JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 122016
 

0euh0qx6nx

Cina dituduh diam-diam mengangkat bangkai kapal selam Poseidon Inggris yang kemungkinan masih ada 18 jenasah kru kapal selam di dalamnya.

Pada 9 Juni 1931, kapal selam Inggris yang baru bertugas dua tahun, HMS Poseidon tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal dagang Cina, 20 mil utara dari pangkalan Angkatan Laut Inggris yang disewa di Weihai.

Sejarawan Amerika Steven Schwankert mengklaim Cina mengangkat kapal selam tanpa ijin dari Pemerintah Inggris di awal tahun 1970-an untuk menguji keterampilan pasukan khusus Angkatan Laut dan unit penyelamatan bawah air China yang baru terbentuk.

Kementerian Luar Negeri Ingggris menyatakan keprihatinannya dan sedang menyelidiki laporan kebenaran pengangkatan bangkai kapal selam Poseidon yang dilakukan China. Pemerintah Inggris juga mendapat desakan dari para keluarga korban awak kapal selam yang selama ini menganggap kapal selam dan jenasah keluarganya masih berada didalam lautan.

Kapal selam HMS Poseidon (P99) adalah kapal selam Parthia class yang dirancang dan dibangun oleh Vickers Shipbuilding and Engineering di Barrow-in-Furness untuk Angkatan Laut kerajaan Inggris, diluncurkan pada 22 Agustus 1929 dan ditugaskan ke wilayah Laut Kuning yang berbasis di pangkalan Royal Navy di Weihai, Cina.

Di hari yang naas, Poseidon sedang muncul ke permukaan bersama dengan kapal tender kapal selam Marazion, dan sialnya meski cuaca cerah dengan visibilitas baik, Poseidon bertabrakan dengan kapal dagang SS Yuta Cina.

Tiga puluh awak kapal selam mencoba menyelamatkan diri dalam kapsul penyelamat Davis Submerged Escape Apparatus yang dilengkapi dengan oksigen murni. Kapal induk HMS Hermes, kapal penjelajah berat HMS Berwick dan kapal selam HMS Perseus segera melakukan operasi penyelamatan. Hanya delapan awak yang akhirnya berhasil meninggalkan ujung haluan kapal selam, meski akhirnya dua orang gagal mencapai permukaan dan satu orang meninggal kemudian akibat dekompresi. Secara total dua puluh satu awak kapal selam dinyatakan meninggal dengan 18 diantaranya terkubur bersama kapal selam Poseidon.

Bagikan :

  20 Responses to “Benarkan China Mengambil Bangkai Kapal Selam Poseidon Inggris?”

  1.  

    Judulnya seperti lagi main tebak-tebakan

  2.  

    Aneh nih. Trus ngapain aja Inggris selama ini?
    Kalau mau mengamankan aset atau mengubur tentaranya harusnya sejak dulu lah.

    •  

      sesuai rule, awak yang tenggelam dalam ks memang dimakamkan tepat ditempat kejadian, dan hukum internasional: tidak boleh ada siapapun yang mengganggu jenazah tanpa ijin dari negara/pihak yang paling berkepentingan.

      ingat kapal selam jerman di laut jawa? pemerintah dan tentara jerman sangat berterima kasih bahwa Indonesia dan tni menjaga bangkai kapal tersebut (meski ada pencurian yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab).

      bagi pelaut militer, mati dalam kapal perang adalah kehormatan tertinggi dan diakui negara bahkan dunia.

  3.  

    kalau pun inggris mau mengangkat jenazahnya harus izin china dulu walaupun di luar perairan teritorial china (12 Mil laut) setidaknya masuk wilayah ZEE china 200 NM.
    kalau sudah terkubur lama artinya semua bangkal kapal dan bangkai kapal selam menjadi harta karun dan menjadi hak china karena berada di wilayah ZEE mereka, dan china berhak untuk mengambil dan meng exploitasinya kecuali untuk mayat memang harus dikembalikan ke negaranya.

  4.  

    Test

  5.  

    tapi mama ely juga gemblung kurang kerjaan.

  6.  

    Kenapa baru sekarang ribut… ah cari sensasi tuh mama ely

  7.  

    bener tuh saya pernah dengar dari penduduk lokal waktu pergi ke cina, tu bangkai kapal selam diekstrak buat obat kuat makanya jumlah penduduk cina juara 1 dalam beranak pinak….karena obat sudah mulai habis makanya masuk akal kalau cina nekat aneksasi nyaris seluruh LCS termasuk laut Natuna berharap semua bangkai kapal bisa dimanfaatkan buat obat syaraf, habis obat mereka makanya keputusan arbitrase Internasional gak digubris sama cina

  8.  

    i

  9.  

    Ooooo

  10.  

    kapal selam dlm misi rahasia sepertinya, dan ketahuan misinya ahirnya ya gitu….

  11.  

    kalo cina angkat bangkai kapal di dasar laut buat latihan,kalo di indonesia sejak dulu kalo angkat bangkai kapal di dalam laut ya pasti di kilo in buat bisnis rombeng. hehehe

  12.  

    Lho Mamah Foto di Holik Sampang di Facebook. Itu Foto Siapa
    Hayooo.

  13.  

    Paramex mas…….

  14.  

    yang tenggelam dibiarkan?

 Leave a Reply