Des 112018
 

JakartaGreater.com – Sejumlah kecil pejuang siluman Chengdu J-20 mulai beroperasi dengan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) pada bulan Februari, dengan perbaikan desain untuk mesinnya diharapkan akan memungkinkan produksi massal pesawat akhir tahun ini.

Aviationist telah mempublikasikan foto dari pesawat tempur tak dikenal yang terlihat sangat mirip dengan J-20 China, foto itu diklaim diambil di Savannah-Hilton Head Airport di negara bagian Georgia, AS.

Keaslian gambar itu belum diautentikasi. Pejabat Angkatan Udara AS menolak untuk berbicara dengan Aviationist atas gambar yang diduga. Otoritas China, sebagaimana bisa diduga, juga sama-sama diam dan tak berkomentar apapun.

Orang yang memberikan gambar mengklaim telah mengambil foto dari tempat parkir bandara pada pagi hari 5 Desember, meminta untuk tetap anonim. Namun, menurut situs penerbangan militer otoritatif, referensi silang gambar dengan foto satelit dari bandara di wilayah Georgia tampaknya mengkonfirmasi bahwa pesawat misterius memang muncul di bandara yang bersangkutan, dengan gambar profil juga muncul untuk mencocokkan objek dibandara seperti warna dan tekstur atap dengan yang ada di foto tersebut.

Aviationist juga menelusuri di internet untuk gambar serupa menggunakan aplikasi pencarian gambar, namun tidak menemukan kecocokan. Menurut sumber situs web mengatakan pada hari Kamis siang, bahwa pesawat misterius cuma mockup, properti film atau gambar editan.

Satu hal yang mungkin menurut sumber lain adalah bahwa J-20 tersebut sebenarnya adalah model pelatihan atau mockup skala penuh buatan AS. “Perbedaan antara foto J-20 buatan China dan apa yang tampak dalam foto menunjukkan ketidaksesuaian dalam bentuk kanopi dan nozel afterburner pada dua mesin jet”, situs web tersebut menjelaskan.

Kemungkinan lain, yang lebih tidak jelas adalah bahwa “pesawat itu hanyalah sebuah pendukung untuk sekuel film Top Gun”, meskipun seperti yang ditunjukkan oleh The Aviationist, bahwa syuting untuk film itu “tidak dibuat dekat Georgia”.

Gambar itu memicu beragam komentar pada umpan Twitter The Aviationist, dengan pengguna memberi berbagai penjelasan tentang yang dilakukan oleh J-20 di bandara AS. Seperti biasa, ada beberapa penjelasan yang serius dan sebagian lain bercanda.

jakartagreater.com

  11 Responses to “Beredar Foto J-20 China di Pangkalan Udara AS”

  1.  

    sprt nya j20 pemgin kemalan sm f22 nij

  2.  

    Itu pesawat buatan iwan and bear…..
    dalam sekuel filem Top deh Agan 😆

  3.  

    Klupun mokup untuk film top gun tetap propaganda AS khas Holywood bahwa pespur dan pilotnya terhebat sejagat! Atau pilot China membelot dlm skenario filmnya.he3.ngawur.com.

  4.  

    Karena cintanya AS dengan hasil karya perusahaan pertahanan China yang berhasil membuat J-20 maka Korps Marinir AS membuat tiruan jet siluman China untuk latihan

    https://theaviationist.com/2018/12/09/usaf-confirms-the-chinese-j-20-spotted-in-georgia-is-a-mock-up-used-for-training-by-the-u-s-marine-corps/