Feb 092015
 

image

image

image

image

image

image

Di tengah ketidakkompakan negara negara ASEAN soal isu sengketa Laut China Selatan, China justru terus melakukan pembangunan di wilayah konflik tersebut. Beberapa bulan ke belakang, Kapal Vietnam sempat beradu fisik dengan kapal China, karena China membangun anjungan pengeboran minyak di laut yang disengketakan. Meski demikian, China tetap melakukan pengeboran.

Kini China juga telah meninggikan tanah dan karang di kepulauan Spratly, untuk dijadikan benteng dan markas pasukan, untuk mengamankan wilayah laut sekitar.

Selama ini ASEAN tidak pernah kompak dalam bersikap atas sengketa Laut China Selatan. Bahkan untuk mengecam tindakan China yang terus melakukan pembangunan juga tidak berani. Ada beberapa negara ASEAN yang memang dekat dengan China. Meski demikian, ASEAN seharusnya bisa mengambil keputusan, dan mendahulukan kepentingan sesama anggota, agar organisasi ASEAN punya arti.

Filipina hampir merasa frustasi dengan ASEAN. Tidak ada bantuan yang berarti, bahkan pernyataan sikap, saat ia bersengekta dengan China soal wilayah di Laut China Selatan.

Bagikan Artikel :

  48 Responses to “Benteng dan Pulau Penempatan PLA di Spratly”

  1. Hati-hati indonesia menempatkan posisi…

  2. Pertamax kah

  3. Tetap NONBLOK dan BEBAS AKTIF.

  4. Langkah kaki china untuk menempatkan pijakan demi pijakan di laut china selatan, semakin hari semakin mudah.

  5. gak usah ikut, dan dimanfaatkan tetangga yang pada rese itu, ketika kita lemah meraka nusuk kita dari belakang, ketika ada persoalan mereka pada mau ngeroyok, tapi pas ada sengketa dengan cina, maunya sembunyi dibalik indonesia, licik mereka.

  6. Fokus aja meningkatkan pertahanan negara, jangan cari musuh, kalau musuh datang baru sikat

  7. Tetap Non Blok dan Bebas aktif hingga suatu titik dimana kepentingan nasional Indonesia terancam maka NKRI adalah harga mati, segera pelajari semua kemungkinan skenario yang terjadi dan jadikan acuan kemana semestinya kita harus berpihak saat konflik besar meletus.

  8. saatnya bagi indonesia belanja militer sebelum terlambat.Hindia belanda belanja alusista besar-besar jelang perang dunia II, terlambat,saat barang jadi&dikirim jepang sudah menguasai laut dan udara asia tengara.alusista pesanan banyak yang dihancurkan.
    agresifitas cina adalah bom waktu menuju keruntuhanya.padahal agresifitas itu semata untuk melindungi kepentingan ekonominya&mencari pasar bagi produknya yang terus meluber.ga bisa ngebayangin armada ke 6&7 amerika,taiwan,jepang,vietnam,ausralia,india,rame rame hantam cina.70 tahun lalu perang asia pasifik(WWII) dimulai dengan diserbunya cina.apakah perang berikutnya dimulai dengan penyerbuan cina…??

    • secara logika, china tidak akan menunggu kebangkitan militer jepang dan asia tenggara,,sekarang
      china cuma tinggal mencari cara untuk memulai agresinya,,,

      • agresi cina sudah dimulai dengan perebutan pulau antara cina vs jepang&konflik spraetly.untuk beberapa saat negara negara besar pemangku kepentingan seperti inggris &amerika akan berdiam.walau kepulauan yang diperebutkan de facto dikuasai cina.mereka hanya akan bermain besi saat cina sudah diangap melangar kedaulatan sebuah negara yang memiliki perjanjian mengikat dengan amerika.

