Feb 232018
 

Jet tempur siluman Su-57 Angkatan Udara Rusia. © Anna Zvereva via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Gambar dan rekaman video yang belum terverifikasi telah mulai beredar di media sosial yang menunjukkan sepasang jet tempur siluman Su-57 Rusia, yang juga dikenal sebagai PAK FA dan T-50, menyentuh pangkalan udara Khmeimim di provinsi Latakia, Suriah.

Kremlin telah menggunakan konflik di Suriah sebagai alasan menunjukkan persenjataan terbaru dan canggih dan bahkan jika video tersebut ternyata tidak beroperasi di Suriah, mungkin hanya masalah waktu sebelum pesawat itu benar-benar mendarat di negara tersebut.

Pada salah satu video klip yang pertama kali muncul secara online tanggal 21 Februari 2018, sebuah jet tempur Su-35 Flanker-E yang telah dikirim oleh Rusia ke Suriah, juga terlihat terbang di dekatnya.

Laporan tambahan yang belum dikonfirmasi mengatakan bahwa jet tempur Su-57 itu merupakan bagian dari kelompok pesawat Rusia yang lebih besar yang tiba di negara tersebut, termasuk empat jet tempur Su-35, empat jet tempur Su-25 Frogfoot, serta pesawat peringatan dini A-50U Mainstay yang sebelumnya telah dikirim ke Suriah.

Namun, ini akan menjadi penempatan besar bagi Rusia, setelah Presiden Vladimir Putin mengklaim kemenangan total atas teroris di negara itu selama kunjungannya di bulan Desember 2017.

Tidak jelas apa yang mungkin mendorong penyebaran jet tempur siluman, yang masih dalam tahap pengembangan tersebut. Pada bulan Januari 2018, Rusia telah menerima kurang dari selusin purwarupa pra-produksi.

Penampilan pesawat siluman di Suriah menyusul tertembaknya pesawat tempur Su-25 Frogfoot Rusia oleh tembakan rudal anti-pesawat dari pemberontak Suriah di provinsi Idlib pada bulan Februari 2018, dan juga serangan massal drone yang belum pernah terjadi sebelumnya di pos terdepan Khmeimim dan fasilitas angkatan laut Rusia di kota pelabuhan Tartus, Suriah.

Penyebaran jet tempur siluman Su-57 ini juga terjadi setelah sejumlah interaksi agresif antara pesawat taktis Rusia dan pesawat siluman F-22 Raptor AS yang kian meningkat di Suriah Timur.

Jika pihak Kremlin telah mengirimkan Su-57 ke Syria, hal itu bisa semakin memperumit situasi disana karena para pilot Amerika Serikat tak memiliki pengalaman aktual, di luar penilaian intelijen dan kemungkinan simulasi, mengenai bagaimana jet tempur Rusia itu muncul di sensor mereka dan pada jarak berapa, apa sebenarnya kemampuan tempur dari jet tersebut dan ancaman apa yang mungkin mereka hadapi.

Di saat yang sama, tentu saja, hal itu bisa memberikan kesempatan bagus kepada AS untuk mengumpulkan informasi baru tentang jet tempur siluman Rusia, dan terutama bergantung pada sensor yang mereka aktifkan atau jika mereka telah terbang dalam konfigurasi penuh yang dapat diamati selama misi berlangsung.

Bagikan:

  58 Responses to “Benarkah Rusia Sebarkan Jet Su-57 ke Suriah?”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    Wah, beritanya sudah sampe sini ya.

  3.  

    oohh….jangan jangan sales terbaik pemegang best award 2017, Jimmy Sullivan bukan ditugaskan di UAE tapi di suryah….

    maka dari itu bung jimsul datang ke suryah menggunakan Su-57,,,,dicantelin didalam internal weapon baynya……lumayan itu masuk ke suryah pasti tidak terdeteksi……….xixi

  4.  

    jangan jangan memang diskenario dengan maksud agar warjag memahami apa yang sebenarnya akan terjadi bila su-57 bertemu dengan f-22

  5.  

    Hore…….su 57 sdh siap berhadapan dgn f22.
    Tinggal kita saksikan mana yg lebih hebat.

  6.  

    Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov pada 8 Februari 2018 lalu mengatakan bahwa kementeriannya baru akan menandatangani kontrak untuk pengadaan skuadron pertama Su-57 sebanyak 12 unit pada 2018.
    ———–
    Pertanyaannya mengapa sdh di operasikan di Suriah ?
    Padahal ni jg pesawat msh dlm pengembangan !?.

    #Edisi Berita dan kenyataan berbeda.

    Monggo yg bisa kasih penjelasan..sy nyimak aja..hehe

    •  

      cuman masalah publikasi … tergantung negara produsen nya, apakah mau kasih info real atau di rahasia kan ?
      ada negara yg suka publikasi, ada yg diem, ada yg malu², ada jg yg sok jaguh … giliran ada konflik, sibuk cari teman buat keroyokan.

    •  

      begini brow, sebenarnya saya paham betul kondisi rusia, Su-57 ini.
      ini seharusnya masuk ke dlm youtube saya dgn judul Su-57 adalah produk gagal.

      kenapa, jawabannya mudah, krn untuk mendesain pesawat siluman harus lah pesawat kecil, bukan pesawat besar, makin bongsor, makin besar RCSnya,

      selain itu dilubang keluaran, aka knalpot , rusia tidak ingin desain yang berdasarkan stealth. melainkan desain knalpot yg bagus untuk manuver dan kecepatan tinggi.

      over all Sukro memang cocok untuk bertempur di ketinggian dan kecepatan tinggi tapi masih gagal dalam bidang stealth.

      enjiner rusia memang sudah tradisi/khasnya mereka untuk membuat pespur yg high manuverable. tapi untuk membuat pespur siluman, rasanya agak canggung, krn harus mengorbankan manuver tinggi.

      jadi tinggal pilih mau pesawat stealth tapi harus korbankan manuver atau mau dua2 nya tapi butuh pengembangan yg lama mungkin 2040 baru bisa sempurna, tpi saat itu mungkin sudah ada pespur gen ke 6.

      •  

        Ukuran pespur SU57 dan Raptor kurang lebih sama. Thrust vectoring pun mirip, SU-57 3 vector sedangkan Raptor 2 vector.
        Inlet temperatur pada Box nozzle SU57 sekitar 2850-2900F, sedangkan Raptor 3000F.

        Klaim RCS Raptor yang di release tahun 90an sekitar 0,001 saat ini sedang diperdebatkan. Mungkin karena saat itu adalah sesuatu yang baru, sehingga tidak diperdebatkan.

        Analisa saat ini bahwa Raptor RCS 0,001 tersebut (sebutir kelereng) hanya pada sudut-sudut tertentu terutamanya dari sudut serang depan saja bukan pada keseluruhan sudut.

        Pada umumnya RCS maximal yang bisa dicapai teknologi saat ini adalah di 0,1 – 0,01 tanpa mengorbankan “kesiapan pesawat”

        “two years after the U.S. Air Force’s F-22 stealth fighter made its combat debut in the skies above Syria, maintainers are tackling an issue with the fleet’s stealth coating that, if left untreated, could cause the radar-evading material to peel off the aircraft. Operators are beginning to see “wrinkles” in the low-observable (LO) coating that renders Lockheed Martin’s F-22 almost invisible to enemy radar. As the 1990s-era air superiority fighter ages” … dan kesalahan yang sama terlihat pada F35.

        Kita lihat apakah bisa SU57 melewati ujian yg sama di suriah?

        •  

          https://i1.wp.com/fightersweep.com/wp-content/uploads/2016/09/size-chart.jpg?ssl=1
          Melengkapi komentar bung SP… perbedaan Su-57 dan F-22 tidaklah seberapa… justru J-20 adalah yang paling besar kira2 seukuran Su-27, mungkin untuk mendapatkan ruang weapon bay yang besar juga…
          Memang benar USA dan Rusia memiliki doktrin pengembangan pespur berbeda, USA merasa siluman lebih penting karena semakin tidak terlihat jelas memiliki kemungkinan menang lebih besar dan tidak terlalu peduli dengan kemampuan manuver, sedangkan Rusia merasa kemampuan manuver jauh lebih penting daripada harus sangat siluman… doktrin USA silahkan pesawat Rusia bergoyang semaunya… sedangkan Rusia dengan doktrin super manuvernya karena mereka sadar cara terbaik untuk menghindari radar jarak jauh jelas dengan mengkombinasikan kecepatan rendah bahkan sampai 0 dan tinggi termasuk merubah arah dengan cepat dimana bisa mengecoh sistem doppler…
          Sudah disinggung bung SP kalau sudut efektif siluman itu tidak seluruh badan pesawat, cenderung hanya pada sudut tertentu, dan pada kasus ini ketika pesawat musuh terbang dengan variable posisi atau radar dengan kombinasi posisi maka akan dengan sendirinya mampu mendeteksi pespur lawan, meskipun mungkin sulit untuk menarget karena kecilnya bidang yang di deteksi, tetapi efek siluman yang bergerak diam2 menjadi tidak efektif, dan pada situasi itu kemampuan manuver kemampuan berakselerasi dan berapa banyak rudal yang dibawa jelas memainkan peran lebih banyak daripada sifat siluman itu sendiri…

