Aug 052017
 

Jet Su-35 (topwar.ru)

Moskow – Indonesia berniat membeli dari Rusia delapan pesawat tempur multirole superior Su-35 yang baru, yang kemudian jumlahnya bisa meningkat menjadi 16, ujar Duta Besar Indonesia untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi, kepada Sputnik dalam sebuah wawancara 4/8/2017.

Rusia dan Indonesia telah melakukan negosiasi selama dua tahun terakhir memasok sejumlah pesawat tempur Su-35 modern. Direktur Perusahaan Negara untuk Kerjasama Internasional dan Departemen Kebijakan regional, Rostec, Rusia, Viktor Kladov sebelumnya mengatakan kepada Sputnik, Moskow dan Jakarta telah mencapai keputusan prinsip mengenai pembelian pesawat terbang.

Su-35 adalah pesawat tempur super-manuver multi-role dari generasi 4 ++, yang dilengkapi dengan mesin thrust-vectoring, memastikan superioritas pesawat terbang terhadap jet lain dengan tipe yang sama.

“Kami hanya memiliki rencana pembelian delapan pesawat sejauh ini, namun, mungkin, seiring berjalannya waktu, kami akan meningkatkan jumlahnya menjadi 16. Kami sudah memiliki satu skadron Su-25 Rusia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi.

Dia menambahkan bahwa perundingan Rusia-Indonesia mengenai persediaan Su-35 berada pada tahap akhir, dengan ‘momen teknis’ sedang dikoordinasikan.

Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita menyatakan harapannya untuk segera menyelesaikan pembicaraan dengan pihak Rusia mengenai pembelian pesawat tempur Su-35.

“[Kesepakatan akhir akan siap] sesegera mungkin, cross your fingers (semoga terlaksana). Ada beberapa dokumen yang harus diselesaikan untuk kedua negara, penjual dan pembeli. Dan juga beberapa rincian teknis yang harus dipecahkan berdua. Penyelesaian itu tergantung pada Rusia dan juga menteri pertahanan. Hanya rincian teknis yang harus diselesaikan, sebenarnya sudah dilakukan, “kata Lukita kepada wartawan di forum bisnis Rusia-Indonesia di Moskow.

Jakarta juga mempertimbangkan dengan seksama pembelian sistem pertahanan udara Rusia, namun negara tersebut tidak berencana mengakuisisi sistem pertahanan udara S-300 atau S-400 dalam waktu dekat, ujar Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi menambahkan.

“Kami belum mempertimbangkan kemungkinan untuk membeli sistem khusus ini, namun Kementerian Pertahanan kami benar-benar tertarik untuk memperoleh teknologi baru. Sistem pertahanan udara Rusia adalah fokus perhatian kami, namun saya tidak dapat mengatakan apapun mengenai sistem ini [S-300 , S-400], “kata duta besar tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari Indonesia Joko Widodo sepakat pada bulan Mei 2016 untuk memperkuat kerja sama industri pertahanan antara negara mereka.

Pada bulan Juni, perusahaan negara Rostec Rusia menyelesaikan sebuah kontrak mengenai pengiriman pesawat tempur multirole Su-35 ke Indonesia. CEO eksportir senjata Rusia, Rosoboronexport, Alexander Mikheev mengatakan kepada Sputnik pada bulan Juli bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan mengenai pemberian pinjaman ke Jakarta untuk pengiriman jet tersebut.

S-300 adalah sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh Rusia, yang dikembangkan untuk bertahan melawan rudal pesawat terbang dan jelajah. S-400 adalah generasi berikutnya dari sistem pertahanan udara dengan tiga jenis rudal yang berbeda yang mampu menghancurkan target udara pada jarak dekat hingga jarak yang sangat jauh. Dirilis Sputniknews.com, 4/8/2017.

  63 Responses to “Berniat Beli 8 Su-35, Bisa Meningkat Hingga 16”

  1. Horeee….horeeee….akhirnya bakal nelintas diangkasa Indonesia. Selamat datang Kesatria baru pengawal nusantara.

  2. Wewww udah punya 1 skadron su 25 di rusia??

  3. horrreeee..hoorrreee..beli di beli akhirnya..

  4. berita apaan ini..diulang2 terus!!, kyk ga ada berita lain aja…

  5. Gorang-goreng ra ono rampunge

  6. 8, 10, 11, 16, yang bener yang mana ya….

  7. Walaupun sdh ada kejelasan… tp masih blm 100% fix untuk SU-35 nya… walaupun bgt beritanya sdh lumayan agak bikin lega… tinggal tunggu kejelasan jumlah yg d beli & kesepakatan pengiriman…. gpp SU-35 dulu kalo belum berencana untuk mengakuisisi sistem pertahanan udara S-300 atau S-400 dalam waktu dekat… tp paling tdk pikirkan dulu untuk mengakuisisi Pantsir yg jangkauannya lbh jauh dr pertahanan udara yg d miliki TNI selama ini….

