Apr 272016
 

Canberra – DCNS Prancis memenangkan proyek pembuatan kapal selam tercanggih di dunia untuk Australia senilai AUSD 50 miliar atau sekitar Rp 511 triliun. Nilai proyek kapal selam ini merupakan belanja terbesar dalam sejarah Angkatan Laut Australia.

Pemerintah Australia melalui Perdana Menteri Malcolm Turnbull mempercayakan perusahaan Prancis untuk membuat 12 kapal selam demi menggantikan kapal selam Australia yang sudah usang.

”Kapal selam ini akan menjadi kapal Angkatan Laut yang paling canggih di dunia,” ujar PM Turnbull dalam pengumuman pemenang kontrak, Selasa (26/4/2016).

Megaproyek kapal selam Australia ini akan digarap perusahaan DCNS Prancis di galangan kapal Adelaide ASC, Australia. Setidaknya 2.800 lapangan kerja baru akan ditawarkan untuk membangun armada baru kapal selam ini.

dcns aus

”Ini adalah hari besar bagi Angkatan Laut kita, hari besar bagi perekonomian abad ke-21 Australia, hari besar untuk pekerjaan masa depan,” ujar Turnbull. “Australia dibangun, pekerjaan untuk Australia, baja untuk Australia. di tempat kita berdiri ini”.

Pengumuman oleh Turnbull muncul setelah rapat kabinet dan persetujuan dari Komite Keamanan Nasional. Armada kapal selam baru akan menggantikan armada saat ini yang terdiri dari enam kapal selam Collins-class yang dijadwalkan pensiun dari layanan Angkatan Laut pada tahun 2020-an.

Megaproyek ini, sempat diperebutkan tiga pihak, yakni, ThyssenKrupp Marine Systems (Jerman), DCNS (Prancis) dan Mitsubishi Heavy Industries (Jepang). Namun, kontrak dimenangkan DCNS.

Sumber : Sindonews.com

  31 Responses to “Bersama DCNS Prancis, Australia Bangun Kapal Selam Terhebat”

  1.  

    pertamax ga ya?

    mungkin kalau ada penjelasan knapa kapal selam ini disebut tercanggih bisa membantu.
    bahaya nih aus makin tebar ancaman di maritim asia

    •  

      Tercanggih di kawasan bila benar ” memakai tenaga nuke bung csrio

      •  

        Aussie klaim akan buat kapal selem terhebat …
        disebut terhebat utk desain diatas kertas yg berlaku saat ini, kalau batch pertama selesai produksi thn 2020 maka sdh pasti produsen lain akan mengeluarkan kapal selem baru dg kualitas yg lebih hebat dari produk Aussie – Perancis.
        Ukuran hebat atau mutakhir utk kapal selem modern hanya bisa dibuktikan dlm perang di dalam & permukaan laut, mampu nimpuk kaprang, nyengat pswt terbang & nimpuk daratan dan yg terpenting memiliki kemampuan serangan senyap dan mampu kabur dlm kesenyapan lautan.

    •  

      mudah mudahan kapal selam ini bisa nyelem …..ga kayak punya sebelah kita.

    •  

      Ada nilai positipnya untuk RI agar negara kita tergerak untuk akuisisi si KILO,LADA,AMUR makin cepat xixixi…..

  2.  

    Yakin tuh terhebat didunia.
    Jgn2 si Turnbull cucu bromocorah mabuk narkoba. Maklum deh, kemarin kan cuma bs ngendarain ks collin sampah, jadi skrg menganggap ks yg agak bagusan dikit sbg yg terbaik di dunia. Wekekekek!

  3.  

    😀

  4.  

    Bagus ausit publis rencana pengadaan kasel.
    +
    +
    Konon kabarnya,benar atau tidak,indonesia menjadi pengasuh raksasa bawah laut
    Infonya dikit bung…jadi penasaran

    •  

      tepatnya kebakaran jenggot nih AUS..kawatir ancaman dari “Luar”

      satu2nya negara luar dekat dan bs jadi ancaman indonesia adalah…………………………………
      yang mereka sebut sebagai ancaman..

      bisa saya ambil kesimpulan extrem : bahwa membawa narkoba ke negara “luar” adalah salah satu upaya mereka untuk melemahkan bangsa “luar” tsb..