      •  

        paham betul kondisi rusia…..ente tuhan, malaikat apa intel ?? hehehe…..

        •  

          Apa mungkin wi gak tau pesawat gede amerika lbh gede dari f22 yg katanya siluman sperti b2 spirit, f117, kecuali wi sudah dibodohin amerika, mungkin ngelantur pembahasannya.

          Segeda menara eifel itu pesawat bisa dibuat full stealth, tapi untuk saat ini su57 yg katanya terbang ke suriah belum full stealth

          Hahhaahaaaa

    •  

      tepatnya masih dalam penyempurnaan bang, SU-57 sudah memasuki uji oleh pilot-pilot tempur AU Rusia. Ini bagian dari uji tempur sebenarnya untuk mengukur efektivitasnya, . Menarik untuk disimak, bagimana semua sensor di jet tempur gen ke-5 ini bekerja, apalagi di sana juga ada F-22. Kita lihat saja kelanjutannya

    •  

      bung pernah baca komen saya yang su tiga lima kebanyakan makan debu di suryah……
      nah ini berita yg menceritakan hal tersebut…
      ingat ya no link or sumber = hoax ………

      https://jakartagreater.com/su-35-semakin-berbahaya/
      “Selama melakukan misi udara di Suriah, beberapa Su-35 mengalami kerusakan mesin akibat mengisap pasir dan kerikil di landasan pacu Hmeymim. Jaring-jaring inlet udara ternyata tidak mampu menyaring dan mencegah debu-debu gurun pasir yang akhirnya memaksa Rusia melakukan beberapa modifikasi pada Su-35.”

      Di link tsb tertulis judul su su semakin berbahaya, tapi baca diujung berita malah baca hal yg aneh. semakin berbahaya sih tidak…….tapi pastinya pabrikan rusiyah akan mencoba beberapa mesin dan jaring2 inlet udara di suryah.

      jadi jangan mikir macam2 su su mau tanding sama raptor…..justru klo masalah radar dll….hal tersebut sangat mudah di analisis, toh setiap penggunaan sinyal harus lapor ke forum enjiner…….hehe

      yg sulit adalah bagaimana desain dan kontruksi mesin pesawat, krn untuk mengintip mesin ya otomatis harus pas mesin pesawat nyala, dan atau mendengar dentuman keras mesin pesawat jet. klo ga begitu ya mau gimana ? pake alat buat nyadap karet………xixi

      •  

        Pengembangan pesawat tidak akan berhenti makanya ada versi Block, Next generation, Advance dll.
        Masalah kerikil dan pasir jelas masuk akan karena Rusia Sendiri tidak memiliki medan seperti itu, malahan bagus uji coba di Suriah untuk pengembangan selanjutnya.
        Pespur barat pun mengalami proses yang sama.

        Menurut saya malah bagus Indonesia mendapatkan SU35 setelah diuji di Suriah , daripada China yang mendapatkan batch pertama sebelum uji coba di Suriah.

        •  

          Jadi ingin flashback ke situasi dan kondisi perang teluk I, semua pesawat nato mengalami permasalahan mesin karena sumber yg sama yaitu debu gurun.
          Makanya ada kustomisasi pesanan pespur. Pesanan utk timur tengah mungkin beda utk yg asia karena medanpun berbeda. Mubazir rasanya jika beli pespur yg dikhususkan utk timur tengah jika pemakaiannya hanya utk kondisi iklim di kawasan asia tenggara.
          Salam NKRI

