Oct 102015
 

379453-collins-class-submarines

Memiliki karakter siluman dan sangat tenang, kapal selam Rusia juga memiliki daya tahan yang kuat, persyaratan yang disampaikan oleh Defence White Paper Australia. Setelah kegagalan Collins, Canberra perlu mengubah paradigma strategi kapal selamnya.

Armada kapal selam Australia tengah menghadapi masalah yang besar. Diganggu oleh masalah reliabilitas hampir sejak Collins menyentuh air pada 1996, enam kapal kelas Collins yang diproduksi Australia hampir mengembuskan nafas terakhir mereka. Namun, kapal selam modern yang akan menggantikan Collins masih jauh, karena kepemimpinan politik dan militer negara tersebut belum bisa memutuskan apa yang sesungguhnya mereka inginkan.

Pemerintah Australia kesulitan mengambil keputusan karena tak berpengalaman mencari perangkat militer berefek deterent sangat tinggi. Australia juga tak punya uang tunai untuk membayar biaya penggantian sebesar 36 miliar dolar AS, yang diperkirakan akan meningkat dua atau tiga kali lipat ketika kita memperhitungkan faktor biaya operasional sepanjang pemakaian perangkat tersebut.

Namun, alasan yang lebih utama ialah negara tersebut mengeksplor terlalu banyak pilihan dari banyak negara. Mereka mencari kapal dari Jepang, namun juga mempertimbangkan kapalselam milik Jerman, Prancis, dan Amerika.

Rencana utama ialah membeli kapal selam kelas Soryu milik Jepang. Namun, setelah Perdana Menteri Tony Abott yang menjadi otak kunci pembelian kapal Jepang turun dari jabatannya, lembaga pertahanan Australia kini mengekor gerak-gerik PM Australia yang baru, Malcom Turnbull, entah ke Timur atau Barat.

Calon-calon Kapal Selam Australia

Defence White Paper Australia 2013 menyebutkan persyaratan bagi kapal selam masa depan negara tersebut. Persyaratan kunci adalah kapal harus mampu melakukan misi strategis dan karakteristik siluman serta karakterisitk operasional kapal selam canggih sangat krusial. “Kapal harus mampu melakukan patroli panjang dengan jarak penuh di area yang diperlukan. Mereka juga harus berkecepatan tinggi,” terang dokumen tersebut.

Selain itu, kapal selam masa depan Australia harus memiliki jangkauan luas dan ketahanan patroli yang tinggi, lebih canggih dari kapal selam kelas Collins. Kapal selam juga perlu dilengkapi dengan fasilitas komunikasi yang aman dan bersifat real time.

Kapal Selam Siluman Rusia

Saat ini, satu-satunya kapal selam di dunia yang memenuhi semua persyaratan tersebut adalah kapal selam Rusia. Kapal selam terbaru Moskow Novorossiysk, yang juga dikenal sebagai Black Hole, memiliki teknologi siluman yang canggih. Kapal selam ini menawarkan propulsi diesel-elektrik yang canggih, kapal selam yang sangat tenang ini tak bisa dideteksi oleh musuh, sesuai namanya.

Bahkan AL AS, yang mengaku melacak kapal selam Rusia sepanjang waktu, tak bisa mendeteksi Black Holes. Kapal selam ini dapat dengan bebas mendekati pesisir pantai AS tanpa khawatir terdeteksi.

Sementara untuk kapal selam nuklir, Rusia memiliki Akula yang dipinjamkan untuk India. Pada 2012, kapal selam kelas Akula dengan misil serang darat jarak jauh berlayar di sekeliling Teluk Meksiko selama beberapa minggu tanpa terdeteksi.

Persyaratan Jangkauan

Kapal selam Rusia juga dikenal dengan jangkauannya yang luas, kerap berlayar melintasi benua dari markasnya di Arktik. Kapabilitas ini berbeda jauh dengan kapal selam Eropa, yang dirancang untuk berpartroli di perairan dangkal atau Atlantik Utara. Australia, yang memiliki perbatasan maritim sangat panjang, membutuhkan pasukan bawah laut yang dapat berpatroli baik di sisi timur maupun barat, hampir tanpa jeda.

