Bendungan Tukul di Pacitan Diresmikan Presiden

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan pembangunan Bendungan Tukul telah dimulai sejak 6 tahun yang lalu dengan biaya senilai Rp 916 miliar, dan hari ini telah selesai dikerjakan dan siap difungsikan.

JakartaGreater – Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan turut menghadiri acara peresmian Bendungan Tukul oleh Presiden Joko Widodo, pada Minggu 14-2-2021, di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dalam peresmian bendungan ini turut hadir para pejabat Forkopimda Jatim, diantaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Pacitan Indartato dan sejumlah pejabat terkait.

Bendungan Tukul Diresmikan Presiden Jokowi

Tiba dengan menggunakan 3 helikopter Super Puma TNI AU di helipad Detasemen TNI AU Pacitan, Presiden Joko Widodo beserta rombongan segera meluncur menuju Desa Karanggede Kec. Arjosari, Pacitan sebagai lokasi Bendungan Waduk Tukul.

Setibanya di tempat acara, Presiden disambut oleh Gubernur Jawa Timur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Mochamad Basuki Hadimoeljono, serta para pejabat Forkopimda Jatim, dirilis Dispen Koarmada II.

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan

Sementara itu Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Bendungan Tukul telah dimulai dari 6 tahun yang lalu dengan biaya senilai 916 miliar, hari ini sudah selesai dan siap difungsikan.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menuturkan, Bendungan dengan kapasitas tampung 8,7 juta M3 ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar.

“Sebanyak 600 hektar sawah akan terairi sehingga meningkatkan indeks pertanaman dari biasanya satu kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija menjadi 2 kali dan 1 kali tanam palawija sawah,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden pun berharap dengan berfungsinya bendungan Tukul, akan menjadi infrastruktur yang penting untuk memperkuat ketahanan pangan dan juga memperkuat ketahanan air.

Acara berlanjut dengan pernyataan peresmian secara simbolis Waduk Tukul oleh Presiden RI didampingi Menteri PUPR, Gubernur Jatim dan Bupati Pacitan, dilanjutkan penandatanganan Prasasti dan penekanan tombol tanda peresmian, serta peninjauan fasilitas yang terdapat di. Bendungan Tukul.