  5.  

    dilihat dari gambar diatas, baling baling penggerak ditutup oleh suatu kubah. mungkin untuk meningkatkan kesenyapan ya? akan menjadi laean tangguh kilo class kah?

  6.  

    Kelas baracuda tidak pakai baling2 tapi pakai sistem jet jadi lebih senyap setara dgn souryu
    Dcns berarti di kawasan asean udah ada 3 negara yg pakai dcns malaysia australia dan rencananya indonesia bye2 kilo fans

  7.  

    DCNS said in its pitch that the diesel electric Barracuda would utilise a conventional pump jet propulsion system that would be more quiet than “obsolete propeller technology”.

  8.  

    diantara semua kapal selam yang dijual prancis kayaknya cuma kapal selam malon sendiri yang dirasuah sampe gak bisa tenggelem xixixixxi

  9.  

    Jangan sampe kasus F35 menimpa kapal selam Ausit. Kepingin menjd yg paling hebat ternyata gagal trus menginstall tekbologinya. Ambisi negara usus buntu mau jadi polisi Asia yg ingin selalu lebih unggul dikawasan. Prreeettt lah

  10.  

    Ngomong doang aushit segeralah buktikan.. paling..paling morat marit di tengah jalan..paranoid..

  11.  

    kegalauan..krn indonesia mulai bisa membangun kapal selam sendiri…asal tdk seperti kasus KS colin yg gagal jadi KS tercanggih d dunia..galau2…

  12.  

    Bagus ni kalau Malaysia tindik sekali dengan pembelian ini. Malaysia pun sudah berpengalaman operasi kapal selam Scorpene dari DCNS jadi tak ada masalah dalam integrasi. Dapat kapal selam dengan kos yang lebih murah.
    Mungkin beli 2 dengan pilihan 2 (2+2).

  13.  

    DCNS terhutang budi sama Malaysia kerana pembelian scorpene pada 2002
    telah menberi nafas keewangan kepada DCNS sebab itu Malaysia diberi percuma kapal selam agosta yang digunakan krew kapal selam TLDM sewaktu berlatih diFrance yang kini dijadikan muzium kapal selam dimelaka.

  14.  

    Kapal selam Agosta to dah obsolete. kalau tak bagi, Perancis kena maintain atau lupus.

    Win-win decision. Bagi Perancis, pemberian ini akan mengelakkan kos maintenance dan kos pelupusan. Bagi TLDM, pemberian ini sebagai tanda bermulanya era kapal selam bagi TLDM. Sebagai momento…

    Sekarang dijadikan Muzium bagi meningkatkan pengetahuan umum tentang kapal selam.

  15.  

    kasel cantik dan canggih karena dr nuke ke eletrik kaselnya dengan bobot hampir same dengan barracuda

    salam damai selalu met siang:)

    •  

      sebenarnya oz ingin meminang ks nuklir, tetapi tidak ada yang mau menjualnya. bahkan sekutu dekatnya pun ogah menjual la class ke oz. demikian juga perancis. akhirnya muncullah makhluk jejadian baru ks 5000 ton pakai diesel elektrik. kemungkinan sukses mungkin hanya 50%. melihat kasus yang serupa dengan desain collin class ex swedia.

      •  

        @alugoro
        Harap jangan salah dalam komentar.

        Angkatan laut Australia tidak pernah dibeli dan tidak berencana untuk membeli kapal selam nuklir untuk beberapa alasan.