Untuk senjata, kapal selam Rusia dilengkapi dengan rudal jelajah darat tercepat dan paling mematikan di dunia, serta senjata antikapal. Misil Granit, misalnya, dapat melesat sejauh 625 km, yang memungkinkan Angkatan Laut Australia menyerang target dari luar jangkauan musuhnya. Akula juga dilengkapi dengan rudal jelajah darat serta senjata antikapal Klub yang memiliki jangkauan 2.500 kilometer.

Berani Bertaruh?

Kasus Collins harus menjadi peringatan bagi Australia akan bahaya mengandalkan vendor tunggal. Kapal selam tersebut mengalami sejumlah masalah teknis, menciptakan mimpi buruk bagi AL Australia. Mereka berkali-kali harus diperbaiki, dan secara teknis Collins belum beroperasi penuh hingga 2004, delapan tahun sejak pertama kali diluncurkan.

Menurut Andrew Davies dan Mark Thomson dari Australian Strategic Policy Institute, bahkan setelah diperbaiki berkali-kali, kapal selam kelas Collins masih kekurangan sistem tempur dan mesin dieselnya sangat tak bisa diandalkan. Dalam laporan berjudul ‘Mind the Gap: Getting Serious About Submarines’, mereka menyebutkan bahwa biaya perbaikan mencapai 1,6 miliar dolar AS.

Dan masalah terus berlanjut. Davies dan Thomson menjelaskan, mesin diesel kapal Collins menghadapi banyak masalah, dan diperparah dengan kekurangan suku cadang. Masalah utama adalah keputusan untuk menyesuaikan mesin yang awalnya didesain bukan untuk kapal kelas Collins. Pengalaman menunjukkan bahwa mesin tersebut memiliki getaran tinggi dan kerap menghadapi kegagalan operasional.

Jelas, siluman..persyaratan yang dikeluarkan oleh White Paper, bukan karakter yang dimiliki kapal Collins.
Belajar dari pengalaman tersebut, Australia perlu memiliki lebih dari satu vendor. White Paper merekomendasikan armada berisi 12 kapal. Secara realistis, Australia dapat mencari dana hanya untuk enam kapal selam. Entah bagaimana pembagiannya, Australia perlu membagi antara, katakanlah Rusia dan Jepang, atau vendor Eropa.

Bagaimana dengan AS? Harapan Australia untuk mendapatkan kapal Amerika salah tempat karena AS tak lagi memproduksi kapal selam diesel elektrik. Bahkan jika Australia mau menurunkan standarnya dan bersedia membeli kapal selam nuklir, Australia tak bisa berharap banyak dari AS. AS sendiri tengah sibuk mengganti armadanya yang sudah mulai menua dan ia tak percaya akan teknologi nuklir dari sekutu lain, kecuali Inggris. Faktanya, Amerika menyuruh Canberra untuk membeli kapal Soryu dari Jepang, agar hubungan kedua negara semakin erat, mungkin untuk mengisolasi Tiongkok.

Sementara, sebagai kapal selam yang paling siluman dan memiliki jangkauan terluas, kapal Rusia memenuhi kriteria utama Defence White Paper. Membagi pesanan antara Rusia dengan Jepang atau Eropa akan memastikan bahwa masalah yang dihadapi salah satu kapal tak akan melumpuhkan seluruh armada.

Diplomasi Maritim

Situasi di Asia Pasifik cenderung stabil dengan beberapa potensi masalah. Hal ini terutama terkait dengan rivalitas AS-Tiongkok di wilayah tersebut. Melihat sejumlah negara Asia, termasuk saingannya yakni Indonesia, Vietnam, dan Thailand, telah memperbaharui perangkat militer mereka khususnya armada kapal selam, kekhawatiran Australia semakin menjadi-jadi. Oleh karena itu, sebaiknya Canberra mulai membangun jembatan dengan Rusia, daripada terus-terusan bersikap antagonis.