        • Sebetulnya kita tdk usah kaget kalau china itu akan nyasar/tersebar dimana-mana. Ini menurut penafsiran saya bangsa china itu adalah keturunan ya’jut dan ma’jut, karena itu walaupun mereka dibentengi tembok yg tinggi mereka akan tetap tersebar kemana-mana, mereka akan datang dari tempat-tempat yg tinggi(pesawat) menyebar keseluruh dunia sampai ujungnya. Dengan cadangan devisanya yang terbesar didunia (apalagi ditambah Hongkong) mereka cepat atau lambat akan dapat menguasai/memenuhi dunia.

        • maksud saya adalah agresi militer terbuka,,selama ini china terus memancing dan mengusik kedaulatan negara2 yg sama2 mengklaim kepulauan ataupun wilayah LCS, tapi tidak ada yg berani melawan dengan angkat senjata kecuali hanya protes,,,bahkan china tetap melakukan pembangunan ataupun pengeboran diwilayah yg disengketakan tapi tidak ada juga yg mampu mencegahnya,,,

    • Kalau yang dijadikan acuan adalah sejarah maka amerika tidak akan berperang melawan china selama hawaii, australia dan eropa barat tidak diusik.

      • setuju bung.semoga tidak diusik.siapapun yang berperang dampaknya akan terasa bagi indonesia.dari kelangkaan BBm,kebutuhan pokok,dll.
        masalahnya pada waktu itu banyak yang tidak menyangka jepang akan menyerang hawai,membom(mengertak)darwin&menyerang myanmar.untuk saat ini selama kepentingan ekonomi (suplay)dari dan ke cina aman semua kondusif.

    • biarin………tetap nonblok

  9. Kopi kopi kopi kopi….

  10. Sepertinya konflik LCS tdk akan berakhir hanya dng keberhasilan mengusir cina. Justru konflik berikutnya akan segera menyusul yaitu antar sesama anggota ASEAN yg punya kepentingan disitu.
    Lalu harus dmn posisi Indonesia jika antar sesama ASEAN yg bertatung. Sementara kita tahu bahwa Indonesia tdk akan mendapatkan keuntungan disitu, sebab yg akan menguasai LCS toh induk semang dr negara2 yg sekarang ASEAN yg berseteru.
    Para induk semang inilah nantinya yg beruntung mengeruk kekayaan alam yg ada di LCS dng dalih bagi hasil.
    Lalu Indonesia dpt apa.? Paling hanya sebatas dijadikan satpam dng senjata pentungan doang buat jaga spy cina gak coba2 masuk lg.
    Bukankah lebih baik Indonesia fokus menjaga natunanya agar tak diusik sang naga, dng perkuatan alutsistanya.
    Lalu bagaimana dng konflik LCS. Lebih baik katakan ke mereka ” Ora Uros, Yen Nyenggol Mesti Ta Gebuk “.

    • Setuju bung,,,mmg bngs kita slu diremehin dimata tetanga,,khususnya malingsial,,dia lihat kita kyak mnasia klas 2,,blum lg,,pembantu2 kita yg krj sni,,moga INDONESIA,jdi negara makmur biar ngk ad yg mau krj dimari.

    • biarin…..tetap non blok dan cina tidak akan pernah mengklaim natuna. nenek moyangnya saja lari terbirit2 dihajar ama nenek moyang kita dan tidak berani kembali lagi. skrg pun tetap akan sama. natuna aman kagak ada yg berani macem2.

  11. Inggris, Spanyol, Portugal, Perancis dalam sejarah jago menjajah, abad ini diikuti politik LN AS yg bom sana-sini. Sekarang Rusia dan China. Mungkin nanti India, Brasil dll karena ekonominya juga maju pesat termasuk militernya. Ketika sebuah negara ekonominya kuat, militernya akan kuat juga. Disitu akan muncul keotoriteran terhadap negara lain yang lebih lemah ketika mempunyai masalah. Sejarah-sejarah kerajaan besar seperti ottoman, persia, romawi, dll jg seperti itu. Dan mereka runtuh. Bagaimana dengan negara-negara besar sekarang dan Indonesia nanti?

