Nov 102016
 

image-1

Proses negosiasi pembelian Su-35 antara Indonesia dan Rusia masih berlarut-larut. Hingga kini kendala harga yang konon terlalu mahal bagi Indonesia masih menjadi persoalan utama.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pernah mengatakan, negosiasi pembelian pesawat tempur Su-35 masih berjalan hingga saat ini, diharapkan negosiasi harga akan diselesaikan dalam waktu dekat.

Sebenarnya Rusia menyodorkan beberapa pilihan kepada pihak pembeli yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimilikinya.

1151202

Untuk varian Su-35 standar, alias kosongan dan dengan jerohan standar, Rusia memberi banderol harga US$ 40 juta. Untuk paket lengkap lainnya termasuk jaminan service dan suku cadang untuk beberapa tahun serta pelatihan pilot dikenakan tambahan US$ 25 juta.

Untuk paket lebih lengkap lagi, termasuk persenjataan dan jerohan yang lebih sakti, seperti radar Irbis-E dan perangkat countermeasure system seperti pesanan China, Rusia memberi banderol harga US$ 80-85 juta.

Lalu berapa sebenarnya Rusia akan menjual pesawat tempur Su-35 kepada Indonesia? Apalagi dengan persyaratan transfer teknologi yang mungkin membuat harga Su-35 untuk Indonesia sedikit lebih mahal. Sayang, Menteri Ryamizard tidak menjelaskan berapa harga mahal yang diajukan pihak Rusia untuk delapan pesawat tempur Su-35.

Bagikan:

  82 Responses to “Berapa Harga Su-35 Untuk Indonesia?”

  1.  

    tes

  2.  

    Goreng lagi bang mimin sampe gosong. Sampe pak RR bilang ‘sudah deal tinggal kirim ‘ .. hihihi

  3.  

    Takutnya pak RR membatalkan pembelian SU-35 karena kemahalan, maka untuk menghibur diri, beliau akan bilang : ” Indonesia mau berperang dengan siapa ” …… ???

  4.  

    F15 aja,,untuk pertahanan nkri kita pilih yg udah terbukti joss aja,,ntar kaya migg

  5.  

    Hore…..Tabel harga baru tanpa broker sudah keluar. Mau type G, V atau Q. Masih nego bonusannya apa. xixixi.

  6.  

    Bagaimana kalau sama TOT tambah ongkos kirim dan bantuin ngerakit jadi $ 120 per unit?

  7.  

    beli 8 full spek @85 jt … varian siap perang
    beli 8 standard @40jt … di rakit disini & nyang penting ada mesinnya
    cepetan beli pak …

  8.  

    Harga nggak masalah, yg penting murah

  9.  

    paket komplit biasanya campur telor, ada bakmi, jaisim, plus nasi selain jeroan….pak RR kalau Su-35 kemahalan dan kita gak mampu ya segera putuskan saja beli yang lain penting AURI segera dipersenjatai banyakin F16 saja tambah 3 skwadron lagi dan ganti SU-35 dengan rudal S-300/400, OHT Radar dan lengkapi dengan Pantshir S-1 semua jumlahnya sesuaikan dengan luasan NKRI supaya rakyat bisa tidur nyenyak paling tidak sampai jarak 300 s/d 400 km diluar batas terluar perairan negara semua target bisa terpantau dan bisa dihancurkan……jangan kelamaan pak RR…… amin.

  10.  

    Jika kemahalen, batalkan saja, warjager udah ga suka sm su 35 krn terlalu lama kontraknya, jika saab dan bae system bs berika tawaran yg lbh baik, knp ga diambil, skr aq lbh condong ke gripen c/d atau eurofighter typhoon atau viper…

  11.  

    Indonesia pasti beli kosongan, bung.
    “Kursi pilot harap diisi sendiri.”

  12.  

    tes

  13.  

    arep mlebu kok angel buanget bro?

  14.  

    berminat .. dikaji .. dibicarakan .. negosiasi .. digoreng .. kacang2 😀

  15.  

    Bagi indonesia menunda pembelian alusista strategis sampai 1 th kedpn merupakan keputusan yg tepat sambil meliat geopolitik pasca terpilihnya pakcik trump sbg presiden.
    Demikian ungkap sultan berjaya menanggapi pertanyyan wartawan rusia

    kedpn jika politik luarnegri USA kembali bersahabat dg indonesia Spti era suharto besar kemungkinan indonesis akan beralih ke f15 ie Untk menggantikan f5 Yg sudah uzur.

  16.  

    klu beli ya harus complete to pak… terlanjur basah ya mandi sekalian, harga mahal tp sesuai dgn kegunaan jadi negara ga akan rugi selama negara kita aman rakyatpun senang pak..

  17.  

    Segitu ya harganya?…kalo SU 30 seperti punya india/malaysia lantas berapa ya?..