Di bawah pemerintahan Abbott, Australia mengadopsi kebijakan yang bersifat negatif terhadap Rusia. Australia harus menanggalkan pola pikir Perang Dingin dan melihat Rusia sebagai pendukung keamanan regional. Kapal selam Rusia akan melekatkan hubungan kedua negara di lingkup kelautan, memastikan Australia memiliki sekutu yang kuat di Pasifik.

Bertindak Cepat, atau Tenggelam

Akhir hidup Collins semakin dekat, sehingga Australia harus bertindak cepat. Karena tetangga-tetangganya telah memiliki kapal selam Rusia, Prancis, dan Jerman, Australia perlu bertindak sebelum sayap kapal selamnya tertinggal akibat keabaian pemerintah.

Menurut Davies dan Thomson, jika desain kapal selam masa depan diperhitungkan hari ini, dengan lini masa seperti kapal Collins, maka kapal pertama akan mengakhiri uji coba lautnya dan mulai beroperasi pada 2027, dan kapal keenam akan beroperasi pada 2033.

Itu adalah skenario terbaik. Skenario terburuk adalah Australia mungkin tak akan memiliki kapal selam sama sekali selama beberapa waktu. Dalam kasus tersebut, rencana Australia untuk menjadikan armadanya sebagai armada yang kuat, superior, dan terjangkau akan tenggelam ke dasar Samudera Pasifik.

RBTH

Berbagi

  87 Responses to “Berjaya Di Lautan Atau Tenggelam : Australia Butuh Kapal Selam Rusia”

  1.  

    Gak bakal dikasih sm putin

  2.  

    Russia strong sepertinya….

  3.  

    Pertamax

  4.  

    Australia besok jangan malu malu pesan changbogo dr PAL lhoo..

  5.  

    Perltalite

  6.  

    gax juga xD

  7.  

    Yang juga perlu didiskusikan.. sbnrnya ancaman bwh laut apa dan dr mn yg membuat australia berfikir utk mengakuisisi brg bwh laut dr rusia??

  8.  

    Ah, mana mungkin?

  9.  

    Negeri paranoid smakin bingung n klimpungan wkwkwk rasain loh

  10.  

    Kalau australia berani pesan Ks dari Papa bear. Apa tidak takut kena embargo? Atau Papa bear tidak akan mau jual barang bagus ini karena ada tekanan dari Indonesia.

    •  

      Yang nulis artikel ini aja yang lebay…

      Berikut perusahaan yang ikut tender KS aussy:
      1. Dcns/prancis
      2. Tkms/jerman
      3. Kockums/swedia
      4. KHI/jepang

      Perusahaa dari rusia ndak diundang, secara “Lain Guru – Lain Ilmu, ga usah ikut”

      •  

        @ bung Beriev sepertinya kockum berat untuk mendapat peluang paling besar adalah khi/japan dan jerman,kuda hitam france,nah paling peluang itu soryu(karena menurut info inggris lebih pro kalo aussie akusisi soryu hehehehe,kalo soal tikungan akhir dr pihak jerman siapa tahu karena perusahaan jerman juga banyak diaustralia khusus industri kapal)

        soal artikel lebay biarin saja admin sengaja kasih pancingan heheheehe

        salam damai selalu met malam:)

        •  

          Saya pegang “sortfin barracuda/dcns”…[email protected] pegang siapa?

        •  

          @bung bukek

          Sumbernya dari aussypower, dari edisi beberapa tahun lalu(carlo koop menyarankan aussy membeli alutsista dr rusia: KS, su-34, su-35, pakfa)yang sudah tdk uptodate dg progressnya saat ini

        •  

          @bung Beriev kalo alussita merek paman bear sepertinya tidak akan kalo alusita pengentar(bagi aussie lebih pro barat sama dengan induk semangnya) heheheheheh,aussie mengakuin diri nya sendiri deputi amrik diasia pasifik hehehehe ini ngomong elite aussie jadul dulu

          saya tetap pegang soryu aja hehehehe(filing saya sebenar ke geman eheheheeh g218 tipe 11 12 dengan singapore)

          met malam salam selalu bro:)