  8. Beritanya astagfirullah bikin ngeluss dada

  9. kapan tamat nya sinetron su35 ini

  10. 8,11,16…
    Lama2 jd rahasia beli 16 ga taunya….???

  11. Keburu kiamat,,,yg 8,blm sampai,,udah mau nambah 8 lagi,,,kpn nongolx…

  12. Beli aja f16v block 72 jauh lebih bagus dari pada di 35 cepet rusak

  13. Pendapat :Jumlah pesawat yg sesungguhnya merupakan rahasia negara, pembelian alusista RI jumlahnya selalu diberitakan kurang memadai.

  14. Saya berharap lebih dari 1 skuadron. 2 atau 3 skuadron lah. Khan gahar nanti TNI kita

  15. Maksimal klo Indonesia bli psti 16

  16. Berniat, berharap, berencana, akan, awal berita baik, menuju….kiamat dah….haha….

    Tuh tetangga sebelah taun depan F-35 ude Dateng puluhan…disini masih sibuk buat berita…haha…berita su-35 tuh ude dari taun 2009 kali…hari gini 2017 masih juga akan meningkat??…Dateng juga belom…meningkat…meningkat apanya??…#Ngimpi

  17. Salut dgn pemerintahan jokowi,,, politik internasional nya pancen jooos,,,tetangga kita australia beli pesawat su 35 8….negara kita harus bisa beli lebih dari 8unit

  18. 1 skadron su-25???????

  19. sebenarnya ini kesempatan. bagus buat negara kita RI,Rusia sdg terkena embargo dari negara EROPA,USA,dan sekutunya …produk2 komoditi yg selama ini dipasok negara tersebut bisa kita ambil kuotanya selama punya produk sejenis, tukar aj sama teknologi senjata mutakhir buatan mereka

  20. gue sih seneng aje mau 8 keq, 16 keq, 32 keq………yang pasti si malon bakal jengkel kalo AU kita tambah kuat haha…

  21. Imbal dagang manfaatnya mengenslkan produk indonesia ke russis. Russia negara es gak semua tumbuhan bisa hidup jika russia menginginkan komoditas pertanian tertentu dari indonesia malah bagus. Saat kerjasama bisnis su35 selesai membuka peluang produk pertanian indonesia berjaya di russia. Kita tau russia negara besar dengan populasi besar itu adalah pasar dagang yg baik

  22. Ya di tunggu aja. Beli 1 atau 100, gak mungkin lah besok pagi dah datang

  23. Mungkin jumlah pembelian su 35 dirahasiakan :v (ghoib)

  24. selama itu bukan barang bekas yang didaur ulang/blokM/bukan tipu-tipu saya percayakan aja ama beliau2 negonya gmn, namanya juga barter beserta ToT ya pasti lah prosesnya butuh waktu kan tergantung nego+kondisi, 2 tahun mah biasa wong mahasiswa teknik selesai 7 tahun aja belum tentu jadi teknisi.. apalagi riset dr asal bhs ussr yg kyk kaligrafi itu, yg menjadi urusanku ketika barangnya ada harus ada transparansi biar rakyat tidak merasa ditipu untuk ke 1jt x-nya

  25. selama itu bukan barang bekas yang didaur ulang/blokM/bukan tipu-tipu saya percayakan aja ama beliau2 negonya gmn, namanya juga barter beserta ToT ya pasti lah prosesnya butuh waktu kan tergantung nego+kondisi, 2 tahun mah biasa wong mahasiswa teknik selesai 7 tahun aja belum tentu jadi teknisi.. apalagi riset dr asal bhs ussr yg kyk kaligrafi itu, yg menjadi urusanku ketika barangnya ada harus ada transparansi biar rakyat tidak merasa ditipu untuk ke 1jt x-nya

  26. Kami sudah memiliki satu skadron Su-25 Rusia,” kata Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi……saya cuma baca

  27. Oh gorengan dh matang ko ada s300/400

  28. jika setuju dg imbal dagang maksudnya gitu
    (jika rusia tdk mau membeli hasil kebun kita, kita tak akan menambah jumlah pmbelian su35)
    Ini strategi dagang kita

  29. Aku sih klo sukhoi 35 blm datang ke Indonesia gak akan komen. Muter terus kelamaan

  30. hm….

  31. Tumben yg komen sedikit, biasanya kan rame kalau ada berita SU 35 😀 😆

  32. gk usah nyiyir ,Su 35 love Rusia strong

  33. test koment..wes rong taon gk koment

  34. Gini yg saya mau niat 8 jadi 16..jangan yg 12 jd delapan

  35. turut senang dengan arah berita yg positif ini, semoga cepet datang barangnya, dan dilanjut dgn negosoasi s-400 nya..

 Leave a Reply