  18.  

    masih tetap tawar ya… kapan manisnya ya….?

  19.  

    Makanya kalo beli sama dosbooknya sekalian jadi komplit gitu

  20.  

    Kalau begitu beli paket lengkap 1/2 skadron dulu ndak usah banyak2, tapi yang harga 120, nanti kalau ada rejeki tambah lagi, nanti kalau ada yang baru kita tidak ketinggalan….
    120 x 6 = 720, urunan para pengusaha dan donatur serta sumbangan 100 ribuan warjager #koin for sukhoi

  21.  

    duite mbah

  22.  

    Su35 gagal hihihi
    tenang no dunia ji ini

  23.  

    Sudahlah Pak Menteri, jangan dipaksakan jika hati tidak serius membeli

  24.  

    bagaimana kalau beli jet tempur nya jepang saja.. kalau jepang gak mau ngasih tot setop aja semua penjualan otomotif di indonesia.. sudah terlalu gemuk jepang di indonesia.. ganti otomotif dr korea semua aja..

  25.  

    Pesawat Kw ,
    Mudah jatuh kan pesawat nya
    Akh kw berapa nich

  26.  

    Saya mau paket lengkap tapi dengan catatan untuk radae IRBIS E dan perlengkapan sakti lainnya di pesan belakangan .artinya FIITED FOR BUT NOT WITH. jadi diawal pakai standar aja dulu nanti jika sudah ada duit maka baru dilengkapi seperti T50 .

  27.  

    Saya ingin beli paket hemat semoga awet ada atau tidak?

    Velgnya cukup pakai ring 17 Enkei
    Bannya cukup pakai Bridgestone 205-45
    Head unit ALPINE – IVA W520E
    Power amp KICKER 4 Chanel 1000 watt 1 unit.
    Power mono block KICKER 2500 watt 2 unit.
    Spekers KIKCKER QS Series.
    Sub KICKERS L7 12″ 2pcs.

    Upss salah kamar… 😀

  28.  

    Saya ingin beli paket hemat semoga awet ada atau tidak?

    Velgnya cukup pakai ring 17 Enkei
    Bannya cukup pakai Bridgestone 205-45
    Head unit ALPINE – IVA W520E
    Power amp KICKER 4 Chanel 1000 watt 1 unit.
    Power mono block KICKER 2500 watt 2 unit.
    Spekers KIKCKER QS Series.
    Sub KICKERS L7 12″ 2pcs.

  29.  

    Spek standar USD 40 juta per unit.

    Kalau yang di TOT pesawat standar, apa PTDI sanggup ? Apa PTDI nggak kurang orang ? Khan PTDI sedang kirim2 orang ke korea untuk belajar IFX.

    TOT 35% dari pesawat standar utuh. Bisa jadi TOT mesin, sebab 1 unit mesin adalah sekitar 25-35% berat pesawat. Selain itu untuk Sukhoi yang lebih sering ganti adalah mesinnya. Siapa mau belajar TOT mesinnya ? PT Barata kah ? Apa itu sebabnya Silmy Karim ditransfer ke PT Barata ?

    Mending solusinya :

    1. Beli dulu 24 unit spek standar kosongan dengan harga setara 28 unit x USD 40 juta = USD 1.120 juta dengan TOT pembuatan mesin. Hitung2 dana yg 4 unit x USD 40 juta = USD 160 juta adalah untuk bayar TOT mesinnya.

    2. Beli jaminan service, suku cadang beberapa tahun dan pelatihan pilot untuk 16 unit x USD 25 juta = USD 400 juta.

    3. Beli senjata lengkap dan radar IRBIS-E untuk 16 unit dengan nilai setara 20 unit x USD 20 juta = USD 400 juta.Dana yang 4 unit x USD 20 juta = USD 80 juta adalah untuk TOT pembuatan rudal dan radar IRBIS-E yang akan diserahkan TOTnya ke LEN dan PT Pindad.

    Dana yang dihabiskan :
    1.120 + 400 + 400 = 1.920

    USD 1.920 juta dapat 16 unit Su35S lengkap full spek + 8 unit Su35S versi standar + TOT mesin Su35 kepada PT Barata + TOT IRBIS-E kepada PT LEN + TOT seluruh Rudal kepada PT PINDAD.

    Perkiraan selesai sekitar 2020.

    Itu menurut imajinasi saya lho.

    Xixixixixi

  30.  

    Spek standar USD 40 juta per unit.
    Spek servis + training pilot + sucad bbrp tahun mesti tambah USD 25 juta.
    Spek full lengkap nggak pusing USD 80-85 juta per unit. Alias 40 + 25 + 15 = 80 atau 40 + 25 + 20 = 85.

    Tapi 80-85 juta USD itu kagak ada TOT nya.

    Kalau yang di TOT pesawat standar, apa PTDI sanggup ? Apa PTDI nggak kurang orang ? Khan PTDI sedang kirim2 orang ke korea untuk belajar IFX.

