Feb 142014
 

art-war

Sikap Timor Leste yang membuka diri bagi militer China sebenarnya tidak mengubah doktrin pertahanan Indonesia yang masih defensif-aktif,belum menuju preventif apalagi pre-emtif.

Doktrin preventif mengatakan bahwa kita harus menghancurkan musuh dalam perjalanannya menuju wilayah kita. Ini berarti sudah ada suatu gerakan yang mengancam yang terjadi dan bukan hanya sekedar potensi. Biasanya musuh dihancurkan melalui serangan udara atau pertempuran di lautan sebelum menyentuh tanah wilayah kita.

Jika perang terjadi dengan negara yang memiliki perbatasan darat dengan kita, maka musuh dihancurkan di wilayah musuh yang menjadi jalan menuju wilayah kita. Hampir semua negara dengan kekuatan militer yang cukup, memiliki doktrin seperti ini. Jadi, doktrin preventif sifatnya menghancurkan gerakan agresi musuh di perjalanan sebelum mencapai tanah wilayah kita.

Doktrin dapat didefinisikan sebagai “Prinsip-prinsip dasar yang mengarah-kan kekuatan militer untuk melaksanakan kegiatannya dalam rangka mendukung tercapainya tujuan nasional. Kualitas KEPEMIMPINAN mungkin merupakan kunci terpenting dari semua masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan doktrin, karena tanpa adanya semangat moral dan kejujuran mustahil doktrin diaplikasikan dengan baik.

Hakikat Ancaman (The Nature of Threat) adalah segala sesuatu yang mengancam atau membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan bangsa Indonesia yang merupakan kepentingan keamanan nasional, baik dari segi sumber ancaman (ancaman dari dalam negeri, luar negeri dan azimutal), dari segi macam ancaman (ancaman militer atau non-militer), maupun dari segi aktor ancaman (ancaman suatu negara atau bukan negara).

Sumber ancaman (the source of threat) terhadap “Keamanan Nasional” menjadi semakin luas, bukan hanya meliputi ancaman dari luar (external threat) atau ancaman dari dalam (internal threat), akan tetapi juga ancaman azimutal yang bersifat global dari segala arah dan berbagai aspek, tanpa bisa dikategorikan sebagai ancaman yang datang dari luar atau dari dalam.

Apakah Timor Leste nanti bisa dikategorikan sebagai perang proxy ?
Perang proxy adalah perang yang dilakukan antara negara-negara dengan memanfaatkan aktor negara atau non-negara untuk melawan atas nama mereka, serta memanfaatkan negara lain sebagai arena perang. Setidaknya satu dari mereka menggunakan pihak ketiga untuk melawan atas namanya.

Jenis dukungan yang diberikan oleh negara-negara yang terlibat dalam perang proxy akan bervariasi, namun dukungan keuangan dan logistik biasanya selalu disediakan. Contoh: Perang Vietnam dan Perang Korea. Kita bisa nunut kepentingan perang proxy yang dilakukan China dengan membuat pangkalan militernya di Timles.

AJancso / Shutterstock.com

AJancso / Shutterstock.com

China mungkin punya strategi

Jia dao fa guo yaitu Memperoleh JALUR AMAN untuk menaklukkan negeri Guo
Merujuk pada kisah Jin Xian Gong (Duke Xian of Jin).
Negeri Guo(oz) sering menyerang perbatasan Jin.(china)
Duke Xian kemudian berharap dapat menyeberangi wilayah negeri Yu (Indonesia)

Negeri Yu (indonesia) ada diantara negeri Jin (china) dan negeri Guo (aushie). Yu memberi izin lewat pasukan Jin, SETELAH Jin menghancurkan Guo, mereka lalu pulang ke Jin sambil menghancurkan Yu di tengah jalan. Yu yang LENGAH dapat dengan mudah dikalahkan.

Sedangkan Indonesia bisa menganut strategi.” Berteman dengan negeri yang jauh, menyerang tetangga dekat” .Taktik ini diajukan oleh Perdana Menteri Fan Ju dari Kerajaan Qin. Fan Ju (menhan) menganjurkan pada Raja Zhaoxiang (presiden) agar berteman dengan Yan (Rusia) dan Qi (China) yang jauh untuk menyerang Zhao, Han dan Wei (anda tafsirkan sendiri negerinya ) yang negara tetangga sebelah Qin (indonesia).

Sun tzu berkata “And thus, the weapon not being blunted by use, its keenness remains perfect.”
Dan dengan demikian, senjata tidak tumpul oleh penggunaan, ketajaman yang tetap sempurna. ”
Dalam bahasa jawa dapat diterjemahkan “Ora usah tandang gawe, waton alus gelungan e” 😀

Biarkan tetangga selatan SIBUK dengan kehadiran ancaman baru dari Utara yang membuat mereka paranoid dan demam akan kehadiran China. Sedangkan Indonesia yang digadang bisa dijadikan bemper menhadapi serangan dari utara malah di sia siakan dan dimusuhi, maka kehadiran China langsung di utara mereka membuat bingung dan akan menguras tenaga mereka untuk menyikapinya.

Sedangkan Indonesia bisa berkonsentrasi menumbuhkan ekonominya dan kekuatan militernya untuk menguatkan sendi sendi pertahanan kedaulatan negeri yang MANDIRI.

WASPADA dengan segala bentuk ancaman dari utara barat dan timur.

Sambil mengantisipasi pasukan Jin yang akan menyerang negeri Guo, agar pulangnya tidak menggebuk negeri Yu ini. (written by Satrio).

  83 Responses to “Berteman dengan Negeri jauh, Menyerang Tetangga Dekat”

  1. Salute, bung Satrio. Konsentrasi sambil waspada! Sebuah esensi pertahanan yang ciamik tenan..!

  2. INDONESIA…smoga di tengah ke tegangan kawasan para pemimpin kita dapat lebih b’sikap arif dan bijak sana dalam menjaga IBU PERTIWI dan segenap tumpah darah INDONESIA tentu tak t’lepas dari militer yg kuat dan p’senjataan clas satu,,

  3. hehehe pelajarn tuh,, krna us +sekutu udah lebh dr 5 dekade mempelajar penangkali strategi yg penulsnya msh kontroversi,,

    udah di kita ada strategi gaja mada,, xiixiixixixi emg ada ya ?

