur siluman pula…
    Ane masi meragukan…
    Kalau ga melihat jet tempur siluman yg jepang..X2 Kalo ga salah..itu jepang yg otak berlebihan nya ga keitung..hehe

    •  

      Kalo saya sih tdk heran… Iran adalah negara yg berada dipusaran konflik, sehingga program InHan akan terus mendapat suntikan dana besar meskipun Ekonomi Amblass.. kalau ada dana dan tekad yg kuat, pasti mampu.
      Tapi yg saya ragukan adalah kualitasnya, bisa jd nanti nanti Qaher ini akan menwmui bnyk masalah seperti F35

      •  

        belum tentu juga bos…….dulu banyak yg bilang iran ngak bisa bikin nuklir……tapi anehnya,..negara 2 besar pasa sibuk urusin nuklir iran…? bahkan di kasih kompensasi lg untuk iran…..??

  9.  

    Kecil amat jet tempur nya ,, apa bs bawak muatan senjata seberat 2 ton

  10.  

    “Setelah di bully dan sering di ejek sebagai berita HOAX, Menteri Pertahanan Iran menyatakan, pesawat tempur siluman Qaher F313 siap menjalani uji terbang”

    Itu baru mantap!!! Sukses buat Iran.

    Tapi sayang, beda jauh dengan KF-X/IF-X, banyak dipuji dan didukung tapi ternyata sampai sekarang masih belum jelas statusnya alias STJ a.k.a. KAJOL

    @edisi_kecewa

    •  

      Menurut bung, apa Qaher ini merupakan 100% hasil dari SDM Iran?

      •  

        Mau 1% ataupun 100% yg penting sudah kelihatan wujudnya 😀 anggaplah itu sebagai editan photoshop seperti yg marpuah bilang 😀 tetap mereka sudah kelihatan… hehehe

    •  

      Dengan segala kekurangannya untuk point ini masih mending Indonesia lah ada urutan development-nya. Memangnya berapa tahun the almighty “Rusia” atau AS riset dan menciptakan stealth fighter? Cina saja yg produknya fotokopi masih memerlukan waktu bertahun2 menciptakan stealth fighter.

      Lah Iran ini bisa bikin pesawat apa dibanding Rusia, AS atau Cina. Logika bisa bikin pesawat ngapain pake pesawat jaman batu seperti F4, F5 atau beli pesawat KW seperti Chengdu F7 atau ingin beli Sukhoi…

      Jika cuma bikin prototipe airframe terbang sekali dengan mesin minjam, insinyur PT. Di jauh lebih capable.

  11.  

    Indonesia juga punya lo pesawat siluman. Tidak terdeteksi radar dan juga tak terlihat…..
    Wkwkwkwk ??

    •  

      bukan cuma siluman non @moniq 😀 ada pocong, kuntilanak, jailangkung, sundel bolong dan banyak lagi… semua yg berasal dr alam ghaib ada koq… hahaha

  12.  

    imut

    •  

      kemungkinan oprekan f-5 tiger namun meragukan kemampuan stealthnya
      secara pribadi gak meragukan kemampuan inhan iran jika mereka tetap bisa menerbangkan f-14 tomcat yg terkenal rumit maintenancenya setelah diembargo sepanjang masa sejak 37 tahun lalu

      •  

        Brmppff Jika begitu TNI AU juga bisa, memangnya ketika di embargo F-16 bisa terbang beli sucad lewat mana?

        Bela2 in loh orang Iran sampai buka perusahaan di London dengan aktifitas fiktif untuk membeli sucad militernya.

        •  

          Rasanya F16 kita masih terbang saat diembargo karna TNI Menggunakan kanibalisme 😆

          •  

            Lah Iran juga melakukan hal yang sama kok makanya bikin perushaan fiktif dimana-mana.

            Giliran embargo dibuka langsung beli Chengdu F-7 wkwkwk

          •  

            f 16 masih bisa terbang karena beli part f 16 beli di black market..(itu waktu di embargo)..:)

          •  

            Ya benar, 11-12 kan dengan Indonesia.

            Iran, jika mampu bikin pesawat untuk apa F-4 masih digunakan sampai saat ini sehingga bertemu raptor dan dibully habis2an…

          •  

            @Yos. Dapat info dari mana bahwa kasus penjualan suku cadang ilegal itu terjadi saat embargo??? Coba di cek lg. Kalo gk salah penjualan itu terjadi pada 2013.

