Mar 052016
 

Juru Bicara Kongres Rakyat Nasional, Fu Ying mengumumkan pada hari Jumat (04/03) bahwa anggaran militer Tiongkok akan tumbuh antara tujuh dan delapan persen tahun ini, peningkatan paling lambat dalam enam tahun.

Seorang analis yang dekat dengan Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan bahwa kenaikan rendah itu mengejutkan, tetapi tidak termasuk kompensasi untuk 300.000 personil yang akan dipotong sebagai bagian dari perombakan militer Presiden Xi Jinping. Hal ini juga tidak mencakup pengeluaran untuk modernisasi militer jangka panjang dan penggunaan penelitian ganda.

Namun, Mayor Jenderal Luo Yuan dan peneliti Akademi Ilmu Pengetahuan Militer, Chen Zhou bersikeras tidak ada “biaya tersembunyi” dalam pengeluaran pertahanan negara. Dana akan digunakan untuk meng-upgrade senjata dan peralatan, merestrukturisasi militer dan kereta personil.

Fu Ying, spokeswoman of China’s National People’s Congress, which will open on Saturday. (Xinhua)

Fu Ying, spokeswoman of China’s National People’s Congress, which will open on Saturday. (Xinhua)


Pengumuman anggaran datang setelah para ahli militer dan pejabat mengatakan tentara membutuhkan peningkatan anggaran 20 persen pada tahun ini untuk menutupi program modernisasi dan tantangan di Selatan dan Cina Timur laut. Hal ini juga diperlukan sebagai dana tambahan untuk pensiun dan membayar redundansi.

“Saya tidak bisa percaya. Saya pikir [Fu] mengatakan kenaikan anggaran tahun ini akan menjadi tujuh sampai delapan persen lebih dari pertumbuhan tahun lalu 10,1 persen, sehingga 17 sampai 18 persen, ” kata seorang kolonel senior di Beijing.

Kenaikan ini merupakan yang terendah sejak tahun 2010 ketika Beijing mengumumkan kenaikan 7,5 persen.

Sumber lain yang dekat dengan PLA mengatakan kompensasi PHK tidak akan dipublikasikan.

Pada hari Kamis, Letnan Jenderal Wang Hongguang, mantan wakil komandan Komando Militer Nanjing, mengatakan bahwa militer memerlukan dana besar untuk menutupi biaya yang terkait pemotongan personel. Tiongkok sedang mencoba untuk memodernisasi militernya dengan menata ulang komando militernya dan membangun fasilitas di Laut Cina Selatan.

Beberapa fasilitas Laut Cina Selatan juga dapat diklasifikasikan sebagai infrastruktur sipil atau maritim sebagai bagian dari “One Belt, One Road”.

Ahli angkatan laut, Ni Lexiong mengatakan kurangnya anggaran dari perkiraan kenaikan bisa menjadi pesan bahwa Tiongkok ingin menyelesaikan sengketa teritorial melalui cara-cara damai. Lebih lanjut, Ni mengatakan bahwa berbagai masalah dalam negeri, termasuk pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat, menjadi waktu yang bukan tepat untuk meningkatkan belanja militer.

South China Morning Post

 Posted by on Maret 5, 2016

  22 Responses to “Bersengketa, Tiongkok Alami Penurunan Belanja Militer”

  1.  

    Pertamax

  2.  

    Kmrn beritanya naik 20% skrg mlh turun.. wkkk ini njiplak cara sini nih kdg naik kdg turun.. hikss sekali ini akhirnya ada yg bisa mereka jiplak dr sini

    Naik..turun..
    Naik..turun..

    Kyk moncong s400 bisa naik bisa turun..

  3.  

    China ngaku komunis juga tetap bayar pajak. Ayo bayar pajak ga harus ke kantor lagi.

  4.  

    Woow..300rb tentaranya akan di phk dg kompensasi..meski dana kompensasinya gede kan berbahaya klu orang2 dg keahlian militer nganggur..bisa dimanfaatkan oleh organisasi2 kejahatan utk direkrut IMHO

  5.  

    Makanya..jgn napsu gede pengadaan senjata.pesawat yg banyak..sekarang repot sendiri ..perawatan.y..hadeh2 untung pemimpin RI udah cerdas biar sedikit2 tp terukur..ga kaya dulu pengadaan.y cukup banyak tp tdk terukur semua tdk lengkap dari radar.y lah .senjata.y ..dll..tinggl pemerintahn sekarang kerepotn melengkapi..tu..para warjgrt liat..beli jgn asal banyak..