  4. tumben belum ada yang koment.. gara2 gnung kelud kali 😀
    PERTAMAX

  5. eee ndax jadi pertama hehehe… 😀

  6. sebaik baik strategy adalah mengerjakan perintaah atasan (presiden)
    biarkan mereka (atasan) yang memkrkann strateginya,,

    semua strategi pda dasarnya di ciptakan untuk memenangkan pertempuran dan peperangan,, kalau strategnya di jalankan dengan baik, dari atas hingga tngkat plg bawah mudah2an kesemptan menang akan bertambah, sisanya tuhan yang menentukan..

    artinya hanya 1 oranglah (si pemiik strategi) (presiden) yang berhak memerintah,,

    ga bisa kita bayangkan jika ingin menggerakan satu buah pion di titik H1 eh si pion pengenya di Q1,,,
    mo pke strategi se hebat tsun ju pun ga bakalan menang dah

  7. Indonesia bisa bersikap keras dan meladeni frontal provokasi Australia yg overconfidence berkat kehadiran USMC di Darwin. Atau, welcome dgn kebangkitan China dan memanfaatkannya untuk mempertahankan keseimbangan kekuatan di kawasan dekat rumah.

    Yang pertama akan membuat Indonesia bersebrangan dgn poros US, dan yang ke dua akan membuat Indonesia dibutuhkan dan jadi punya daya tawar tinggi. Jika yg pertama yg terjadi maka selain kita terancam oleh aksi hukuman pihak barat, juga akan melemahkan daya tawari kita di mata poros timur yang menyadari posisi kita kepepet dan butuh bantuan

    Australia bukan musuh, dan China bukan teman. Indonesia on its own side

    • loe kirim kapal boat pengungsi ke mare,,ane bales kirim batle group musuh lu kesono hehhehe

      Bdw makasih bung diego dibuatin artikel,

    • Sepertinya yg kedua yg lebih baik. Menang tanpa berperang, tanpa sebutir pelurupun
      yg dikeluarkan, tanpa keluar duit, cukup duduk santai dipantai selatan sambil memandang
      ke langit melihat bulan yg sedang purnama dihiasi pijaran kembang api yg dimainkan oleh jin
      dan guo dng diiringi lagu ” Kemesraan ” dari iwan fals. 🙂

      PRAY FOR KELUD..

  8. Sun tzu berkata “And thus, the weapon not being blunted by use, its keenness remains perfect.”
    Dan dengan demikian, senjata tidak tumpul oleh penggunaan, ketajaman yang tetap sempurna. ”
    Dalam bahasa jawa dapat diterjemahkan
    *// “Ora usah tandang gawe, waton alus gelungan e” 😀 //*

    Nah yg ditandain, bahasa jawa…terjemaahan Indonesia nya apa ya…?

  9. teman2 ada yg tau knp indonesia sekarang thn 2014 malah peringkat 19 frediksi global firepower military..
    turun dari peringkat 15 pd thn 2013.. padahal panglima TNI saat baru menjabat menginginkan indonesia masuk 10 besar dunia… ???
    bung satrio/bung diego atau teman2 yg lain bisa kasih pencerahan knp?

    http://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp

    • @ andri cahyadi

      PERTANYAAN YANG BRILIAN DAN CERDAS…

    • ekonomi melemah, infrastruktur lambat, mata uang terjun bebas, cadangan devisa tergerus, etc

      GFP adalah perhitungan menyeluruh potensi suatu negara berhubungan dengan ketahanan nasional, bukan hanya jumlah dan type alutsista. yang dibandingkan adalah jika terjadi perang terbuka all out dgn menggunakan semua potensi yang ada tanpa memperhitungkan fakta pertahanan, aliansi dan kekuatan nuklir.

      Alutsista boleh meningkat tajam, tapi jika ekonomi melemah ya tentu ada poin yang dikurangai, dan cuku besar pula. sebelum perang militer terbuka dgn kekuatan otot, perang dilakukan lewat jalur politik dan ekonomi.melemahkan ekonomi Indonesia dan menimbulkan perpecahan dalan NKRI adalah suatu hal yang masuk agenda asing. Di sini, posisi China yang adalah mitra dagang terbesar RI dan kekuatan penyeimbang di kawasan sangat strategis

  10. Maaf diluar konteks……

    GFP…. Indonesia terlempar ke urutan 19…. Alutsista memang terus nambah tapi ketengan….:D

  11. GA berpengaruh gan.. bagi saya indonesia di peringkat 100 pun tetap indonesia namnya,,sekalipun usa nomor urut 1 plus,, kalau mereka nyerang ya kita serang,
    wktu jamn pra kemerdekaan lihat posisi kita nomor urut brp..??? trus yang kita lawan negara mna saja yang nomor urut brp,,

    globalfire power bukan acuan… di akui atau tdk, MERDEKA ATAU MATI. merdeka lah

  12. Ane lanjutin cerita ane disinia aja

    Armada batle group negeri Jin berlayar di utara perairan negeri Guo
    Setelah melintasi Alur laut kepulauan negeri Yu
    Armada negeri JIN makin mendekati pulau paling utara negeri Guo (pulau nata Lau) yang kabarnya hanya berisi pengolahan tambang fosfat dan fasilitas penampungan para asylum seekers ,,konon pulau itu banyak dihuni oleh warga keturunan negeri JIN

    Negeri Guo panik akan keberadaan armada laut negeri Jin yang mendekati pulau itu
    Maka dikirimkan burung pengintai membayangi armada laut tsb memastikan bahwa armada negeri JIN tidak melanggar garis batas teritorial negeri Guo
    Apakah negeri Guo panik dengan fasilitas yang disembunyikan dipulau itu diketahui dan bisa dilacak oleh negeri Jin dan negeri Yu ?