          •  

            Setuju dengan yang disampaikan bung SP, justru pespur yang didapatkan Indonesia nantinya adalah setelah Rusia mendapatkan banyak evaluasi selama operasi militer di Suriah… Justru mengapa USA mengoperasikan bandara yang jauh dari lokasi operasi militer karena mencari lokasi yang benar2 ideal dan aman untuk pespurnya… itulah alasan lain penggunakan kapal induk…
            @bung Ruskye, Tank Abrams juga menggunakan turbine engine dan sangat bermasalah di area padang gurun, dan saya setuju dengan anda karena memang daerah padang gurun itu memang merusak mesin dan mesti ada modifikasi/tambahan kusus pada inlet mesin untuk menghindari kerusakan akibat pasir yang masuk saat take off maupun landing, berbeda dengan Indonesia yang cenderung rentan terhadap bird strike…

  7.  

    Pencinta perdamaian … moga² jgn sampe perang !!!
    Pencinta senjata … moga² jadi perang !!! biar battle proven & ada pemenang + ada kualitas terbaik

    *padahal kalo perang beneran, semua pelaku nya sama² babak belur bin bonyok !!!

  8.  

    Mending bw ke indonesia aja, di suriah lg konflik, eman2 turunin pespur anyar n larang kui,,,ya ga warjagku???

  9.  

    Lha itu kan ifx..
    Sdh terbang smp suriah..

  10.  

    Sukhoi Su-57 – 5th Generation Stealth Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=0JH2RAqi_-U&t=432s

  11.  

    “Jika pihak Kremlin telah mengirimkan Su-57 ke Syria, hal itu bisa semakin memperumit situasi disana karena para pilot Amerika Serikat tak memiliki pengalaman aktual, di luar penilaian intelijen dan kemungkinan simulasi, mengenai bagaimana jet tempur Rusia itu muncul di sensor mereka dan pada jarak berapa”
    ….
    “Di saat yang sama, tentu saja, hal itu bisa memberikan kesempatan bagus kepada AS untuk mengumpulkan informasi baru tentang jet tempur siluman Rusia, dan terutama bergantung pada sensor yang mereka aktifkan…..”

    Sangat menarik, ….. ELINT, SIGINT and COMINT akan sangat intens ketika siluman-siluman bertemu …..

    •  

      Rusia sudah lebih dulu mengaktifkan sistem S-400 yang meliputi radar yang mampu melacak burung yang terbang, bahkan USA menyadari kalau Rusia seperti memperoleh harta karun di langit Suriah karena kehadiran F-22 disana… yang patut disimak apakah USA sudah mempersiapkan atau justru baru mempersiapkan sistem sensor mereka untuk mempelajari Su-57… atau mungkin USA makin penasaran dan berusaha mendukung milisi yang berani menyerang khmeimim, tetapi setelah serangan gagal drone improvisasi jelas mempertegas kemampuan Rusia dan menjadikan Rusia begitu pede mengirim Su-57 ke wilyah konflik

      •  

        Serangan Milisi takkan berpengaruh pada Su-57. Ane belum melihat bukti jelas bahwa S-400 benar2 bisa memantau F-22 secara real time.

        Semua sensor dan senjata akan berfungsi secara maksimal ketika bertemu dg lawan sepadan atau lebih. Mungkin kalo Su-57 coba ngebom lagi di timur sungai Efrat bisa dapet ilmu yg berharga ketemu sama F-22.

        •  

          Lagian kalau mereka mandapatkan yang mereka butuhkan, Rusia tidak akan koar sama ente kok… justru bakalan didiamkan saja, karena dengan cara itu USA tidak tahu apapun yang dilakukan atau didapatkan Rusia…
          Lagian bangga banget sama timur sungai euphrates, mestinya itu bangga kalau sudah menghancurkan ISIS dari 70% menjadi tinggal segelintir doang… ini malah mbanggain sebelah timur sungai euphrates, bukanya melakukan apapun untuk mengalahkan teroris malahan bikin huru hara baru di Suriah…

          •  

            Nah ini yang ane percaya, karena selama ini, mantan tirai besi itu memang sukanya diem-dieman, bukan koar-koar nyebar hoax model bromocorah yang nyangkut di negeri milik apache, sioux, creek, iroquis, cherekee dan mohicans itu

      •  

        Yang menarik dari kehadiran s400 di sirya adalah statement dari pilot2 f22 yang menyatakan bahwa selama terbang di langit sirya mereka tidak yakin jika mereka tidak terdeteksi radar s400. Sungguh sebuah keuntungan bagi russia dengan menghadirkan/uji coba peralatan militer mereka di lapangan sesungguhnya (battle field)

  12.  