    TOT 35% dari pesawat standar utuh. Bisa jadi TOT mesin, sebab 1 unit mesin adalah sekitar 25-35% berat pesawat. Selain itu untuk Sukhoi yang lebih sering ganti adalah mesinnya. Siapa mau belajar TOT mesinnya ? PT Barata kah ? Apa itu sebabnya Silmy Karim ditransfer ke PT Barata ?

    Mending solusinya :

    1. Beli dulu 24 unit spek standar kosongan dengan harga setara 28 unit x USD 40 juta = USD 1.120 juta dengan TOT pembuatan mesin. Hitung2 dana yg 4 unit x USD 40 juta = USD 160 juta adalah untuk bayar TOT mesinnya.

    2. Beli jaminan service, suku cadang beberapa tahun dan pelatihan pilot untuk 16 unit x USD 25 juta = USD 400 juta.

    3. Beli senjata lengkap dan radar IRBIS-E untuk 16 unit dengan nilai setara 20 unit x USD 20 juta = USD 400 juta.Dana yang 4 unit x USD 20 juta = USD 80 juta adalah untuk TOT pembuatan rudal dan radar IRBIS-E yang akan diserahkan TOTnya ke LEN dan PT Pindad.

    Dana yang dihabiskan :
    1.120 + 400 + 400 = 1.920

    USD 1.920 juta dapat 16 unit Su35S lengkap full spek + 8 unit Su35S versi standar + TOT mesin Su35 kepada PT Barata + TOT IRBIS-E kepada PT LEN + TOT seluruh Rudal kepada PT PINDAD.

    Perkiraan selesai sekitar 2020.

    Itu menurut imajinasi saya lho.

    Xixixixixi

  31.  

    PILIH YG KARET MERAH PAK YG PAKE RENDANG,, EH SALAH KIRAI KEMAREN,, HHEEEE

  32.  

    .

  33.  

    Ikutin pola awal aja. harga sukro plus pencil lancip 90…termasuk tot spare part dan join produksi mesin…sementara yg jadi hambatan adalah tot yg di minta kemenham meliputi radar..guide seeker..mesin…spare part…sementara su35 adalah mainan baru.dan versi asli nya blum jatuh ke pihak nato.

    •  

      wuisss…mantap nehh…., padahal NATO soal mesin sangat pelit utk KFX/IFX EJ200 padhal hanya diminta sebagai pelengkap sahaja, padahal hanya diminta spek guna rekayas KFX/IFX secara utuh…ditolak oleh jerman katanya teknologi ini sangat sensitif…gak dikasih. entah lhoh kalau yg mesin F414 GE.

      lah ini ALF-41F malah bisa untuk di TOT bukan main memang rusia kalau dg indonesia….ibaratnya sangat loyal dan cinta serta menganggap indonesia sebagai sekutu kuat dan abadi. Sikat lah…kapan lagi kita bisa membikin mesin yg langsung canggih kayak gini.

      ckckck apalagi radar N035 Iribis E atau N036 byelka ? yg setara dg AESA radar kalau boleh kita bisa TOT kan.super wow. kalau bule2 barat kagak mungkin ada yang seperti ini….

  34.  

    Tambah radar irbis-E $ 85 juta, lumayan mahal bung.

  35.  

    klo pengen yg lbh murah beli replikanya aja yg kmarin ada di indo defens,, klo niat beli pasti ada 1001 jln, tp klo gak niat pasti ada 1001 alasan xixixix

  36.  

    ?

  37.  

    Test

  38.  
  39.  

    Ini berita su 35 mau dibeli indonesia dari kapan ya? Sebelum china beli su 35 indonesia pertama kali bilang mau beli…skr cina dah pelatihan su 35, indonesia masih nanya harga..plus tot? Minimal berapa unit klo rusia mau kasih tot? Pasti beli harus banyak baru rusky mau kasih tot..
    Klo memang kita mau tot…cari pengganti f5 tiger yg sudah mau kasih tot..klo mau yg hebat ambil su 35 sesuai budget kita..pesen skr blm tentu cepat dikirimnya..ini pendapat orang awam..terima kasih

  40.  

    Beli SU35, jangan dibatalkan,
    Menyesal absolutely belakangan

  41.  

    Su-35 batal enggak apa2, ganti dengan Pakfa,,,

  42.  

    sesuai dengan jiwa pancasila kita suka perdamaian.jadi buat apa alutsista canggih tni masih percaya bambu runcing masih tercanggih

  43.  

    Budget minim, pembelian sedikit, maunya murah terus. Tipikal emak2 belanja di pasar bgt wkwk ayo buruan lah jangan kebanyakan alasan. Ditawari F16 Viper udah tergiur lagi, macam anak smp yg masih labil.

 Leave a Reply