    Apa sih fasilitas didalam pulau nata lau sehingga negeri Guo harus panik untuk diketahui
    padahal di baratnya masih ada pulau cocosin yang sdh jelas dipakai negeri sampektung buat tempat piaraan burung pengintai

    Pulau Nata Lau DULU disiapkan negeri Guo untuk menerbangkan wahana antariksa dikarenakan posisi geografisnya yang menguntungkan .ASPC didirikan bekerja sama dengan negeri yang banyak beruang nya..tetapi dlm perkembangannya negeri banyak beruang itu malah memilih salah satu pulau di negeri Yu untuk meluncurkan wahana antariksanya

    Pulau dibarat daya negeri YU ini pada tahun 1957 masuk ke kedaulatan negeri Guo

    Agama Islam di pulau itu juga berkembang dipeluk oleh sekitar 25 persen dari penduduknya Terdapat satu masjid yang menjadi pusat kegiatan agama muslim setempat. namanya Masjid At-Taqwa, Beberapa muslim juga menyebutnya sebagai masjid kampong ,karena mirip masjid masjid yang ada di negeri YU
    Ada Pusat Penahanan Imigrasi berisi sekitar 800 tempat tidur,yg dibuka sejak 2006

    Tetapi menurut kabar burung dari negeri Yu dipulau itu ada semacam fasilitas untuk perang elektronik EW
    Konon Kapal tempur negeri Yu pernah dikerjain dan dijamer sehingga sempat buta
    dan signal jamer tersebut berasal dari pulau nata Lau
    Kapal tempur negeri YU berjenis fregat Seluruh channel komunikasinya down, hanya keluar statik/noise. Radar nya sempat lumpuh.itu dikarenakan fregate itu masih memakai CMS dan perangkat perang elektronik UA-8/9 intercept bikinan kelompok dari negeri Guo dan sampektung (barat)
    Negeri Yu bahkan kasih info di band dan frekuensi berapa si jammer negeri Guo itu main-main. Kebetulan, 2 destroyer 052C negeri Jin yg jalan-jalan itu dibekali perabot ESM baru.

    Dipulau Nata Lau ternyata ada fasilitas Ground-based Common Sensor-Heavy (GBCS-H) yang aslinya milik negeri sampektung.
    Tau bahwa armada negeri JIN mau ngerjain”jammer negeri Guo.
    Maka Jamer negeri Guo tidak KEPANCING untuk menyalakan emitter-nya,
    hehehehe asem tenan

    • bung satrio,, berhubung tdk semua warjag d sni termsuk (saya) org berilmu tinggi tolong bahasanya diperingkas atau plg tdk diper aplah namnya agar supya kita bsa memhami,, dan plg pentng bisa mengambl pelajaran ckckckck

      kalu bahasa jin yu jang guo sulit bagi kami atau saya untuk mengerti,, mklum pengetahuan soal pertahanan belum smp ke arah stu…

    • wizz…manuver di daerah kanjeng ratu…bung? menurut anda phinisi kita di blambangan dikerjain juga prewangan kajeng palang?

    • Bung taufik cooy,
      Saya bantu memperingkas supaya anda paham
      Ternyata setelah sekian lama pulau Nata Lau di amati oleh armada negeri JIN dng
      dibantu oleh negeri YU, hasilnya sangat dan sangat membuat kedua negeri ini
      terperangah dan sangat terkjut. Mengapa bisa demikian.? Begini riwayatnya.
      Setelah dicermati dan diamati melalui satelit bertahun2 oleh kedua negara, maka akhirnya
      didapatlah gambar dari satelit pengintai, namun karena teknologi satelit yg digunakan masih
      memiliki resolusi pencitraan gambar yg rendah,maka hasil gambarnyapun tidak dapat
      terlihat dng jelas dan tidak bisa terprediksi serta menimbulkan multi tafsir, apakah itu fasilitas nuklir atau itu fasilitas peluncuran senjata nuklir atau fasilitas militer lainnya yg sangat rahasi.
      Maka diputuskan oleh kedua negera (JIN dan YU) untuk membuat satelit dng teknologi sangat canggih, yg dapat menghasilkan gambar pencitraan yg sangat jernih dan sangat jelas serta beresolusi tinggi. Setelah melalui proses yg lama dan biaya yg sangat mahal akhirnya satelit berhasil diluncurkan.
      Satelitpun mulai menjalankan aksinya mencermati pulau Nata Lau. Pada akhirnya setelah melaluipenantianyg lama negara JIN dan Yu mendapatkan hasil yg sangat memuaskan (bahkan konon kabarnya dasyat dan diluar expektasi) dari kehebatan satelit buatan mereka. Pemimpin kedua negara bersulang dalam jamuan makan malam pada pertemuan bilateral tingkat kepala negara untuk merayakan kesuksesan mereka.
      Apakah gambar yg ditangkap oleh satelit mereka sehingga membuat mereka sangat bahagia.?
      Ternyata kedua negara (JIN dan YU) sangat senang bahwa Negeri Guo telah menyediakan fasilitas umum buat warga pulau tersebut yaitu berupa ” Kamar Mandi dan WC Umum ” seperti yg terlihat dalam gambar satelit mereka. Karena fasilitas itu juga banyak terdapat di negeri JIN danYU. 🙂

      Just kidding…n dont be mad…sorry.. 🙂

  13. Semua radar dan sensor negeri guo diaktifkan termasuk radar Jindale,AMIZ yang menjangkau 1.000 mil wilayah laut hingga ke wilayah negeri Yu diaktifkan dan dipantengin untuk mengawasi gerakan armada negeri JIN
    Pesawat pengintai yang diterbangkan oleh negeri guo untuk mengawasi armada calon musuhnya itu hanya sempat melakukan satu manuver dan langsung pergi itu dikarenakan pesawat pengintai sudah dilock terus oleh radar MR-331 Mineral milik si Haikou.Destro negeri Jin
    pesawat pengintai Cuma fly pass satu kali dan langsung kabur, takut salah satu tabung VLS HQ-9 milik kedua destro kebuka 😀

    Misi lain Armada Jin mengarungi lautan selatan dan akan kembali melewati alur laut kepulauan yang lain yang dimiliki negeri Yu ..yaitu armada Negeri Jin mau mencoba kesiapan pergelaran radar maritim negeri Yu yang di beberapa titik konon atas bantuan/hibah dari negeri Jin..
    7 radar survellance baru yang negeri Jin berikan secara gratis untuk negeri YU akan dicoba bagaiman performancenya
    Test akan teknologinya sendiri

    sudah ahh ceritanya

    • itukah yang membuat indonesia collingdown dengan negri guo??

    • 1. jadi bisa di tebak akir certa jin menyerang yu setelah mengalahkan guo ? lalu ap yan akan di lakukan orang2 pintar negri yu untuk menrubah alur certa di ats ??? sehingga negri jin tdk tdk semena2 ancang2 menguasai dunia..?

