JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 032018
 

Sukhoi T-50, purwarupa jet tempur siluman Su-57 melaksanakan uji terbang. © Kementrian Pertahanan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dua jet tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 Rusia telah berhasil menyelesaikan program pengujian selama dua hari di Suriah, sebut Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada hari Kamis, seperti dilansir dari laman TASS.

“Memang, mereka [Su-57] ada disana untuk sementara waktu. Dua hari. Selama waktu itu, mereka menyelesaikan sebuah program pengujian, termasuk untuk pertempuran”, kata Shoigu. “Saya dapat katakan bahwa uji coba tersebut berhasil dan pesawat pulang ke rumah seminggu yang lalu”.

Lebih lanjut, Shoigu mengatakan bahwa ada dua jet tempur Su-57 yang di kawal oleh laboratorium terbang dan tempat uji coba yang memantau parameter kerja daripada senjata jet tempur tersebut.

Citra satelit menunjukkan hadirnya Su-57 Rusia di Suriah. © Military Advisor/Twitter

Mengomentari citra satelit yang diunggah di Internet, yang diduga menampilkan jet tempur generasi kelima Su-57, Shoigu mengatakan, “Mengenai berbagai foto satelit, saya dapat katakan bahwa sekarang bukanlah tahun 1995 dan pesawat tersebut tak pernah berdampingan”.

“Saya tidak tahu darimana gambar yang dilepaskan diambil saat jet-jet itu disimpan di hangar sepanjang melaksanakan misi”, kata Shoigu.

Su-57 (PAK FA) melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010. Pada tanggal 5 Desember 2017, pesawat tersebut melakukan terbang perdana dengan mesin baru.

Saat ini, pesawat telah dilengkapi dengan mesin stage-on 117C. Mesin baru tersebut masih belum diberi nama sejauh dan secara konvensional disebut mesin tahap dua.

Pada bulan Agustus 2017, jet tempur generasi kelima PAK FA Rusia ini telah menerima indeks serial sebagai Su-57. Pekerjaan atas perancangan eksperimental pada jet tempur paling canggih tersebut harus selesai tahun 2019 dan pengirimannya ke angkatan bersenjata harus dimulai saat itu.

 

Bagikan:

  13 Responses to “Berhasil, Uji Tempur Su-57 di Suriah Telah Selesai”

  1.  

    “Berhasil menyelesaikan pengujian”.. jngan2 nih pesawat pernah menerobos sistem pertahanan udara milik barat..??

  2.  

    2 hari dah cukup buat bikin udara suriah sepi kah..xixixii raptor ngumpet asyikk kayaknya

  3.  

    Kalo menurut ane sehrsx Pilih SU-57 bkn SU-35 bwt ngelawan F-22 Raptor di Darwin

  4.  

    jangan2 udh lama baru di ekspose sekarang brarti benar2 siluman gak mungkin cuma 2 hari uji coba rusia biasanya ketat sampai benar2 sesuai yg diharapkan

  5.  

    SU57 pesawat baru, design baru, fitur baru, pastinya msh byk dirahasiakan kelebihan maupun kekurangannya, ttg hasil pengujian di Suriah sdh pasti di rahasiakan …
    mungkin sukses atau bisa jg perlu perbaikan apalagi kalo ada kelemahan, ya gak mungkin di publikasikan.
    proses pengujian di Suriah merupakan langkah berani Russia, minimal sbg kartu deterrent bagi keseimbangan militer di kawasan sekitarnya.

  6.  

    nah lo F-22 Raptor vs F-22 Killer.
    paman trump vs papa putin .

    akhirnya ada juga lawan sepadan F-22 Raptor.
    Indonesia wajib borong 5 skuadron SU-57 …
    lupakan F-35 .

  7.  

    Ini pesawat misterius banget…kedepannya akan semakin mengerikan…membuat NATO semakin paranoid…

  8.  

    Sukhoi Su-57 – 5th Generation Stealth Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=0JH2RAqi_-U

  9.  

    Mantap jiwa ntu bentuk n model siluman e rusia,, bener2 desain baru lepas dari jaman soviet, mantp dah

 Leave a Reply