  6.  

    di indonesia buruh yang di PHK di tiongkok tentara nya yang di PHK
    ni negara…

  7.  

    kerepotan sendiri dng ambisinya……
    NKRI sluman…slumun…slamet….
    alon2 penting banter….wkakakaka…

  8.  

    Ini hasil pembicaraan analysis militer jg ahli strategi militer yg dulu pernah menetap agak lama di bali jg Singapura.

    Tentu tlah di sederhanakan bahasanya biar mudah di cerna.

    # Mengenai militer indonesia #

    Militer indo saat inisudah propesional itu bgs mskpn hrs byk penyempurnaan.

    Pasukan khusus indo bagus.
    Militer bangsa yg kaya harus di takuti negara besar biar tidak mudah di tekan tp tidak dg cara cara yg indo jalan kan dlm memperkuat militernya.
    Itu salah besar dan kedepannya semakin salah besar.
    Negara besar sama sekali tidak tkt selama negara tsb tidak memiliki pertahanan yg bagus dan senjata yg bisa menyerang/membalas langsung sampai daratan negara besar.

    Indonesia harus fokus di pertahanan dulu artinya fokus di rudal dan pendukungnya spti saelit dan radar.
    Ini dulu indo hrs miliki dan kuasai.
    Fokuskan dana yg indo py terbatan disni dulu sampai mampu.
    Angkatan darat sudah besar pertahanan bagus ini sangat mengerikan bg negara besar.
    Jadi rudal dan pendukungnya ini yg utama maksimalkan dana disitu.

    Mengenai angkatan terbang
    Memang dlm perang midern ini sbg segalanya..
    Bisa menguasai udaranya maka dg mudah mengusai daratannya.
    Tp meskipun bgtu tidak akan bisa menguasai wilayah udaranya kl pertahanan udaranya bagus.
    Rencana indo membeli SU35 adl sesuatu yg tidak tepat dan pemborosan dg dana terbatas lagi pula untuk alat angkatan terbang masih py block barat yg terbaik hal ini terkait elektronik dan mesin, barat masih jauh lebih bagus dari timur kecuali rudal dan nuklir blok timur bisa sejajar dg barat.
    Negara lain bahkan yg kclpun jg bisa beli pesawat bagus.
    Semua yg di expor dilemahkan kemampuaanya jadi negara siapa yg menjadi sekutunya negara produsen akan selalu unggul.
    Ingat indo negara nonblok jadi semua hanya teman tp bkn sahabat yg mau sehidup semati sbg aliansi.

    Mengenai angkatan laut
    sdh bagus poros maritim tp produksi pt palnya itu harus lbh serius lg dan di tingkatkan komponen lokalnya
    Suatu alat perang tidak akan bisa menakuti tanpa eletronik pendukungnya.
    Indo sudah bagus berusaha mandiri pada kapal selam. Ini bagus,sesuatu yg ditakuti negara besar karena sampai saat ini masih sangat terbatas teknologi yg benar benar baik mencari keberadaannya jg sangat terbatasnya kemapuannya.
    Ini sangat bagus sekali lagi.
    Indonesia kurang sehati dg banyak negara asean jadi alat perang spti kasel hrs dari rusia/cina karena mereka rata-rata pihak barat.
    Indonesia punya kasel banyak maka indonesia besar kemungkinan bisa sabotase apapun yg bergerak di air di manapun letaknya di dunia ini bahkan besar kemungkinan bisa menembus daratan negara besar.
    Ini akan sangat sulit jaman skrg di lakukan oleh angkatan terbang apalagi memakai teknologi negara asing.

    Jadi intinya begini kesalahan kesalahan dlm straegi akan kasat mata terliat skrg tp akan tampak jelas pd waktunya.

    Ini hanya share pendapat ahli strategi dan analysys militer asing.
    Sekali lagi akhli
    Masih byk sbtle tp tangan keburu keriting duluan

    Jadi jg senang dulu yg hoby SU35 ya. . Wkwkwk. .

    •  

      Arhanud nya yg masih kurang greget. Tak perlu repot-repot kirim pespur dan bomber, kirim cruise missile dari jarak jauh udah pada panik Jendral nya…..xixixixixixi

    •  

      Ini hasil curhat seorang sahabat penerbang sukhoi =

      Kalau “pengamat” (bukan pilot tempur) “pro” SingaPORK atau ASStralia pasti ngomong gitu !!!