    Biasa saja… uji tempu seperti yang emang sudah diberitakan sebelumnya, tidak ada lokasi yang lebih baik dibanding medan perang yang sebenarnya seperti Suriah… Langit Suriah sangat ideal karena memiliki target sulit didarat dimana banyak militan bercokol diperkotaan sehingga penargetan presisi benar2 dibutuhkan untuk mengurangi kemungkinan korban sipil… wilayah udara Suriah juga berat karena militan memiliki senapan berat anti pesawat… dan langit Suriah juga ada koalisi barat, jelas pertemuan dengan F-22 akan sangat berharga bagi Su-57…
    Suka tidak suka, Russia mendapatkan banyak sekali keuntungan dari medan perang Suriah yang sepertinya justru menjadi antiklimaks bagi sekutu barat yang biasanya sangat jumawa di berbagai negara…

  13.  

    AS menempatkan beberapa jet tempurnya patroli di Hasakah dan Idlib, sengaja memancing Rusia untuk memasuki zona hijau mereka. Tahu sendiri, pemberontak di wilayah ini masih di support persenjataan oleh AS. lain berita, Kurdi dpt dukungan AS, ehhh pemerintah Syria juga ikut membantu Kurdi melawan invasi Turki, lalu Turki naik tensi, ancam Syria….wahhhh ruwet banget

    •  

      untuk menyelesaikan konflik tersebut simpel sebenernya bang. Ingat apa yang ditawarkan Rusia, bahwa untuk mengembalikan perdamaian di Syria, harus dikembalikan kepada Pemerintah yang sah, tentunya dengan pengawasan PBB. Namun apa mau dikata, amiriki sangat lantang menentang tawaran tersebut bagi amiriki, “Bashar” harus digulingkan. Jadi jangan heran, siapapun yang menentang Bashar/Pemerintah Suriah yang sah pasti didukung amiriki.

      Bisa dibayangkan apabila salah satu faksi yang didukung oleh amiriki ini menang lalu menguasai suriah, yang ada hanya pertikaian yang berkepanjangan karena pasti ada faksi lain yang juga ingin menang.
      Kesimpulannya, membawa perdamaian di Suriah hanya dengan mengembalikan otoritas penuh kepada Pemerintah yang sah, tentunya dengan pengawasan DK PBB IMHO

      •  

        Intinya kejadian2 di Timteng jd pembelajaran bg RI agar tdk terjadi hal yg sama dsn. Karena klu jd berselisih maka para musang jg gerombolan serigala ada alasan untuk masuk ngobok2 diair comberan memanfaatkan penghianat bangsa sebagai musuh dlm selimut apalagi kita masuk tahun politik maka makin banyak para pihak bermain dsn!

        •  

          bung Andre … sebenarnya justru Indonesia yg sdh kenyang dg perpecahan, sejak proklamasi, sdh byk terjadi pemberontakan bersenjata, malah ada yg jelas didukung negara asing, semoga tdk terulang kembali.

          •  

            Tapi sekarang lbh mudah mengadu domba rakyat dgn medsos karena mudahnya mengakses internet, tapi AlhamduLlilah kemaren diberita Polisi dgn badan Cybernya telah menangkap orang2 penyebar Hoax, penyebar ujaran kebencian dan propaganda!

          •  

            tapi bromocorah itu pinter bin licik bin culas bung. dulu PKI selalu koar2 “Di hati rakyat, demi rakyat”, sekarang merekalah yang justru mencap nasionalis jadi pki. dulu diktator dan genknya menekan rakyat, sekarang merekalah yang menuduh pemerintah sah sebagai diktator wkwkwk

          •  

            Hussttt…jgn sebut2 PKI,,,sy dgr nya ngilu2 gmn gitu,,,bahaya ahhh…omongin yg baik2 aja,,,btw bung joe kmn yah? dia selalu bawa2 berita yg baik alna…

      •  

        Nazi menyerah total kepada uni soviyet 1945 16 april sampai dengan 2 mei 1945, kemudian amerika mulai menyerang jepang dengan bomnya 6 agustus 1945, yg pembuat bomnya itu adalah tahanan perang uni soviyet, yg di mohonkan amerika untuk diserahkan kepada amerika, seandainya uni soviyet tidak menyerahkan itu tahan perang? Mungkin amerika selamanya mnjd pecundang, tapi fakta berkata lain.

        untuk itu mengenai hak veto yg didasarkan pada kemenangan perang, sebetolnya amerika, franc, inggris tidak memiliki hak veto, jk amerika mengeluarkan hak veto? Itu hak veto hoax kalleeee.