      •  

        Biasalah bung,namanya juga media,lagi pula yg ikut tender itu pas pemerintan si abott ,sekarang PMnya dah ganti,mungkin beda doktrin

        •  

          biarpun pemerintahan ganti itu kasel tetap diakusisi cuma tunggu tgl main siapa pemenangnya antara japan,jerman atau france.

          khusus tni al ini susah cbg harusnya datang 2017 itu paling cepat,kilo satupun belum ada nah paling ngenes sebenar kita bro kalo urusan diasia tenggara selain philipina negara paling besar luasnya.makin cepat makin bagus(vietnam sekarang ada kasel kilo,kalo bilang pengaruh lcs itu pasti)

          salam damai selalu bung:)

        •  

          [email protected] bukek….kpn2 mainlah ke indonesia timur,khususnya maluku….dan……papua.
          banyak surga dunia di situ,dan jgn lupa ada terutama surga bawah lautnya…..hihihihihihi,salah satunya hantu laut
          salam bung….

        •  

          @ bung blackdevil harusnya tahun kemaren ama temen mau raja ampat eeeit ngk jd hehehe,kalo dimanado ada temen(pengen main di selat lembeh,bunaken ama raja ampat hehehehe)

          sallam damai selalu bro 🙂 met malam

        •  

          Saya engga bilang media lho…tapi person yang nulis artikel ini.

          Tampaknya menikmati banget kalo nglihat pembacanya “trance”…

        •  

          kalau ke sulawesi sekalian jgn lupa bung….ke wakatobi,semoga menjadi pilihan destinasi yg menarik dan membanggakan tentunya buat kita bangsa Indonesia…salam

        •  

          @prince bejo

          Sayangnya sumber beritanya tdk diupdate lagi dg info terkini

        •  

          @bung Beriev hehehe sudahlah ngk usah dikomentarin lah

          salam selalu

      •  

        @blackdevil

        Bung punya tips wisata paket hemat ke Indonesia Timur ?

        •  

          maaf bung….saya belum ada akses sampai kesitu,,,,saya pun disini hanya bisa menikmati indahnya hutan indonesia timur,jarang2 turun gunung bung,terakhir kemarin turun gunung hanya untuk perayaan HUT TNI aja bung….hehehehehe
          maaf ya,mungkin para warjag yg lain punya…..salam [email protected]

  11.  

    Bangsa paranoid makan simalakama

  12.  

    austai…memang lamban dalam-renovasi-kasel-nya ..tidak seperti tetangga2-nya terutama indonesia..namun dengan sekutu utamanya ASU cs…tetap aja ga da yang akan menganggu austai..meski kemampuan tempurnya -masih dibawa -rata rata-…xixixiiii

    •  

      Dibawah rata2? Yg bener aja… sejarah perang tentara australia sangat panjang. Perang galipoli adl salah satunya. Akar anglo saxon mrk adalah jaminan DNA para petarung… Please jgn merasa paling jaguh, kurang pengetahuan spt katak dlm tempurung..

  13.  

    bung barakuda sebaikx kita kirim oskadon buat PM sonotan yg baru itu.hahaha

  14.  

    ayo kita kirim oskadon ke sonora sonotan hahaha

  15.  

    Ni artikel bagusnya bukan di alamatin ke oztralala aja….. tapi juga ke tetangga indonesia lainnya yang sampai saat ini walaupun sudah punya kapal selam tapi ga bisa diajak nyelam…. yang tak lain dan tak bukan adalaaaahh….

    Kah kah kah kah… 🙂

  16.  

    mimpi buruk akan hantu bawah laut tetangga mereka selalu menghantui……itulah penyebabnya!!!!!
    dan menjadi dilema buat mereka….antara berkawan atau melawan,berkawan malu-melawan hancur,,,,wkakakakakakakaka
    selamat malam para permirsa semuanya……xixixixixxixi

  17.  

    indonesia mempunyai :
    kilo yang menjaga laut dalam
    laut dangkal cbg
    tetap yang patut diwaspadai cbg buatan Pal dan kombinasi pengetahuan dengan saab serta ilmu dari rusia.
    CBG kecil tapi mematikan.