          •  

            oke bos….:)

          •  

            f-16 maintenance nya gak bisa disamakan dgn peswat dual mesin sekaligus swept wing
            lagian yg punya f-14 cuma iran dan amerika bukankah salah satu alasan amrik meng-scrap f-14 spaya suku cadangnya gak jatuh ke pasar gelap?
            lalu penampakan peswat siapa yg mengawal bomber2 rusia utk misi di suriah diatas langit iran tahun lalu?
            ada kemungkinan maintenance suku cadang f-14 di cangkok dari mig 23 flogger irak yg di”titip”kan ke iran waktu perang teluk 1991 lantaran keduanya sama2 swept wing.

  13.  

    Jadi sampe saat ini blm ada yg bisa mastiiin apakah itu jet tempur biasa atau siluman? Sebaiknya pemerintah iran atau sekalian presiden mahmoed ahmaddinejad hrs blak2an ttg jenis jet tempur milik iran itu, jika tidak, akan semakin banyak yg membully dan meremehkannya…harus diadakan confrensi pers terbuka secara international, bahwa iran sudah mampu membuat jet tempur sekelas siluman…

  14.  

    Balik..lg…coy.yg dulu..mau masuk loging lg2 jd males.

  15.  

    -Tidak ada ruang untuk penampang radar
    -Nose dan cokpit yang terlalu ramping untuk menempatkan perangkat keras pada lazimnya pesawat fly by wire
    -Mulai dari canard, sayap dan tail yang tidak menganut konsep aerodinamika
    -Ground clearence pada sisi tail yg terlalu rendah

    Perumpamaan yang cocok,
    “komunis”nya timur tengah, di benci lingkungan karena berbeda. merasa terancam makanya balik ngancam.
    Persia, Turki, Mesir dan Saudi dengan UEA-nya punya agenda yang sama. siapa yang pantas menjadi Tuan di tanah timur.

  16.  

    @marpuah

    klo itu anggapan anda 😀 saya tidak keberatan, saya cuma bandingkan pengembangan Qaher vs IF-X saja koq, dan mau dibantah atau anda setujui, faktanya tersiar kabar dan foto (meski anda bilang itu rekayasa photoshop).

    Iran punya SAM S-300nya versi Iran tp Indonesia blm punya (1-0)

    Iran punya prototipe Qaher tp Indonesia blm punya protipe IF-X (1-0)

    untuk sementara menurut saya sudah 2 – 0 bung 😀

    •  

      Horeee 2.0 !!! RI dapet yg 2 ato 0 ??? 😆

      •  

        masih blm pecah telornya bung @Jef

        bila ditambah dgn salah satu blok cadangan minyak Iran yg saat ini di incar oleh pertamina, ternyata kandungan cadangan tersebut lebih banyak dr cadangan minyak yg dimiliki Indonesia bung, berarti Iran vs Indonesia sementara 3-0 utk Iran 😛

        hahahaha… katakanlah kebenaran walau itu menyakitkan… Oops…

  17.  

    Israel tu bilang gitu supaya Iran nampakan pesawat nya ke publik… ..

  18.  

    kalo lihat foto diatas + isi artikel nya, memang blm jelas dan blm lengkap rincian nya, bisa aja itu baru berupa mock up yg mau di test terowongan angin alias blm ada engine nya, yg jelas benda tsb sdh berbentuk pswt tempur, soal bisa terbang dan punya mode stealth … entahlah, waktu jg yg membuktikan.

  19.  

    Hahaha

  20.  

    Kalo Iran punya duit dan hubungan baik dg rusia atau china bisa bisa saja buat..
    Antara hoax dan tdk itu kondisi yg memang diinginkan..

  21.  

    Sayapnya imut banget

  22.  

    Sayapnya imut banget

  23.  

    Ey. Coba lebih diperhatikan, ada mobil yg parkir… di zoom… pasti nemu…

  24.  

    Ey. Coba lebih diperhatikan, ada mobil yg parkir… di zoom… pasti nemu… Mobil itu parkir tepat di balik pesawat

  25.  