        Untuk itu russia punya niatan untuk membangun gedung pbb tandingan di kazaskstan

    •  

      sesuai dengan Pembukaan UUD 45, bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanuasian dan…….., kasihan rakyat suriah jadi korban peperangan tidak berujung,nggrentes ati, moga2 pada sadar begundal2 perang dsana

      •  

        Awalnya pemberontak yang ternyata didukung oleh koalisi barat dan koalisi Arab… konflik bahkan dimulai dar 2011, bukanya membaik malah kemudian muncul ISIS di 2013, situasi semakin berantakan hingga 2015 Suriah tinggal 30% yang masih dikuasai pemerintah Suriah dan Irak 30% wilayahnya juga dikuasai ISIS terutama Mosul, pada bulan september 2015 karena sudah tidak mampu dan jelas diambang kekalahan Pemerintah Assad meminta bantuan resmi kepada Rusia, dan mulai akir September 2015 Rusia mulai melakukan serangan kepada ISIS diawali dengan serangan Kalibr yang melintasi 2 negara (Iran-Irak) dari laut kaspia menuju Target di Suriah dengan jarak kisaran 900mil atau hampir 1500km…
        Setelah 2 tahun akirnya ISIS berhasil di kalahkan, dan tinggal kantong2 kecil yang berisi pemberontak, beberapa Al Nusra dan ISIS… dan sepertinya justru memang sengaja dijaga supaya ISIS tetap eksis… Bayangkan koalisi yang katanya didukung tidak kurang dari 60 negara tidak bisa mengalahkan ISIS, justru ketika Rusia sendiran memberikan dukungan udara dan didukung pasukan Surian-Iran-Hizbulloh justru mereka mampu mengalahkan ISIS…
        Sebenarnya ISIS maupun Al Nusra bukanlah hal yang sulit untuk dikalahkan.. yang membuat sulit adalah justru dukungan negara2 dari luar suriah yang begitu kuat… serangan drone modifikasi jika dilakukan di saat militan maupun ISIS masih sangat kuat jelas bisa dimaklumi, sedangkan yang terjadi justru terjad ketika kekuatan milisi sudah sekarat… belum lagi militan ISIS yang bisa menghindari posisi pasukan Suriah yang tersembunyi, belum lagi ISIS yang cenderung memilih lari dan menyerahkan diri kepada Kurdi…

        •  

          Dengan demikian amerika masih disuriah hanya sabagai pecundang

          Hahhaahaaaa

          •  

            Tapi diberitakan pasukan pro pemerintahan suriah mau menghadang kedatangan pasukan turky yg ingin menggempur penduduk kurdi kenegaraan suriah, jika pasukan pro pemerintahan suriah mau melindungi penduduk kurdi dengan alasan mrk tidak trkait dengan milisi kurdi? Baiknya mereka diungsikan ketempat aman tanpa senjata & biarkan turky melakukan operasinya sesuai jalur yg di ijinkan, jika tidak demikian yg dilakukan? Bukan tidak mungkin itu pasukan pro pemerintahan suriah adalah pemberontak

            Hahhaahaaaa

    •  

      Itu berita yg loe dengar belum pasti kebenarannya

      Hahhaahaaaa

  14.  

    Komen gue mungkin masih nyangkut digigi wi

    Hahhaahaaaa

  15.  

    kebanyakan ramuan si jd nyangkut2..hahahaha…

  16.  

    Bego pada ngomongin keunggulan pesawat…..tu senjata buat bunuh rakyat Suriah…anak anak banyak jadi korban…mau punya Rusia apa punya Amerika klw buat bunuh rakyat Suriah tu namanya ga penting….

  17.  

    Lumayan bisa menendang propaganda amerika di Suriah, yg mengaku2 pembela rakyat Suriah padahal cuma pembela isis, israel dan kepentingan politik amerika, amerika, israel, isis go to hell

    Huehuehue…… 😎

 Leave a Reply