  18.  

    hahahhaaaa…rupiah-membaik-karena freeport mendapatkan perpanjangan waktu…???

  19.  

    itu tdk mungkin,,,,rusia mana mau kasih persenjataan sama musuhnya

  20.  

    Klo kasel yg gk bs nyelem mah Antatuya class bru kmaren nyelem pke pelampung :v

  21.  

    Ooooiiii ndak juga bro, soryu tuh desain asli jepang, cuma sistem aip-nya mengadopsi stirling engine buatan kockums-swedia.

    Kalo KS collins memang berdasarkan desain swedia tetapi dikembangkan sendiri mjd menjadi lebih besar…tapi kurang sukses

  22.  

    Yang punya ostrali baru pulang dari latihan bersama AL india

  23.  

    Ausi :Kacung- kacung- kacung; kasihan deh loh

  24.  

    Mungkin nti bli kasel rusianye pake 3rd hand x..lewat malon pa ga ikansinga..om putin paham kaga ye bang kire2..trus duitnye ade kaga..ape nungguin soft loan us$ 3m bayarnye pake telor kanguru..wekawekaweka..

  25.  

    bisa jd sebaliknya bung @kang somay, rbth milik rusky, itu secara tdk langsung dia menawarkan barangnya, mgkin keuntunganya slain dr hasil jualan, rusky bisa pantau/memonitor langsung kasel yg dia jual ke ausi, n klo ausi macam2 dgn kepentingan rusky bisa aja kaselnya di lock. mgkin polanya sama dgn kerjasamanya ruski ma india yg aliansinya kebarat

  26.  

    Jadi inget cerita bung.Ps..ks armada 7 asu.yg selonong boy dimari..dicegat sama ks indonesia..tapi armada 7 bingung ks indonesia nolamnye 402 ketemu lagi 402,402 lagi..malu,kaget +ngeri campur aduk …kaya ilmunye naruto bisa banyak…mudah”an bung ps msh sr dimari..salam dari ane bung…!!

    …..NKRI HARGA MATI….

  27.  

    sudah seharusnya kita harus membuat produk sendiri
    depan belakang bisa saja kapan2 saling temenan, atau kapan2 saling musuhan.
    Klo ngandelin produk barat atau produk timur, ngara depan blakang bisa saja pakai itu. Sudah tidak banyak istimewanya, apalagi barat yang ngepung bareng sekutunya. Yg kita lawan dgn produk timur, lah kalau uatu saat ada masalah dgn ngra yg pakai produk timur? dilawan pakai barat. Lah klo smuanya pada musuhin kita? kali aja yah, skenario terburuk.

  28.  

    berjaya di lautan atau tenggelam karena ombak dari Indonesia 🙂

  29.  

    Itu hanya keinginan manyoritas warganya saja yang menyadari kehebatan kasel Rusia. Kalau para pemimpinnya sih gak bakalan berani ambil. Bisa² nanti si ASU -nya menggonggong gak henri²nya. Wakakakakak!

  30.  

    Ciss…RBTH…!!!

  31.  

    Mudah2an TNI AL sdh mempelajari dan belajar dari kasus ini.

  32.  

    Semoga kita jeli bahwa scorpene tidak lebih baik dari kilo terbukti sonotan saja bisa tertarik mede in rusia ketimbang teman sekutunya

  33.  

    kasihan ama rakyat indonesia
    kasihan amat.

  34.  

    401 kemana ya?
    ntar beritanya 401 mencoba rudal jarak jauh lagi setelah di modifikasi.

  35.  

    Kalo lihat koment2 warjag di atas, keknya peluang besar si aussyy datangkan KS Soryu, jepang buung,

    Ane juga gak nyangka KS kelas Coli’s nya australia udah gak bisa apa2, malah mau tenggelem..