        1) Masyarakat Australia umumnya menentang tenaga nuklir. Ini berarti bahwa masyarakat tidak ingin pembangkit listrik tenaga nuklir, senjata nuklir atau kapal selam nuklir. Sebagai negara demokrasi, masyarakat harus memutuskan apa yang militer akan memiliki, dan apa yang tidak bisa memiliki. Militer Australia tahu bahwa masyarakat tidak akan menyetujui mereka membeli peralatan nuklir, oleh karena itu, mereka tidak ingin membuang waktu semua orang dan uang. (http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0301421513009713)

        2) Sebuah kapal selam nuklir penuh melebihi tujuan militer Australia. Ketika Australia bekerja sendirian, kapal selam hanya beroperasi dalam jarak dekat dengan Australia, tidak jauh dari Singapura. Satu-satunya waktu itu kapal selam Australia akan beroperasi jarak jauh jauh dari Australia akan berada di WW3, di mana mereka akan dapat menggunakan Amerika, Jepang, Korea, Filipina, Singapura, Malaysia dan semua pangkalan sekutu lainnya untuk beroperasi dari, yang berarti bahwa mereka tidak perlu kapal berbagai super panjang, seperti kapal selam nuklir. Ini berarti bahwa biaya tambahan kapal selam nuklir vs kapal selam konvensional, terutama mengingat Australia tidak ingin mengembangkan industri tenaga nuklir sipil, akan jauh lebih mahal, dan tidak akan memberikan manfaat nyata.

        Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya.

        •  

          terima kasih atas pendapat anda, pak big red. perihal pemerintah anda suka nuklir atau tidak, apakah disangkal atau tidak, kita pasti akan setuju bahwa teknologi nuklir di kapal selam adalah cutting edge technology. pastilah wajar jikalau suatu bangsa berkeinginan mencapai teknologi tersebut. dulu china juga seperti itu, tidak mengembangkan nuklir untuk persenjataan tetapi kenyataannya juga membuat ks nuklir. indiapun sama, apakah australia tidak berkeinginan ? biarlah waktu yang menjawab. seandainya yang berkata tidak ingin nuklir itu bangsa jerman, mungkin saya percaya. tetapi kalau australia yang bilang, ya saya tidak percaya.

        •  

          Ok, di sini adalah tanggapan saya.

          1) Waktu sudah menunjukkan bahwa Australia tidak ingin mengembangkan tenaga nuklir, kapal nuklir atau senjata nuklir. Pada tahun 1958 reaktor riset nuklir pertama Australia pergi online. https://en.wikipedia.org/wiki/High_Flux_Australian_Reactor. Sejak itu, Australia telah terus beroperasi reaktor nuklir untuk tujuan penelitian. Namun, meskipun memiliki teknologi untuk membangun dan mengoperasikan fasilitas nuklir (Seperti yang ditunjukkan oleh reaktor riset), dan memiliki banyak bahan bakar (cadangan terbesar uranium (https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_uranium_reserves) dan produksi terbesar ketiga (https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_uranium_production)), Australia tidak pernah mengembangkan industri nuklir.

          Hal ini menunjukkan bahwa Australia memiliki banyak kesempatan dan kemampuan untuk mengembangkan kapal selam nuklir dan teknologi nuklir lainnya, namun karena opini publik, tidak pernah disetujui. Artikel yang saya terhubung sebelum memiliki lebih banyak data pada survei diambil dari beberapa tahun terakhir, dan ada banyak data di internet survei akan kembali ke 70 ini.

          Mengapa Jerman diizinkan untuk menentang teknologi nuklir, tapi tidak Australia? Ini tidak masuk akal dan saya ingin bagi Anda untuk menjelaskan mengapa, please? Apakah Anda bukti yang menunjukkan ini?

          2) Anda benar bahwa kapal selam nuklir saat ini adalah teknologi yang paling canggih yang berlaku untuk kapal selam nuklir, tapi ada perbedaan besar antara kapal selam nuklir dan kapal selam diesel.

