Biar Miskin yang Penting Kapal Trimaran Siluman

Inggris telah menghentikan bantuan keuangan ke Mozambik, salah satu negara termiskin di dunia, setelah pinjaman rahasia yang sebenarnya diberikan untuk membiayai perusahaan tuna ikan milik negara justru digunakan untuk membeli kapal patroli militer canggih yang mahal dari Perancis.

Department for International Development (DFID), telah mengirimkan uang senilai £ 84 juta setahun ke Mozambik, bantuan yang sudah mengalir senilai total £ 1 miliardihentikan setelah Mozambik gagal menjelaskan penggunaan dana bantuan tersebut.

Penghentian ini menyusul penghentian bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, dimana Inggris merupakan donor terbesar.

Skandal pengalihan dana yang tidak semestinya terungkap setelah Mozambik menerima pengiriman delapan kapal perang dan patroli modern. Kapal-kapal tersebut tampak berjajar di dermaga beton di pelabuhan ibukota, Maputo.

Mozambik menyatakan sebagian besar dana pinjaman rahasia telah digunakan untuk mendanai keamanan maritim dan galangan kapal, termasuk membeli delapan fast patrol boat.

Tiga kapal trimaran siluman futuristik sepanjang 40 meter ini mampu membawa senapan mesin berat, dibeli menggunakan dana pinjaman yang diberikan pada tahun 2013, konon dana tersebut seharusnya untuk membuat sebuah perusahaan perikanan yang dikelola negara.

DailyNews

Tinggalkan komentar