  36.  

    kapal selamnya ausie kayak scorpenenya malon……nyelam segan nimbul gak mau

  37.  

    Beli Changbogoh buatan PT PAL aja… dijamin ga nyesel, layanan purna jual dijamin bagus, bengkel deket, spare part terjamin

  38.  

    AL aussy/RAN memasuki titik kritis dlm menentukan desain KS penerus collins class… disamping mempertimbangkan desain dari 4 peserta tender(dcns, kockums, tkms, khi/mhi), RAN juga menggandeng 2 perush inggris(babcock&BAE) u/ merancang desain yang sesuai dg kebutuhan RAN.

    Ada bbrp hal diluar spesifikasi kapal yang diisyaratkan yaitu:
    – menumbuhkan daya serap/daya dukung industri dalam negri shg KS baru “harus” diproduksi oleh galangan kapal nasional, mampu melakukan perawatan&overhaul scr mandiri, dan menjadikan industri galangan aussy mnj pusat manufactur&perawatan KS di aspac.
    -mempertahankan kesinambungan sistem sensor dan persenjataan yang sudah diadopsi oleh KS collins shg memudahkan dlm hal operasional, logistik beserta perawatannya(Dgn sendirinya opini penulis/RBTH gugur !!)

    Syarat terakhir ternyata menimbulkan situasi yang pelik, dmn raeython/US sbg suplier CMS pada KS collins(yg mengendalikan persenjataan: harpoon, torpedo mk-48, atau bahkan tomahawk jk diinginkan) mereferensikan perusahaan jepang sbg pemenang tender, krn tampaknya US keberatan jika tender ini dimenangkan oleh kompetitor yang lain maka teknologi CMS mereka akan dipelajari pihak lain(raeython/US telah banyak melakukan kerjasama dg militer jepang)

    Dipihak aussy sendiri/dephan berbeda pendapat dg mantan PM abbot…mereka/dephan menginginkan kesinambungan teknologi yang ada pd collins class yang notabene lebih banyak mengadopsi teknologi thales/perancis : (sonar, towed sonar, periscope, propulsi dll)

    Tampaknya persaingan akan berlangsung semakin sengit setelah terjadi pergantian PM

  39.  

    harusnya aussie nyari kasel yang kebal ama NYI RORO KIDUL

    wkwkwk

  40.  

    Kecuali australi mau menurunkan standarnya dari diesel ke nuklir…. Gawat nih yang nulis masa dari diesel ke nuklir dibilan turun standar …memang kesalhan kecil tapi fatal artinya

    •  

      Kutipannya sudah betul bung, krn aussy tidak memilih tenaga nuklir sbg penggerak kapal selamnya.

    •  

      Mungkin yang dikamsyut penulis RBTH dengan “menurunkan standarnya dari diesel ke nuklir”, mengingat syarat akuisisi Kasel Oz punya fitur stealth, sedangkan mesin tenaga nuklir lebih berisik dibanding mesin diesel.

      Cmewew.

      •  

        Kasel nuklir diluar jangkauan anggaran aussy…biar negara kaya tapi memikirkan efisiensi juga.

        KS konvensional/diesel-elektrik lebih senyap dibandingkan KS nuklir hanya ketika menggunakan tenaga listriknya/baterai…tapi ketika sudah beralih ke mesin diesel, tingkat kebisingannya lebih tinggi daripada KS nuklir

  41.  

    Buat Indonesia, bisa mengambil pelajaran dr kasus ini, …………. Aushit saja sebenarnya sangat membutuhkan KS Rusia, ………….. !!!
    Kita jangan .menyia2kan Sofloan dari Rusia untuk membeli KS. Kilo Class 636 improove dan KS Amur Class, ……………… jangan beli KS. Scorpung !!!

  42.  

    Tinggal Indonesia Bisik bisik sama rusia “Jangan Jual Pempek Ke Australia” Soalnya Ausie Kan Sekutunya Paman Sam

  43.  

    putin: ,dikasih nggak yaa?

 Leave a Reply