  12. harusnya ASEAN kompak hadang agresivitas tiongkok..payah 10 negara kok takut…

  13. indonesia urus konflik internalnya sendiri ajha masih repot (polri & kpk )., mau ngebantui NEGARA ASEAN.,. haduh gak logis,.banget dahhh,,.,. kuatin pertahanan sendiri aja dahh,.,.

  14. waktu kejadian negara kita lemah ekonomi dan pertahanan, lenyapnya timor timur hilangnya dua pulau diambil maling, dan siapa berniat busuk membombardir jakarta itu ada kerjasama beberapa negara asean juga ikut. suatu saat dengan tanpa disadari niat itu akan terlalu mahal untuk dibayar contoh nyata australia yg sudah merasakan dampaknya..

  15. Makannya kalo emang msih ngaku asean kita itu hrus bersekutu jgn saling senggol jgn suka nganggap bangsa lain bangsa rendah. Diemnya aja di aseaan tpi sekutuannyaa sama barat (asu)+eropa, lihat bangsa lain sesama asean mandangnya rendah giliran begini teriak atas nama asean ??? Payah hormati dulu sodara tua kalian baru asean bisa bersatu…

    Maaf kalo ngawur .. Peace..

  16. gelar latihan rutin di natuna, penempatan markas dan pasukan di natuna dan terakhir tidak usah ikut2 masalah lcs, cukup memperkuat pertahanan diri aja di natuna itu mungkin yang terbaik bagi kita

  17. bubarkan asean aja kalo gitu

  18. betul bung.berbagai kejadian yang kita alami telah merubah tabiat sosial masyarakat kita dari masyarakat ramah&terbuka menjadi masyarakat yang cenderung pendendam.itulah mengapa kata “amok(mengamuk:aceh)”diadopsi bangsa inggris dalam perbendaharaan kata mereka.karena bangsa kita akan mengamuk bila mengalami kebuntuan masalah dengan tekanan yang begitu hebat- tampa penyaluran.untungnya sekarang kita memiliki tempat penyaluran amok yang legal dilindungi konstitusi bernama PEMILU.dan hasilnya sejak 2004 kita sudah mengetahui hasil amok masyarakat kita terhadap situasi yang tidak dikendakinya.

  19. Cina sudah tau klo asean tdk kompak…

  20. Betul.. Indonesia kalau mau selamet dan panjang umurnya gak usah ikut2tan masuk dalam aliansi melawan china, selama china gak mengusik teritorial kita. tp sepertinya tantangannya sangat berat kedepan, dikibatkan banyak kepentingan negara lain yg berpotensi bsr bergesekan dgn china, akan memanfaatkan jalur2 rute militernya yg cenderung melewati alki kita dan hal ini akan menyebabkan seperti sinyal ketidak netralan indonesia dimata china. indonesia serba salah, dan cenderung grogi menghadapi china, sehingga ada sdkt kekuatiran dan secara diam2 menjalin komunikasi dan kerjasama dibawah kendali asu dan sekutunya dikawasan asean yg ikut terlibat dgn china. dgn dasar itu saya wanti2 saja, utk saat ini langkah terbaik kita adlh selama china tdk menyenggol kita, maka cuek saja. gak usah ikut2an dgn mrk yg sdh yg terlibat. kita cukup mengawasi,netral sambil lbh cepat menguatkan otot pertahanan dan kesiapan alutsista dgn anggaran yg maksimal, jgn lg pakai embel2 anggaran minimum dimana masalah LCS ini tinggal menunggu bom waktu utk meledak jk asu sdh memegang remote controlnya.

    Salam..

  21. HANYA UNTUK JAGA2…TEMPATIN 1 BATALIYON DI NATUNA, …

 Leave a Reply