          Peran utama dari kapal selam nuklir adalah untuk mengambil bagian dalam triad nuklir yang sebagian besar negara memiliki. Jika Anda belum pernah mendengar tentang ini sebelumnya, itu adalah sistem dan senjata nuklir menyatakan gunakan untuk mencegah semua senjata nuklir mereka dari yang diledakkan oleh oposisi. Hal ini terdiri dari tiga bagian

          1. ICBM (Intercontinental Ballistic Missile)
          2. senjata nuklir Pesawat peluncuran
          3. senjata nuklir Submarine diluncurkan

          Ini berarti bahwa peran utama kapal selam nuklir adalah untuk duduk di laut, sering ribuan KM dari target (Di tengah Pasifik atau Samudra Atlantik) dan tinggal di sana selama berbulan-bulan sehingga tidak peduli apa yang musuh tidak, Anda masih akan mampu meluncurkan rudal mereka. Inilah sebabnya mengapa China (Target AS) dan India (Target Pakistan, dan sedikit Cina dan Amerika) dibangun kapal selam nuklir.

          kapal selam diesel bukan berfungsi dalam modus serangan. Mereka menenggelamkan kapal musuh menggunakan torpedo dan menggunakan rudal jarak jauh lebih pendek (beberapa ratus km).
          Sebagai dua jenis kapal selam melayani peran yang sangat berbeda, Anda tidak bisa mengatakan bahwa karena kapal selam nuklir yang lebih maju bahwa kapal selam diesel, mereka lebih baik dalam peran yang kapal selam diesel yang dibangun untuk bekerja di.

          Sebuah perbandingan yang baik adalah melihat jet. Jika Anda mengatakan kapal selam nuklir dan diesel adalah hal yang sama, itu adalah sama dengan mengatakan bahwa F-111 adalah sama dengan F-22. Mereka melayani peran yang berbeda sehingga mereka sulit untuk dibandingkan, dan mereka akan lebih baik untuk hal yang mereka dirancang untuk.

        •  

          berdasarkan data yang anda berikan (artikel di atas) dari tahun ke tahun pendukung teknologi nuklir untuk sipil semakin menguat. mungkin kalau dibuat polling sekarang bisa jadi lebih dari 50% setuju. saya ada pertanyaan buat pak big red, untuk kapal selam type barracuda dari dcns yang sebelumnya bertenaga nuklir, dan sekarang digerakan oleh diesel elektrik ? kemampuan yang diinginkan oleh negara anda adalah kemampuan apa ? kemampuan meluncurkan rudal anti kapal permukaan dan kemampuan serang darat dengan menggunakan vls bukan ? jikalau vls yang dituju, otomatis kemampuan yang diinginkan adalah penggunaan TALM (tomahawk bukan ?). karena penggunaan kemampuan membawa rudal sekelas tomahawk yang bisa diisi nuklir mungkin itu yang diinginkan. meskipun penggunaan talm perlu ijin dari us. sebagai sekutu dekat us otomatis kemungkinan akuisisi talm 70% disetujui.

          mengenai benar atau tidak itu semua hanyalah opini saya semata.

  16.  

    ssssttttt…. yang ada cuma KRI CAKRA 401 dan KRI NANGGALA 402
    jangan bilang siapa siapa yaa….

  17.  

    Kasel yunani bayarin saja Pemerintah Indonesia, ada 3 kasel buatan jerman Aip lg,… trs kasel nuklir inggris apa dach ada jangan 2 dah ada tp sunyi dan tersembunyi waoouuw di in dan di ex kasel diesel angka 20an pa lg klo ada dana pembelian kasel sprti artikel diatas 511T,.. indonesia bs jd luar biasa,… dengan slogan Negara Maritim terbanyak kapal selam dalam jumlah 500 Kapal Selam diesel dan 5 kasel nuklir,… ehmmmm baru poros maritim dunia,….

  18.  

    Biar pemerintah melek, beli alutsista walau kaya kacang goreng tp lengkap dan modern,…, contoh F16 viper 6, Chinook 6, S500 buat 5 Batalion, Kasel kilo 12, destroyer rusia 5, Sukhoi family Su22, 27, 30, 34, 35, T50 Fakfa) radar, plus satelit and uji kesempurnaan Rudal Lapan,… baru dipatenkan,…

  19.  

    asal jangan ngulang lagu phil collin aja deh…..

 Leave a Reply