Jul 052016
 

Lockheed Martin F-35 Lightning II adalah pesawat paling canggih dari arsenal Pentagon, namun radar powerfull over-the-horizon Podsolnukh (Sunflower) Rusia mampu mendeteksi dan melacak pesawat siluman generasi kelima yang dirancang untuk menghindari deteksi, tulis, Svobodnaya Pressa.

Radar Podsolnukh yang bersifat short-range over-the-horizon surface-wave,dikembangkan oleh Moskow berbasis OJSC NPK Niidar. Kementerian Pertahanan Rusia berencana menyebarkan beberapa sistem ini ke Kutub Utara, serta perbatasan Rusia di selatan dan barat.

Radar Podsolnukh mampu mendeteksi target permukaan laut dan benda-benda di udara pada jarak maksimum 500 kilometer (lebih dari 310 mil) pada ketinggian yang berbeda beda di atas cakrawala. Radar Podsolnukh secara simultan dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasikan 300 obyek di laut dan 100 aeral target dalam mode otomatis.

Ada keuntungan tambahan bahwa radar pesawat ini membawa ke atas meja, “pesawat siluman dengan gelombang pendek terlihat jernih seperti melihat pesawat tempur era Perang Dunia II”, ujar Svobodnaya Pressa, mengacu pada pesawat mutakhir yang telah dibuat untuk menghindari deteksi radar atau sonars, seperti pesawat F-35.

Podsolnukh Radar

Podsolnukh Radar

Radar Podsolnukh memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan. Sistem ini bisa diatur online selama sepuluh hari dengan kebutuhan tim hanya tiga orang untuk operasional. radar ini tidak membutuhkan banyak daya, mudah dioperasikan dan tidak memiliki banyak peralatan. Stasiun radar harus ditempatkan 370 kilometer secara terpisah untuk menerima cakupan yang lengkap.

Radar Laut dan pantai berbasis sistem over the horizone radar (OTHR) menjadi semakin populer di negara-negara pesisir, yang ingin melindungi zona ekonomi eksklusif mereka dari pembajakan, penyelundupan dan illegal fishing. Mereka juga memiliki aplikasi militer. Radar ini bisa mampu mengeluarkan peringatan dalam kasus invasi atau kegiatan subversif.

Tiga stasiun radar Podsolnukh operasional di Rusia saat ini. Mereka berada di Laut Okhotsk, Laut Jepang dan Laut Kaspia.

Sumber : Sputniknews.com

 Posted by on Juli 5, 2016