    • wah..manuver hanzou class begitu ya bung diam-diam?…

    • @ Bung Satrio
      ehehehe… bahan lama diskusi kita awal puasa tahun (warung sebelah) lalu di beber lagi di mari…
      tapi prediksi ane tetep bung… TUMPAH DARAH.

      1. Pasca pemilu 2014 akan ada kerusuhan hasil akhirnya… msk kelak akan tetap maju terus n compang camping…

      2. Kita tidak punya nilai tawar lagi selain kedatangan bangsa Jin (muka tembok) ke pekarangan kita, dimana kita sendiri terkuras dengan banyaknya polemik n kekacauan di dalam, dimana yg dulu hanya kucing menjelma menjadi macan, domba menjadi banteng,.. FITNAH dah gk ketahan…

      3. Kekuasaan pemenang 2014 akan berakhir di 2017 karena pertarungan boneka barat dan timur

      4. Masa Revolusi, dimana tahun 2017 akan berakhir n muncul *pandinto* yg menenangkan semua umat, Bangsa Jin yang sedang diatas angin gk mau berbagai keuntungan yg signifikan tahun 2014-2017 ( sma seperti masa jepang seumur jagung ) hancur. Maka dibukalah kedok aslinya…
      mereka tadinya ingin memenangkan pertempuran tanpa bertempur terpaksa harus turun tangan sendiri.

      5. Ketika mendapatkan ” common enemy ” baru sadar semua apa yg mereka lakukan ( bangsa Yu ) telah termakan banyaknya tipu daya n fitnah, Yang tadinya kita menerapkan “menipu langit n menyebrangi lautan ” tak akan berhasil karena pada dasarnya ada celah :

      a. Bung satio tau sendiri, seorang jendral tidak takut untuk berperang dengan banyaknya jumlah musuh, tapi takut karena terko’ordinirnya pergerakan mereka, yg tersusun rapi.
      b. Bung Satrio pun tau , dimana” yg namanya berjalan di dua jembatan / perselingkuhan tak akan berhasil yg ada kita di tinggal kan oleh 2 belah pihak, yang saya kwatirkan dgn “menipu langit n menyebrangi lautan ” adalah malah menipu diri kita sendiri,..

      6. Pada dasarnya toh semua ini adalah “hikmah” pembelajaran supaya kita semakin dewasa, bijak, arif serta terhormat karena memiliki identitas diri yg sebenarnya. MESKI harus melalui mandi darah…

      7. Semua pun akan sepakat jika ” panggilan Ibu Pertiwi telah datang” maka semua akan bahu membahu n menyingsingkan lengan kita utk membela kehormatan bangsa ini, kedaulatan negeri ini dan kebebasan serta masa depan utk penerus kita kelak. Ya sebuah pondasi awal lg, karena : KITA BUKAN BANGSA PETARUNG, TAPI KITA ADALAH BANGSA PEJUANG.

      • skenario nyai memang yang paling realitis untuk ungkapan “Eling lan Waspada”. kerja samalah dengan eropa terutama jerman dan rusia.

      • @Bung nyai roro
        maaf baru ke quote anda kemana saja kok sdh lama tdk kewarung sebelah ,,SR mode on ya. apa gara gara halim sibuk krna si bos kesana kemarin

        yup kang diskusi awal puasa kita,,
        ane ngeri sih kalau bahas yang ente posting diatas ,
        ane tetap bergerilya untuk mencerdaskan rakyat Indonesia agar kemungkinan kemungkinan yang ente sebutin bisa diminimalisir.
        sehingga tidak terjadi huru hara ,karena gosokan barat dan timur yg berkepentingan dgn suksesi kepemimpinan..dan TNI nya bisa siap dgn alutsista yg datang agar bisa menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga UUD 45 dan Pancasila,
        Insya Allah bisa lebih baik kang penanganannya di banding saat 1998 ..amien

        ada pribahasa jepang
        ‘Sesudah hujan tanah menjadi lebih keras lagi.’

  14. teruskan terusan bung… jin dan yang nya,,, menarik untuk dipelajari alur certanya,, eh

  15. Wah Bung Satrio, anda hafal betul 36 strategi perang dari china, salute

  16. hati hati bisa saja china menggunakan strategi dari tamu menjadi tuan rumah

  17. yah kamprut,, glran gw yang nanya.. eh dy mlah tidur,,,
    bkin PR se enak jidadnya,, dipikir gampng

    YA ALLAH DJAT YG NYAWAKU BERADA DI TANGANMU,,

    JADIKANLAH SALAH SEORANG DARI KAMI NEGRI YU INI ORANG YANG BENAR2 CERDAS TULUS DAN KUAT LAGI BERANI,,

    YANG JIKA DIA MELIHAT KEJAHATAN DIA AKAN MENCEGAH DENGAN TANGANYA,,
    DAN JIKA JIKA DIA TELAH KEHILANAN TANGANYA MKA DIA AKAN MENGUNAKAN KAKINYA UNTUK MERUBAHNYA,,

    DAN JIKA KAKINYA TDK ADA, MKA DIA AKAN BERJALAN DENGAN BADANYA HINGGA KEBURUKAN BISA DIJADIKAN KEBAIKAN,, JKA DIA SUDAH ENKAU KEHENDAKI TDK DPT BERBUAT AP2,, MKA KABULKANLAH DOANYA…

    AMIN YA ROBBAL ALAMIN

  18. jin menyerang yu itu pasti(IMHO)
    reason?
    why not?.musuh di daerah situ dah abis(guo)
    seblum yu bangkit dan dapat mengancam hegemoni jin
    maka yu pun ikut di sikat
    pertanyaannya
    apakah ada Raden Wijaya jilid 2?

  19. ihihihihhi santai saja negeri JIN tidak bisa berlama2 meninggalkan rumahnya… karena srigala2 lapar siap merusak dan menjarah peternakan di pekarangannya jika ditinggal…karena serigala2 itu tahu jika negeri jin sukses melahap guo dan yu yang jauh maka setelah itu negeri jin pasti akan melahap mereka

  20. Kebangkitan China semakin dianggap sebagai ancaman bersama oleh banyak negara ASEAN sebetulnya,timbulah lingkungan keamanan di Asia Tenggara mulai berubah dengan cepat dengan cara yang membuat pengaturan keamanan regional yang lebih kuat lebih penting daripada sebelumnya akan tetapi china memainkan kartu yg jitu disaat yg lainya berpihak kepada gang west,alhasil akan timbul kekhawatiran tentang niat strategis China di kawasan dan peningkatan kecemasan di antara negara-negara tetangganya,disaat ause dan gangnya memainkan kartu hitam dengan indonesia pemanfaatan ini telah ditunggu-tunggu oleh sinaga yg kepengen menjulurkan lidahnya.