    @mazandie
    bwakakakkak..
    ini bukan pesawat.
    ini cuma alat propaganda kawan. jgn di anggap terlalu serius.
    oke saya jelaskan.

    1. Pernah tau Bird of prey-nya amerika?
    nah, konsepnya nose pesawat ini niru bird of prey.
    dengan campuran ekor lockheed “have blue” dan F-117 night hawk pada sayap yang ke semuanya juga punya amerika.
    jadi, jelas tak ada campur tangan China di sini.

    2. Air in take pesawat ini terlalu kecil. tidak proporsional dengan bobotnya.

    3. avoniknya merupakan avionik standar yang banyak di jual garmin di pasaran perangkat avionik pesawat.

    4. cockpit glass-nya standar kaca pesawat/heli komersial.

    5. ground clereance yg terlalu rendah pada bagian tail

    6. konsep pesawat tidak memenuhi konsep aerodinamika

    7. nose terlalu kecil untuk menempatkan penampang radar

    8. juga ruang untuk perangkat keras sangat minim pada bagian cockpit

    Memang iran mampu mengover houl f-5 tiger, heli cobra,Mesin Jet J-85, membuat secara lisensi heli mil, pesawat Tupolev, me re-assembly s-300 mpu kit dan mengubah namanya menjadi lebih berbau iran. di mana seakan mereka telah berhasil menciptakan produk baru. padahal sebenarnya lebih kepada mengupgrade,overhoul dan modifikasi. itulah sebabnya produk yang mereka gembor-gemborkan jumlahnya terbatas. contoh, seperti shaeqeh (versi f-5 tiger) jumlahnya sama dengan jumlah F-5 tiger yang di miliki iran dahulu. artinya mereka merombak semua pesawat itu dan menamainya shaeqeh.
    jelasnya untuk menciptakan pesawat dengan disain sendiri, iran tak punya kemampuan. itu saja.

  26.  

    bung marpuah ini kalo saya amati kment2ny maaf, pemikirannya rada kuno, kolot. pengennya bikin sesuatu wajib dari nol, manut urutan sesuai yg ditulis dibuku, beda dikit coret, semua orang punya cara belajar atau menciptakan karyanya masing2 bung, dan karyanya tdk harus dibuat sama atau butuh waktu lama. paradigma anda terlalu kolot. kalo projek bs dipercepat dan dipermudah knpa harus dipersulit?

    •  

      Hm…. kuno n kolot 😆
      Hayo ditunggu balasan dari bung @Marpuah.

    •  

      Demokrasi kok bebas ingin mengatakan saya seperti apa..

      Tapi hanya ada satu negara yg menyatakan membuat pesawat GEN 5 tetapi disisi lain masih menggunakan pesawat JAMAN BATU seperti F-4 Phantom.

      Indonesia lebih baik karena ada prosesnya, beli VAB tiru jadi Anoa beli LPD jadi Makasar Class. Lah ini pengguna F-4, F-5 tiba2 membuat pesawat Gen 5.

      Mentang2 sekarang banyak tehnisi cina berkumpul di Iran buat modif F-5 mungkin sekalian untuk minta bikinin airframe sama tehnisi cina

  27.  

    hehee..peace!!” baca coment bung marpu yg ngremein karya orla jd geli aja bung. mslhnya kita aja belum bisa bikin kok berani merendahkan kemampuan orang laen.

  28.  

    Pespurna ciga cocooan si kabayan …..

  29.  

    Such an obvious hoax. Iran doesn’t have an aerospace industry. It would take decades to build one.

    You think a country that has never built a plane at all can suddenly make a super advanced 5th gen fighter as its first ever real aircraft?

  30.  

    Jad bingung membedakan mana ilusi dan realita tentang artikel ini setelah membaca komen2 diatas, tapi salut kepada Iran walau diembargo tetap tegak mandiri dgn pencapaian2nya!

  31.  

    tes

  32.  

    harusnya mereka mampu membuat jet

    foto diatas hanya sebatas mockup 1:1 bukan prototype!

    Indonesia kalo bikin IFX mockup 1:1, jiran juga bakal kejet kejet.

  33.  

    bener bung @ nuncaku.. semoga indonesia terinpirasi iran, semangat berusaha untuk bisa demikemandirian bangsa dan segera menghapus kata “AKAN ” dari angan2.. hheeee