Nov 172018
 

Lokasi Lombrum Naval Base, PNG (google maps)

Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan bermitra dengan Australia dan Papua New Guinea untuk membangun kembali pangkalan angkatan laut Pulau Manus, di tengah meningkatnya kecemasan tentang kekuatan Tiongkok di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Australia dan Papua Nugini mengumumkan bahwa kedua negara akan meningkatkan basis Lombrum yang bobrok di PNG, yang memiliki posisi strategis karena menghadap rute perdagangan utama.

Menteri Pertahanan Christopher Pyne menjelaskan bahwa kapal-kapal Australia kemungkinan akan ditempatkan secara permanen di Lombrum berdasarkan kesepakatan itu.

Saat memberikan pidato kepada para pemimpin bisnis menjelang KTT APEC di Port Moresby, Pence mengumumkan AS juga akan bergabung dengan proyek itu. “Kami akan bekerja dengan negara-negara ini untuk melindungi kedaulatan dan rute maritim negara-negara Kepulauan Pasifik,” katanya, seperti dikutip ABC pada Sabtu.

Akan tetapi, skala komitmen AS belum jelas karena Mr Pence tidak menerangkan berapa banyak uang yang akan diberikan oleh administrasi Trump untuk proyek tersebut, atau apakah kapal-kapal AS akan secara permanen berbasis di Lombrum.

Sementara itu, pengumuman tersebut kemungkinan akan menimbulkan ketegangan dengan Beijing. Kapal-kapal Tiongkok dan AS telah mendekati konfrontasi di Laut Cina Selatan yang disengketakan dan Beijing menuduh pemerintahan Trump berusaha menahan kenaikannya di Asia.

Sumber: abc.net.au

Bagikan:

  14 Responses to “Bermitra dengan Australia dan PNG, AS Ikut Bangun Pangkalan di Pulau Manus”

  1.  

    Indonesia harus waspada dan meningkatkan pertahanan dan kemampuan tempurnya, skenario Sesungguhnya akan segera di tampilkan.

  2.  

    gagal komen, ini komen ke 4,
    tes
    tes

  3.  

    Pantesan buru-buru bangun pangkalan di sorong ngapain, bukannya berbatasan dengan philippine gak seheboh ma maling? ternyata kearah timur toh

  4.  

    bung anu kemana yach ?
    apakah dia sedang disembunyikan oleh huha, atau jangan2 dia sudah dijadikan laki simpanannya huha…..:lol:

    •  

      Bukan gue iwan & root beer, mungkin aming lee yg loe maksud lg menyeimbunyikn pria trsebut, jk tidak demikian bisa rusak cita²nya krn tdk diakui, oleh karna itu msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
      😆 😆

  5.  

    Apa apaan pula lagi itu, oh ity yaa, mmng betul aming le mash merahasiakn pria tersebut, jk tdk demikian? Bisa rusak cita²nya karna tdk diakui, oleh karna itu mash dirahasiakn pria tersebut sambil menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
    😆 😆

  6.  

    Semakin dijepit 2 kekuatan besar pemegang veto PBB, RI harus siap siaga dgn penguatan militer secara cepat juga. OPM makin besar kepala negara2 pedukungnya makin bercokol di PNG.

  7.  

    Sudah pasti itu aming lee menunggu istri sipria & keluarganya tdk ada lg kalleee
    😆 😆

 Leave a Reply