  21. Bukan kah taktik dan strategi perdana mentri sdh pernah di pakai dan terbukti ampuh dlm kisah Raden Wijaya menaklukan Singasari ?! Raden Wijaya memanfaatkan armada tempur Cina dan setelah Singosari runtuh, Prabu Kertanegara gugur, maka aat itu dimanfaatkan oleh Raden Wijaya utk menyerang balik armada Cina yg lagi eforia atas kemenangan mereka dan mereka lengah atas kesiap-sediaan Raden Wijaya menyerang mereka dan akhirnya Majapahit berdiri.

  22. Saya punya sedikit pandangan yg berbeda dari topik bahasan diatas yaitu
    ” SETELAH Jin menghancurkan Guo, mereka lalu pulang ke Jin sambil menghancurkan Yu di tengah jalan. Yu yang LENGAH dapat dengan mudah dikalahkan.”
    —————————————————————————————————————————————————
    – Bangsa Yu (Indonesia) adalah bangsa yg pada dahulu kala telah memiliki kekuasaan besar melalui
    dua era kerajaannya.
    – Bangsa Yu telah melalui riwayat yg lama dalam hal penjajahan/penindasan oleh bangsa eropa dan
    asia yg didalamnya penuh koleksi intrik dan tipu daya strategi penaklukan.
    – Pengalaman panjang dari pernah menjadi bangsa besar pada masa kerajaan hingga mengalami
    penjajahan merupakan pelajaran hidup bangsa Yu untuk selalu waspada terhadap ancaman
    maupun pertemanan dari negara lain.
    – Bisa kita bayangkan bagaimana kehebatan pemimpin, petinggi militer kita mempunyai strategi
    politik dan militer kelas wahid, jika dalam forum ini saja tingkat pemikirannya bisa saya katakan
    sangat bagus.
    – Mengapa kita hrs berpikir bahwa kita nantinya akan dikuasai kembali oleh bangsa lain, mengapa
    kita tidak merubah paradikma berpikir bahwa kita yg akan menguasai mereka. Salah satu contoh
    dengan belanja alutsista yg disertai TOT, bukankah kita telah mempersiapkan untuk berbuat itu,
    cuma ada 2 dua di dunia ini yaitu menguasai atau dikuasai, pilihan ada pada kita.
    – Setelah Jin menang, bukankah pulang dng sedikit tenaga yg tersisa dan hanya memiliki eforia/
    semangat kemenangan.? Lalu kenapa Yu sebagai bangsa yg besar dan berkeinginan menjadi
    macan asia yg bangun dari tidurnya tidak menyiapkan perangkat ditengah jalan untuk menyambut
    sang JIN yg tengah lengah karena menikmati eforia kemenangannya.? Tentu saya yakin petinggi
    bangsa Yu telah menyiapkankannya bersama adik barunya ” Tarian Angin Mamiri ” politik agar JIN
    hengkang dari tempat si adik tanpa merasa diusir dan masih tetap merasa hebat setelah menang
    perang. Saya berharap peran ini yg akan dilakoni si Yu …. 🙂
    – Seperti kata pak SBY tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan perang, bahasa yg menyirat bahwa
    Negeri Yu harus bersiap atas segala kemungkinan yg terjadi di kawasan.— IMHO

    • Kemungkinan yg paling buruk adalah….jelajah JIN sampe sebatas Timles, kemudian dia Claim bahwa luas wilayah negara nya dari daratan sampe Timles, sementara ke Guo…baru dipikirkan dlm Tahap dua Toh yg dia butuhkan hanya SDA bukan mau perang hancuran2,
      perang dgn Guo adalah perang 2 raksasa, sangat jarang terjadi, lebih gampang gamparin anak2 yg masih sekolah/negara asean.

  23. * Vote : Setuju dan tidak setuju China memiliki Pangkalan di Timor Leste *

    Para warjager sendiri memiliki setidaknya 3 Pandangan .

    A. Kelompok Setuju :
    Alasannya : Menarik satu kekuatan Timur untuk Menetralisir Kekuatan Barat sebagai pengimbang sehingga membuat Indosesia menjadi kondusif untuk melanjutkan Pembangunan ekonomi dan militernya dgn santai bin tenang.
    B. Kelompok Tidak Setuju :
    Alasannya : Mengijinkan Kekuatan Timur memiliki pangkalan militer permanen di Timor Leste adalah seperti lepas dari ancaman Harimau jatuh ke ancaman Buaya, sami mawon ujung2nya.
    dan jargon saudara tua ala Jepang berulang.. MASA MAU KENA KIBUL lagi..???
    kira2 begitu alasan kekhawatirannya,

    lebih baik jadi diri sendiri, bertempur pake pisau dapur pun jadi, apalagi skrg lagi nabung dan siap2 mau bikin pedang sendiri, perkara provokasi macam Oz, png, singapore, malay.
    kita respon sesuai takarannya z.

    * Makin banyak provokasi makin bagus, yg jangan sampe kejadian itu Tetangga kompak melakukan mobilisasi umum nyerang NKRI. gunakan provokasi mereka menjadi senjata,
    * Kalo perlu aksi militer, pake z identitas lain, pasukan ada, dilatih sudah, nunggu apalagi..??

    Gue pribadi tidak termasuk BANGGA dgn suksesnya (kalo) China membendung provokasi Oz dan tetangga, ngapain juga ?

    saran bagi CALON REMAN :
    Ketemu Preman Mateng, kalo berani Hajar, ga berani jangan salah tingkah bawa damai, yg jelas ngajak “Preman Mateng” ke rumah adalah kebodohan, bisa2 bini loe digarap ama itu Reman.