      Mereka tidak akan punya air superiority jika Indonesia pakai sukhoi, dan USA tidak mungkin jual F22 yang super mahal sebelum generasi lebih tinggi operasional.

      Dan pesawat barat yang dijual di Indonesia selalu lebih rendah speknya !
      Selama bertahun2 para penerbang Indonesia selalu kalah dog fight dan BVR fight.

      Sahabat adalah penerbang sukhoi dan Sukhoi SU35 dan PAK FA harus dibeli, serendah – rendahnya mutu export sukhoi, masih lebih efektif dan kuat dari western fighters.

      Untuk Indonesia, Rosoboronexport hanya mengurangi dan menambah atas “PERMINTAAN” indonesia.
      Sukhoi is a state of the art of this decade and the decades ahead and very useful to improve L-FX development batch 3.

  9.  

    yup…..cina itu ras busuk , licik,rakus,curang mau menguasai segala nya termasuk yg bukan milik nya……spratly itu 3000 KM jauh nya dari pantai cina dan cina bkn negara kepulauan tapi mereka klai termasuk perairan natuna

    cina gk akan enang kalo perang gk ada sejarah nya dan gk ada negara yg bantu cina

  10.  

    Lebih brengsek & gak tahu malu, lihat aja perilakunya di LCS. Dia berhadapan dg neg2 di ASEAN /Pasifik, termasuk Jepang, US, Australia. Pantas dihajar rame2.

  11.  

    MODUS,.BIAR NEGARA TETANGGA LENGAH,KRNA CINA TAU NEGARA TETANGGA AKAN MENAIKAN ANGGARAN MILITERNYA,..DAN JIKA NEGARA NEGARA TETANGGA PERCAYA DAN TDAK MENAIKAN ANGGARAN MILITER MAKA AKAN JD MIMPI BURUK DISAAT TRJADI PERANG MENDADAK,….DAN YG DI INGINKAN CINA IALAH BAHWA NEGARA TETANGGA HRS TETAP LEMAH ……

  12.  

    Selamat malam bung colibri.selamat dtg kembali.sy sempat bingung ketika anda ngak ada..ada kabar;klu anda gugur ketika kecelakaan tukino..trus ada kabar lg klu anda gugur di tangan intel malon..sy selalu berdoa kpd tuhan.agar anda selamat.dan anda kembali lg dgn selamat.ucap syukur kpd tuhan.yg selalu melindungi hambanya.AMIN

    •  

      Selamat malam juga bung Pengawas…… terima kasih sudah diperbolehkannya saya bergabung kembali di forum ini, terima kasih juga atas do’a2nya….

      Semoga bung Pengawas dan keluarga juga selalu dalam lindungan-Nya, selalu diberikan berkah, hidayah, keselamatan, kesehatan dan sukses dalam setiap langkahnya….. amin ya rabbal alamin….

      Salam NKRI…

  13.  

    mf bung @po gak usah rasis, kasian sdara kita warga kturunan yg dimari, biar pas pake kata thiongkok, salam persatuan

    •  

      E..eh.. ada bung Asbun lagi tegur2 rekan yg suka nyolong mangga… heeeee…

      Ane sokong dah statement no rasis bung Asbun….. rasis cuma berlaku di negara tetangga utara Indonesia saja !!… xixixi…

      Met malem bung Asbun…. sukses ya….

      •  

        bung @Colibri yg bung @pengawas bilang bener, malah dirimu digosipin si warga asean diculik intel malay, trus ane jelasin klo dirimu direkrut PT Dahana buat ngembangin ranjau pisang xixixixixi.
        salam sejahtera buat bung sekeluarga

  14.  

    bung @Colibri yg bung @pengawas bilang bener, malah dirimu digosipin si warga asean diculik intel malay, trus ane jelasin klo dirimu direkrut PT Dahana buat ngembanginbranjau pisang xixixixixi.
    salam sejahtera buat bung sekeluarga

    •  

      Aya2 wae sampean bung Asbun !!!… kwak…kwak…kwak…

      Tapi tidak tertutup kemungkinan ide bung bung Asbun ini didenger sama orang litbang dephan terus ditindaklanjuti (edisi mimpi)…. kwak…kwak…kwak….

  15.  

    mau turun tetep aja msh banyak itu duit 😛