    • bung @donnie, apapun hasil vote grass root tapi pemerintah sendiri secara resmi tidak bisa mendukung atau menolak rencana pangkalan militer China di Timor Leste. alasannya adalah itu urusan 2 negara berdaulat, apa Indonesia mampu mencegah USMC datang ke Darwin atau China datang ke Timor Leste? dan lagipula kebijakan Indonesia selama ini adalah tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

      jika ada perkembangan yang terjadi tanpa bisa dicegah/dihindari, yang harus kita lakukan adalah mencari keuntungan dari perkembangan tersebut sambil mempertimbangkan ekses buruk di masa depan. saat ini, IMHO kehadiran PLAN di Pasifik selatan bisa dianggap sebagai calculated risk. belum lagi jika dipertimbangkan kehadiran PLAN ke pasific selatan adalah dengan restu RI. itu sebabnya latihan dgn India dan berkunjung ke Vietnam adalah upaya untuk menenangkan kekuatan2 lain dan mengurangi pandangan miring

      preman A sudah datang bung, kita sudah jelas ga berdaya dgn potensi besar akan diperas dan dibully. sekarang datang preman B menandingi preman A, hingga kita ada waktu menyelesaikan tapabrata dan turun gunung. dan/atau jika ilmu belum mumpuni bisa kontak2 preman C :mrgreen:

      saya faham kalo anda pikir ini tidak jantan atau lebay. tapi bentuk survival tidak harus jantan yang penting selamat walau lewat taktik dan strategi politik. kecuali jika kita disudutkan, pada situasi benang merah terlewati saya yakin Indonesia akan melawan. kita bukan Malaysia atau Singapura bung, hidup mulia atau mati syahid. tapi sebelum mencapai ke sana ingat dulu hadist lain; “perang itu tipu daya”

      • Yes, saya setuju sekali. Perang adalah strategis, memenangkan perang tdk perlu dgn cara fisik. Layaknya sebuah perusahaan, butuh banyak strategi utk memenangkan passar. Konsolidasi, yes. Kita butuh kekuatan dan kesatuan dulu dari dlm utk mensupport strategi kita tsb.

      • Bung @ihsan, menurut perkiraan awam saya, kehadiran China di Pasifik selatan adalah adalah Plan B, menaikan nilai tawar Indonesia, tidak hanya terhadap US/Aus tapi juga terhadap China. Ini juga pesan tersurat bagi negara2 seperti Singapura, Malayasia atau PNG.

        Sementara India, Russia, Vietnam adalah Plan C

        Jika ada cukup dukungan dana dan waktu, maka mudah2an Indonesia akan bisa mencapai Plan A, yaitu Indonesia jadi satpam dan atau bahkan preman :mrgreen:

        • @ bung Nowyou…
          anggap z ini opini gue yg sotoy..

          Melihat perkembangannya, sepertinya ini justru sudah mulai tahap awal mobilisasi global malah.

          //.. itu sebabnya latihan dgn India dan berkunjung ke Vietnam adalah upaya untuk menenangkan kekuatan2 lain dan mengurangi pandangan miring..//

          komentar @bung Nowyou diatas, ada juga penapsiran lain, Vietnam udah jelas menolak janda tua walau kisruh dgn janda muda, yg membingungkan malah posisi India (apa ada informasi terupdate tentang kecenderungan negri SRK ini..?)

          Sayangnya group MSG belum sempat terjamah oleh Indonesia lebih jauh, jika melihat Peta, memenangkan simpati di negara2 ini akan cukup menelikung sonotan.

        • bung @donnie, menurut pendapat saya Vietnam, India atau Russia sebagai Plan C dalam scenario ini. Semua opsi harus terus dijaga tetap terbuka karena dinamika keamanan yg bisa berubah cepat

          Vietnam dan India sama2 punya ketegangan dengan China. Terhadap mereka kita harus memberikan jaminan kenetralan sikap walau China merapat ke selatan. terus menjaga hubungan dengan semua pihak agar tetap punya kartu truf menghadapi potensi ancaman di masa depan

          Plan C penting, karena preman A dan preman B sama2 preman yg tidak bisa sepenuhnya dipercaya. ini seperti management crisis sebelum mampu menerapkan Plan A: menjadi kekuatan regional ekonomi, militer dan akhirnya politik

  24. Mbah ingatkan sekali lagi, kehadiran PLAN di Timor leste adalah kesalahan fatal dari diplomasi luar negeri negara kita. setelah china membereskan Australia maka china akan menguasai indonesia.

  25. Perluasan pengaruh Kekaisaran Cina-Mongol di bawah Khubilai Khan menimbulkan tantangan terhadap kekuasaan Kertanegara. Ketika sang kaisar mengirimkan utusan yang menuntut agar Singosari tunduk kepada Cina, Kertanegara melukai wajah sang utusan yang bernama Mengki. Khubilai Khan murka dan mengirimkan pasukan untuk menyerang Jawa pada tahun 1292. Tetapi, keruntuhan Kertanegara ternyata datang dari jurusan lain. Seorang keturunan raja-raja Kediri bernama Jayakatwang memberontak terhadap kekuasaan Singosari untuk memulihkan kembali kejayaan Kediri yang diruntuhkan oleh leluhur Kertanegara. Dalam suatu serangan, pasukan Jayakatwang berhasil membunuh Kertanegara meskipun menantunya yang bernama Raden Wijaya berhasil lolos. Kematian Kertanegara membuat Singosari runtuh. Nah hati2 dengan musuh dalam selimut alias dalam negeri…. Waspadai perpecahan bangsa Indonesia yang diakibatkan oleh besutan negara2 barat yang nitip kpd Capres agar jualan senjatanya laku….ingat kisah Alutsista Gahar era Presiden Soekarno yang dilarang dipakai pada era Presiden Soeharto…..

  26. Semangat rakyat indonesia telah terbukti jika untuk urusan perang dan membela tanah air,Semangat inilah yg tertuang di dalam Patriotisme berasal dari kata Patriot, yang artinya adalah: pecinta dan pembela tanah air. Sedangkan Patriotisme maksudnya adalah semangat cinta tanah air. Pengertian Patriotisme adalah sikap Untuk selalu mencintai atau membela tanah air, seorang pejuang sejati, pejuang bangsa yang mempunyai semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, dimana ia sudi mengorbankan segala-galanya bahkan jiwa sekalipun demi kemajuan, kejayaan dan kemakmuran tanah air.
    Tak usah diragukan lagi refleksi kisah perjuangan telah terbukti betapa tinginya semangat Perjuangan Bangsa Indonesia untuk mengusir dan melawan penjajah sejak awal adanya penjajahan sampai dengan tercapai Kemerdekaan RI. Adalah sebuah kewajiban yang Universal di saat itu, dimana dahulu generasi yang lebih tua agar mewariskan tidak hanya pengetahuan tentang tonggak sejarah atas kejadian yang terjadi di masa lalu namun juga terutama tentang semangat patriotisme dan nasionalisme yang berpengaruh atas perjalanan hidup dalam berbangsa dan bernegara, Karena dengan demikian akan tercipta suatu hubungan emosional secara timbal-balik di antaranya dalam kaitan semangat Patriotisme,bila suatu saat nanti penjajah akan datang lagi untuk menguasai NKRI,semua element tentunya akan bahu membahu untuk mengusirnya dari ibu pertiwi.

  27. Mungkin sekarang hal yang paling masuk akal bisa dilakukan adalah memperkuat diri sendiri (TNI) sebagai negara yang berdaulat Indonesia juga tidak bs mencampuri urusan ausie tentang penempatan USMC di darwin atau timor leste yang mau membuka diri untuk dijadikan pangkalan armada cina, jadi modernisasi alusista bukan MEF (minimum) harus diganti menjadi MEF (Medium), kita juga harus memegang teguh prinsip kita Non Blok yang sudah diletakkan para founding father Indonesia, jadi silahkan US, China, Ausie mau berperang seperti apapun Indonesia tidak akan mengurusi tetapi jangan sampai mereka berperang di wilayah Indonesia, kalaupun mereka sampai berperang dalam lingkup teritorial Indonesia, TNI dengan alusista MEF (medium) sanggup menghantam mereka yang berperang agar keluar dari Wilayah Indonesia.

  28. wah pusing harus buka-buka beberapa kamus.hehe.menarik bgt
    klw gw sih,blh berteman sm siapa saja apalagi berteman dengan orang yang banyak tingkah polahnya dan banyak berbicara,gw cukup memperhatikan doang sambil sedikit “nyeletuk ga jelas”.semakin banyak teman kita bicara dan banyak juga tingkah reaktifnya,semakin besar juga buat kita baca jalan pikiran+arah tujuannya.
    posisi indonesia sangat penting+strategis.tapi semakin bahaya juga ancamannya baik dari luar apalagi dr dalam.”kepala” itu yg harus waspadai.
    #cuma numpang curhat n maaf klw isi curhatan gw ga berbobot..hehe

  29. Menarik kalau kita menganalisa posisi suriah. Amerika tdk berani utk menyerang suriah krn rusia secara terang2an akan membela suriah belum lg dukungan dari cina dan suriah. Begitu pula posisi indonesia, secara terang2an rusia membela indonesia. Cina pasti hrs mendukung indonesia krn kalau tidak posisi geopolitik mereka pasti akan terkucilkan krn semua arah akan terblok oleh alliansi però barat. Kemungkinan indonesia akan didukung jg oleh negara2 indocina yg mrpkan negara tradisional sahabat indonesia sejak dulu spt vietnam, kamboja dan laos. Negara2 yg netral tp mendukung indonesia spt india, myanmar jg pasti dari negara2 OKI mungkin hanya akan bersuara di forum PBB.. Tapi menurut saya indonesia adlh negara besar hrslah mandiri dan mempunyai kekuatan besar utk mendukung wilayahnya yg strategis dan menjaga kekayaan sumber daya alamnya.

  30. India dan indonesia setali tiga uang sama2 nonblok sejak dulu. Mereka sama2 negara besar shg mereka lbh senang utk mandiri dan tdk ingin tergantung kpd negara lain. India lbh sosialis kekiri dibandingkan indonesia yg lbh liberal ke kanan. Perselisihan dgn cina krn masalah perbatasan saja di sekitar tibet sama spt perselisihan korsel dgn jepang walaupun sama2 pro barat tp tetap bermusuhan.

  31. asal anda tahu saja…
    Saya belum pernah ketemu dng rumah orang yg kaya raya tapi tidak ada penjaganya bung.
    cari perumpamaan yg lain saja. 🙂

  32. Mungkin perumpamaanya kurang tepat, tapi iniliah maksud saya: jika ada yang lebih mudah dan hasilnya menjanjikan, untuk apa memilih yang lebih sulit?

  33. Dalam history umat manusia bangsa China bukanlah agresor, mereka selama ini terlibat perang untuk mempertahankan kedaulatan atau perang untuk unifikasi China, dapat dilihat sejarah Ming, Qing, dan dinasti lain China sejak prehistoric. Mereka berperang mayoritas untuk unifikasi China (China, Tibet, Mongolia kalau di masa kini).

    Kehadiran mereka (mereka disini pun bangsa Mongol yang menguasai China, bukan bangsa China yang diwakili suku bangsa Han, Qin, Qing, dll) di masa Raden Wijaya dulu juga karena insults dari Jayakatwang terhadap utusan mereka (kupingnya dipotong).

    Indonesia tetap harus waspada, mainkan orkestra non alignment country tetapi berjabat tangan dengan negara-negara yang kuat ekonomi dan militernya seperti Jerman, Rusia, China, dan USA. Indonesia harus terus meningkatkan power ekonomi dan militer agar punya kemampuan tegas ke berbagai pihak untuk tidak sekali-kali masuk ke wilayah Indonesia walaupun untuk isi bahan bakar karena itu akan membuat pihak lain mengira kita akhirnya berpihak ke salah satu. Indonesia HARUS BELAJAR dari cara Swiss tetap netral saat WW I dan WW II. Swiss dengan kekuatan ekonomi (powerful and worldwide Banks) serta militer yang bersatu dengan rakyat dan berkemampuan tinggi karena sanggup memobilisasi semua rakyatnya dengan cepat ketika ada alarm salah satu pihak mencoba masuk dan usil terhadap Swiss pada akhir WW I dan WW II tetap utuh sebagai sebuah negara berdaulat.

  34. hehehe.. ngerti jg..

  35. kebanyakan forumer disini.. di arahkan ke rusia dan china

    JUJUR SAJA SESUNGGUHNYA INDONESIA LEBIH DEKAT KE U.S.A. pasti…!!! walaupun sering si sakiti.

    horeeee…..om kerry mau ke istqlal dan memeriksa sekeliling mesjid…apakah gereja khatedral masih ada..? . dan ternyata masih ada…..,!!
    juga sambil memeriksa apakah ada kuil.klenteng,wihara di sekitar mesjid…dan ternyata tidak ada…!!
    berhubung INDONESIA MASIH SETIA …kerry bawa HADIAH HARI VALENTINE …(alut sista dan,ekonomi, ..etc) sekalian beberapa bulan kedepan (april) MR OBAMA akan keliling dan kemungkinan akan mampir keindonesia untuk memperpanjang kontrak LAPAK ,DAGANGAN SATEEEE,BAKSO,NASI GORENG DAN EMPINGNYA….

    he he he
    santai aja bang
    horeeeee

  36. Salam kenal semua buat warjager,akhirnya turun gunung juga setelah sekian lama menjadi silent rider.
    China dengan izin maupun keberatan Indonesia mempunyai kekuatan dan daya gentar yang lebih dari cukup untuk mempunyai pangkalan militer di Timles.
    Indonesia saat ini hanya perlu mematangkan segala skenario yang akan dijalankan ketika dinamika kawasan berubah-rubah .
    Hanya memperkuat diri merupakan jalan satu-satunya tanpa mengharapkan kawan.
    Salam NKRI.

  37. Saya juga yakin kalau, para pengambil kebijakan sudah mempersiapkan berbagai rencana mungkin bahkan A ampe Z mengingat banyaknya kemungkinan. yang terpenting saat ini justru kita harus waspadai perpecahan dari dalam. kita juga harus waspadai hajatan nasional april mendatang, dan setelahnya

  38. apapun kondisi dan situasi
    rapatkan barisan
    perkuat pertahanan
    banyak2 berdoa 😀

  39. Cukup ngeri juga membaca analisa (lebih tepatnya terawangan) dari Bung Nyai dan skenario cadangan dari Bung Ruskye ada benarnya juga, karena peran itulah yg sesungguhnya dilakoni oleh R Wijaya setelah pesta pora usai dan kelengahan yg sedang melanda para tamu yg sdg mabuk kepayang kemenangan , menyerbu dengan kekuatan penuh terpusat pada centre of gravitynya…..

    Namun semalam karena mimpi buruk krn tulisan Bung Nyai akhirnya bermimpi solusi dengan skenario sbb :

    1) pakai C untuk menghadapi aliansi U dan konco2nya dan libatkan R untuk membantu kita nyata namun tdk nyata.

    2) pastikan semua sel community ada di pihak kita dengan kita kasih garansinya untuk melindungi untuk memastikan mereka aman tdk kena provokasi C & U dkk ,kecuali 2 titik dimana kita pernah berseteru sewaktu pemimpin pertama kita berkuasa tetap patut diwaspadai meski yg versi M lebih nurut ke kita sekarang dan tawarkan dengan deal kita bantu u full suport dari ancaman C scr diplomasi.

    3) Buat deal pakta rhs dengan R dan I ( initialnya RI mirip kita ) yg ada di utara dan barat C dan dan I di barat daya C sebagai sesama pendiri non allignment untuk mencegah apabila C menjadi liar tidak terkendali dan berubah predator (R & I pun akan takut juga dibuatnya)

    4). Pastikan dengan I tdk turun arena manakala C turun untuk melawan U dkk dan kasih garansi kpd I bhw kita bisa handle P (krn punya hutang sejarah pd kita) dan saudaranya B ditimur I untuk bisa kita pegang, dan pastikan P tdk akan muncul dari belakang, dan aliansi rhs dengan I (I ke dua) di baratnya P untuk pastikan I pun tidak menohok P dari barat. shg P pun merasa aman dan I pun aman pula. Sering2 lakukan senam bareng mulai sekarang dgn I tersebut dan libatkan P dan B juga lebih baik krn sejatinya kita semua berasal dari akar revolusi yg sama dan tidak haram pula memulai kerjasama namun jangan mencolok dgn I dibaratnya P krn sdh dari dulu doi ngarep dan percaya kita (siapa tau dia akan bagi2 kuncian rhs nya ketika melawan teknologi U dkk)

    5). Bantu R yg diutara C, dlm diplomasi yg sekarang sedang direpotkan dgn kawasan baratnya dengan pedekate ke J dan P di UE yg non bolonya U dkk, spy J & P pun bisa lebih bersahabat dengan R dan memahami kekawatirannya.

    6). kuncilah I yg sok jagoan (yg selama ini mjd agen U dkk) spy tidak kemana2 yg posisinya di tengah kawasan tengah dengan deal ke M (selatan I yg sok jagoan ) dan T di utaranya dan libatkan I dimana kita deal rhs tadi untuk jagain I sok jagoan itu bergerak (butuh usaha besar spy M,T dan I bisa sejalan,namun mereka akan mau jika kita yg sponsornya krn sesama non allignment).

    7) kunci U dkk dengan kerjasama bersama N,A di barat utara benua hitam dan AS di ujung selatan benua hitam dan dgn semua negara2 non allignment di benua hitam spy full support kekita apabila ada apa2 dengan kita manakala U dkk bikin acara.

    8) kunci U dkk di tengah dan diselatan benuanya U kerjasama dengan semua non allignment dalam semua aspeknya baik dengan C di tengah benua, dan B ,A , , V, P di bagian selatan

    9) Saatnya beraksi semoga sukses

    ah wake up brrooooo akhirnya , just my dream…. 🙂

    kesimpulan : harus banyak doa dan puasa agar semua kengerian itu spy tidak terjadi, pun toh kalau harus terjadi spy diminimalisir , tepat mirip pidato pemimpin pertama kita “Vivere Pericoloso” semoga YME selalu melindungi Nusantara ini selalu diberkatinya dan semoga rakyatnya semakin religius dalam arti sebenar2nya dan orang2nya semakin banyak yg bertobat dari dosa2nya.

  40. Hahahaha…INDONESIA ITU ANAK TIRI USA…hanya rakyat indon low class yg tak sedar ini semua…

    • Cah Malingsia mesti iki..
      Min tolong diedit

      • Yep, dari Selangor. Biar fair dengan ‘malingsia’ atau ‘malon’ from our end saya biarin saja, jika WNI saya akan edit. Lagi pula bagus untuk membangkitkan nasionalisme warjagers, memberikan kesadaran kita harus waspada dgn jiran yang satu ini 🙂 . lagipula kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat adalah hal yang mewah buat mereka he he he, kasian

        tapi terserah jika admin lain mau edit

    • layaknya GM dengan palapanya ya bung

      minta link nya dong bung,buat nambahin isi kepala

 Leave a Reply